jump to navigation

Bedah Teknologi Mio M3 125 Part 1, Sistem Pengisian, Motor Bisa Hidup Tanpa Aki 21/12/2014

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
Tags: ,
trackback

mio m3 125

Sebenarnya sich bloger2 kondang sudah bahas ini tapi saya coba bahas dengan sisi agak beda dikit lach hehehe… Mio M3 125 sekarang sudah tidak mengandalkan lagi tenologi YMJET FI namun kini berganti dengan blue core yang merupakan gabungan teknologi dari motor matic sebelumnya sehingga menghasilkan motor yang efisien, handal dan bertenaga.

Saya akan bedah teknologi yang ada di MIO M3 125, kali ini saya akan bahas sistem pengisian ke aki. Mio M3 menganut sistem pengisian 1 Phase terbuka sebenarnya sama dengan Mio j yang lama namun untuk  Mio M3 125 besaran out put-nya lebih besar dari mio Mio j yaitu sebesar 14,0v, 150w@5000 rpm dibandingkan dengan Mio j cuma 125w@5000 rpm ( lihat tabel dibawah). Stator Mio 3 memiliki 12 kutub sedangkan di magnetnya ada 11 pitch, bisa menghasilkan daya out put yang besar dan stabil untuk kebutuhan kelistrikan fi, battery, lampu dll.

 

MIO M33

Pengisian alias setrum aki memakai sistem pengisian 1 phase terbuka, cara kerjanya ketika motor dihidupkan maka stator akan akan menghasikan tegangan listrik yang tinggi ber arus AC, tegangan listrik ini akan di salurkan ke rectifier & regulator alias kiprok untuk dirubah menjadi arus DC untuk di salurkan ke aki, nach pada saat sistem penyetruman ke aki berlangsung arus terus berjalan sampai mengisi penuh ke aki, jika pengisian alias penyetruman ke aki sudah penuh maka pengisian akan terhenti, inilah sistem kerja pengisian 1 phase terbuka dimana setrum aki akan berhenti jika aki sudah penuh sehingga kinerja stator bisa lebih ringan sehingga mengurangi beban mesin karena generator berhenti mensuplai arus listrik. Beda dengan sistem pengisian 1 phase tertutup seperti di Mio lama atau mio sporty jika pengisian ke aki sudah penuh maka sistem charging tetap berjalan arusnya dibuang ke massa sehingga generator ( strtor dan magnet) tetap bekerja terus.

MIO M32

Selain itu Mio M3 125 juga sudah dilengkapi dengan kapasitor bank letaknya jadi satu dengan kiprok jadi motor akan tetap hidup meski aki dalam kondisi soak bahkan tanpai aki motor juga tetap bisa hidup. Tapi kapasitor bank ini hanya sebagai cadangan saja loch… jika aki sudah soak ya secepatnya diganti karena jika suplay arus ke siatem injeksi tidak stabil akan mengakibatkan kinerja sistem injeksi tidak bekerja maksimal. Nach untuk membuktikan Mio M3 125 bisa hidup tanpa ki monggo lihat videonya dibawah ini.

via hp klik disini.

Komentar»

1. s_o - 21/12/2014

popokdium

mansar - 21/12/2014
2. sijidewe - 21/12/2014
3. Sejutaumat.com - 21/12/2014
4. JalanBerkarisma - 21/12/2014
5. hendylockdown - 21/12/2014

bahas saja mas, saya baca kok
penonton video itu di youtube masih 5 biji

aripitstop - 21/12/2014

kekekekek… klo youtube kurang laku memang, pa lagi yang pake hp pasti males buka youtube

6. kura kura - 21/12/2014

arus aki di mio m3 apa sm dgn mio j kang?

aripitstop - 21/12/2014

sama AC DC dari aki DC yg masuk lampu AC.

AbdulLah Nur - 20/12/2015

Berarti kaLo mau dikasih Lampu LED atau Luxeon/Proji gitu harus fulL wave duLu ya kang ?

7. Nuno Kediri - 21/12/2014

keren., tapi sayang.. pabrikan sayap patah2., sudah dari dulu.,,

8. wildan.a.p - 21/12/2014

hahai ada power banknya, boleh tuh di aplikasikan ke soul gt ane….kira2 bisa gak ya……? bang Ari

aripitstop - 21/12/2014

nantikan artikel lanjutannya hehehe…

9. 46sukses.com - 21/12/2014

Hapik tenan……!!!!

10. kudo78dk - 21/12/2014
11. za - 21/12/2014

oke deh.. brrti kapasitor bank,y kya di verza ya kang..?

pengen tau tinggi piston,y kang..? buat di z1 ane. kaya,y di kompresi,y 9,5:1 nih.

12. Kobayogas - 21/12/2014

ooo gitu toh
————
Yuks mengenal lebih jauh mesin eSP yang terpasang pada New Beat eSP plus perbedaannya dengan beat lawas
http://kobayogas.com/2014/12/20/product-knowledge-teknologi-mesin-esp-pada-honda-beat-esp-vs-beat-lawas/

13. ardiantoyugo - 21/12/2014
14. devmcry - 21/12/2014

memang kalo mekanik yg bahas Mantap ulasannya, antara teori dan praktek nyambung bukan sekedar teori saja,,, lanjutkan…!

15. hary - 03/01/2015

apa sistemnya sama dengan xeon mas.

16. meizi - 17/05/2015

kalau mio m3 tidak di pake sampai 2 bulan, apa accunya mesti di cabut? atau gimana penanganannya supaya motor tetap ok nantinya?

Kang ari - 17/05/2015

Nggak perlu dicabut, sebenarnya asal kunci off nggak masalah.
Klo misalkan aki dua bulan nggak dipakai nanti ngedrop itu wajar karena aki bersifat self discharge dan penanganannya cukup di charge ulang

meizi - 18/05/2015

makasih kang….jadi cuma di charge ulang aja nanti ya… charge ulangnya apa bisa di tempat servise yamaha atau di mana ya? maaf newbie banget soal motor..

17. Mr.Z - 20/02/2016

kalo misalkan lampu depan mio m3 mi d ganti LED,harus di rubah jd DC dulu bang? kalo iah.ribet ga bang? thnk’s

18. bekti - 11/04/2016

Kang ari….mow tanya…low mio j diganti dngn kiprok tiger apakah kondisinya sama dengan yg anda jelaskan diatas,maksudnya apabila aki udah penuh akan berhenti dengan sendirinya untuk pengisiannya….mohon penjelasannya

Kang ari - 11/04/2016

beda systemnya dengan tiger

bekti - 11/04/2016

Hum…low berarti cuma bisa isi aja ya bang?
Low mio j mow dbwt full DC gmana caranya ya bang,disamping itu juga agar sistem kelistrikan tetap aman?
Soalnya mio j saya tiap tahun ganti aki….masa sama aja bayar pajak aki?
Mohon bantuannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: