jump to navigation

Efek Bohlam Stop Konslet,Aki Bisa Soak 17/12/2013

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
Tags: , ,
trackback

P1100085

Dulu kang ari pernah bahas masalah Waspada Bohlam Stop Putus,Motor Injeksi Bisa Mogok !. . Sekarang saya coba ulas kembali kebetulan ada konsumen kang ari dorong2 motor karena akinya soak.

Semua motor sekarang pakai sistem lampu AHO dengan sistem AHO ini efek yang timbul adalah bohlam utama/depan,bohlam senja dan bohlam stop cepat putus.Jika bohlam utama dan bohlam senja putus tidak ada efek yang timbul tidaklah parah hanya kita gelap2an saja saat jalan malam hari(bisa nyusruk),nach… kalau bohlam stop yang putus bisa berakibat aki soak dan motor bisa mogok,kok bisa ? . Begini kang bro, Bohlam belakang terdiri dari dua nyala lampu yaitu lampu rem dan lampu senja jadi di bohlam belakang satu bohlam mempunyai dua sel lampu.Untuk lampu rem menggunakan arus DC dan lampu senja pakai arus AC.Kalau salah satu sel putus dan patahan sel yang putus menempel ke sel yang satu maka dipastikan arus AC akan bertemu arus DC dan hasilnya akan terjadi short dan kelistrikan dimotor jadi terganggu.Jika kedua arus bertemu maka arus AC akan masuk ke jalur arus DC dan salah satunya adalah menyerang aki,aki hanya bisa menyimpan arus DC jika tercampur dengan arus AC maka tegangan aki akan turun dan bisa terjadi aki short/soak.

p1060998

Gejala apa saja yang ditimbulkan oleh bohlam stop yang konslet ?

1.Jika kita menekan tuas rem belakang/depan,lampu senja/sore akan hidup padahal lampu stop tidak nyala.Jika gejala itu timbul maka segeralah kang bro pergi ke beres atau langsung ganti bohlam belakangnya,ini contohnya (lihat video) :

Untitled

2.Saat kita mau menghidupkan motor menggunakan electric starter,dinamo tidak mau berputar dan kita harus pakai engkol/kick starter untuk menghidupkan motor,itu tanda2 aki mulai soak.Jika aki mulai soak terutama untuk motor injeksi segeralah bawa ke beres untuk meminimalisir hal2 yang tidak kita inginkan karena motor bisa mogok jika aki soak ( Motor Injeksi Yamaha Bisa Mogok Jika AKI SOAK. ) .

Jadi saran kang ari segeralah ke bengkel jika menemui hal2 tersebut diatas,jika perlu ganti saklar yang bisa matiin AHO tapi saklarnya dijamin yang aman agar tidak mengganggu sistem kelistrikan jika saklarnya mudah rusak/konslet.

Komentar»

1. orong-orong - 17/12/2013

.

aripitstop - 17/12/2013

opo iki…

2. belalangmerah - 17/12/2013
aripitstop - 17/12/2013

waspada

3. mas huda - 17/12/2013

Kayaknya saya pernah ngalamin deh… konslet gitu.muncul asap di dekat tuas rem depan

4. ipanase - 17/12/2013

hati2, kadang terbakar

aripitstop - 17/12/2013

nggak bakalan terbakar…bohlam cuma gosong tuch

5. potretbikers - 17/12/2013

Waduh, bisa berabeh….

6. MasDab - 18/12/2013

Motorku Soul GT pernah mogok dijalan gara2 aki ngedrop, untung lg jalan pelan2 di jalur lambat, kalo misalnya lg jalan kencang di tengah jalan mogok bisa ditabrak dari blk oleh kendaraan lain. Waktu kubawa ke beres aki udah gak kuat ngangkat, waktu itu mau aku ganti aki standart (GSast*a) kata mekaniknya percuma, mending diganti merk Y*asa, lebih awet ktnya.

Yang aku heran kualitas sparepart Yamaha kok gak awet sih, selain aki ngedrop, shock breaker blk udah bocor, kampas rem sdh depan habis, bolam lampu headlamp sdh ganti 2 kali, pdhal motor br dipake 1,5 th…ckckckck…

7. Fenomena Aneh Gara-Gara Bohlam Stop Konslet (Putus) | - 27/12/2013

[…] Efek Bohlam Stop Konslet,Aki Bisa Soak. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: