jump to navigation

Vixion Nglitik, Nich Salah Satu Penyebabnya 29/03/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

klep (1)

Kemarin kebetulan dapat konsumen biker motor vixion, datang ke bengkel mau service dengan keluhan kalau motornya timbul suara nglitik. Setelah saya dengarkan ternyata motor memang mengeluarkan suara nglitik dan sumbernya dari sekitar cylinder head.

vixion nglitik (1)

Konsumen saya sarankan untuk service dan pengecekan celah klep atau setel kerenggangan celah klep karena suara nglitik tersangka utama dari celah klep yang longgar. Motor saatnya dapat jatah antrian service motor-pun dibongkar radiatornya kemudian lepas tutup cover cylinder headnya. Kemudian di cek kelonggaran klepnya setelah di cek ternyata klep sudah longgar maka di celah klep di setel ulang dalam kondisi standar lagi, saya setel klep IN 12mm dan Klep EX 16mm itu ukuran standar.

Sudah saya setel klepnya kemudian semua dirakit lagi termasuk radiator lalu motor coba dihidupkan ternyata suara nglitik masih ada meskipun sudah berkurang. Hmhmhm…mulai pusing kalau begini. Dipikir2 sampai habisin kopi lima gelas kemudian motor dibongkar lagi. Jadi inget kasus yang dulu pernah saya bahas disini…:

Vixion Nglitik… Nich Penyakitnya

Pelatuk klep saya bongkar kemudian saya cek kondisi pelatuk klep masih bagus, kemudian mengarah ke kondisi klep, lach ternyata kondisi ujung batang klep sudah aus, bahkan semua klepnya diujung batang klep sudah cekung makanya saat mesin berputar dan pelatuk klep saat mendorong klep tidak beraturan karena kondisi tinggi klep tidak sejajar. Yo wes lach… jadinya service besar bongkar cylinder head kemudian klep diganti baru.

vixion nglitik (4)

Setelah klep disekir ulang dengan klep yang baru kemudian semua dirakit kembali, tanpa basa basisemua sudah terpasang dan motor dihidupkan, bunyi mesin halus nyaris tak terdengar, xixixi…iklan isuzu panter.

klep (2)

Komentar»

1. Ferboes Richardson - 29/03/2014
2. iksan - 29/03/2014

mas tanya perbedaan antara per + klep vixion dengan per+klep jupiter mx
sekian trimakasih

aripitstop - 29/03/2014

sama persis g da perbedaan

3. kudo78dk - 29/03/2014
4. sulaeman nafsoelovers crot - 29/03/2014

service besar bkin merinding..
bies brpa kang gituan…?!.crot

5. hrf2209 - 29/03/2014
aripitstop - 29/03/2014

jos

6. ninja150ss - 29/03/2014

kang nanya nih…
sampeyan kn mekanik huandal,,tuh ovi kn produksi lg,make mesin ovi apa dh make nvl??

ninja150ss - 29/03/2014

mksdnya mesin(silindernya)&setingan nvl,,kn sampeyan tau setingan ecu ovi&nvl beda…

aripitstop - 29/03/2014

Ttp old vixion hanya cylinder/blok pake nvl/1pa

7. RPMspeed - 29/03/2014

sebenernya suara ngelitik tuh gimana si kang ?

————————————–
Tentang Suzuki GSR 750
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/03/28/dahsyatnya-suzuki-gsr-750/

aripitstop - 29/03/2014

Suaranya ketukan seperti klep longgar

RPMspeed - 29/03/2014
8. java135 - 29/03/2014

sampeyan bengkel di mana mas ?? mnhkn bisa servis pulsar ane.. hehe

aripitstop - 29/03/2014

Di bintaro….blm pernah bongkar mtr india je…takut dimarahin sahrukhan

9. Kobayogas - 29/03/2014
10. warungasep - 29/03/2014

Oh gitu,kalo bahasa sundanya “ngeletrek” gitu kang Ari,mantap infonya 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/03/29/ini-gitarku-mana-gitarmu-2/

aripitstop - 29/03/2014

tahu bahasa afrikanya nggak?

11. Kobayogas - 29/03/2014
aripitstop - 29/03/2014

trims bro…. ditunggu artikel foto2 riding di wahana

Kobayogas - 29/03/2014

Siappppp

12. cah ndeso - 29/03/2014

bukannya mesin mx sama vixion sama..?

aripitstop - 29/03/2014

garis besarnya sama. dan bisa saling subtitusi makanya jup.mx bisa bore up 150cc pakai blok vixion

13. monkeymotoblog - 29/03/2014
14. Atma - 29/03/2014

biaya habis berapa kang? siap siap kalo terjadi pd motorku kang?

aripitstop - 29/03/2014

Estimasi total plus jasa dan part, paking2 kisaran 400ribuan,

15. belalangmerah - 29/03/2014
16. ipanase - 30/03/2014

kayane angel nyetele

17. otong - 30/03/2014

Mas yg benar standartnya setelan klep vixion itu IN 0,12 EX 0,16 mm atau 12 IN dan 16 mm EX?

18. Wong Ndeso 94 - 02/04/2014

Kang, kalau suaranya NVL kayak suaranya megapro lawas. Gede dan keras gitu suaranya itu gimana? Dibanding punya tetangga, NVL ane keras banget suaranya, tp gk terlalu kasar

http://ndeso94.com/2014/04/02/apapun-alasannya-menjadi-anak-punk-yang-suka-bolang-tak-jelas-itu-tidak-bisa-dibenarkan/

19. kodok - 21/10/2014

bengkel di bintaro mananya boss? bisa settingin klep byson ga? 😀

20. Putra D-An - 09/11/2014

Mas, aq NVL aku bru aja khabisan olie.. trus ganti block, seher, dll…. tp klep ane cuma si skur biar rapet kata si dealer
itu , udh 10 hari jlan motor ane tetep nglitik.. klo ane mau ganti klep dan per , roler roker arm dan as pelatuk, dan noken as. kira2 sampai 1 jt gk mas

aripitstop - 09/11/2014

nggak sampai…

21. el - 18/11/2014

gan vixi ane nagalami kejadian yg sama tapi vixi ane timbul suara ngelitik lagi stelah 1 bulan , lalu ane bawa ke beres buat di stel. alhasil suara ilang jadi rada ilang, eh setelah 3 bulan suara ngelitiknya balik lagi gan , knapa ya kira” ?

22. whin - 25/09/2015

Misi mas bro,, klw nvlq glitik di rpm 6000,padahal uda ganti blok 3c1+piston kitx,rantai kecil kok suarax masih ada ya.

23. gatur - 08/03/2016

sama persis yg sdang aq alami..
buyi cik cik cik..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: