Iklan
jump to navigation

Jangan Asal Pasang. Ini Dasar Hukum Penggunaan Sirene, Lampu Stobo dan Lampu Rotator 31/03/2016

Posted by Kang ari in BERITA.
trackback
motor sirine

pic from pertamax7

Sering kaget dengan suara sirine yang tiba2 lewat ? setelah lewat ternyata cuma rombongan touring saja bukan kawalan polisi, pemadam atau bahkan ambulance. Saya sendiri sampai sekarang masih melihat terutama lampu stobo dan sirine terpasang di motor2 yang sedang touring seperti ilustrasi gambar diatas.

Jengkel sudah pasti karena kita2 sama bayar pajak, hak kita sama kalau mau lebih cepat sampai lebih baik terbang saja.

Pasang sirine, lampu stobo atau rotator itu tidak boleh sembarang karena tidak semua kendaraan boleh pasang, saya setuju kalau para pengguna fitur langsung dilepas dan sita alatnya agar tidak terpasang lagi. Sesuai Undang-undang No. 22 Tahun 2009 pasal 59 ayat (5) Penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:

A. Lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk mobil Petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia;

B. Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk mobil tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, Palang Merah, dan jenazah.

C. Lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk mobil patroli jalan tol, pengawasan sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek Kendaraan, dan angkutan barang khusus.

Saya ambil dari tmcpoldametro :

Terhadap pelanggar ketentuan tersebut dapat di kenakan ketentuan pidana sesuai dengan Pasal 287 Ayat (4) UU No. 22 Tahun 2009. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar ketentuan mengenai penggunaan atau hak utama bagi Kendaraan yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59, Pasal 106 ayat (4) huruf f, atau Pasal 134 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Iklan

Komentar»

1. dony - 31/03/2016

setuju…

Eko Prabowo - 31/03/2016

Buat ngemis minta jalan !! ngoahaha Dasar kampungaaan bocah tua kemarin sore kemaruk baru punya motor batangan.. ! Dasar pengemis jalanan dengan cara maksa..

Mana nih yg suka koar2 rider HD gatau aturan wkwkwkw lah ini mocil modif moge-mogean malah kelakuan tuolol

singindo - 31/03/2016
sebarkan.org - 31/03/2016
2. kentutbabi - 31/03/2016

Iya emang norak tuh motor yg make sirine strobo..

3. COCODOT - 31/03/2016

Cips india aja aja tum hi ho

4. Besok Siang - 31/03/2016

orang tolol tambah 1 lagi ..

5. Eko Prabowo - 31/03/2016

hahaha rata-rata club pulsar pada pake strobo semua om !! motor ditinggiin biar kaya Ducati Multistrada ngoahahaha kelakuan dijalan ga ada santun2 nya blassss .. naik motor selalu ditengah marka jalan gamau dikiri..

Yang begituan norak kampugan sumpaaahh amit2 deh wkwkwkw lagian jg bosok tuh motor

6. Eko Prabowo - 31/03/2016

NORAK !!! rata-rata club pulsar kaya bocah baru punya motor kemarin sore ngoahahaha

Emang NORAK mau diapain lagi !! Motor modif touring tinggi2 padahal motor buosokk tuh motor india,,

Kang ari - 31/03/2016

gambar diatas itu ilustrasi loh…

7. Nino mx - 31/03/2016

Nak misale lampu tambahan piye hukume lek???.misal tambahi lampu led crree u3??.gk ngedip.wes d modip ben ra ngedip. (di nggo pas dalanan peteng/udan)

Hukume piye lek???

Kang ari - 31/03/2016

masuk modifikasi

Rizal - 31/03/2016

Mending denda maksimal pasang kayak ginian yg dimahalin karena sangat mengganggu…toh sama2 bayar pajak….bukannya denda modifikasi yg mengebiri kreatifitas…padahal pake uang sendiri lhoooo

8. silentmotoblog - 31/03/2016

rombongan moge ma klub motor2 kecil biasane pas turing do nganggo wkwkwk,
http://stpblog.me/perbandingan-spesifikasi-smartfren-andromax-r2-dan-samsung-galaxy-j2/

9. kopet - 31/03/2016

klo jumpain yg kek ginian, pengin rasanya lempar granat
biar pd modiar
arogannya g ketulungan

10. orong-orong - 31/03/2016
11. Mocin_Lovers - 31/03/2016

apa yang harus kita lakuin ketika bertemu dengan fenomena ini dijalan kang?

Kang ari - 31/03/2016

1. lapor polisi kalau sempet
2.tegor kalau berani karena ujung2nya pasti akan adu argumen bahkan adu otot
3.foto dan share beserta tulis aturan undang2 diatas, biar medsos yang menghakimi
4.diem aja pasrah daripada digebuk pakai pentungan yang dia bawa

12. fadli - 31/03/2016

ane pernah ketemu yg model gini nih di jalan, jalanan macet pake bunyiin sirine sama lampu strobo dinyalahin, pas liat di spion ternyata cc motor nya di bawah motor ane, ya maap.. kaga ada deh di kasih lewat sedikit.. sama2 sipil.. jalan jalan umum, gw bayar pajak..lo belum tentu taat pajak..!!

13. ndesoedisi - 31/03/2016

pernah ngobrol dengan anggota klub, ternyata beda pemahaman.. ya sudahlah 🙂

http://ndesoedisi.com/2016/03/30/jangan-underestimate-6-motor-berikut-ini-bukan-motor-150cc-dimodif/

14. Dwian Saputra - 18/04/2016

Mungkin Kalian Yang Berfikiran jelek tentang club,comunity,independent motor. Belum pernah merasakan Apa itu Kebersamaan. Ngerasain Berkendara Bareng. Kalau Berkendara Sendiri Gak Usah Mikir Belekang.e Ada Siapa ada Apa tapi ketika Touring kalian tetep mikir kaya g2 mending Pulang aja lah. Belakang kita Saat Touring Adalah Saudara Kita. Jadi Yang Jadi Pemimpin Rombongan(RC) bertanggungjawab Atas Keslamatan Rombongan Tsb. Strobo/Sirine Berguna Buat Buka Jalan. Bukan Buat Pamer2an Biar Lagak Jadi Polisi. Mungkin Hanya itu pendapatku Karena Kemaren 17.04.2016 Aku Baru Merasakan Apa itu Touring Sesunggunhnya Bersama Teman2 JVC(JogjakartaVixionCommunity) Mungkin Perndapat Itu Banyak Tapi Tolong Tanggapi Dengan Positif jangan Asal Bully ikut2an yang lain.

Budy Romadhona - 18/04/2016

^ LOL . merasakan kebersamaan tanpa pikir panjang LMAO bikin macet mau menang dijalan sendiri


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: