Iklan
jump to navigation

Motor Injeksi Yamaha Bisa Mogok Jika AKI SOAK 19/03/2013

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

Dua tahun belakangan ini pabrikan motor jepang terutama yamaha dan honda saling memamerkan teknologi yang katanya paling canggih dan paling banyak fiturnya di motor masing2,,,’’motor injeksi ane canggih,keren,bisa kedip2 klo sakit’’ kompetitor nggak mau kalah,,’’kerenan motor gw dunk streetfighter,eye catching,injeksi tapi murah….’’.Konsumen bisa bingung mo pilih motor yang mana,,,terutama yang belum melek sama teknologi injeksi,,,sales Y bilang ,,,’’teknologi motor ane canggih pak murah dan plg laris,,,,’’ pindah ke sales H bilang ‘’motor gw diskon besar pak,injeksi lagi’’ konsumen sampai rumah bisa tepuk jidat sambil bilang’’mooooddiiar’’
Kali ini kang ari mau mengulas hal yang mungkin jadi salah satu kelemahan dimotor injeksi.Kang ari di artikel ini akan buka dulu dari motor yamaha dan artikel besok akan bahas motor honda.Begini kang bro,kang ari kasih bocoran bahwa motor injeksi punya salah satu kelemahan yaitu di akinya kang bro,,,,kenapa aki bisa menjadi salah satu kelemahan ??? kang bro bisa buktikan sendiri,,kalau kang bro sudah punya motor injeksi lepas akinya lalu ganti aki yang sudah soak,,,,,,, jangan harap motor kang bro bisa jalan,,,bernafas saja sulit apalagi bisa hidup.

download

download (2)

pizap.com13631521818591
Motor yang masih pakai karburator apalagi yang pengapiannya AC kalau diselah masih bisa hidup nggak peduli akinya soak atau akinya dicolong maling,hehehe,,,,kang ari dapat bocoran bahwa dimotor injeksi yamaha jika akinya soak maka motor akan mogok sebenarnya motor honda juga begitu tapi sekarang kita bahas yamaha dulu ya kang bro,,,, bukan berarti aki soak motor langsung mogok,,,,,masih ada batas toleransi besarnya tegangan di aki kang bro,,,untuk motor matic yamaha (mio j,mio gt,soul gt dan xeon rc) motor bisa mogok jika tegangan di aki kurang dari 10volt,jupiter z1 juga sama jika tegangan aki kurang dari 10volt motor bisa mogok,untuk new vixion kurang dari 6,5volt dan beda untuk old vixion,,,motor old vixion tanpa aki masih bisa hidup dan jalan kalaupun akselerasinya berkurang,la kok bisa kang ari,,,???

download (1) images
Motor injeksi yamaha mulai dari mio j sampai xeon rc yang terakhir keluar menggunakan pengisian sistem 1 phase terbuka, Pengisian 1 phasa dengan sistim AC/DC Open charging dapat menghentikan proses pengisian arus listrik saat kondisi aki sedang full charge/penuh, yang mekanismenya diatur oleh rectifier – regulator (kiprok).Memang kerja aki jadi ringan dan umur aki lebih awet karena saat pengisian aki sudah penuh maka pengisian akan di putus,kelemahannya motor yang menggunakan sistem 1 phasa pengapiannya hanya mengandalkan dari aki,makanya jika aki soak motor bisa mogok,dengar2 sich buat neken biaya coz produksi kang bro,,,,.lalu Kang ari,,,kenapa old vixion bisa hidup jika akinya sudah soak??? Motor old vixion menggunakan sistem pengisian 3 phasa tertutup,pengisiannya lebih besar dari 1 phasa.Jika pengisian sudah penuh tidak seperti 1 phasa yang otomatis tertutup tapi pengisian tetap berjalan terus dan sisa pengisian sebagian di buang ke massa,makanya kalaupun tidak pakai aki motor old vixion masih bisa hidup,biaya produksinya juga lebih mahal dari 1 phasa.

download (3) download (4)

images (1)
Kang ari kasih trik buat kang bro pemakai motor injeksi biar tidak sampai mogok gara2 aki soak.Trik-nya mudah kang bro,,,pada motor injeksi jika akinya mulai soak maka lampu sinyal akan kedip2,tapi pasti kang bro tidak tahu kenapa motor kang bro bisa kedip2,,,kan?klo dikedipin cewek nggak pa2…hehehehe..tanda2 aki soak selain lampu sinyal kedip2 adalah jika electric starter sudah tidak kuat untuk menghidupkan motor maka itu tandanya aki mulai soak,jika tombol electric starter dipencet Cuma bunyi ‘’ngek2’’ atau ‘’cethik2’’.kalaupun buat lampu sen dan nyalain klakson suaranya masih kenceng,,,akinya pasti mulai soak jika nggak kuat buat electric starter.Jika sudah ada gejala itu maka kang bro mesti siap2 ke bengkel buat ngecas aki jika masih bisa di cas,klo sudah tidak bisa di cas ,,,beli baru,,,hehehe,,,
Semoga tips diatas bisa bermanfaat buat kang bro,,,maturnuwun

Iklan

Komentar»

1. Dede bukan sales - 19/03/2013

Mantapbs mas bro info nya,,,

2. aboy - 19/03/2013

infonya mancrapppp….

3. isal - 19/03/2013

Info penting buat motor ane. Bookmark ah..
Thx kang.

4. fadeln250r - 19/03/2013

yang dimaksud lampu kedip kedip lampu opo yo kang. . . . .

Kang Ari - 19/03/2013

lampu sinyal di speedometer

Muin - 10/01/2015

DTC kali ( Diagnosis Trouble Code )

5. chuphez - 19/03/2013

Masa pakai aki kering kira2 berapa tahun ya kang dgn kondisi standart.

Kang Ari - 19/03/2013

biasanya bisa berumur 1,5 – 2 thn

6. adhy - 19/03/2013

mantap kang ari info’y berguna bnget..mo tanya? Pnya ane mtr NVL tp g ada kick stater’y,.d bc in “knapa lo ga beli yg ada kick stater’y?”prtanyaan’y,,,klo aki soak tp ada kick stater’y..apa msh hdup??( ni tuk new vixi / cb.)
makasih.

Kang Ari - 19/03/2013

jika tegangan di aki masih msk batas tlorensi >6,5volt mash bs hidup,,,cr-nya mtr di standar dua lalu masukin gigi1 lalu ban blakang d putar k depan,,, atau mtr d dorong sambil masukin gigi 1..klo g bs hidup pinjem aki tmn buat ngidupin dan bw ke bkl

7. araidomore - 19/03/2013

Nais impo broth…

8. Erit07 - 19/03/2013

Mantappp…

9. makhluk tuhan paling lebay - 19/03/2013

Lebih gampang mongtor karbu ku. Gak perlu mikirin mogok hanya karna Aki yg tua 😀

10. Oi_Rebel - 19/03/2013

mogok jika sudah waktunya…

11. KEBAIKAN - 19/03/2013

Kang Ari… Saya pake Jupiter MX MT ’06 dan Supra X 125 ’08, keduanya memakai aki basah dan kering.

Saat pagi hari atau jika motor telah diparkir lebih dari 4 jam selalu saya hidupkan menggunakan kick starter, sesudah itu kalo motornya dah panas yah electric starter terus.

Aki keduanya bisa tahan di atas 5 tahun! MX ganti aki tahun lalu, itupun electric starternya masih bisa, Supranya masih joss ampe sekarang.

Pertanyaanya apakah kick starter bisa memperpanjang usia aki?

BTW Tiger ’09 dan Smash ’06 saya akinya langsung ko’it tepat satu tahun stelah beli gak pernah starter electric.

12. Kang Ari - 19/03/2013

faktor aki bisa awet: 1.perawatan,terutama aki basah,kondisi air sll di isi tpt wkt,,,klo aki kering tiap hr mtr d panasin.
2.saat kondisi mtr dingin,sblum dihidupkan di engkol dl 5-8 kali br pakai starter electric,agar kerja aki jd lbh ringan,,karena pd saat motor dingin/parkir lama,,,kondisi aki tdk ada penyetruman. jadi kick starter bs memperpanjang usia aki.
3.bahan aki sekarang dan dl sdh beda,,,umur aki sekarang baik gs atau yuasa dr pihak pabrikan hanya memprediksi berumur 1,5thn itupun jk perawatannya bagus.
http://ariblogmotor.wordpress.com/2013/02/21/merawat-aki-biar-awet/

13. yudha depp - 20/03/2013
14. mbel pada - 20/03/2013

Koreksi bang ari,
Ani tau dikit injeksi HONDA,
Motor injeksi PGMFI pada Spacy, Spra X 125 Helm in
Beat ama Verza itu TETEP bisa Hidup walaupun Batery/aki dlm Kondisi Drop/tekor.
Bahkan Motor2 tersebut bisa HIDUP/NYALA NORMAL MESKI TANPA BATERY/AKI.
Ane sdh nyoba dan tau dengan mata kepala ane sendiri…

Kang Ari - 20/03/2013

kang ari bahas di artikel bsk,,,msh nyiapin materi.sip..

15. mbah_suro - 20/03/2013

Motorku Vixion sudah berumur lebih dari 3 tahun dan sampai sekarang akinya masih bagus,masih standard bawaan pabrik,dan setiap hari pakai electric start,kick start sangat jarang sekali digunakan. Odometer sudah menunjukkan 51.500 kilometer.
Selain itu untuk klakson juga diganti punyanya mobil kijang power tone yang stereo.

16. tokomap - 10/04/2013

nyimakss
fi tool

17. cah blora di bekasi - 27/04/2013

mu nanya kang bro
apa bener kalau gnti aki mtor injeksi hrus d jmper pke aki dlu biar ecunya gak ngriset?
Bner ga tu?
Trim
mtur kasih

ariblogmotor - 27/04/2013

slah besar tuch,kalo mau ganti aki tinggal ganti saja,nggak perlu riset2 lagi

18. deny - 02/05/2013

mio j ane sudah 3 kali mogok (speedo 6516km), dan sdh pernah 1x reset ECU (service gratis ke 4).
BBM pake RON92 kadang RON95 sejak datang pertamakali di rumah.

herannya, mogoknya jika sdh jalan.. tiba2 mogok, dan gag mau di starter..
di coba dgn kick starter, terasa ngempos (spt kompresi ilang)…

dibawa ke beres hanya di charge aki, 1 x saja dicek pake laptop saat reset ECU…
setelah service berikutnya gag pernah ngeliat service dgn laptop lagi.. padahal service selalu di beres.

kira2 kenapa dgn motor mio j ane agan ari ?? soale nih mongtor yg pake bini ane hanya dipake ngantar anak sekolah ma ke tempat kerja. paling sehari hanya tempuh jarak 20km aja.

makasih..

Kang Ari - 02/05/2013

kang ari prediksi dari kondisi akinya kang,cek kondisi bohlam blakang gosong nggak?jika gosong hitam ganti bohlamnya takutnya konslet (tegangan ac nempel dc)

sahrulin - 20/01/2015

klo bohlam depan yang gosong apa berpengaruh bang?? soul GT saya tiba-tiba mati mendadak.. injeksinya juga tdak bunyi ketika di kontak..

Kang ari - 20/01/2015

Nggak ngaruh, krn bohlam dpn arus AC. Cek kondisi aki dan tangki mungkin ada airnya

19. Eka_arrie - 09/05/2013

wahh, agan ari sepertinya sudah banyak tahu soal kelistrikan motor niih. hehe.
agan Ari, ane mau tanya kira-kira kalau jupiter z1 mau dipasangi dobel hid 35 watt kuat gak ya?? tanpa harus gulung spulnya atau ngubah ke fullwave? ane masih bingung gan.
makasih…

ariblogmotor - 09/05/2013

kemungkinan besar nggak akan kuat kang,soalnya tegangan yg dihasilkan dr spul sudah pas buat kbutuhan standar motor,jadi kalo dikasih beban yang lebih berat pasti aki akan tekor dan jika aki tekor maka mtr bisa mogok.

20. toni - 12/05/2013

Bang Ari,ane mau tanya..knp motor old vixion sy kalo mau starter elektik hrs keadaan netral skrg,dulu bisa walao keadaan masuk gigi satu…..terimakasih.

ariblogmotor - 13/05/2013

saklar starternya rusak,posisinya di bawah handle kopling tangan (stang kiri) ada kotak kecil yg di sambung 2 kabel.harganya kisaran 45ribuan

21. evan - 22/05/2013

mas,, motor mio j distater gak mau langsam dan disela engkol pun terasa kempos… itu kenapa ya mas,, alhasil saya dorong” sampe rumah nih motor….

Kang Ari - 22/05/2013

kmungkinan aki,dicoba dl pakai aki mtr lain kang,kalo sdh hidup segera bawa ke beres

22. andyjaya yamaha mojo - 26/05/2013

motor injeksi pasti yamaha…bensin.busi gak gampang ganti ..merk lainpertamax breebet

23. ralat - 01/06/2013

Salah ente bang, ente bilang vixi lama tanpa aki bisa idup. Pake korek api ya idupinnya, pokoknya tu motor injection, mw mobil/motor kek sama aja, semuanya harus ada aki yg sehat, karena fungsi aki lah yg membuat rotak bekerja untuk menyemprotkan ke thottle body.
Sama satu tambahan ane, jgn cuma ngomongin regulator doank, coba ente telusuri tu pitch sama pole rotor ny. jgn cuma nyontek2 dah kl emang gk tau persis mekanismenya

ariblogmotor - 01/06/2013

maaf kang, @ralat..mekanik bukan ? saya yang dari dulu nangani vixion dari pertama lahir sampai sekarang,JADI SUDAH TAHU JEROAN VIXION,jika mau belajar motor yamaha silahkan datang ke kang ari,kita nego berapa biaya training per-jamnya.
itu untuk motor yamaha,sekarang silahkan datang ke bengkel AHASS/HONDA hampir semua motor injeksi honda bisa hidup tanpa pakai aki.

24. Deny - 11/06/2013

Kang NVL ane gg bisa di stat padahal baru 4 bulan, itu kenapa ya?

ariblogmotor - 11/06/2013

kemarin kang ari juga dapat,masalahnya bohlam belakang putus.coba cek bohlam belakang dl,

25. jinx - 11/06/2013

kang ari, kalo nvl ga dipake sebulan aki ga dilepas, perlu charge lagi ga ya nanti kl mau di pakai..

ariblogmotor - 11/06/2013

sebaiknya di cas lagi agar aki tidak cepat tekor

jinx - 11/06/2013

siap kang bro.. makasih..

26. khane - 20/06/2013

mas ari. motor gua Yamaha GT. sementara jalan kok tiba2 langsung mati ya. umur motor gue baru 9 bln. oh iya kemarin waktu dari dealer bawaannya lampu depan hidup terus biar siang. trus gue bwa keteman gue. dimodifikasi saklarnya biar lampu kalau siang bisa on/off. apa pengaruh gak itu ??

ariblogmotor - 20/06/2013

pengaruh jika saklarnya jelek bisa bikin konslet

27. Bedanya Force Dibanding Jupiter Z1,Force Bisa Hidup Tanpa Aki | ARI BLOG MOTOR - 25/06/2013

[…] mogok jika aki soak dan hanya motor old vixion saja yang bisa hidup tanpa aki,baca disini ” Motor Injeksi Yamaha Bisa Mogok Jika AKI SOAK. ” . Jadi motor force ini bisa hidup dalam kondisi aki soak bahkan tanpa ada aki,dengan […]

28. athor - 07/10/2013

Mio soul gt tiba2 gak bisa di starter,,, lampu indikasi kedip2 dan lampu sen jg gak bisa nyala….
Tp diidupin pake kickk starter msh bisa… Kira2 napa ya. Kang ari ?

29. dhodot - 17/10/2013

knapa xeon tiba” mti sndiri,,tpi bila sndar 2 dnaikan mesin hdup pke engkol,,trus stndar nya dturunin mti lgi,,aki udh rada” soak sih

30. Jho Waeh - 17/10/2013

siiip om makasih infone mtor q pada waeeeeek iki akine soak toh ternyata hihihihihihhihihi siip inponeee

31. Emil - 23/10/2013

Kang Ari, kalau mau beli FI diagnostic yamaha di mana ya?
Thanks.

32. hokiedokie - 10/11/2013

Poin ulasanya Betul bro ari. Tpi penjelasanya yang kurang sesuai. Mengenai injeksi mati tanpa aki/soak itu bukan dari sistem pengisiian 1 ato 3 phase,tapi dari desain ecu yg kurang se
mpurna di bagian regulatornya. Di motor injeksi honda regulator ecu lbh sempurna sehingga bisa bekerja meski tanpa aki. Tips buat injeksi yg mati tanpa aki silahkan pasang capasitor min 10rb uF/25v di aki ato di + dan – kiprok. Meski aki di copot mesin tetep ngacir…….!!!!

aripitstop - 11/11/2013

Ehm,bs juga….

33. hokiedokie - 10/11/2013

Poin mogoknya Betul bro ari. Tpi penjelasanya yang kurang sesuai. Mengenai injeksi mati tanpa aki/soak itu bukan dari sistem pengisiian 1 ato 3 phase,tapi dari desain ecu yg kurang se
mpurna di bagian regulatornya. Di motor injeksi honda regulator ecu lbh sempurna sehingga bisa bekerja meski tanpa aki. Tips buat injeksi yg mati tanpa aki silahkan pasang capasitor min 10rb uF/25v di aki ato di + dan – kiprok. Meski aki di copot mesin tetep ngacir…….!!!!

34. aldy - 09/12/2013

Kang Ari resiko jika merubah kelistrikan motor AC ke DC pada motor injeksi yamaha apa ya terutama motor mio soul gt?

35. Roy - 15/12/2013

Kang Ari, motor ane Force baru beli 3 bulan yg lalu (sept’13). Ane bawa ke warung beli makanan trus pas mau pulang tiba2 mau dinyalain malah mati total, ane coba dorong trus masuk gigi bisa nyala tapi setelah puluhan kali coba & itupun gak lama mati lagi. kira2 force saya kenapa ya, baru tiga bulan masa aki sudah soak???

aripitstop - 15/12/2013

Bw ke beres sj kang,katena d pihak gs sedang ada mslh,yamaja dan honda kena imbasnya,jk aki memang bermasalah bs d klaim tp biar d crk dl oleh beres

36. Efek Bohlam Stop Konslet,Aki Bisa Soak | - 17/12/2013

[…] ke beres untuk meminimalisir hal2 yang tidak kita inginkan karena motor bisa mogok jika aki soak ( Motor Injeksi Yamaha Bisa Mogok Jika AKI SOAK. ) […]

37. Alangk Tosal - 20/12/2013

Kang motorq Soul GT
Baru 3500 km
Di kick starter bisa
Pakai elekrik starter ga bisa
Ganti Aki baru tetap tidak bisa
Kenapa gitu ya kang??

aripitstop - 20/12/2013

Kemungkinan dr dinamo starternya,cek tombol starter dr karat

38. Fenomena Aneh Gara-Gara Bohlam Stop Konslet (Putus) | - 27/12/2013

[…] Motor Injeksi Yamaha Bisa Mogok Jika AKI SOAK. […]

39. Sigit - 27/12/2013

thanks ilmunya

40. pau pau - 03/01/2014

kang Ari motor saya NVL kmaren beli half fairing yang ada lampu led nya. Apakah itu juga pengaruhh ke kinerja Aki nya??? mkc

aripitstop - 03/01/2014

PASTI,kinerja aki jadi lebih nerat,tp jika lampu led tidak terlalu masalah,tp led-nya yang asli bukan abal2,karena sy pernah nemuin yg abal2.

41. pau pau - 03/01/2014

waduh!! kira2 gy mana kang mengetahui bila LED itu abal2 ato enggak?? mkc

aripitstop - 03/01/2014

tanya kemekanik beres terdekat agar dicek langsung,byk pedagang blanh klo led setelah dibuka cuma bohlam biasanya yg kecil2.

42. pau pau - 03/01/2014

okey kang makasihh infonyaa

43. pungky novendi - 07/01/2014

kang ari mau tanya ni mio sul q ada masalah juga , kadang bisa pake stater tangan kadang tidak sama sekali itu gmn ya kang, kan kasian kl harus ganti aki jika akinya nya masih bisa di gunakan, apa ada cara yang lain agar tidak ganti aki kang.. thanks atas postingan nya ini sangat membantu

aripitstop - 07/01/2014

Jk mtr kondisi dingin ato pagi hari g bs starter,tp setelah d pk bs starter itu tanda2 aki mo soak.segera cas dulu d bengkel aki ato beres

44. tommy - 14/01/2014

Bro ari
Apa aki termasuk garansi
Kang ari blng klo dri pihak GS emg bermasalah
Soalnya mio j ane bru 6bln aki udah soak
Lampu kedap-kedip
Pake kick stater bikin kringetan ‎​G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡  bisa2
Tp kadang bisa.
Di bawa ke beres suruh gnti aki
Ane gnti di beres
Tp di kasi aki yuasa
Apa itu berarti yamaha eng ‎​G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡  cocok pake aki GS
Soalnya dari pertama ane pake yamaha selalu akinya yuasa
Baru ane beli yg injeksi mlh gnti aki GS
N ujung2 e jg gnti ke Yuasa lagi.
Thx

aripitstop - 14/01/2014

Yamaha pakai 2 vendor aki,gs dan yuasa jadi dalam satu tipe motor bisa pakai dua aki merk beda. Soal garansi aki skrg hanya 6 bln,dilihat dl apakah aki soak atau short atau ada faktor lain

45. huzeinjsd - 20/01/2014

kasaus mtr nvl ane spt kang ari terangkan susah di stater tp klakson bisa idup.nvl saya pake yuasa pengen pake gs hrs type brp????….trus kalo pake yg lebih gede tegangannya apa nanti ga ada masalah….soalnya ada yg nyaranin pake aki yg lebih gede tegangannya.

najip - 21/01/2014

Ya tu kang ary, gimana kalo vixion lama saya akinya di ganti punya aki satia FU? Bisa ga kang?

aripitstop - 21/01/2014

bisa tp ampere beda…

46. motozhein - 23/01/2014
47. denni2100037nni - 25/01/2014

Salam Kang Ari,..
Saya pake nvl,..beli bulan maret 2013,.dan gak ada satupun dimodif nambah lampu/klakson/ dll yg berhubungan dgn kelistrikan. hari ini aki nya dah rusak, distarter gak bisa idup,.walaupun bisa diengkol,..tetap aja di jalan tiba2 mati. dibawa ke beres 1 coba di cas katanya dah gak bisa,..lalu coba ke beres lain,..sama aja. Akhirnya terpaksa ganti baru,..mekanik bilang lebih bagus pake merk Yuasa,..ya udah karna motor memang harus dipake lg…Kata mekanik aki gs memang kurang bagus.
saya dr Pekanbaru.

aripitstop - 25/01/2014

memang probela aki gs saat ini mudah short,masih diselidiki kok masih ada aki gs yg short,untuk aki yuasa tdk ada masalah aki short makanya kitaa sarankan untuk pakai yuasa dl,menunggu aki gs normal kembali

48. matelizer - 01/02/2014

mas bro klo new vixeon pakek aki basah ada evekny gk.?

aripitstop - 01/02/2014

g ada asalkan amperenya sama

49. adji - 01/02/2014

kang motor saya mio soul udah 11 bulan.. pertama saya nyalain pake stater dia nyala trus saya jalan kira2 10 meter tu motor mati total… lampu indikator ga kedip2.. saya engkol ngempos ga mau nyala… tapi 2 hari sebelumnya motor saya mati kebanjiran… kira2 masalahnya di mana ya kang.. di aki atau yang lain… thanks

aripitstop - 02/02/2014

karena pernah kebanjiran dan diengkol ngelos bisa terjadi lost kompresi di ruang bakar,coba di ruang bakar dipancing pakai oli lewat lubang busi

50. hidayah - 13/02/2014

terimakasih infonya….
motor mio j saya tdi pagi mogok….
gak bisa di starter lampu indikator nya kedip2…
padahal umur motor nya baru 10 bln…
anehh nieh mio ny…
cepat banget rusaknya….
bagi tips2 perawatan motor mio dong kang..
biar gak pake acara mogok2 lagi…
hehehehe 🙂
terimakasih

51. mayang - 04/03/2014

trima kasih atr infonya. motor mio j
saya pernah menaglami kaya gtu.tp pas d servis k deler banyak yg d ganti total biyaya nyampe 1jt. ganti aki,kiprok.injeksi,pdhl dr rmh pake aki bekas masi bs jalan.mungkin saya kurang tau mesin atau mereka mencari kesempatan.sampe skarang saya masi kesel

52. abuabbas1 - 02/04/2014

info yang bermanfaat
tips trik mekanik motor terapan di jogja
http://www.auto-champion.blogspot.com

53. Ramadhan - 15/05/2014

Info dri bro ari bener tuh ,, sudah 5 kali motor mio j ane mati di jalan
gara2 aki soak ,, sampe sekarang juga sering Mati Padahal Aki sudah ane Ganti sama Yang Baru

Ane minta Tips lagi dong Selain Aki yang soak ada lagii ga Kendala Motor Injeksi
contohnya Motor Ane Mio J.

Thx.

54. ipanase - 27/05/2014

hati2 lek… amit2

55. banyumasan - 27/05/2014

colongin capasitor bank nya old vixion kang buat kondisi darurat..joss…kalo ga bikin sendiri….denger denger di motor sebelah itu capasitor bank di merger jadi satu mbi kiprox…:D makanya kalo aki soak masih bisa nyala walau performa tak semantap pake aki yang masih joss..

56. wildan.a.p - 19/06/2014

Maaf kang Ari..bilih ganggu, cuma mau tanya….soul gt bisa dirubah gak pengapiannya dari 1pase ke 3pase, apa untung ruginya pengapian 3pase…dan estimasi biayanya berapa…..
Maaf ya banyak nanyanya….sebelumnya terimakasih

57. Fhiet Harini - 03/07/2014

saya mengalami baru 3 hari service, mio gt udah mogok dan gak bisa hidup walau pake stater kick, akhirnya ganti battery aki padahal motor baru berumur setaun. berapa lama battery aki kering bertahan (waktu/kilometer) kang ?

58. ocen - 11/07/2014

maksih bnyak nich kang ari untk info dn tips nya merwat motor!tp mas ane mau tanya dikit nich,sy sering jumpain mtr injctn itu kalahnya di aki dn cyprok,okelah…tapi pd motr xeon sohib ane,sering gk bs str tangan akhirnya bw ke bengkel di saran kn ganti aki dn cyprok bru,laoh…bru pake 1 MINGGU ngadet lagi kang ari,akhirnya di cahrge aki katanya aki udh koit ganti lagi aki bru dn cyprok,tetep masih gitu<akhirnya sohib ane gk mau pakai lagi motr xeon nya,di jual aja katanya!gmn tuch kang Ari???..mhn advice nya!

59. Jupiter z1 mogok , aki soak | fickyandy - 26/08/2014

[…] Sumber : Motor Injeksi Yamaha Bisa Mogok Jika AKI SOAK. […]

60. edwin - 03/09/2014

Numpang tanya mas harga kiprok jupiter z1 berapa ya? Susah dicari

aripitstop - 03/09/2014

mosok sich… itu kiprok mio j
54P-H1960-00 RECTIFIER & REGULATOR ASSY 1 194,000.

61. Rudy SouL - 04/09/2014

rossi kui akine cepot…

62. nizar - 04/09/2014

Kalo R15, 1phasa / 3phasa kang ?

aripitstop - 04/09/2014

1phase

63. ucokkeren - 24/09/2014

Kang…saya punya new vixion 2013.
Kalau aki bawaan yg 3 volt/amper gtz4v
Kalau diganti dengan yg 3,5 volt/amper gtz5s bisa gak? Atau ada bahayanya dengan kelistrikan??

64. piksen abang - 03/10/2014

yang ngeselin ane punya mio gt udah dua kali ditinggal mudik seminggu ga dipake pasti aki koit . mohon penjelasannya kang? korbannya viksen jadul ane pake aki soak punya mio coz tuker biar mionya jalan. secanggih itukah teknologi metik yamaha?

65. cucunesimbah - 03/10/2014

thank u infonyah broh

66. sidiqun - 10/10/2014

Motor new vixi ane baru gnti aki tadi, pdhl motor baru 1 thn 2 bln,odomter baru 8000, capek ane dorong motor, kok gax ad tnda2 sblmnya yah akinya soax, langsung az d gnti, d beres aki gx bisa d setrum lagi, hrus gnti..

67. Asha - 13/10/2014

Itu yg bulan lalu saya alami, sampai saat ini saya belum ganti apa2 karena masih galau antara ganti regulator(kiprok) atau aki, huaaaaahuaaaaa 😥

68. kang ipay. - 24/10/2014

Y,kang saya jg mo tanya mio gt saya sering mati dh dua kali ke bngkl yamaha tp mlh prh,solusinya apa th penyebab yg plng bnr,dan knp,

69. Harold Jones - 23/11/2014

Tmn2 siapa yg bisa bantu ,,,,, R15 saya matot,, kunci kontak sdh posisi on tapi ga ada tanda2 kehidupan ….

70. dani setiawan - 29/11/2014

Bang ari, saya pake old vixi, pernah ganti aki skitar 5 bulan yg lalu, trus 2 bulan setelah ganti aki eh, lampu indikatorkedip2 nyalah lampu utama nyalah, sama lampu netral juga nyalah, tapi ga bisa d stater elektrik, kalo d starter kaki masih mau nyalah, tapi ttp aja lampu indikatorny kedip2, trus d bawa ke beres d utak utik ama dia normal lagi, nah sekarang ane pindah ke jakarta kejadianny kembali lagi seperti dulu, kira2 apa yah yg harus d utak utik itu, lumayan kalo bisa d benerin sendiri, katanya biaya d jakarta lebih mahal buat benerin, hehhehehe
Ga tau juga sii
Mohon bantuannya yah,

aripitstop - 29/11/2014

Aki di cas dan rumah sekring assy ganti harganya 20ribuan
Di cek juga kondisi kiprok

71. ichan - 29/11/2014

xeoonnn………xeon

72. Hariyanto - 31/12/2014

Caranya ngeces aki kering kayak gi mana kang ari tlng infonya

aripitstop - 31/12/2014

klo aki dicek pakai voltmeter tertera 12-13volt tapi begitu dipakai langsung ngedrop berarti akinya short/konslet…itu harus diganti baru tidak bisa di cas.
klo tegangan aki dibawah 11volt kemungkinan besar masih bisa dicas jangan ganti baru dulu

73. Lery - 10/02/2015

Mau tanya motor saya yamaha x-ride kerendem banjir mogok gk bisa nyala di starter gk bisa dan lampu injectionnya kedap kedip itu gimana solusinya thanks .

74. kozlet. - 14/02/2015

jika motor mnyala trus brjalan dia lngsung mati gima crax tuk tdak macek lagi

75. yuni - 16/02/2015

bang ari, saya mau tanya untuk mio gt saya baru ganti aki, baru di pake setengah jam motor di pake udah kedip2 injeksen nya. itu kenapa ya, saya pake aki gs.

76. Fajri - 16/02/2015

vixion ane injek,bunyi nya kecil knpa tu bro? motor ane tahun 2010

Kang ari - 16/02/2015

RPM maksudnya ? coba disetel langsamnya di sebelah kanan motor, kalau nggak berhasil coba service injeksi

farizy - 17/02/2015

Kang ari.. saya mau tanya klo kondisi aki soak trus buat mudik gmana..ngefek gak mtore vixion 2012..matur nuwun

Kang ari - 17/02/2015

Bisa ngefek takutnya kiprok nggak kuat, nanti langsam nggak stabil setiap nyalain lampu utama motor tiba2 brebet jarum rpm naik turun.

77. randi - 22/02/2015

tadi motor udahh gw bawa ke bengkel kang tapi
kata montir nya injeksi nya bukan akin nya

78. XR - 23/02/2015

mau nanya kang.itu kan khusus untuk injeksi yamaha.kalo untuk byson gimana tuh,,pakai 1 phasa atau 3 phasa,kalo aki tekor apa masih bisa idup.kan masih karbu.soalnya temen ane punya byson,ga bisa di stater lampu sein,lampu tampilan layar spedometer jg mati.kira kira yg masalah kiproknya apa akinya.

79. Agung - 24/02/2015

Mau Nanya Kang ari,, Motor Aku Old Vixion,, Dalam stengah Tahun Ini, Aku udah 3x Ganti Aki,, Pengaruh Apa Yah…???

Kang ari - 24/02/2015

kiprok, spul, kabel bodi dan rumah sekring

80. viewie white blog's - 16/04/2015

kejadian deh sama x ride ane kang.. motor gak di pake 3 minggu, eh pas di pake soakkk.. untung masih ada mio yg tahan banting.. wkwkwkwk

81. caesar - 29/04/2015

Mas bro klau akiny sudah ganti baru tp gak mau ngisi knp ya motor sy yamaha j.thx

Kang ari - 30/04/2015

Cek kondisi kiprok atau ada kabel yg putus kemakan tikus

82. Apink Yg Sukses - 30/04/2015

Aslm kang ari sya pke force injeksi… Ko mesin force klu ke panasan ko mati sendri trus mesin rewel…. Mesin mati pas mau di engkol ko ngelos kya ga da kompresi,,, pa penyebabnya???

83. Lagi, Aki Soak Bikin Mio J Mogok | motohits.com - 11/05/2015

[…] itulah problema motor injeksi Yamaha mas bro. Menurut kang aripitstop penjelasannya seperti ini : Motor injeksi yamaha mulai dari mio j sampai xeon rc yang terakhir […]

84. anuarsyah - 12/05/2015

trimaksih kang bantuan’ny,motor saya bisa jln lg skrang…”

85. Taqqien Ar Royan - 22/05/2015

aslm kang ari ane mau numpang nanya ni, motor ane soul gt 2012 kmren bru service diberes dan aki nya pun baru ganti, tapi kenapa masih doyan mati2 ya? terkadang injeksinya malah tidak menyala, apa harus di reset ecu nya? mohon infonya donk? thanks..

86. pally - 24/05/2015

kang kalo xeon gt125 kelistrikan headlamp nya masih ac apa udah full dc??

87. ana - 31/05/2015

Kang ari, mau tanya nih.
Saya pakai soul gt ’13, dah 2x mogok bulan mei tgl 10 n tadi sore.
Mogok pertama tak bawa ke beres kata mekaniknya klep bcor,, trus tgl 23 mei kmaren tak servis lagi dsurh cek up n gak ada problem apa”.
Tapi tadi sore saya pakek jalan jauh lelet kayak siput trus tak tepikan ternyata mesin mati lagi. Saya cobak engkol n tmbol starter bsa, tak pakek jalan lagi n pas sampek mati lagi. Tak nyalaen pakek trik yg sama alhamdulillah bisa n sampek rumah aman” saja.
Kira” motor saya kenapa ya mas,, pas mogok 2x jga gak ada sinyal kedip” dr lampu. Cuman pas di gas kayak gak mau jalan n pas gas di nolkan mati. Tolong bantu saya 😥
Makasih ya kang..

Kang ari - 31/05/2015

itu kemungkinan lost kompresi, minta service injeksi tipe 3m, motor diservice injeksi sambil dihidupkan fungsinya membersihkan semua kerak di dalam ruang bakar

ana - 02/06/2015

Makasih kang ari,, kemarin pagi tak bawa ke beres n tadi baru ambil.
Kata mekaniknya cuman di skir klep nya ja..
Moga dah gak ada masalah lagi.. 🙂

88. yadi592 - 14/06/2015

kang lo aki r 15 sama nvl beda ga

Kang ari - 14/06/2015

Sama

bejo - 17/06/2015

Bisakah clear DTC dengan FID?

89. henry - 25/06/2015

Untuk nvl kelistrikan nya ac,, nva dc(seperti old vixion),, mumpung mau beli,,kelistrikanya aman/bagus dan awet yg mana kang..?

Kang ari - 25/06/2015

yang DC

90. andri firmansyah - 05/07/2015

mas kalo Xeon gt 125 eagle eye arusnya udah DC apa masih ac?

Kang ari - 05/07/2015

Arus lampu masih ac

91. kiki - 09/07/2015

kang ari ane mau tanya nih..klo beli aki Yuasa or GS lebih baik beli bari di beres apa bengkel biasa jg bagus kwalitas’y kang?

Kang ari - 09/07/2015

Untuk yg terjamin ya beres asal kardus yg asli Yamaha warna merah…

92. kiki - 09/07/2015

ok kang ari..trus lampu xeon rc ane sering mati kang knpa yaa..? cuma lampu sen aja yg nyala kang

93. saddam - 05/08/2015

kanga ari saya mau nanya,saya kan baru beli r 15,pas dateng nya malm2 di anterin sama pengantar nya pake mobil,nah pas mau di tes di idupin c motor gak mau nyala,mungkin karena aki nya belum terisi,gimana kalo saya dorong lansung masukin gigi,apakah bakalan idup motor saya,soal nya lama nunggu pagi gak sabar pengen ngetes/ dengerin mesin nya

Kang ari - 06/08/2015

Nggak bisa klo dorong, aki harus full. Klo di starter nggak bisa lebih baik telpon dealer atau pinjem aki motor lain

94. Siti - 19/09/2015

Perkenalkan kang saya siti, saya tidak terlalu mengerti soal motor (maklum perempuan, hehe). Kebetulan motor saya mio soul gt kmren akinya soak, masih bisa jalan walaupun setiap dihidupin harus diselah dulu dan sempat mogok tapi diselah lagi terus hidup lagi. Pertanyaan kalau akinya belum diganti apakah masih bisa jalan?? Terimakasih sebelumnya

95. mikhael ekin - 15/11/2015

Kang ari mau tanya xeon rc pengisian 1 phase apakah bisa di rubah ke 3 phase seperti old vixion di dealer resmi yamaha?

Kang ari - 15/11/2015

Mesti rubah seluruh kelistrikan, lebih baik pasang power bank

mikhael ekin - 15/11/2015

Kang ari maksud kata2 “pasang karena bank” apa y? bisa di jelaskan detailnya.

Kang ari - 15/11/2015

maksudnya power bank, salah ketik

96. Gema sp - 24/11/2015

Motor ane aki masih baru,pas d kontak on lampu d spedometer dan lampu injectiom nya yidak mau menyala,kira” apanya tub kang

Kang ari - 24/11/2015

Sekring Mungkin putus

97. aulia rahman - 05/12/2015

Kang ari mau nanya nih….motor ane udah mati nih karna gejala yg d sebutin…sekarang udah ga bisa starter sama d kick starter…..
Nah itu benerin nya apa cuma ganti aki baru doang atau harus service inject juga…??

Kang ari - 05/12/2015

ganti aki baru dan cek pengisian setrum ke aki,

98. Riska - 11/12/2015

permisi kang, mau tanya 2 hari ini motor saya mio gt mati total, awalnya baik2 aja, sehat walafiat, tiba2 waktu sy lagi jalan mati total, gabisa diselah gabisa distarter juga, bahkan lampu yg dispedometer waktu kunci diputer ga nyala sama sekali, krn deket tukang tambal, saya bawa kesana..disana sempet dibongkar dan akhirnya katanya kiproknya rusak, sy disuruh beli sendiri di toko sparepart krn disana ga ada..tp besoknya papah sy bawa ke bengkel resmi( krn kurang percaya sama tukang tambal) dan ternyata setelah ditotal biayanya 1,2 JUTA, yg diganti karburator sama engine control, saya kaget krn motor saya baru 1 tahun 4 bulan, dan sebelumnya baik2 aja, ga pernah tabrakan atau jatuh keras, tolong pencerahannya dong kang, mumpung motornya massih dibengkel, makasih

Kang ari - 12/12/2015

biasanya hanya aki saja yang bermasalah, jarang banget karbu/throtle body bermasalah

99. Onyq - 27/12/2015

Kang ari..mtor saya vixion 09…ada masalah baru ganti aki sebulan di starter g bisa..trz saya bawa ke dealer lgi katanya suru ganti keproknya..brhubung speartpart habis g jdi ganti..truz saya google klo keproknya mati trz mesin di nyalain kiproknya adem itu mati ktanya.tapi mesin di nyalain kiproknya panas ini kang..solusinya gmn kang?

100. Riana - 11/02/2016

Kang mau tanya sih motor saya soul gt baru ganti aki belum sebulan, udah 2 hari ini kalau dipake motornya tiba tiba mogok. Tapi nanti setelah beberapa jam bisa hidup lagi. Itu kira kira masalahnya dimana iya kang ?

101. Yosep - 23/02/2016

Kang motorr saya ni xeon rc gk bissa hidup di stater maupun di engkol ? apha nya ya kang

102. Yosep - 23/02/2016

Kang motorr saya ni xeon rc gk bissa hidup di stater maupun di engkol ? apha nya ya kang

Bales

Kang ari - 23/02/2016

kalau aki bagus bisa kemungkina dari pengapian atau kompresinya, jika saat kunci kontak ON di tangki tidak bergetar maka fuelpump rusak

103. Achiong - 25/02/2016

Kang,aku mau tanya motorku ngk hidup jupiter z1,biasany apa yg rusak jupiter z1

104. Achiong - 25/02/2016

Kang,aku mau tanya motorku ngk hidup jupiter z1,biasany apa yg rusak jupiter z19

Kang ari - 25/02/2016

cek busi, kompresi dan aki

105. Achiong - 25/02/2016

Busi udah ganti baru jg aki juga baru

106. Achiong - 25/02/2016

Kalo dari kabel cdi ke coil biasa kh ada keluar api
motor jupiter z1

107. andre - 08/03/2016

Sore kang . Motor vixion old saya kan injection nah kemaren2 pake aki soak tapi lancar kang gak ada kendala. malahan jarak jauh juga oke. Tapi selepas akinya di ganti yang baru malah ngaco kang kaya yang karbulator kemasukan air. Terus mogok. Itu kenapa ya kang. Apa karena saya pake aki yang 5amper

108. andre - 08/03/2016

Sore kang . Motor vixion old saya kan injection nah kemaren2 pake aki soak tapi lancar kang gak ada kendala. malahan jarak jauh juga oke. Tapi selepas akinya di ganti yang baru malah ngaco kang kaya yang karbulator kemasukan air. Terus mogok. Itu kenapa ya kang. Apa karena saya pake aki yang 5amper apa gmna ?. Tolong di kasih solusi kang. Makasih

109. Gunawan - 12/03/2016

Saya pengalaman hari ini mas cerita nya begini kemarin lupa off kan kunci motor sampai 12 jam nyala terus..sampai akhirnya mati total gax stater pakai kaki mungkin lebih dari 50x .dan akhirnya di bawa ke tempat servis dan di cek kondisi aki arus nya cuma 6 vol.. Tukang servis bilang aki nya harus di ganti dan akhir nya akinya diganti.PERTANYAAN KNP KOK PENDEK SEKALI UMUR AKI PADAHAL SAYA BELI MOTOR BARU 4 BULAN…APAKAH AKINYA GAX BISA CAS NYA

Kang ari - 12/03/2016

kalau masih 6v itu berarti aki saya yakin masih bisa dicas, apalagi gara2 lupa lepas kunci ON.
seharusnya bisa dicas dulu, kalau memang tidak bisa dicas baru dech bilang ke konsumen ganti baru, klo prosedur di bengkel resmi aki dicas dulu, kalau di tempat lain…. saya tidak tahu

Gunawan - 12/03/2016

Iya mas tadi ke servis resmi nya..dan coba di cas sekitar 10 menit ternyata tidak mengisi..dan disaran kan ganti aki..dan saya ganti aki…cuma saya masih penasaran aja mas .cuma masalah lupa off.arus aki kosang harus ganti aki memang aki kering berapa berapa lama padahal motol saya baru 4 bulan MIO NEW SOUL GT 125 ..TERIMAKASIH SUDAH MENJAWAB

Kang ari - 12/03/2016

Paling lama satu tahun baru mati

110. Mukhlis - 17/03/2016

Kang ari. Mau tanya ni..
Motor saya ovi tahun 2012. Udh pernah ganti aki. Baru setahun ganti aki muncul sensor 4 kali kedip 1 detik, 6 kali kedip 1/2 detik. Dan rpm ke nol. Saya cari info ternyata kelistirikan ke injeksi tidak normal. Udah di cas aki di beres kira” setengah jam. Alhamdulillah bisa, tapi kumat lagi rpm ga beraturan dan terkadang ke angka nol ketika macet. Jalan jdi ga lancar.. kira” harus gimana ya?

111. eko nvl rider - 19/03/2016

saya pengguna nvl udah 2,5 tahun alhamdulillah aki baik2 az padahal lampu utama udah drubah ke dc dg cara by pas kabel kuning dr kiprok ke kunci kontak blm lg tambahan aksesoris lain
ap mungkin krn aki bawaan saya dapetnya yuasa?? 🙂
beruntung az x y

iwan - 25/03/2016

punyaku juga yuasa mas…mlah nyampe umur 8 tahun…2008 sampe 2016….padahal juga sering lintar solo- jambi…jambi solo ponorogo magetan…dan lain2

112. iwan - 25/03/2016

motor old v-xion aku udah 8 tahun…brati wajar ya aki nya mati . …sudah aki aki

113. ruli - 28/03/2016

Mau tang gan ari? tadi disebutkan jika tombol electric starter dipencet Cuma bunyi ‘’ngek2’’ atau ‘’cethik2’’.kalaupun buat lampu sen dan nyalain klakson suaranya masih kenceng,,,akinya pasti mulai soak jika nggak kuat buat electric starter.Jika sudah ada gejala itu maka kang bro mesti siap2 ke bengkel buat ngecas aki jika masih bisa di cas,klo sudah tidak bisa di cas ,,,beli baru,,,hehehe,,,
Semoga tips diatas bisa bermanfaat buat kang bro,,,maturnuwun.
nah pertanyaan nya jika aki tsb saya ukur masih teg 12Vdc dan ketika di charger masih dalam indikasi full? itu bisa dibilang soak atau tidak yah?

Kang ari - 28/03/2016

klo 12 v seharusnya masih bisa, normal

114. Mukhammad - 29/03/2016

Vixion old saya kok gak ngedipin lampu indikator yang akang maksud,? Tapi motor langsung gak bisa start engine nya

115. chendy jee - 17/04/2016

mantap maksh infonya mas

116. lesmanax - 08/04/2019

motor byson masih karburator bukan injeksi kelistrikan DC gak bisa jalan sama sekali kalo aki soak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: