jump to navigation

Akibat V-Belt Putus Karena Tidak Dirawat 25/01/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
trackback

v belt (2)

Kalau motor sudah rusak baru sadar,itulah kebanyakan orang yang tidak pernah merawat motornya, “motor yang penting bisa jalan itu sudah cukup ” , pemikiran yang sempit. Lihat contohnya ini kang bro v belt putus hancur lebur gara2 tidak pernah service cvt semenjak beli motor mio tahun 2008 jadi kira2 sudah 5 tahun motor tidak dirawat cvt-nya.

v belt 3

V-belt bisa putus karena ada beberapa faktor,diantaranya :

1.Mengabaikan masa pemakaian v-belt, v-belt motor matic rata2 maksimal dipakai pada 25ribu km,tetapi tergantung dari kondisi pemakaian,karakter jalan yang dilalui setiap hari,dan perawatannya.Jika motor sering kena macet atau sering jalan diadaerah pegunungan biasanya v-belt cepat aus.

2.Cara pakai yang tidak sesuai aturan pakai untuk motor matic,,,seperti gas dibejek tapi rem masih nyangkut/rem ditarik tapi gas sambil dibejek,,,biasanya ibu/cewek2 karena takut jadinya motor jalan sambil tarik tuas rem.

3.Perawatan matic tidak teratur, untuk service cvt/cek v-belt diusahakan setiap 6 bulan sekali atau setiap 10ribu km, agar jika ada part yg sudah aus bisa terdeteksi,seperti kondisi roller yang paling cepat aus.

4.Setiap 3ribu km mesti rajin bersihkan filter cvt,jika sudah rusak wajib diganti.karena jika filter cvt tidak dibersihkan kotoran akan menyumbat sirkulasi udara yang berfungsi untuk mendinginkan ruang cvt,dan jika filter sudah tidak bisa menampung kotoran maka kotoran akan masuk ke ruang cvt dan akan bikin selip v-belt,,v-belt jadi cepet aus.

Masih mau mengabaikan perawatan motor matic ? monggo dikomentari…

vbelt v belt (2)

 

Komentar»

1. ahmadfaisolat - 25/01/2014

waini, temennya yang kemarin nih 😡

sobek tenan 👿

aripitstop - 25/01/2014

bisa jadi…

2. agus wijaya - 25/01/2014

Kebangetan 5 taon ga diganti….

aripitstop - 25/01/2014

memang terlalu….

3. ochimkediri - 25/01/2014

byuuh..ajur tenan kwi.

aripitstop - 25/01/2014

remuuuk

4. Blank Canvas - 25/01/2014

mantep bisa sampe lima tahun tuh pibelt

aripitstop - 25/01/2014

mantep tp efeknya itu lo….

5. aarreeff - 25/01/2014

kang oli mesin rembes ke rumah cvt,,yang ga beres seal atau ada kmungkinan lain??
ganti seal berapa ?
matur nuwun

aripitstop - 25/01/2014

biasanya seall kruk as rembes,harganya kisaran 35ribuan

6. ipanase - 25/01/2014

kalau putus bisa merembet ke part lain,, malah jadinya boros, jadi… ganti belt sesuai waktunya, jangan nunggu putus,,,, malah tombok :v

aripitstop - 25/01/2014

dari pada putus malah boroooos

sunartosili - 14/10/2015

Aku pernah ngalami bro,putus cuma kuganti belt nya,gak nyampek seminggu putus lagi.jadi tekor

7. ali zibbeni - 25/01/2014

Huikkkk garis keras ini,sampe jadi serabut gitu

Oh ya kang,filter cvt tuh sebelah mana yah?ato itu filter box yg di sebelah ban

aripitstop - 25/01/2014

filter busa posisinya didepan cover cvt

8. Mase - 25/01/2014

sampai hancur lebur gitu

aripitstop - 25/01/2014

buat bahan tepung…

Mase - 25/01/2014

punya adik ane juga putus di 30 ribu km…tapi cuma putus doang gak hancur…

yahud - 25/01/2014

biasanya roler ikut hancur jg bro

Mase - 25/01/2014

Punya adik q gak kang… Cuma ganti v belt tok tu….

9. aarreeff - 25/01/2014

btw yang punya motor di artikel ini po ga kerasa,brisik atau gmna?? lha wong krungu motor e dewe di rem cat cit cat cit wae risih kok,,kon suara cvt (yang pastinya) kemrosak(karena lihat bangkainya spt itu) dan konstan terus bunyi kok ra nyadar
weladalah jian

aripitstop - 25/01/2014

dilihat dr sifat konsumennya,sifat orang yg cuek,dikasih tahu saja cuma manggut2

sunartosili - 14/10/2015

Bener.kadang naik motor cuma sekali seminggu/saat libur.dari beli,tanpa ganti oli,tanpa servis ringan.cuma isi bensin

10. menyusurijalan - 25/01/2014
11. motorongsok - 25/01/2014

itulah konsumen kurang pengetahuan ttg mtr

dlosor - 25/01/2014

bisa jadi ro asal jalan…

12. stevant - 25/01/2014

Matic saya sudah 5 tahun kemarin baru saja diganti v-belt-nya itu pun baru sampe retakan2 kecil belum sampe putus. Kebetulan bukan mio memang. Sementara mio teman saya suatu hari ketika dipakai tiba-tiba putus padahal jalur yg dilewati relatif datar. Untuk saringan udara kemarin saya punya setelah 5 tahun baru remuk makanya diganti. Perawatan rutin tiap 3 bulan sekali sekalian ganti oli. Merk gak usah disebutin ya 🙂

NASIB fb - 25/01/2014

pasti merk H

Dide Irvin - 26/01/2014

komentar seperti ini sudah sering dilakukan fanboy honda atau sales honda
jika ada artikel pembahasan tentang problem suatu kendaraan
mereka mulai membuka topik tentang keunggulan produk honda, biasanya opini publik mengacu pada produk honda adalah luar biasa
dan menyebar gosip palsu tentang merk lain adalah buruk, biasanya dengan rumor palsu tentang opini teman atau pengalaman pribadi mengacu pada produk merk lain selain honda adalah lebih buruk
menyebarkan doktrin ketakutan,ketidakpastian dan keraguan tentang produk saingan honda

sepertinya Trik kotor seperti ini biasa dilakukan pemimpin pasar untuk mempertahankan tahta

jadi hati hati menyikapi komentar, kalo komentar saling mengejek produk lain mungkin biasa dilakukan fanboy untuk membuat jengkel fanboy lain, tapi kalo komentar itu begitu rapi seperti ingin menggiring opini publik dan menyebar doktrin sepertinya itu bukan ulah fanboy biasa

13. potretbikers - 25/01/2014

Wach, ngeri juga kalau suka main tancap gas berangkat doang. Aku yang tiap bulan service aja masih kecolongan…hiksss :mrgreen:

14. hadi - 25/01/2014

ngeri bro………..

15. cupang - 25/01/2014

konsumen tdk perhatian sama motor sendiri

16. zulkarnaen - 25/01/2014

itulah kesadaran konsumen yang kurang paham tentang pentingnya prawatan mtr,kalo kt rajin service tentunya malah menghemat pengeluaran.

17. Rollerman - 25/01/2014

dbalik praktisnya penggunaan matic, pst ada sisi negatifnya. salah satunya adalah ini ngerawat bagian CVT.

kalau bebek n sport sih asal rantai gak sampai renggang n dberi pelumas rantai pst udh cukup

18. denz - 25/01/2014

Jangan2 motor yg kmrn mesinnya rontok nih?

aripitstop - 25/01/2014

beda lagi bro

19. YOSH! - 25/01/2014

Hanya satu kata yg bisa kuucapkan, MENGENASKAN … …

20. Tupanx - 25/01/2014
21. MotoZhein - 25/01/2014

biaya service jd bengkak tuh kalo motor ancur kaya gitu.

Gara-Gara Vixion

22. Wong Ndeso 94 - 25/01/2014
23. krisnajati9 - 25/01/2014

Hebat 5 tahun ga ganti V-belt tapi masih bisa jalan…..
http://www.krisnajati9.blogspot.com

24. n3w4ndy - 26/01/2014

Satu kata….. KEREN….!!!!!! :mrgreen:

25. Dide Irvin - 26/01/2014

makasih infonya 😀
mio soul sy juga hampir 5 tahun dari tahun 2009 belum ganti V belt jadi harus mulai diperhatikan nih walau belum ada gejala aneh , bunyi juga belum
setau sy dibuku panduan memang harus ganti kampas dan vbelt di km 27000 kalo gak salah sih mohon dikoreksi 😀
tapi memang sedari baru sampe sekarang bak CVT sudah sy bongkar 2 kali buat dibersihkan sekali ganti roller aftermarket dari TDR

26. hi hi hi - 26/01/2014

gw pake merk h, 17rb dah ganti, sdh retak retak, abis nerjang banjir sampe slip cvtnya.
tapi gimana lagi ya di sini gak bisa halus halus bawa matic, medannya kejam.

27. pak haruns - 27/01/2014

kalo anda tinggal di daerah pegunungan, medan naik turun, lupakan pake matik, pake bebek ato sport aja, jelas lebih awet n irit.
matik mmg praktis, tp di medan berat jelas biaya bbm boros n biaya maintenance labih banyak….. terutama CVT pasti cepat bermasalah
beberapa waktu lalu sy main ke daerah dataran Selo-cepogo merbabu, 1000m dpl (magelang-boyolali) hampir sdikit sekali penduduk lokal pake matik, adanya ya bebek n sport

28. Emane… Motor-Mu Ojo Mbok Terus-teruske… Mergane… Nguras DompetMu… | ARIPITSTOP - 06/03/2014

[…] Akibat V-Belt Putus Karena Tidak Dirawat. […]


Tinggalkan komentar