Proyek Pasang V-BELT Dan Roller Daytona,Mubazhir… 21/04/2013
Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.trackback
Badan lagi nggak enak malah didatengin langganan kang ari bawa motor mio soul,jauh2 datang sudah bawa roller dan v-belt merk daytona kalau tidak dipasang sepertinya kok nggak enak sama langganan.Akhirnya proyek terpaksa di jalankan,
Pandangan pertama begitu menggoda sosok v-belt dan roller daytona ini,jika dilihat sekilas sepertinya motor bisa ngacir setelah pasang piranti ini.Harga v-belt saja 230ribu,tiga kali lipat harga v-belt asli yamaha,begitu juga harga rollernya,6 pcs harganya 200ribu ,kata syahrini ”cethaaaaaar membahana harga partnya”. langganan kang ari bawa 2 tipe roller yaitu 1 pack isi 3pcs beratnya 7gram dan 1 pack lagi beratnya 8gram.Langganan kang ari ceritanya tergiur sama rayuan temennya yang dagang merk ini ditokonya.
Nggak usah panjang lebar proyek dilanjutkan bongkar cover cvt-nya,buka mur 24 da mur 17 di as puli belakang dan depan.Lepas v-belt dan rumah rollernya,
Setelah v-belt dan roller dilepas kang ari coba ukur lebar dari v-belt daytona ini,hasilnya v-belt daytona punya lebar 18,30mm dan v-belt asli yamaha kondisi baru 18.50mm lebih lebar 0.2mm dari daytona.Kang ari sejenak berfikir…jika lebar v-belt daytona lebih kecil dari yang asli yamaha maka torsi yang tersalurkan ke pulli belakang jadi agak lama dong…? (telat memutar pulli belakang).Sejenak kang ari singkirkan dulu yang penting dipasang dulu slanjutnya dites hasil larinya.
Langsung saja semua dirakit,lanjut tutup cover cvt-nya,nach ini dia waktunya di tes jalan.Saat perjalanan di gang kampung menuju jalan raya tarikan awalnya sangat amazing…..top markotop dech,dari situ kang ari yakin nich motor akslerasi dijalan raya mantap nich… begitu masuk jalan raya kebetulan hari minggu jalanan pesanggrahan sepilangsung geber,saat kecepatan dibawah 40km/jam akslerasi enak banget tapi begitu jalan diatas 40km/jam motor langsung ngedrop seperti kompresi ngempos,hadech langsung puter balik pulang kampung dech.Apanya yang salah nich…yo pasti dariv-belt yang lebarnya lebih kecil dari asli yamaha,dan kondisi v-belt daytona ternyata licin saat menempel di pulli.Lihat videonya di bawah,saat v-belt daytona dipasang di pulli begitu dilepas v-belt langsung kluar sendiri karena licin,dibandingkan dengan yg asli tetap terjepit pulli karena keset tidak licin.
V-belt dilepas ganti yang bawaan motor lagi dan roller tetap dipertahankan,lanjut di tes jalan lagi.saat kecepatan dari 50km/jam tenaga agak kedodoran untuk naik ke kecetan tinggi,putar balik lagi pulang kampung,lanjut roller dilepas dan diganti yang bawaan motor.Kemudian kang ari dan langganan kang ari mengetok palu bahwa proyek hari ini gagal total sembari kang berbisik ”nanti kalau mau beli barang konsultasi dulu jangan asal tergiur merk top dan harga selangit,belum tentu cocok buat motor harian”.
Hasil yang mengecewakan,semoga bermanfaat buat kang bro dari pengalaman ini.
jian salut tenan ro kowe aku kang. . . mekanik pinter tur ora sayang membagi info bermanfaat. . .
pengaruh berat-ringannya roller jg y kang?
pasti lach,,,jika semua roller pakai enteng tenaga atasnya kedodoran.
kang ari setiap pakai roller merk KTC walopun semua roller pakai 8 gram tenaga awalnya kenceng nggak seperti merk daytona ini,rasanya aneh,mungkin pas dpt brg yg jelek kali….
Ane penggemar baru blog ente, tp knapa ane pk per cvt pcx+flying roller 16 gr vario wtf, aslinya 18 gr, ga ada perubahan top speed,…? Harusnya roller ringan tarikan atasnya berkurang cmiiw,
nb bener ga tuh, soalnya ane ga pernah punya matik sebelum vario ane ini. Salam kenal bang….
kalo FR kang ari juga pernah pasang memang untuk pakai roller FR top speed nggak berubah,menurut info2 yg masuk ke telinga kang ari krn bentuk dr roller FR berbeda seperti ada sayapnya,nah yg seperti sayap ini yang membuat torsi cepat naik karena lebih cepat mendorong rumah roller untuk menekan v-belt,jadi tenaga awal yg dihasilkan sangat cepat dan tenaga atas/top speed tetap bertahan.
jgn samakan roller bulet yg ”glinding” sama FR kang bro….
sip,pertanyannyakang ari juga pernah coba tapi cuma bertahan 3 bulan,karena timbul noise/suara agak brisik di cvt,
Benar, ada suara aneh d cvt, sekarang ane pk roller skywave yg 16gr, plus per cvt pcx, top speed juga ga berkurang, malah justru aga nambah, bb ane 82kg. Dapat 115kpj on speedo, pk fr cuma 110kpj, tp torsinya mantab…
Bingung juga ane, kalo dimatic laen katanya roller ringan top speed ilang, tp d wtf itu ga terjadi, top speed relatif tetap. Cmiiw
untung ane kagak punya matic…he e he e
punya ade ane pas ukuran v belt nya,sama ukuran ori honda beat,d ganti sma v-belt tdr,mayan dapet 100 km d trek lurus sjauh 700m 😀
jangan2 produk uji coba tuh,soalnya bener2 jarang tuh yang promosiin part itu
artikelnya matic teruz…kali2 bhas mt0r sport d0nx kang..
sport sdh ada cuma jarang,besok pasti adil….
kalo mio j pake roller x ride atau yg 8 gram piye efeke mas bro? top speed kurang signifikan kah?
terbayang artikel wak haji testing xride yg katanya tarikannya nampol.
mohon info mas
itu blm kang ari buktikan,lawong part-nya blm bs d order kok…
Bener banget…kalau mau mulai sesuatu yang baru, selalu tanya sama yang sudah punya pengalaman.
setuju…
http://trexton.wordpress.com
Benar, ada suara aneh d cvt, sekarang ane pk roller skywave yg 16gr, plus per cvt pcx, top speed juga ga berkurang, malah justru aga nambah, bb ane 82kg, n pk ban belakang 110/80, depan 90/90 Dapat 115kpj on speedo, pk fr cuma 110kpj, tp torsinya mantab…
Bingung juga ane, kalo dimatic laen katanya roller ringan top speed ilang, tp d wtf itu ga terjadi, top speed relatif tetap. Cmiiw
numpang nyimak ya Kang.
Bongkar terus…..
Proyek gagal gak dapet laba tu.,hihihihiiii..
xixixixixi…alhamdulilah
nais info d3h. makasih
mungkin parts diatas buat motor oprekan… begitu dipasang ke std jadi malah negatif efeknya
nyimak aja, lha wong gk punya metik.
Suwe suwe betah lek nongkrong nang blog iki… Suwun artikele pollll bergunane Bro….
Bro mau nanya, aku punya Beat Fi, pengen ganti per kopling yg lbh lembut / lembek (gas pelan pun udh jln), agar kalo di turunan kalo jalan pelan, ga cepet los / ngopling. Kira2 ganti per apa ya? Trus per kopling standarnya kira2 bekerja pd berapa RPM ya? Trmksh.
biasa pd pakai pcx,untuk kopling standar bisa mengunci/menempel penuh ke rumah kopling pada kisaran 1800rpm
Oh ya brarti per PCX bekerja di bwh 1800 RPM ya?! Atau mgkn sekitar 1500 RPM? Trmksh atas jwbn’y
Ijin nyimak dulu kang
masih belum berni otak atik cz motor matiknya msih punya saudara.
hehehe
bt thanks atas infonya,
Kang ari yg senama, hehehe
Saia pny xeon’10, pngen maenin cvt sma v-belt. Kira-kira input ap nih yg bsa kang ari kasih masukn buat performa okeh, merk sma ukuran ya kang ari biar ngorder ketokonye ga mubajir!!
klo buat harian bs pakai merk tdr,biasa kang ari pasang beratnya 7 dan 10g
bang motorku 3 bulan lau ganti vanbelt , kok sekarang putus lagi ..dan tenaga krang maksimal . apa roller yg terlalu besa dan ban yg gak standar sangat berperngaruh pada putaran higga tenaga kurang …mohon pjelasnaannya
jika roller terlalu besar (di atas 11g) pasti beban v-belt jd bertambah apalagi ditambah ban blakang gedhe,Tenaga pun jadi agak berat.
untuk solusinya giman bang ; roller yg standar ukuran brapa ,,atau klo yg racing perbedaaan apa ?
ganti saja 3 pcs ukuran 7g dan 3pcs yg standar
trims bang
klo mau ganti roller yng bagus sama tahan lama merk apa mas ?
Trus klo gnti 8gr per CVT nya gnti yng brp ?
Kebetulan motor ane Yamaha Xeon 😀
kalo motor masih standar,per cvt nggak usah diganti mlah bikin berat,merk tdr bagus
vario 125 saya baru ganti roller 14gr tp ukuran 18×14 (kayaknya punya vario 110)
tarikan awal ngeden ga da tenaga apa gara2 kekecilan rollernya kang?
bahaya ga ke pully?
iya kang,ke pully nggak bahaya,hanya v-belt cpt aus kalo nggak cepet diganti lagi
gan, ane mau oprek vario 11occ ane nih…kira2 agan ari pnya pndapat gak biar si Vario ane ini bsa “Inner Beauty”,..jdi gk usah oprek luar,..tp ckup oprek mesin gan..hehehehe…
ane mau oprek daerah v-belt situ gan..pngen gnti v-belt yg bermerk,..n pndapat agan klau utk ngejar akselerasi, tp top speed bsa nambah itu gmn gan…mklum newbie di dunia matic gan…heheeehhe
kalo mtr masih standar cb ganti pk per cvt pcx+flying roller 16 gr vario
jdi gk usah utek2 rollernya gan..roller msi bawa.an standar…
itu beda ya gan antara flying roller dengan roller?
trims gan
😀
beda,FR bentuknya sprti ada sayapnya klo roller standar bulet,klo FR lbh cpt dpt akslerasinya tp cpt aus.
v belt n roller yang cocok buat mio j apaan kang
kalo mtr mh standar ganti roller saja 7 dan 9 gram
MAS ARI saya punya yamaha xeon,,kira2 untuk mengubah kecepatan di putaran bawah dan atas saya harus pakai roller berapa gram dan per CVT berapa RPM..trma kasih sebelmnya,,kalau boleh di inbox mas.
mtr masih standar,coba pakai roller 7 dan 9 gram, kalo per cvt jgn dulu karena mtr masih standar.mlah bikin lemot jika pakai per after market
mtr masih standar,coba pakai roller 7 dan 9 gram, kalo per cvt jgn dulu karena mtr masih standar.mlah bikin lemot jika pakai per after market
kang ari mo tanya nih…, motorku mio J kalo pengen tarikan awalnya ringan n cepet melaju roda(bawaan mioJ kalo digas ada jeda…baru roda belakang melaju) belakang itu yg diganti apanya…katanya orang bengkel ganti “rollernya aj” , lha kan roller bawaanya mio j udh ringan 9.3 kl ngak salah sih…., kl ganti roller TDR 7 gram bagus ngak, n apalagi kang ari yg harus diubah/ganti?trims (maaf bahasa kalimatnya, maklum newbie matic n semuanya, trims)
iya pakai 7 gram TDR tapi coba di pakai 3 pcs saja,jadi 7g 3 pcs di selang seling dengan bawaan mtr 3 pcs
sedikit nambahin kang,,ary saya kebetulan ganti roller punya mio j yg 7 g trus saya selang seling 7 g sama yg 9 g trus busi saya ganti pake tdr balistinc tarikan awal dan seterusnya cukup ringan..menurut saya cukup buat jalan dalam dan luar kota.
sama oli saya pake top one matic yg warna kemasan nya kuning emas trus oli gear saya pake oli atf trus bensin saya pake pertamax
kang ari ane mau nanya ni, per cvt racing merk apa yg paling bagus ??
tlg d,jwb trmaksih
Akang, sy mau numpang nanya boleh ya..
Sy punya mio soul 2011 yg lemot/ gada tenaganya. Tarikan bawah berat/lambat dan tarikan atas kedodoran ga mau ngelaju.. Oia kl keadaan di posisi antara 50-60KM itu tenaga kaya turun atau ngempos. Mohon pencerahan dan solusinya kang Ari..
Makasih Kang.
sepertinya perlu itu perlu pengecekan bagian kompresi dan cvtnya, bisa kompresi berkurang berakibat tenaga jd ngempos, kondisi v-belt dan roller aus jg berakibat tenaga kedodoran.
Makasih jawabannya kang, saya niat mau ganti roller & mau aplikasikan silang 3 pcs 7gr dan 3 nya lagi stdr itu memungkinkan gak kang 😀
bisa kang,dicoba…
mas brow..
saya mau ngotak-ngatik mtr beat 2012, kira2 diapain biar mtr saya bisa ngacir dijlanan
tolong kasih solusi ya mas
bang saya baru beli xeon 2010 punya teman, mesin masih standar. klo untuk bikin tarikannya enteng dan top speed maksimal, bagusnya ganti apa aja bang.. tks
pilot jet ganti 15,punya jup.mx 2012. roller 8 dan 10g,busi iridium.
Klo baca forum diatas, bukannya roller 7 dan 9 g ya boss??
bisa juga pakai 9g jika tarikan atas kurang.
jadi menurut kang ari pasang yg brp-brp gram kang??
maaf kang banyak tanya…
pakaimerk TDR coba dulu 3 pcs 7 g dan 3 pcs bawaan motor,jika tarikan kurang yg bawaan mtr ganti 9g.
kang ari, cakram depan xeon 2010 ane plat (besi tipis untuk kampas) hilang, jadi kampasnya goyang akibatnya pada saat ngerem sering keluuar bunyi karena kampasnya ikut bergerak. ane tanya didealer resmi gak ad dijual, kira@ bisa diakalin gak yaaa?? tks
dijual kang,cb bk website yamaha lalu klik part catalog,cari xeon 2010.yg dimaksud apakah gambar no 11 ? itu dijual ini harganya dan nmr partnya.
5P0-F5919-00 SUPPORT, PAD (28D1,28D2) 27.000 XEON,MIO SOUL,MI0,LEXAM
bener kang, no.11 dan no.14 juga gak ad kang.
tapi tidak semua dealer yamaha di Palembang jual kang, jdi sulit banget carinya…
minta diorderin saja sambil bawa kodenya
malam kang ari..
untuk ukuran standar xeon brp gram yaa??
trus roller TDR 7 gram untuk xeon berapa duit?
tks untuk jawabannya..
Berbagi aj dr pengalaman, spacy ane th 2012 awal dan FI. Roler bwwan dr pabrik 13gr, ane ganti jadi 9 gr….emg akselerasi 0-80km cepet banget, tapi hbs uda 80 mau ke 90 dan 100 lamaaaaaaa buanget. Sdgkan yg dlu 13gr roler std, dari 80 k 100 ya g trllu molor, jadi skg d trek panjang g brani apa2 dgn skutik2 yg lain,,,,berhub sy gnkan di kota surabaya yg macet sana sini,,jadinya roler 9gr cocok lah buat trek pendek yg sering macet,,bisa ngacir paling depan ktk d lampu merah..hehe…….just share…thanks
siiip…
susah banget cari roller TDR untuk xeon yang 7 gram. ada yang bisa bantu gak kang??
tks
di jakarta banyak kok,domisili mana?
ada yg bisa bantu ?
Domisili di Kayuagung OKI, sumatera selatan kang..
vua email ya…nmr hp jg
kang mau nanya motor beat saya udan saya ganti rollernya 9gr dan per cvt 1500 rpm tapi kok gag ada tenaganya?? tolong bantuannya
kalo motor msh standar jgn pake per 1500rpm,lbh baik pakai bawaan mtr saja
kang harga canvas cvt yg ori brp ?
mohon pencerahannya
motor apa?
Mau tanya kang,mtor sya mio 2009 msih standart ni,. Kira2 dkasih apa aja biar agak knceng gitu ? 😀
ganti roller enteng,gear box ganti nouvo
Minta pencerahannya ni mas bro.
Biar mio j saya bisa lebih kenceng?
Sbelum nya udah minta ke mekaniknya buat setelan di buat jozz
Busi TDR punya
velg ring 17 dpn 215 blk 250.
Top sped 100km/jm
pngen nambah masbro
makasih
mas bro kalo vario 125 pake roller brapa n brapa tuk maknyos n ganti busi tdk.trims
Rller dikombinasi 11 dan 14g,busi iridium
mas bro posisi d jkt
tolang alamat nya mas bro.trims
mas ari yg baik hati minta prncerahan nya donk,..roller racing yg pas untuk mio pake brp gram biar akselerasi sm top speed dapet trus rumah roller pake yg ori bs ga mas?makasih sblum nya mas
misi kang numpang tanya.
mtor ane mio 2009.
kemaren lebaran abis diganti stang seher+rante ketengnya.
malah noken as sama pelatuknya juga sudah diganti.
tpi kenapa suara mesin brisik terus ya.
apa salah pemasangan apa gimana kang??
minta penjelasanya.
makasih kang.
Mas pasangan yang cocok untuk roller 18gram apa yaa? Biar tarikan atas joss gandoss 🙂 thx
Mas ari saya punya mtr beat standard msih bwaan pabrik cara ningkati akselerasi mtr sya kya apa ya? Apa perlu ganti cvt? Tpi saya udh bli roller 9 gram
Mohoh penjelasaanya ya mas
#maklum saya masih newbie
mau minta pencerahan’y kang,motor saya vario techno cbs 2011 standar,dr artikeL d otomotifnet,ada saran ganti roller 12 & 10 gr d pasang silang,ganti per cvt 1500 rpm,kira2 efek’y gmn & minta saran gmn baik’y,rekomendasi merek & harga’ y
Terimakasih sbelum’y
mw nanya kang,, punya sy honda beat 2011, sy pk buat offroad, tanjakan panjang agak lemot, ban belakang merk swalow 90/100, apkh trlalu brt,? per cvt 1000rpm,, gmn biar kuat nanjak kang..
mksh…
gan,gw mau nanya. motor ane vario cw. biar akselerasi & top speednya dapet harus di apain gan?
terima kasih 🙂
V-belt memang sensitif, lebar kurang dari standar hanya beberapa mili saja udh ngaruh ke performa, maka dari itu ane kalo urusan v-belt mending yg genuine part saja :D, oh ya motor ane vario 125, di teknologi ESP nya juga termasuk v-belt yg memiliki elastisitas tinggi yg anti slip dan memiliki lebar yg sangat ideal, ane cuma mainin per cvt sama roller aja udh mantep :D, roller suzuki skydrive (15gr) dan per cvt TDR beat 1500rpm, top speed tidak berkurang, akselerasi bertambah, dan mantap di semua putaran (tidak cuma bawah dan atas, tapi tengah juga mantap) ane gk pake Flying Roller karna banyak troublenya, dan sensitif, karna desain yg tidak silinder/bulat jadinya kalo berubah posisi bisa hancur :D, part suzuki juga terkenal durabilitynya 😀
Oh ya gan, per cvt lebih keras tuh bikin kopling lebih gigit di mangkuk kopiling ya?, dan bikin lebar v-belt jadi lebih mudah berkurang karna tekanan lebih kuat?, efeknya bikin top speed jadi kurang karna v-belt kurang lebar (Dari standar) bikin pully depan tidak membuka sampai maksimal?
masukan yang bagus,tx.
untuk per cvt,memang betul,jika kondisi motor masih standar belum bore up maka disarankan jangan ganti per cvt.untuk tekanan setiap per cvt berbeda2 jika per tersebut mengembang lebih cepat dari normal mengakibatkan kampas kopling lebih cepat selip dan performa motor jd berat dan jika per cvt mengembang lebih lama dari normal maka efeknya performa motor jadi lambat dan roller serta v-belt cpt aus.
Motor ane ada ubahan di sektor pengapiannya, torsi meningkat tp cvt gk bisa handle,,,apalagi baru ganti ban dgn kompon lunak, walau ukuran standar, jadi agak kurang akselerasinya.
Nah itu dia gan yg ane khawatirkan, yaitu kampas kopling cepet aus, disamping v belt yg gampang aus juga, tp kalo slip gk ada gejala yg ane rasakan, biasanya ada gejalanya kan kalo kopling slip?
Per CVT Racing 1500rpm mungkin mang terlalu keras, ada alternatif pake per cvt oem/genuine nya vario 110, beat, dan pcx. per cvt vario 125 paling lembut daripada per cvt vario 110, beat, apalagi pcx,,,
mayoritas pengguna vario 125 gk tahan sama kurangnya akselerasi vario 125, akselerasi lambat,,,
oh ya gan, per cvt oem alias genuine part tuh gk bisa dipastikan ya spek dalam rpm, soalnya katanya per pcx itu 1500rpm tp malah lebih lembut dari per cvt racing 1500rpm.
next mungkin ane mau pake per cvt oem aja daripada racing,,,
Lucksoft = Lukman
Sorry beda nama, ciz di pc ane login wordpreds, di hp pake nama dan email aja komennya,,
gan klo motor mio gt standar klo ganti per cvt 1500 rpm gi mna gan ?? ada pengaruhx ngga???
Klo msh standar mlah bikin berat
haduh gan salah kaprah anda gan, belt pakai yg ori aja gan, roller pakai yg 9gr rata gan, jgn yg 7 n 8 gr keentengan gan, top speed malah kgak ada gan 🙂
ane kasih saran ne gan , bila pgen kenceng tanpa bore up n korek mesin gan,lu maen di bagian cvt nya aja gan murah meriah kog gan ??
kayak mio gua gan,karena speda lu masih standart gan,ane saranin lu roller maen 9gr rata aja gan atau 10gr rata gan, fanbelt pakai yg orinya aja gan 🙂 ,kanvas cvt nya pakai punya honda beat gan, per gandanya ganti yg 1500rpm gan, sama per cvt ganti yg 1000rpm gan,, biar akselerasi lebih mantap, sudut pully lu papas lagi gan, 1mm aja jgn lebih, biar sudutnya lebih tirus gan,terus rumah tempat roller lu korek lagi gan, stopper atau ujungnya lu gerus mpe habis gan,sampai landai untuk mengejar topspeed gan, bila pngen lebih enteng gan lu ganti gigi rasio pada gear box, ganti punya nouvo gan, packing antara head n blok diambil y gan biar kompresi naek gan , aku jamin langsung ngacir gan, biar kita sama sama pecinta matic korek harian gan 🙂
Mas bro mau tanya xeon rc ane standart pabrik mau ganti roller 8gr dan per msh cvt standart pabrik bs buat tambah akselerasi dan top speed ga?atau yg cocok nambah topspeed tpi akselerasi tdk kedodoran ukuran roller brp y?thx
mesin msh standar, per g usah diganti.. untuk penggantian roller, untuk roller lebih enteng otomatis top speed kedodoran sedangkan untuk roller lebih berat untuk top speed dapat tapi akslerasi awal sampai menengan lemot…
kalau mau yang sedang2 saja dalam arti awal nggak kedodoran dan top speed nggak letoy roler dikombinasi saja, bisa 8-11
Jadi kombinasi 8gr tiga dan 11gr tiga y bro?sory bro denger2 klo di kombinasikan gitu pasti ad salah satu duluan yg peyang bener atau tidak y?
iya kombinasi tiga2… memang ada yang cepat aus terutma yang enteng.. tapi itu jangka panjang biasanya kilometer 10ribuan dan maih tahap normal
gan z sih rencana mau kasih nai CO + 20 dngan papas manipulx tipis” itu gimna gan ?? tarikanx enak ngga gan??
Bos klo xeon rc pakai roller semuanya pakai 9gram dan per standart beat positif & negatifnya apa y?
Tlg pencerahanya Kang Ari. Motorku mio sporty 2005 (vivid cocktail red) full standar, Terawat dgn baik, 9 thn tdk pernah ada masalah yg berarti, paling bocor ban blkang sih sering, km 43.000, belon pernah dibawa keluar kota. Nah bln depan rencana mau tak coba ke luar kota(mudik). Pengen ngetest ni mio lawasku. Tlg sarannya Kang Ari, roller berapa gram yg paling cocok utk dibawa ke luar kota dgn asumsi akan menghadapi banyak tanjakan?. Terus seting karbunya (air screw & langsamnya) masih pakai yg standar sekarang atau bagaimana?, Apa busi perlu diganti yg lebih tinggi?. Maaf pertanyaannya agak banyak nih. Makasih sebelumnya Kang Ari.
motor ane vario wtf, ane rencana mau gnti vbelt dengan yg racing punya daytona,tpi khawatirx kjadianx sm dengn langganan mas ari,mohon pencerahanx gan
Bos apa sama ukuran v belt honda beat dgn suzuki skydrive? bila v belt nya beat di pasang di sky drive resikonya apa ya? trims
boz mio soul saya sudah bore up,pakek seher GL,karbu king per cvt 1500 tp kenapa terasa berat sewaktu saya pakai roller 10 dan 9 gr teruz saya coba pakek roller 9 dan 8 gr tetep sama,tarikannya berat atas bawah,mohon solusinya
Butuh pencerahan kang….ane punya XEON GT125 pengen rubah roller + per cvt….minta saran ukuran yang cocok untuk harian berapa ya? biar akselerasi tetep yahud tapi top speed juga oke…makasih kang
Saya punya Mio Soul 2008, mesin standard, sudah bereksperimen daleman CVT tp di Mio saya yg paling pas dipasang roller kombinasi standar dan 8gram, Vbelt standard, kampas kopling ganda punya Beat, per kopling KTC 1000rpm(putih) dan per CVT 1500rpm(kuning), ditest keluar kota pas lebaran 2014 kmrn tarikan dari 0 – 60km/jam cepat sekali, 60 – 100km/jam lumayan tp dapet, nah pas jalan lurus datar saya coba turun gas dikit trus tarik perlahan akhirnya dapet 110km/jam, syarat memang gas dari awal harus diurut. Ubahan dikit AIS ditutup, tonjolan di atas skep diratakan, per skep potong 3 ulir, pasang tabung pernapasan dari lobang isi oli, tutup klep dan tutup gir kamprat, CDI BRT Hyperband(lama). paling penting sering2 bersihkan daleman CVT biar awet part nya.
minta pendapat’a nich bos..
mtor ane mio soul, ane aplikasiin roller 7gr TDR punya mio j, per CVT 2000RPM punya mio j merk TDR, V-belt nouvo (ori).
ane jajal: start’a agak berat dri yg sbelumnya, tapi pas naik 80km/jam.. mtor makin enteng tembus 110km/jam..
menurut ente gmana bos…
tankyu bos..
ganti per kampasnya yg 3pcs 1500rpm, agar akslerasi awal jadi enteng
Gan, motor ane kan x ride.. Baru ganti roller nya dgn kombinasi 7gr/11gr.. Tp tarikan awal sama atas kurang gereget.. Ada usulan kombinasi lain? Makasih
gan kalo roler nya dipasang 4 biji ga akan ngerusak mesin ?
ngrusak, tertuma bagian pulli depan dan v belt karena putaran tidak stabil
Bang mau nanya, kalau honda vario 110cc standar di kasih roller 7grm sama CVT 2000 rpm. apa resikonya ?
Bro mau tanya maklum msh awam
Ane punya xride udah ganti ecu brt juken 2,knalpot r9 new mugello.rencanany mau ganti beberapa part tapi saya juga takut sma kejadian yg diatas.enakny diganti apalagi yah kang?tapi saya gamau boreup atau teknik2 bubut lainny.tolong pencerahanny sama merk/comot part motor apa yg bagus kalo bisa yg terbaik tanpa memeikirkan besaran biayany.(pokokny ane mau yg terbaik)
Trus pertanyaan kedua ane mau nanya xride saya bisa make karbu/tb/beberapa part milik xeon rc gak?apakah cocok/pas ato enggak?kalo memang bis saya harus comot part xeon rc apa aja?
Pertanyaan terakhir bagusan busi dan koil standar atau racing
Saia pny vario fi 125, pngen maenin v-belt sama roller. Kira-kira input ap nih yg bsa kang ari kasih masukan buat performa okeh dan bisa dpake harian, merk sma ukuran ya kang ari., terimakasih kang ari.
kang,mtr saya beat FI,ban kecil pakek knalpot kaliber yang untuk beat,tp tarikan bawahnya agak lambat
tp kalo 40km lebih tarikan lumayan lah
gmna cranya biar tarikan bawah sama atas ngacir terus??
tlong di jwb
permisi numpang tnyk, motorku xeon rc pengen ganti CDI BRT yang cocok tipe apa dan harganya brpa…
Tlng bantuannya gan ^_^
Kang Ari, mau nanya.. Motor ane scoopy fi 2013, di cvt ane kok kalo dibuat tarikan awal selalu ada suara berisik ” krek krek krek krek” yg lumayan keras, kira” knp yaa? Mohon pencerahannya..
Kang ari salam kenal ane newbie niih kang.. Ane punya xeon’11 karbu.. Mao bongkar cvt niih kang niat nya.. Ane mao ganti roller 7gr sma 10gr merk tdr kya saran yg di bawah.. Trus v-belt merk mitsuba karna lebih lebar di banding v-belt racing yg laen.. Sma per cvt merk kawahara warna kuning 1500 rpm.. Qra” gmn kang sma racikan ane? Minta pendapat ya kang kl ad yg di ubah merk atau type nya? Thx mastah kang ari..
mas ari, mau tanya,… saya pake baet karbu mesin std,.. pake roller tdr 10g,.. tarikan awal berat ya,.. mesin ngegerung,..
di kombinasi dgn yg 7g-10g atau 10g-11g ya?
biar enteng tarikan awal untuk pakai harian jalan di kota yg sering macet….
tolong di jawab,.. trimakasih mas ari…..
kalau roller 13 rpm 1500 gmana gan???/
sya mau tanya kang?meong kesayangan udah tk bore up 57 pke piston npp gl max mlh jebol pistonya,kira2 knp itu?
apa bahan pistone jelek ?
awalnya pda tarikan bawah enak tp setelah rpm 60 ke atas sampe top speed tenaganya g bisa nambah nambah lagi
mhon solusinya…makasih kang
Bisa kualitas piston tapi biasanya kompresi terlalu padat dan pengapian besar
Kang,mohon pencerahannya. Ane dah muter2 cari per skep karburator buat Xeon RC,tp g dpt2..
Per skep karburator motor ane dah kedodoran,jd gas sering nyantol. Mungkin kang Ari ada solusi diganti per skep punya motor lsin ato punya info yg jual partnya?
Oh ya,klo misal ane pgn naekn petformanya,ane perlu ganti part mana aja,kang? Meski buat harian,biar tetep eksis.he3x..
Trims kang..
kang saya pnya scoopy udh cvt.an per 1500 per 3 di ganti roller pake 7_9 tarikan awal ada tp km40 keatas ngelay/hampos gada tenaganya knp kang?
Kang ari saya punya Soul GT kang msh standar pengen tarikannya lbih enteng kira apa yg perlu ane lakuin ni kang? mohon pencerahannya..
ikutan Curhat ah…
ane jg pengguna Mio Soul 09 (Standar terawat) dr pertama beli sampai 2013 motor dipake didaerah perkotaan, setelah 2013 sampai 2016 motor dipakai didaerah pedesaan, jalan yang ditempuh rata2 jalan dipersawahan dan juga jalan antar luar kota yang lurusnya berkilo kilo..
selama 6thn dan di km 37rb baru Vbelt putus, itu pun karena setahun ini muatan motor bisa sampai rata2 250kg..
sebelumnya ane ada rencana mau ganti sparepart racing pada cvt, tp stlh baca sana sini, ane memutuskan ganti sparepart asp*ra, Vbelt lebih lebar bbrp mili dari yang standar dan jg roller blum ane timbang..
ditunggu saja curhat ane berikutnya, smoga lebih maknyos..
Kang ari sy mau nanyain motor sy vario tecno 2011 lollernya baru ganti 8 sm 9 trs per cvt ganti sm 1500 suaranya skrng agak berisik itu bakalan ada efek sampingnya kagak?
Kaang,saya sudah ganti roller 7 gram utk mio soul, tapi yang dapetnya tarikan awal,akhirnya netap,jadi kek mana supaya dapat tarekan akhirnya kang? Salam kenal kang
Kang kenapa ya motor vario type karbu saya pas di gas full mentok kecepatan tertahan di 60 km on speedo,,masalahnya dimana kang ari??mohon solusinya..
bisa ada masalah di karburatornya, cek juga kondisi pengapian