jump to navigation

Jangan Asal Ganti Busi Motor Injeksi 12/01/2014

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

busi (2)

Sekarang semua motor yang brojol sudah pakai mesin injeksi,kang bro sudah tahu sendiri kelemahan motor injeksi adalah terlalu banyaknya komponen kelistrikan dan sensor2 untuk meningkatkan performa kinerja motor. Meski sensor2nya banyak tapi justru membuat motor jadi lebih efisien karena semua yang bekerja dikontrol oleh ECU, ECU menerima info2 dari semua sensor2 yang ada dimotor kemudian info tersebut disaring ,dikontrol kemudian dirubah sesuai kondisi motor,sehingga performa motor tetap stabil.

Salah satu kelemahan dari sensor2 adalah mereka tidak bisa menerima ganguan elektromagnetik dari luar,jika terganggu maka sensor tersebut akan eror bahkan rusak . Padahal dimotor ada part yang menghasilkan gelombang elektromagnetik saat motor dihidupkan yaitu busi, kenapa busi menghasilkan gelombang elektromagnetik ? busi bekerja karena adanya tegangan listrik tinggi yang diterima dari koil dengan adanya kutub negatif dan kutub positif maka tegangan listrik tersebut menghasilakan letukan api dan juga mengasilkan panas yang tinggi,karena adanya tegangan listrik tinggi,api dan panas tersebut maka terciptalah gelombang elektromagnetik pada busi.

busi (3)

Untuk mencegah gelombang elektromagnetik timbul ada busi yang diberi resistor , tandanya busi yang pakai resistor adalah pada busi tersebut ada huruf “R”, huruf “R” ini jangan salah diartikan karena banyak yang menganggap kalo itu adalah busi racing , pemahaman yang salah kaprah. Oleh karena itu dimotor injeksi pasti memakai busi yang ada huruf “R” nya agar busi tersebut tidak menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bisa merusak kinerja sensor2 dimotor.

Jika kang bro memakai busi yang tanpa ‘R’ dalam jangka panjang biasanya lampu MIL akan nyala kedip2,jika lampu MIL nyala kedip2 karena efek dari pemakaian busi yang salah maka dipastikan ada sensor yang rusak. Jadi mulaisekarang jangan asal ganti busi buat motor injeksi kang bro.Monggo disobek sobek…

busi (1)

Komentar»

1. Mas Sayur - 12/01/2014

wah…nice info ,kang..
mekanik yamaha di tempatku juga pernah ngomong gitu ( waktu mau ganti busi x ride yg mati karena motore kecebur rawa rawa ),sayang dia gak jelasin secara tekhnis koyok sampeyan…jelad sdh sekarang

suwun kang 🙂

aripitstop - 12/01/2014

jos

2. Kobayogas - 12/01/2014
3. belalangmerah - 12/01/2014
4. ♣♠™ MB@H D@RMO ™ ♠♣ - 12/01/2014

Muangtap, jadi tau

5. coa - 12/01/2014

infonya sangat dan sangat membantu ..
tq kang ari…

6. zulva yan - 12/01/2014

betulll…..dl jg pernah gnti yg g ada R nya.kata is3 kok lampunya kadang nyala.trs sy ganti yg cr7.eh beres…

7. zulva yan - 12/01/2014

betulll…..dl jg pernah gnti yg g ada R nya.kata is3 kok lampunya kadang nyala.trs sy ganti yg cr7.eh beres…:)

8. zulva yan - 12/01/2014

waduh…koq dobel yo.

9. redbike92 - 12/01/2014

wah nice info 😀

10. krisnajati9 - 12/01/2014

Sip Kang Ari, penjelasannya gamblang banget.
http://www.krisnajati9.blogspot.com

11. ali zibbeni - 12/01/2014

.mantap infonya kang

12. tobato - 12/01/2014

oooo ngunu ta tibak e..
jadi tahu kang.
joss artikelnya. nambah ilmu..
lagi.

13. gus - 12/01/2014

kang ari….
sedikit nyompang nie.

ane punya old vixi 2011

kemaren sempet service ke beres untuk stel klep.

tapi setelah service kok masih ada suara gemericik kayak klep kendor yak….?

motor baru jalan kurang dari 8000km.

suwun kang ari.

aripitstop - 12/01/2014

kayaknya g slslu uptudet ma kang ari nich…
nich jawabannya disini
Vixion Nglitik… Nich Penyakitnya.

agus wijaya - 12/01/2014

Maklum kang ari, make hp jadul…
Mau onlen setengah mampus dah…
Hehehe

14. RPMspeed - 12/01/2014
aripitstop - 12/01/2014

beli lach

15. Wong Ndeso 94 - 12/01/2014
aripitstop - 12/01/2014

jempol….

16. Vezita - 12/01/2014

Nice info, Bro Ari. Thanks!

aripitstop - 12/01/2014

iiip

17. Bonsai Biker - 12/01/2014

injeksi, diinjek makin sesksi

aripitstop - 12/01/2014

Ayak2 wae…

18. potretbikers - 12/01/2014
19. Mase - 12/01/2014
20. ngaspalblog - 12/01/2014

Nicee… Saya baru tahuu… Nambah ilmuu

21. thedeadbone - 12/01/2014

wah kudu ganti busi stanar lg neh…
baru beli busi NGK G power platinum e hhahah

kerusakan e untuk jangka brp KM/tahun ya kang pastinya??

thedeadbone - 12/01/2014

soale kemaren tiba” distater ga mau n dislah ngelos padahal minum e pertamax e…katanya suruh ganti busi yg lebih bagus lg jadi d platinum td…apakah harus ganti ke standar lg ya kang

aripitstop - 12/01/2014

Yg pntg itu busi tipe yg ada resistannya

aripitstop - 12/01/2014

G bs d pastikan,kmrn ada br ganti busi 1 bln lampu br nyala2

thedeadbone - 12/01/2014

kalo di mio j tmn ane sih udah 5bln yg lalu…kasus e sih sama gra” distater n dislah g mau n katanya sih smenjak ganti busi platinum jd ga pernah ada ky gtu lg kang

22. Sigit - 13/01/2014

klo motor noninjeksi pk yang ada resistannya, ngaruhnya apa?

aripitstop - 13/01/2014

HADECH pasti g baca…. baca dulu dech

Sigit - 13/01/2014

intinya resistansi itu cuma buat meredam efek gel elektromagnetik yak.. oke deh..

aripitstop - 13/01/2014

betul… sensor bisa rusak kalo busi g pakai resistan

23. pieser solo - 13/01/2014

nice info bro

24. nizar santa 77 - 02/07/2014

Kang koil n knalpot R15 saya msh STD, kira2 kalo ganti busi iridium ada efek’a ga? Trs kalo ganti busi iridum type apa yg pas? Busi standar’a NGK CR9E

25. Lukman - 16/09/2015

Bahaya dong kalo lagi di lampu kerah trus didepan, belakang, samping kiri, samping kanan ada motor karbu yg businya tanpa resistor,,,

26. Muh Yusuf Natsir - 05/10/2015

kang ari, thanks sudah buat artikelnya, biasa sebelum hunting barang selalu nanya ke mbah google, dan mampirnya kesini :D, dan baru tau klo busi injeksi beda sendiri.

Sampe buat artikel repost tentang busi injeksi :D. http://www.standar.org/2015/10/repost-serius-jangan-asal-ganti-busi-motor-injeksi.html

27. jayamahedinar - 09/04/2016

nice info kang ari…btw boleh tanya ga…mtr soul gt ane klo di starter kok ga bs nyala y,,,,aliran listrik sh ada cm gas ga mo ngangkat.pake engkol agak lm br nyala,klo pk elektrik starter g mau,biasanya kjadian pas kondisi mtr udh mati lama.itu businya apa akinya y kang??mksh kang

28. Motor injeksi gunakan busi kode R, mengapa? | Auto Champion Training Center - 19/09/2016

[…] yang ada kode Rnya!.  Referensi : iwanbanaran.com tentang test ride revo injeksi aripitstop.wordpress.com tentang jangan asal ganti busi motor injeksi Terima kasih  Dadang auto champion Diposkan pada 12 Januari 2014Penulis Kursus […]

29. Motor injeksi gunakan busi kode R, mengapa? | Auto Champion Training Center - 20/09/2016

[…] yang ada kode Rnya!.  Referensi : iwanbanaran.com tentang test ride revo injeksi aripitstop.wordpress.com tentang jangan asal ganti busi motor injeksi Terima kasih  Dadang auto […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: