jump to navigation

Fenomena Aneh Gara-Gara Bohlam Stop Konslet (Putus) 27/12/2013

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

P1100085

Info singkat namun Juuuuos gandos kotos-kotos,hehehe… Lagi lagi bahas efek bohlam stop jika short (putus). Kemarin kang ari malah dapat fenomena aneh dan baru kali ini saya temuin.

Efek Bohlam Stop Konslet,Aki Bisa Soak.

Waspada Bohlam Stop Putus,Motor Injeksi Bisa Mogok !.

Motor Injeksi Yamaha Bisa Mogok Jika AKI SOAK.

Ceritanya begini,konsumen ngeluh kalo motornya

1.Tidak bisa dihidupkan pakai electric starter harus diengkol.

2.Motor tidakbisa dimatiin meskipun kkunci kontak sudah diposisi “OFF” .

3.Motor bisa mati asalkan kunci kontak posisi “OFF” lalu saklar lampu dimatiin.(intinya motor bisa bisa mati asalkan lampu depan dimatiin).

4.Yang punya motor ngeluh kalo bohlam belakangnya mati.

Nich tak kasih videonya biar jelas,motor kang ari hidupkan dalam kondisi lampu depan dihidupkan,kemudian kunci kontak saya putar posisi “off” tapi motor tidak mati setelah saklar lampu digeser ke lampu “off” motor baru bisa mati.

Weleh2 akeh teman ya keluhannya,setelah kang ari cek kondisi sekring putus,jika sekring putus pasti ada yang konslet.Kang ari langsung kepikiran bohlam belakang mati,ternyata benar setelah bohlam belakang saya ganti baru kondisi motor langsung sembuh.Kok bisa sich ?… begini ceritanya,diepisode kemarin sudah kang ari bahas juga.Bohlam belakang terdiri dari 2 jenis nyala lampu yaitu lampu stop dan lampu malan/senja. Lampu stop memakai arus DC sedangkan lampu malam pakai arus AC jika salah satu elemen putus dan menempel di elemen yang satunya maka terjadi short arus DC bertemu arus AC.maka terjadilah fenomena aneh tersebut.

p1060998

Jika kang bro menemukan fenomena ini jangan panik dan jangan mudah tertipu mekanik nakal yo…

bohlam short (2) bohlam short (1)

Komentar»

1. three0n0 - 27/12/2013

josss bener nie info2nya kari Ari

2. djhar - 27/12/2013

Mantap info nya kang, lumayan dapat solar

3. potretbikers - 27/12/2013

Nice info…

4. ngaspalblog - 27/12/2013

Kalo kita ga ngehh pasti langsung bongkar body ….cek kabel kaber

aripitstop - 27/12/2013

yoi,ada ilmunya

5. 46@sukses.com - 27/12/2013

Ilmunya mantab!!

6. woko - 27/12/2013

bisa juga kl di rem depan lampu depan ikut nyala kang..

aripitstop - 27/12/2013

yup betul

7. Mas Sayur - 27/12/2013
8. axlizzy - 27/12/2013

joosss …tapi banyak tuh motor keluaran baru yang beberapa bulan bohlam dah mati .. 😀

http://campurtumpah.wordpress.com/2013/12/27/ini-yang-diharapkan-jika-byson-fi-brojol/

9. Sigit - 27/12/2013

sip..

10. samson - 27/12/2013

old mx ku juga mati lampu blkngnya tapi lampu remnya nyala n gak ada masalah sih. Pengen tak ganti tapi susah banget buka mika lampunya, bisa jelasin cara bukanya gak bang ari?

aripitstop - 27/12/2013

cuma lepas baut 2 biji setelah itu mikanya dicongkel pakai obeng seting/kecil

11. gc133hijrah - 27/12/2013

Gimana dengan motor yg kelistrikannya dc….

aripitstop - 27/12/2013

itu motor pengapian DC.
Jika lampu senja dan lampu stop pakai arus DC maka tidak akan terjadi short. contohnya di motor x-ride untuk lampu belakang dua2 nya sudah DC dari pabrikan. kunci kontak ON maka lampu senja ikut nyala

gc133hijrah - 27/12/2013

Atao macam motor ane vario 125 dimana lampu rem dan lampu kotanya beda lampu… Vario 125 punya 3buah tail lamp.
Punya ane yg mati lampu kotanya…. Dan kelistrikannya juga sudah fullwave,…. Seluruh lampunya ambil dr aki. Mohon pencerahan….

aripitstop - 27/12/2013

kejadian seperi diatas tidak berlaku jika bohlam lampu rem dgn lampu kota terpisah (beda lampu),karena tidak mungkin terjadi short jika salah satu bohlam mati/putus. apalagi kedua bohlam sudah memakai arus DC.

gc133hijrah - 27/12/2013

Terima kasih kang Ari, tenang deh…
insya Allah ente akan makin sukses

aripitstop - 27/12/2013

amiiin

12. pak tarno - 27/12/2013

mantap infonya mas, sepele tapi memang bikin pusing. gak taunya korslet di dalam bohlam. AC DC nggabung

13. Rollerman - 27/12/2013

memang jarang terjadi, tapi 1x terjadi langsung bikin bingung..

aripitstop - 27/12/2013

pastinya…hehehe

14. orong-orong - 27/12/2013
15. cicak kreatip.com - 27/12/2013
16. Wong Ndeso 94 - 27/12/2013
17. vario125 - 27/12/2013

numpang tanya. cara buka lampu belakang jupiter z burhan gmn ya..?? susah bener. mau ganti lampu belakang soalnya lampu rem mati. thx

aripitstop - 27/12/2013

buka kedua baut mika lampu,congkel mika lampu pakai obeng kecil dari pinggir.

18. walang - 28/12/2013

kalo old vixi gmn Om?sdh DC semua kh?

aripitstop - 28/12/2013

untuk old vixion sudah DC

19. adhik - 29/12/2013

jdi inget mx ane dlu, lmpu blakng konslet kalo direm lampu senja ikutan nyala 😀

20. 4nd1 - 29/12/2013

Hanya jika filamennya saling menempel ‘kan …..
Bukan setiap bohlam putus toh, Om …..

aripitstop - 29/12/2013

betul………

21. bung udell - 22/01/2015

numpang nanya bos. injeck motr vixion mendadak mati gara” salah pasang saklar lampu.. apa nya yg rusak ya?

Kang ari - 22/01/2015

Maksudnya lampu indikator yg mati atau motor mogok?

Kang ari - 22/01/2015

Klo pasang saklar lampu seharusnya nggak ada hubungannya dengan injeksi kecuali ada yg konslet, klo konslet cek aki dan sekring

22. bung udell - 22/01/2015

?

23. bung udell - 22/01/2015

awal nya salah pasang saklar,jdi pas kunci di ON lampu” gk pada nyala..brarti soak aki ya?
Makasih sangat.

Kang ari - 22/01/2015

Cek sekring putus klo nggak putus kmungkinan aki short atau mati

24. bung udell - 22/01/2015

iya kang sikring putus.

haturnuhun kang, sukses sllu wae lakh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: