jump to navigation

Waspada Bohlam Stop Putus,Motor Injeksi Bisa Mogok ! 29/07/2013

Posted by Kang ari in BENGKEL.
trackback

unduhan

Tentu kang bro tahu akibat sistem lampu AHO yang jadi korban adalah bohlam cepat putus,tidak banyak yang mengeluhkan bohlam cepat gosong.Bohlam putus karena akibat dari sistem AHO,sekarang kang ari bahas efek dari bohlam belakang putus/gosong.Mari disimak…

Untuk bohlam depan depan putus efek yang ditimbulkan cuma penerangan jalan jadi terganggu saat malam jika siang hari efeknya ditilang polisi,kalo bohlam stop/belakang efeknya mengerikan…! terutama buat motor injeksi yang tidak memakai kapasitor bank,kok bisa ?

Dari pengalaman kang ari selama jadi mekanik ada beberapa kejadian ringan dan fatal akibat dari bohlam belakang putus atau kualitas bohlam stop yang jelek.Seperti contoh pada motor scorpio z yang baru kang ari tangani,si owner mengeluhkan motornya terjadi keanehan,pada saat menekan tuas rem lampu sore dan lampu utama ikut nyala seminggu kemudian akinya soak.Lihat video dibawah ini.

Dan video ini lampu speedometer ikut nyala saat menekan rem.

Lalu kenapa itu bisa terjadi padahal arus antara bohlam stop dengan bohlam senja beda,bohlam stop pakai arus DC sedangkan bohlam lampu utama dan senja pakai arus AC.Bohlam stop terdiri dari dua nyala lampu yaitu lampu rem dan lampu senja jadi di bohlam stop satu bohlam mempunyai dua sel lampu.Untuk lampu rem menggunakan arus DC dan lampu senja pakai arus AC.Kalau salah satu sel putus dan patahan sel yang putus menempel ke sel yang satu maka dipastikan arus AC akan bertemu arus DC dan hasilnya akan terjadi short dan kelistrikan dimotor jadi terganggu.

P1060998

Jika kedua arus bertemu maka arus AC akan masuk ke jalur arus DC dan salah satunya adalah menyerang aki,aki hanya bisa menyimpan arus DC jika tercampur dengan arus AC maka tegangan aki akan turun dan bisa terjadi aki short/soak.

Maka jika dimotor kang bro terdapat gejala2 seperti diatas,saat kita menekan rem tapi lampu senja ikut nyala dan nyala lampu utama jadi redup maka bisa dipastikan terjadi short pada bohlam stop ,ganti bohlam stop dengan asli produk pabrikan jangan bohlam abal2 yang penting murah karena bohlam yang murah kualitasnya juga murah,seperti pada scorpio z ini ternyata pakai bohlam murahan yang harganya cuma 5ribu tapi efek yang ditimbulkan bisa merusak aki dan harga aki tipe GM7 punya scorpio z harganya 250ribuan,mau pilih mana ? 5ribu atau 250ribu.

Itu akibat jika terjadi pada motor karburator,bagaimana jika terjadi di motor injeksi yang notabene sudah AHO semua,jika motor injeksi yang memakai kapasitor bank dipastikan motor sedikit aman karena jika aki soak masih ada penyuplai arus dari kapasitor bank,gawatnya jika motor injeksi yang tidak pakai kapasitor bank jika aki soak maka motor bisa mogok.Jadi intinya ganti bohlam yang standar pabrikan lebih baik mahal sedikit dari pada menyesal kemudian,cuma 11ribu.

gosong

Bohlam asli saja bisa berakibat sama apalagi bohlam abal2…

Semoga bermanfaat…ayo kang bro ”LIKE” lagi ya dan just follow lewat email dan twitter.Bolg yang kemarin sudah hangus dan sekarang masih terjadi eror di halaman ARSIP dan secepatnya akan kang ari upgrade.

Komentar»

1. Dark Angel - 29/07/2013

waduh.. gaswat

2. Threeono - 29/07/2013

oke banget kang Ari.jd dikit2 ngarti masalah motor nie

3. aya - 29/07/2013

Weleh kok ribet….!!!
gimna dg x ride Kang.. Pake kapasitor babank g…..?
Oh y kemarin waktu servis pertama di beres ane kan minta bikin saklar tuk mutus aho tapi mekanike kok ndak mau

4. aya - 29/07/2013

Sory salah ketik
kapasitor bank maksude inyong

5. 46@sukses.com - 29/07/2013

Ngeri juga ya,
*BANDUNGAN ADEM2.

aripitstop - 29/07/2013

bandungan atis banget

6. rayder kebapak-bapaan - 29/07/2013

Makasih kawan, jadi banyak tahu ku sekarang oleh mu

7. deidara - 29/07/2013

pernah lampu senja stoplamp mati,, lama gak diganti2,, untung gak napa2…

8. Dasa Augusta - 29/07/2013

info yang bermanfaat. tx

9. cah gemblung - 29/07/2013

Itu efek pengiritan pabrikan, dimana lampu stop belakang dan lampu senja digabung jadi satu bohlam, dan pake arus yg beda dalam satu bohlam :capedeh

Kenapa ga pake satu arus aja walo dua fungsi, seperti lampu sorot depan kang (bener ga kalo lampu depan satu arus kang) 😀

aripitstop - 29/07/2013

dr dulu lampu belakang pakai 2 arus. dan lampu depan sekarang ada yg dua arus juga tapi pakai dua bohlam

10. Ucit - 29/07/2013

Mau tanya kang klo old vixion pakai kapasitor bank gak?,klo pakai letak nya sblh mana?.

aripitstop - 29/07/2013

olc vixi pakai,tanpa aki bisa hidup

old legion - 29/07/2013

bisa tapi harus di selah! Old vixi 3phase! Lbh ganas output alternatornya! Lbh stabil arusnya! Tapi kenapa nvl malah jadi ac/dc system sh kang? Kayak jalan mundur malah teknologi kelistrikannya!

Ucit - 30/07/2013

posisi nya yg di sblh kiri blkng kabel negatif aki bukan kang?.

11. i gunawan - 29/07/2013

kalo mio j ada kapasitor bank nya ga kang ari?

aripitstop - 29/07/2013

nggak ada…

12. Ferboes - 29/07/2013

Kok blog ini lambangnya sama kaia IWB di bookmark gw ya????
Apa hp gw yg error???
Bagitu gw klik malah jadi kesini

aripitstop - 29/07/2013

beda cuy…hp nya kurang gedhe.xixixi

13. old legion - 29/07/2013

Mending di pisah aja bohlamnya! Antara bohlam lampu rem dan lampu ekor! Ya kayak honda vario series gitu! Yang ngeri lagi kalo arus dc nya malah short ke gulungan sepul! Kerusakannya ga terbayangkan! Bisa kebakar tuh spulnya! Nambah mahal lagi! Untungnya lampu motor gw udah full dc dari pabriknya! Berarti bohlam lampu belalng ga main2 ya!

14. frgoes87 - 29/07/2013
15. heri48r - 30/07/2013

ijin share ya gan…thanks

aripitstop - 30/07/2013

ok

16. priyo adi - 30/07/2013

wah ngeri jg ya???

17. kampreet - 30/07/2013

ohhhh untung punyaku lum injeksi wkwkwk

18. Claudio - 03/08/2013

Kang, gimana caranya bikin fitur AHO x ride bisa d kasih saklar pemutus ?

19. wahyu 042 - 30/10/2013

bner kang… motor sy mengalami sprti yg kang ari bahas ! aki sy soak pdahal sy pakai bohlam stop asli yamaha (udh ganti 4X , bohlam sllu gosong) !
pny solusi kang ?

aripitstop - 30/10/2013

matiin AHO-nya

20. jopalrebex - 12/12/2013

kalo cuma di putus pake saklar aman ga mas bro?

aripitstop - 12/12/2013

Aman,yg penting nyambung kabel2 nya rapi dan saklarnya yg bagus

21. Efek Bohlam Stop Konslet,Aki Bisa Soak | - 17/12/2013

[…] kang ari pernah bahas masalah Waspada Bohlam Stop Putus,Motor Injeksi Bisa Mogok !. . Sekarang saya coba ulas kembali kebetulan ada konsumen kang ari dorong2 motor karena akinya […]

22. Fenomena Aneh Gara-Gara Bohlam Stop Konslet (Putus) | - 27/12/2013

[…] Waspada Bohlam Stop Putus,Motor Injeksi Bisa Mogok !. […]

23. Sigit - 27/12/2013

ayo ayo, yang lampu belakangnya mati, buruan ganti… bahaya juga klo malem..

24. Safiq - 02/07/2018

Kasus saya motor matic 2014, accu baru ganti 6 bulanan, berlahan pagi hari motor mulai berat elektrik startnya, tapi saya cuek, akhirnya tiba pagi tdk bisa elektrik start tidak kuat, terpaksa kick start, namun bila mesin sdh panas, eletrik start bisa digunakan lagi, BM menyarakan ganti accu setelah sblmnya dibantu strum, bila masih susah start pagi, alasan rusak krn accu lokal??? :P, ok, klo bener rusak saya ingin coba merek Bosch M8, namun mekanik penjual bosch melakukan cek accu sebelumnya karena utk klaim garansi kedepannya dan menyimpulkan accu saya sehat berfungsi baik belum perlu ganti, disarankan coba dulu 2 harian, hingga pasti accu benar soak. Selama ini lampu nyala normal terang, klakson kenceng, pengapain baik, akhirnya saya baca artikel ini, kebetulan lampu depan saya yg mati utk yg jarak dekat, dan saya memaksakan lampu jauh selama ini, dan lama saya paksakan 2 bulan lebih kayaknya. Lalu saya coba mengganti lampu, saat saya rasa accu sudah soak, terlihat dari klakson yg mulai ngebas :), setelah saya ganti lampu depan, dengan kick start dan memanaskan motor 1 sd 1.5 jam an, sesekali menaikan gas, lalu saya biarkan motor istirahat dari siang hingga pagi, alhamdulillah elektrik start sukses. Dan sdh 2 hari normal lagi.
Memang yg saya rasakan hanya gejala soak accu saja dipagi hari, tdk sampai kasus lainnya.
Saya menduga, faktor lampu depan bila dibiarkan putus mempunyai efek menguras accu, mungkin ada koslet yang tdk kasat mata.

Thx artikelnya mas arie.

Safiq - 02/07/2018

Oh iya motor saya matic injection 2014 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: