jump to navigation

Hati Hati Saat Upgrade Jupiter Mx Pakai Blok VIxion, Nich Penampakan Blok Vixion Mentok ke Crankcase Untung nggak Pecah 10/08/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

BLOKMX (1)

Alhamdulilah aktivitas semoga sudah kembali normal, setelah libur panjang dan sekembalinya dari mudik sampai kantor kerjaan menumpuk dan akhirnya kegiatan bloging dikesampingkan dech…hari ini saja sisa kerjaan dibawa pulang biar besok sudah nyantai di bengkel,hehehe…hampir seminggu nggak nongol bloging di blog teman2…sori bro kerjaan nomor satu.

Dulu sudah pernah bahas kalau blok vixion masuk ke jupiter mx musti dikurangin diameter luar bloknya yang masuk ke crankcase agar tidak mentok dan berakibat crankcase pecah ( klik disini ).

BLOKMX (2)

Berawal dari konsumen yang merasa ada suara aneh setelah satu bulan pemasangan cylinder vixion ke jupiter mx miliknya. Suaranya nglitik dan ada ketukan setelah dicek dan dibongkar tersangka utamanya adalah roller rocker arm serta tensioner bahkan noken as ( cam shaft) ikut diganti, setelah semua sudah dirakit lalu motor dihidupkan tidak ada lagi suara aneh terdengar dan motor dites ride juga tidak ada bunyi, dan motorpun dibawa pulang…sehari berselang konsumen kembali lagi dan dengan keluhan yang sama…weleh..puyeng ki…rocker arm, tensioner dan noken as sudah baru tapi masih nglitik juga…akhirnya motor dibongkar lagi dech…

BLOKMX (3)

Setelah dibongkar lagi termasuk piston karena saat pembongkaran awal tidak melepas piston dan cylinder, setelah dibongkar ternyata baru terlihat dech titip sumber bunyinya…ternyata cylinder vixion mentok ke crankcase, untungnya crankcase nggak retak dan pecah tuch… cylinder jika kondisi panas maka akan memuai alias memperbesar ukurannya. Diameter luar cylinder vixion ukurannya hampir sama dengan diameter lubang dudukan cylinder di crankcase makanya diameter luar cylinder vixion harus dipapas alias dikurangi diameternya agar saat kondisi panas cylinder yang memuai tidak mentok ke crankcase…

BLOKMX (4)

Cylinder diatas mentok dibagian atas dan bawah cylinder karena celah sempit bahkan mepet antara cylinder dengan crankcase, jadi saya sarankan buat yang mau upgrade jupiter mx pakai cylinder vixion, cylindernya di bubut dulu agar aman cukup dipapas diameternya luarnya 0,5mm sudah pasti dijamin aman tidak mentok ke crankcase. Biaya bubut murah kokkisaran 25ribuan saja.

blok mx (3) blok mx (2)

 

Komentar»

1. ipanase - 10/08/2014

kudu papas itunya

2. omocho.com - 10/08/2014

o…. gitu ya.

3. fitronzawaramotor - 10/08/2014

pertamax,,,

4. gondes - 10/08/2014

Terimakasih infonya mas sangat berguna

5. simplerunnerindonesia - 10/08/2014

Mulai normal ngeblog lagi ya mas, seperti jalanan juga mulai normal, alias mulai penuh lagi karena sudah pada brangkat ke kota rantau..

6. ki Salim - 10/08/2014

untuk masalah pistonnya gimana kang? piston Mx kang ada bagian yang cembung sedangkan piston vixi kang cekung… bisa di bilang kompresinya kan berkurang… cara mengatasinya gimana?

aripitstop - 10/08/2014

Bisa tanpa paking atas tp hrs dipastikan tak ada kbocoran paking diganti pakai trebon. Ato pakai paking yg lbh tipis bhnnya dr tembaga…merknya sy lp…dr thailand hrgnya kisaran 100rb.

ki Salim - 10/08/2014

dibubut 1 mm gimana?? resiko g kang?

aripitstop - 10/08/2014

Bisa juga bloknya dibubut jgn 1mm terlalu panjang…nanti klep mentok piston. Klo mo d bubut cukup 0.25mm klo hanya mengganti kompresi dr piston.

7. qplay - 11/08/2014

tanda2 klo cylinder mentok crankase selain suara ngelitik apa kang, soalnya mx q upgrade blok vixion ga di bubut bloknya?

8. tomat - 11/08/2014

trimakasih mas ari. jadi tambah ilmunya.
semangat lanjutkn ngeblog 😀
numpang tanya, di kaskus ko banyak motor NVL pakai oli diesel. pernah bahas belum mas? mungkin pernah bongkar mtrnya jg….

Firman Radiansyah - 08/09/2014

silahkan kunjungi https://www.facebook.com/groups/hdeo.kaskus/
untuk mengetahui lebih banyak tentang penggunaan oli diesel (HDEO) di motor

9. Plat_AE - 11/09/2014

Gan..motor ane vixion kan pernah ganti cylinder krn yg pake lupa control oli..
Trus rencana cylinder eks vivi mau di shock lagi,,,,
Kemudian buat uipgrade ke NJMX…kira2amankah ?

10. Plat_AE - 11/09/2014

Di sock ne maneh gan maksud sy…so ori nya kan ada kaya lapisan teflon…lha kalau di sock kan lagi kan nda ada lapisan teflonnya…
Kira2 tanpa lapisan teflon amankah buat upgrade ?

11. rahmat saputra - 12/10/2014

gaи di beberapa artikel ada yg nyuruh blok cyilinder nya di bubut 5mm yg bener yg mana gaи 0,5 atau 5mm. trimakasih ga

12. vicky - 15/05/2015

Gan mw nanya donk…
Ane Dnger gosip mx klo udah di boreup pasti ntr kena stang seher nya itu bnr gk sih gan…?

Tolong penjelasan nya ya gan… trimmsss

13. fansel - 02/07/2015

mas kan atas bawah hrus dipapas kan ,klo kiri kanan di papas nga mas

Kang ari - 02/07/2015

Yg dipapas diameternya

14. Mau Ganti Cylinder Vixion NVL ke NVA atau Jupiter MX ke MX King, Lihat Dulu Yang Satu Ini | ARIPITSTOP - 15/08/2015

[…] dibubut dulu sekitar 1mm agar tidak mepet dengan crankacase ( silahkan baca di artikel ini ”Hati Hati Saat Upgrade Jupiter Mx Pakai Blok VIxion, Nich Penampakan Blok Vixion Mentok ke Crankcase…” […]

15. masoeloem - 09/10/2015

Gan ane mw boreup mx ane pake blok vixi kira kira apa aja yg mesti di ganti biar performa sama kaya vixi trus itu blok di bubut brp gan yg aman 1mm atau 0,5mm ?

16. jaka - 13/01/2016

Kang knapa ya njmx sya udh pke blokseher vixy noken standar mx, cdi brt, karbu pe28, tpi ko putaran atasnya berat ya? Apa harus setel klep?
Terima kasih sebelumnya

17. Arya Prince Rossoneri - 17/02/2016

Mau nanya nih mas Ari.. Jupiter mx saya kan auto kopling thn 2007, klo langsung pasang blok vixi bisa gak?? apa harus ganti manual dulu mas??

ma’lum kurang ngerti sama mesin, tolong di bantu yah mas..

18. radjaly - 01/03/2016

aman ga’ lw blok vixion di pasang ke mx,, kalo sudah di kurangi diameter ny,,,

19. radjaly - 01/03/2016

aku mau nanya ne,,,,kalo mx pake blok vixion, noken as harus di ganti ya,, kalo pake yg standar punya mx aja bisa gak,,,,,?

Kang ari - 02/03/2016

bisa nggak perlu diganti

20. sidik areg hewah heweh - 19/03/2016

Masih pengen mencoba ni bos…hehehe
Maklum masih coba coba…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: