Lampu MIL Merah Motor YZF-R15 dan Vixion Nyala Saat Kondisi Motor Panas Atau Nyala Terus Tanpa Kedip, Nich Penyebabnya 19/04/2014
Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.Tags: BENGKEL
trackback
Pengguna motor injeksi kadang dibuat bingung dan was was saat lampu MIL di motornya nyala. Saat lampu MIL nyala pertanda ada yang tidak beres di motor dan harus segera di cek ke bengkel resmi agar terdeteksi apakah ada kerusakan di motor tersebut.
Dengan teknologi injeksi, motor yamaha yang terdapat banyak sensor di dalamnya jika ada suatu kerusakan di motor maka sensor akan bekerja dan memberikan sinyal ke ECU untuk menyalakan sinyal lampu MIL agar biker tahu kalau ada yang tidak beres di motornya. Nyala lampu MIL bermacam2 ada yang berupa kedipan atau bahkan lampu MIL nyala terus tanpa kedip dan satu lagi lampu sensor suhu warna merah nyala terus tanpa kedip, untuk lampu MIL yang warna kuning jika ada kerusakan maka akan nyala kedip2 jika tidak punya alat FI maka nyala lampu ini bisa dibaca dengan cara membaca jumlah kedipan serta lamanya berkedip seperti yang sudah saya bahas disini ”monggo diitip mengenal sinyal lampu MIL” . Itu untuk sinyal lampu warna kuning, bagaimana jika lampu warna yang nyala ( sensor suhu ) ? monggo dibahas bareng2…
Lampu suhu warna merah nyala diakibatkan adanya ketidakberesan di sekitar suhu atau proses pendinginan di motor. Motor vixion memakai pendinginan air radiator maka kondisi air radiator harus selalu dicek, pabrikan menganjurkan untuk ganti air radiator maksimal setiap 10ribu km jika motor jarang dipakai atau sering dipakai melewati jalanan macet setiap hari maka dianjurkan sebelum 10ribu km sudah diganti. Apa saja yang menyebabkan lampu suhu nyala terus ?
1. Kondisi air radiator yang sudah expired, air radiator juga ada umurnya meskipun motor tidak pernah dipakai seperti halnya bensin jika lama tidak dipakai akan jadi basi.
Air radiator harus diganti maksimal 10ribu km jika motor jarang dipakai bahkan dalam satu tahun belum sampai 10ribu km maka saya sarankan setahun sekali atau kilometer 5ribu sudah diganti.
Jika motor sering dipakai dalam kondisijalan yang sering macet maka kita tidak bisa berpedoman pada spedometer karena motor terus bekerja sedangkan motor dalam kondisi berhenti alhasil speedometer juga tidak jalan. Saya sarankan sebelum 10ribu km sudah diganti air radiatornya.
2. Air radiator habis, kenapa air radiator bisa habis ? pastinya ada kebocoran karena seharusnya air raditor tidak akan bisa habis/ berkurang secara extrem.
2A. Selang radiator bocor, baik selang utama yang berukuran besar, ataupun selang kecil yang menuju ke tangki reservoir. Saat ada kebocoran di selang pasti air radiator akan menetes kebawah tandanya ada bercak putih disekitar radiator.
Lihat gambar dibawah ini, ada bercak2 putih dari bekas air radiator yang mengering.
Lihat gambar dibawah ini salah satu penyebab air raditor habis karena selang pecah atau bocor.
2B. Seal pompa radiator bocor/jebol.
Jika seal pompa radiator jebol maka air radiator akan masuk ke mesin dan bercampur dengan oli mesin mengakibatkan oli mesin menjadi milky ( putih susu) jika tidak segera terdeteksi kondisi seperti ini sangat berbahaya karena kondisi oli yang milky maka komponen part yang saling bergesakan akan aus seperti piston, cylinder, noken as bahkan kampas kopling langsung habis.
Lihat gambar dibawah ini contoh seal pompa radiator jebol, jika saat ganti oli mesin bekas oli mesin berwarna putih maka kang bro wajib cek kondisi seal pompa radiator.
2C. Air raditor bisa habis juga bisa dari kondisi paking/ gasket di cylinder rusak biasanya motor yang habis dibongkar dan pakingnya tidak diganti baru atau pemasangannya tidak pas maka air radiator akan mengalir ke mesin melalui celah di paking cylinder head.
2D. Kondisi raditor bocor, radiator bocor biasanya akibat benturan atau tabrakan yang mengakibatkan sel2 di radiator rusak dan jalur air radiator terbuka, biasanya ditandai dengan netesnya air raditor secara terus menerus meskipun motor dalam kondisi mati.
3. Thermosensor rusak.
Fungsi thermosensor adalah membaca suhu di mesin, jadi suhu mesin dibaca oleh thermosensor hasil bacaan suhu akan diteruskan ke ECU untuk diteruskan ke aktuator ( sistem injeksi yang bekerja ) sesuai kebutuhan, misalkan saat thermosensor membaca suhu mesin mencapai 100’c maka besaran suhu ini akan diteruskan ke ECU dan kemudian ECU menyuruh kipas radiator untuk berputar.
Jika Thermosensor rusak maka pembacaan suhu di mesin tidak normal, contohnya suhu mesin aktualnya 100’c tapi karena thermosensor rusak maka hasil thermosensor cuma 50’c makanya mesin jadi cepat panas dan over heat karena suhu 100’c kipas seharusnya nyala jadi tidak berputas karena pembacaan thermosensor yang ngaco.
4. Kipas Radiator Mati/Macet.
Kipas radiator macet / mati bisa karena faktor kabel radiator putus, kipas radiator macet, kipas meleleh serta kipas radiator terganjal kotoran radiator yang tabal.
5. Kipas Pompa Air Radiator Aus.
Proses pendinginan bisa berjalan normal karena sirkulasi air radiator yang berputar normal jika sirkulasi air radiator tidak berjalan maka air radiator dalam kondisipanas terus dan akan terjadi over heat. Air radiator bisa tidak berputar karena kipas pompa radiator aus sehingga air tidak bisa dipompa untuk bersirkulasi berputar memutari mesin untuk mendinginkan suhu mesin.
6. Thermostat Rusak.
Termostat berfungsi membuka dan menutup sirkulasi air radiator dari radiator ke mesin, saat kondisi suhu mesin dibawah 80’c air hanya berputar disekitar radiator saja namun setelah suhu mesin mencapai 80-85’c maka thermostat akan membuka jalur air radiator menuju ke mesin untuk mendinginkan suhu mesin.
Jalur air radiator terbagi menjadi dua jalur yang saling berhubungan dengan dipisahkan oleh thermostat. Jalur pertama air radiator hanya berputar di dalam radiator saja, untuk jalur kedua merupakan jalur keseluruhan yaitu dari dari radiator menuju mesin. Saat kondisi suhu mesin dibawah 80’c proses pendinginan mesin cukup di dalam radiator saja.
Jika thermostat rusak maka saat suhu mesin mencapai 80’c tidak bisa membuka jalur air radiator ke mesin sehingga air radiator masih tertahan di radiator sedangkan suhu mesin makin meningkat sehingga bisa terjadi over heat.
Faktor faktor diatas yang bisa menyababkan suhu mesin jadi cepat panas dan lampu suhu jadi nyala terus. Semoga bermanfaat.
Artikel terkait :
1. Motor Vixion Over Heat ? Ini Salah Satu Penyebabnya
2. Seal Jebol Salah Satu Penyebab Air Radiator Vixion Cepat Habis
3. Kipas Radiator Meleleh ,Jangan Abaikan Kotoran Menempel, Part 2
4. Kipas Radiator Meleleh ,Jangan Abaikan Kotoran Menempel
nice inpoh
motorku jadul ga ada fitur begituan 😀
http://remcakram.com/2014/04/19/wow-keren-bingit-model-cbr250-ala-pabrikan-inggris-ini
ooo
———————————————
Lorenzo galau tentukan masa depan dengan Yamaha
http://lovemotobike.com/2014/04/19/lorenzo-masih-bimbang-tentukan-masa-depan-dengan-yamaha/
Pasti g bc
Tau aja nih….wkwkwkwkwk…
kesimpulannya motor harus di rawat dan di cuci yang bersih sampai kecelah-celah biar umur pakai motor awet…
Kang, kalo mio 2008 (belum yang smile) mau ganti protector mufler 1 (14D-E4718-00) dan protector mufler 2 (14D-E4728-00) punyanya mio smile apakah bisa mas tanpa ganti knalpot/exhaust pipe assy 1? Nuwun
nggak bisa, duudkan baut beda
mantap pencerahannya..
Giliran blogger diajak ATPM ke Korea Selatan? Kenapa tidak?!
http://stephenlangitan.com/archives/87024
mantab kang…
http://bintangjati.com/2014/04/19/harga-r15-di-bali/
masternya motor yamaha pasti paham……. 😉
http://78deka.wordpress.com/2014/04/19/berkenalan-dengan-benelli-bn-302-2/
Siip infonya mas Ari. Bermanfaat buat biker.
Test Ride dan review Honda CB400 Super Four, Smooth dan Easy Riding.
https://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/19/test-ride-dan-review-honda-cb400-super-four-smooth-dan-easy-riding/
alhamdulilah piksen ane masih sehat kang.. nuwun inpo’e..
lengkap jozzzz
Alhamdulillah MXku selama ini belum pernah ada masalah dengan radiator, padahal ini sudah takut…. takut kalau terjadi kebocoran pada selang.
sip lek,, nyimak
Absen lek
Mengapa R15 mendapatkan respon yang luar biasa?
http://kobayogas.com/2014/04/18/yamaha-r15-why-it-got-a-ton-outstanding-response/
Jika indikator suhu radiator menyala terus,kemudian MIL pun berkedip menunjukkan kode kerusakan pada Sensor Cairan Pendingin,bisa jadi Sensornya bermasalah/Rusak.Gejalanya:
Pada kondisi mesin masih dingin Putaran mesin tidak normal,”langsam” ngaco…
Segera bawa ke Klinik (BeRes) terdekat.
genit
http://satuaspal.com/2014/04/19/jika-nvl-jadi-motor-pak-tentara-mungkinkah-r15-jadi-motor-pak-polisi/
motor canggih, teknologi motogp
http://masshar2000.com/2014/04/19/cb-1100-motor-retro-seharga-246-juta/
Error code, biar mudah melacak… 🙂
http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/18/honda-city-terbaru-akan-diluncurkan-tanggal-24-april-2014/
Masukan bagus
lampu head merah nyala terus dicek ke brebes ktanya kipas nya rusak nya disuruh ganti kipas tapi ane bongkar dirumah kipas nyala klo dilangsungin jadi sebenernya gimana ya gan ada saran gak
saya sarankan cek kondisi termosensor dulu.
kalo setelah dihidupkan kira2 15 menit/100derajat kipas nyala maka termo normal,
perlu diwaspdai kodisi kipas pompa radiator disebelah kiri
Mau nanya mas kalu yang nyala sebelah kirinya gimana tu gambarnyakan sebelah kana,,,,,tapi nyalanya waktu mesin jalan ,.,entar mati lagi kira2 masalah ngk???maklum pemula
kemungkinan ada masalah di pengisian ke aki, cekke beres…terutama cek kiprok
mantab kang sempat bingung aku R 15 ku nyala trs lampu indikator yg merah ….suwun pencerahanya mau aku ganti air radiatornya tar mau beli di deler yamaha
kang kalo seal pompa, pack dexseal udah di ganti, kipas pompa jg msh bagus, tp indikator warna merah masih nyala, dan mesin cepet panas, aircooler udah berulang kali di ganti, oli mesin udah di ganti.
sebelum part itu di ganti, air radiator nyampur dg oli mesin, walaupun partnya udah di ganti tapi lampu indikatornya masih nyala.
ada saran kang?
alhamdulilah mx ane thn 2007 masih bagus selang2nya, kipas muter pas panas (normal), gnti air radiator setahun sekali, air di resevoir gk pernah kurang (tnda gk ada kbkcoran), km udh balik k 00000 2x.. wkwkwk kuat juga nih mx.
nice inpoh gan
—
http://www.perfect-corner.com/
Motor ane vixion taon 2008 kang, kndala awal ny smua lmpu indikator nyalah (ketika panas) nah ane udeh gnti fuel pump ok sip normal nah gntian neh aki yg ngedrop ane cek2 lah kiprok kena, ane gnti juga.. Ok sip kendala selesai.. Ane tes jauh lah gntian lampu radiator yg nyalah, ane minggir (ngademin mesin) pdhal air radiator msh banyak.. Itu ap penyebab nya ya?? Tolong para suhu untuk bantuanny.. Trimakasih