Iklan
jump to navigation

Motor Tidak Pasang Spakbor Akan Kena Denda Rp.500.000 01/03/2016

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

satria injeksi tanpa spakbor belakang

Banyak kita jumpai motor2 yang tidak memakai spakbor terutama spakbor belakang, nach mumpung masih dalam suasana razia simpatik yang diadakan oleh kepolisian hingga 21 maret 2016 mendatang maka tidak ada salahnya saya coba mengingatkan tentang modifikasi yang mudah ditilang oleh polisi.

Melepas spakbor pada motor apalagi spakbor belakang akan menambah kegantengan motor bahkan motor2 sekarang lebih mudah dilepas spakbor belakangnya misalnya satria injeksi, MX King, R15, CBR150R dll, semua motor yang saya sebutkan itu sangat mudah melepas spakbor tanpa harus mempreteli bodi2 motor sehingga para biker dengan mudah melepasnya.

LEPAS SPAKBOR MX KING (2)

Resiko yang dihadapi ketika melepas spakbor tentunya jika riding dalam kondisi hujan maka cipratan motor akan sampai punggung si biker bahkan mengotori pengguna jalan di belakangnnya. Yap, etika yang berbicara.

Kalau misalkan dilihat dari peraturan perundang-undangan bagaimana ?

Sudah pasti akan kena tilang jika melihat Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 1993 pasal 77 ayat 1 yang bunyinya :

”Sepakbor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 70 huruf f, diwajibkan untuk setiap kendaraan bermotor.”

Selain itu lebar spakbor juga sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 1993 pasal 77 ayat 2 yang bunyinya :

Spakbor sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) harus memenuhi persyaratan:

a. Mampu mengurangi percikan air atau lumpur kebelakang kendaraan, atau badan kendaraan.

b. Memiliki lebar sekurang-kurangnya selebar telapak ban.

Seperti di dalam undang-undang Nomor 22 tahun 2009 pasal 285 ayat dua dikatakan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis seperti salah satunya spakbor, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat 3 juncto Pasal 48 ayat 2 dipidana kurungan paling lama dua bulan, atau denda paling banyak Rp 500.000. Bagaimana menurut kang bro ?

Iklan

Komentar»

1. Kopet - 01/03/2016

Nah lho

Apipotoblog - 01/03/2016
singindo - 01/03/2016
ninja150ss - 02/03/2016
sebarkan.org - 02/03/2016
SuRyA - 02/03/2016
uhabangetblog.com - 03/03/2016
2. freshKEY - 01/03/2016

KAPOK SOKOR , KAMPUNGAN PAKE DILEPAS SEGALA

3. John_Hendy - 01/03/2016

Motor tidak pasang spakbor, nyipratnya ga karuan

John_Hendy - 01/03/2016
4. Hyuhda - 01/03/2016

Kalo pake mudguard gmn? Fungsinya kan sama, malah lebih baik nahan cipratannya?

Kang ari - 01/03/2016

Klo itu saya tidak tahu

Blogger gratisan - 02/03/2016

Ya tetep di tilang. Wong polisi selalu merasa benar. Trus polisi nya cewek pula. (Cewek selalu harus benar) kelar idup lo … f*ck polkis

5. Mbah FRI - 01/03/2016

Nyiprat tapi memaksa rider blkgnya untuk jaga jarak.
jarak minimal antar rider klo ga salah 3detik pada kecepatan 40kph, atau sekitar diatas 5m.
#CMIIW

6. ardiantoyugo - 01/03/2016

bisa raup gratis…

Paket internet true unlimited cuman 75 ribu sebulan: http://wp.me/p1eQhG-1AT

7. mbah_anom - 01/03/2016

mosokkkk

8. Mase - 01/03/2016
9. Yuyus - 01/03/2016

tuh banyak ninja yang ga pakai spakbor belakang, sok motogp kata pemiliknya…

Syarif - 02/03/2016

padahal cuma 250sese

add - 02/03/2016

^ ga mampu beli ninja aja banyak cingcong mas, sana ngurus kreditan matic mu aja ngoahahahaha..

fari.fairis - 02/03/2016

nah… trus ditambah lampu sein blkgnya dijadikan satu sama stop lamp..
kedip seinnya jadi hampir gak kelihatan sama sekali!

10. Mas Muslim - 01/03/2016
11. Pakdhe Atim - 01/03/2016
12. gilaroda2ga - 01/03/2016

Kalimat terakhir kok utk roda 4 dan selebihnya…. Jgn2 bkn utk roda 2 nih…

13. RichardGN - 01/03/2016

Lagian kalau spakbor dilepas, keberadaan lampu sein yg ngegantung gitu aja kaya posisi standart bakal merusak tampilan imho, makanya ada beberapa yg copot spakbor, sekalian beli sein tempel toh ?

14. Nuggers - 01/03/2016

klo knalpot ga standar gmna kang? ane pake knalpot punya satria soalnya, sama kalo gak punya sim? sama kah dendanya?

Kang ari - 01/03/2016

Sama, tetap tilang

15. Lucky - 01/03/2016

Kadang heran motor di buat komuter tapi pakai acara harus model ala MotoGP ppfftt… sama geli nya juga lihat motor iklan berjalan tanpa bayaran malah dia nya yang rela beli.

16. Rideralam - 01/03/2016
17. kudo78dk - 01/03/2016
18. bartodiyastiyanto - 01/03/2016

Kalo pake setang jepit kena engak ya kang,saya juga was was ni d jln.

19. 6speed - 01/03/2016

Berarti kalo ada sakbor belakang tp pake ban gede juga di tilang dong kalo peraturannya gitu

Besok Siang - 01/03/2016

jelas kena tilang .. siap2 debat ato surat tilang

20. Pam - 01/03/2016

Wihhh..mnding standar ajalah..cari aman..

21. java36 - 01/03/2016

Ruwet

22. Evan - 02/03/2016

Motor baru Standar pbrik aj ad yg kna tilang,apalagi klo gne,mgkn klo cuma ganti velg aja g kna tilang,tp siapa tau…

23. COCODOT - 02/03/2016

b. Memiliki lebar sekurang-kurangnya selebar telapak
ban.
Pantesan ninja 250fi di tilang

24. Alvon - 02/03/2016

Aah Kalo alasanya kegunaan spakbor nyiprat ke belakang spt nya GA masuk akal.. Sering sya Berada di belakang motor 2 matic yg Masi komplit termasuk spakbor nyiprat juga sampai ke helm sya. Ada 2 Aja nih peraturan.

unknown - 02/03/2016

Lah ya itu lha wong yang pake aja bisa nyiprat apalagi yang gak pake. Makin gak karuan sampe susah liat depan *pengalaman.

semar - 02/03/2016

Sebenere klo pake spakbor nyipratnya cmn kebelakang ini buat safety jg biar gak terlalu mepet jaraknya, tau ndiri klo ujan jlnan licin rawan kecelakaan, klo gak pake spakbor bener kata atas ane nyipratnya kemana-mana

25. st3v4nt - 02/03/2016

Yang penting mah saya pengen liat yg begini di tilang polisi ben kapok….tapi jarang sekali kejadiannya yg ada nyiprat…..

26. softwarehousemalang - 02/03/2016

Mantab bos infonya 😀 segera di sebarkan

Web Design Malang

27. andhi2010 - 02/03/2016

Memang rider sekarang punya tata krama????

28. orong-orong - 02/03/2016

cocok, muak dengan motor yang tidak pakai spakbor. muka kotor kena cipratanya
http://ongolongol.com/2015/04/14/speed-mx-120-ayago-spesial-dari-yamaha/

29. visitor - 02/03/2016

kang ari, itu peraturan yang dikutip buat roda 2 atau roda 4? kalau emang buat roda 2 kok ninja250fi dengan spat board belakang kecil gitu bisa lolos uji di kemenperin? pulsar 200ns dan xabre juga, yg jelas motor2 itu dari pabriknya spat board tidak lebih lebar dari rodanya. mohon pencerahan

Kang ari - 02/03/2016

saya kutip dari kompas untuk keduanya

30. Emesi - 02/03/2016

Oke ga pake spakbor nyiprat, tp kalo pake spakbor kolong (mudguard)
Gimana tuh?

31. ponco - 02/03/2016

Nahhh ituu gaa adaa spakbor. Yang saya tanyain kalo gaa adaa apa apa gimanaa cuman dia jalan pake helm. Di tilang berapa juta tuh wkwkwkwkwk

32. saleskec@p - 03/03/2016

Tidak cuma denda 500rb, harusnya disita dan diadur ulang motornya…!

33. fireboyz75 - 03/03/2016

makin kreatif saja ni apa2 dijadikan duit

34. Hi-tut - 01/04/2016

Duit terus, yg gak pake spakbor di belakang denda 500rb, yg korupsi milyaran….???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: