jump to navigation

Teknik Sederhana Pengencangan Baut Agar Tidak Selek atau Patah 22/08/2015

Posted by Kang ari in BENGKEL.
trackback

TEKNIK PENGENCANGAN BAUT (3)

Yup, info singkat saja bro buat yang suka ngotak atik motornya sendiri atau suka lepas pasang baut apa saja di rumah. Pengencangan baut tidak asal putar dan kencang saja bro, jika pemasangan baut kurang kencang alias torsinya kurang maka baut bisa lepas ketika mendapatkan getaran misalnya ketika motor jalan, begitu juga ketika memasang baut sekuat tenaga bisa jadi baut malah patah atau ulirnya selek. Pengencangan baut ada batasan torsi maksimalnya seperti contohnya di motor, mau kencangkan baut as roda tidak asal putar baut/murnya saja.

Setiap baut atau mur yang nempel di motor kita pasti ada maksimal torsinya, jika salah torsi maka bisa berabe dech… jika kita sudah terbiasa lepas atau kencangkan baut/mur seperti mekanik maka kita bisa mengira2 seberapa tingkat kekencangan yang dibutuhkan, lawong mekanik saja kalau lagi apes kadang bautnya bisa patah apalagi orang awam yang tidak terbiasa. Teknik pengencangan baut atau mur yang benar sebenarnya harus memakai kunci torsi atau kunci momen, wah mosok setiap ngencengin baut pakai kunci momen ? repot… tapi itu sudah Β prosedurnya. Kunci torsi ini ada yang manual ada pula yang digital, kita bisa seting seberapa torsi yang diperlukan untuk mengencangkan sebuah baut sesuai torsi yang tertera di buku manual motor.

TEKNIK PENGENCANGAN BAUT (4)

Di dalam buku petunjuk service motor ada tertera besaran torsi yang diperlukan untuk mengencangkan setiap baut atau mur karena torsinya berbeda2 tergantung dari ukuran baut dan murnya juga, jadi tidak semua baut tingkat kekencangannya sama.

TEKNIK PENGENCANGAN BAUT (1)

Lalu bagaimana kalau kita tidak punya buku panduan sevice apalagi kunci torsi ? gampang kok… cukup modal spidol saja. Nich tutorialnya :

TEKNIK PENGENCANGAN BAUT (2)

  1. Mur dan baut digaris segaris untuk menandai saat pengencangan Mur/baut.
  2. Tampak Mur dan baut sudah dikasih tanda segaris.
  3. Setalah sudah ditandai, lepas mur dan batunya.
  4. Pada saat pemasangan kembali pastikan tingkat kekencangan mur dan baut segaris dengan tanda yang dicoret tadi.

Nich setelah dikencangkan kembali dan garis mur dan baut sudah sejajar.

TEKNIK PENGENCANGAN BAUT (3)

Untuk membuktikan tingkat kekencangannya sama atau tidak, saya kasih videonya ketika mur sudah dipasang dikencangkan sejajar garis lemudian saya cek menggunakan kunci torsi yang sudah saya setel di angka 400 kgf sesuai besaran torsi yang tertera di buku manual service. Ketika tingkat kekencangan sudah sesuai maka kunci torsi akan berbunyi ”klek-klek”.

TEKNIK PENGENCANGAN BAUT (5)

Berikut videonya, via hp klik disini

Komentar»

1. fnaufala - 22/08/2015

lah simpel ya ternyata

Mas Sayur - 22/08/2015
fnaufala - 22/08/2015

sing penting kenceng πŸ˜€

Kang ari - 22/08/2015

Plung lup

2. panakol - 22/08/2015

masuk akal juga, kl motor baru kluar diler segera kasih tanda spidol baut-mur nya, kl udah sering di bongkar pasang jd g tau itu dh pas sama angka torsiny apa gak…

Kobayogas - 22/08/2015

nah ini, aripispot is back hehehe..piye pesenankuuu 😦
———————
http://kobayogas.com/2015/08/21/baut-dudukan-shock-belakang-yamaha-nmax-mudah-patah-kenali-kasusnya/

3. brigade jalan raya - 22/08/2015

sip

4. jaya - 22/08/2015

Kang ari kapan nie artikel tutor ganti saklar lampu nmax ke old vixinya dinaekin…?
Hehehehe

Udah ga sabar nie.

Kang ari - 22/08/2015

Sabar….

jaya - 22/08/2015

Jiakakakaka….
Lsg hits dah nanti bakalan artikel diy-nya

Den - 23/08/2015

Nah, masalahnya kunci torsi nya bli dmn mas? Hehehe

Kang ari - 23/08/2015

Buanyak di toko kunci2

Kobayogas - 22/08/2015

kesuwen, iwb duluan ya? hehe

5. Indomoto - 22/08/2015

josss … .. .

6. jos gandos - 22/08/2015

joss kang. makasih tutorialnya. sangat berguna πŸ˜€

7. nyahok - 22/08/2015

Pantesan yg kemarin kencengin mur shock penuh kelembutan tapi torsinya penuh kekerasan, patah deh.

8. ardiantoyugo - 22/08/2015

Alate larang…

Kopdar lagee: http://wp.me/p1eQhG-1ka

9. maxman - 22/08/2015

Coba deket bengkelnya kang ari jd enak nih πŸ˜‚

10. ramadhiharimurti - 22/08/2015
11. RF - 22/08/2015

Mantap tipsnya.
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

12. toretto - 22/08/2015

caba bengkele mas ari dekat2 sini,ane pasti langganan

13. anderes - 22/08/2015

Iya jg ya……banyak yg gak tau nih……Sangat bermanfaat! Terima kasih untuk tipsnya mas.

14. sabenih - 22/08/2015

baru kepikiran, nice info kang.

15. glukol - 22/08/2015

kl spidol mgkin bs ilang tandanya, pk cat besi, di-tul pake lidi… mgkin bs

16. adhe145 - 22/08/2015

Ngiler ma tuh kunci torsi, harga kunci torsi berapa tuh kang ari n beli’y dimana?

17. ademadan - 22/08/2015

pernah panik gara gara kunci torsi :D, pas ban mobil gua bocor, nah berhubung yg pake mbak gua, (untungnya) dia udah tau caranya ganti ban, mau ngganti ban, udah selese, mau ngencengin baut pelek ban mobil, pinjem kunci torsi di bagasi punya om gua , ane sengaja gak di beritau kalo ntar bunyi “klak-klak”, pasang pelek, eh tiba tiba bunyi “klak”, langsung dah telp plus laporan ke gua “dek baute pelek dol” (dek bautnya pelek slek), langsung dah dirumah ketawa semua pas tau kalo dia pake kunci torsi yg jelas jelas bakalan bunyi “klak-klak” πŸ˜€

18. Mamimu - 22/08/2015

Oh kunci torsi
Tp kalo di sini namanya kunci tracker

19. irsad - 22/08/2015

itu salah satu ilmu TPM ala japan

20. Dakko-Chan - 23/08/2015

Pake kunci listrik aja! cepat, kencang dan akurat spt di Beres! muahal memang!

21. eiscell - 23/08/2015

weh artikel jawaban dufukan shockbreaker Nmax yg patah gara2 dikencengin owner e ki πŸ˜‰

22. Aghus - 23/08/2015

kang Ari mau nanya ni, sorry keluar dr topik πŸ™‚
Apa tdk apa2 ganti oli smp 3 bln krn pemakaian yg nda smp 1000KM/3bln?
sebaiknya ganti oli tiap brp lama klo jarak tempuh sebulan kira2 hanya 300 KM. Tks

Aghus - 23/08/2015

tambahan, motor NVL oli msh Oli standart


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: