Iklan
jump to navigation

Adegan Perkelahian dan Freestyle, Sinetron Anak Jalanan Kembali Mendapatkan Tegoran Kedua, Kenapa Tidak Selamanya ? 24/02/2016

Posted by Kang ari in BERITA.
trackback

sinetron anak jalanan

Untuk kedua kalinya, teguran pertama ada di artikel (klik disini), tidak mempan sampai situ ternyata pihak KPI melayangkan teguran kedua buat sinetron yang menampilkan adegan kebut2an ini.

Dilayangkan KPI tanggal 12 februari 2016, teguran kedua ini menyoroti adegan perkelahian dan aksi freestyle yang ada di sinetron tersebut. Diduga banyak efek negatif yang ditimbulkan dari sinetron ini, bisa dilihat dari tingkah laku anak2 sekarang setiap melihat motor fairing terutama motor warna merah disebut motor mas boy. Adegan perkelahian pengeroyokan dan ada geng2an itu yang rawan ditiru oleh anak2 jaman sekarang.


 

Berikut isi teguran dari KPI yang dimuat tanggal 12 februari 2016 :

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis telah menemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012 pada Program Siaran “Anak Jalanan” yang ditayangkan oleh stasiun RCTI pada tanggal 22 Januari 2016 pukul 19.28 WIB.

Program tersebut menayangkan adegan 2 (dua) orang pria yang melakukan freestyle menggunakan motor. Selain itu, terdapat adegan kejar-kejaran antara 3 (tiga) orang pria yang menggunakan motor dengan kecepatan tinggi di jalan raya. KPI Pusat menilai muatan demikian dapat memberikan dampak negatif dan berpotensi ditiru oleh khalayak yang menonton khususnya remaja. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan remaja dan penggolongan program siaran.

Selain itu, pada tanggal 27 Januari 2016 pukul 19.13 WIB kami juga menemukan adegan perkelahian secara eksplisit yang dilakukan oleh sekelompok pria. Berdasarkan catatan KPI Pusat, program saudara telah mendapatkan Surat Teguran Tertulis Nomor 24/K/KPI/01/16 tertanggal 11 Januari 2016. Kami akan terus melakukan pemantauan intensif terhadap program saudara, jika masih ditemukan pelanggaran di kemudian hari, kami akan meningkatkan sanksi sesuai dengan Pasal 75 SPS KPI Tahun 2012.

KPI Pusat memutuskan bahwa program tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 14 dan Pasal 21 Ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administratif Teguran Tertulis Kedua.

Perlu kami sampaikan bahwa KPI menerima banyak keluhan masyarakat baik dari organisasi, instansi, dan orangtua yang mengkhawatirkan dampak tayangan tersebut terhadap perilaku anak-anak dan remaja yakni: konflik dan perkelahian, perilaku negatif mengebut di jalan raya, serta freestyle. Saudara wajib segera melakukan evaluasi internal agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, baik pada program sejenis maupun program lainnya. Saudara juga wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar sanksi administratif teguran tertulis kedua ini diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih.

Iklan

Komentar»

1. singindo - 24/02/2016
ninja150ss - 24/02/2016

Cm ditegur? ,sinetron yg krg mendidik
http://traktordohc.com/

mariodevan - 24/02/2016

kebanyakan teguran…

permisi ijin share sob… CBR 150r yg baru saja diluncurkan memang menuai banyak perhatian, dan pujian! tpi ternyata ada selentingan CBR 150 akan ada versi special editionnya??wah-wah kira2 gmana ya bentuknya???

http://mariodevan.com/2016/02/23/all-new-cbr-150r-akan-ada-versi-special-edition/

Ferboes - 24/02/2016

Harusnya ditutup saja… Ganti anak jajanan
http://saiisoku.com/2016/02/23/kawasaki-er6n-dimodif-ala-vixion/

FЭЯY - 24/02/2016
2. Dodihadita - 24/02/2016

Kang ari apakah sudah ada ecu yang jual buat mio m3 ya ?? Merknya apa ?? Mks kang ari

Kang ari - 24/02/2016

RC sudah ada tapi kualitas saya belum tahu, coz belum pernah pakai

Dodihadita - 24/02/2016

Oke mkasih . Saya tunggu artikel kawasaki z125nya kang ari.

3. warungasep - 24/02/2016
4. riderxcoedy - 24/02/2016

Jam tayangnya itu loh 3jam lama bgt .untuk kelas sinteron adegan brandalan pacaran kroyokan harusnya jam tyangnya di jam 10mlam .tp teguran kpi kyaknya gk di gubris loh .wkwkwkwk kasian amat kpi

Kobayogas - 24/02/2016
5. gcm - 24/02/2016

Alay jahannam…

6. tomcat - 24/02/2016

Jauh sblm ada sinetron aj…gank motor udh ada x coooyyyy….kbut2an dr jmn felm ali topan anak jalanan udah marak…biasalah…kurang setoran aza kaleeee….kalo negara mo ksih contoh bsik…noh koruptor hukum mati…biar ada efek jera…pemerkosa kebiri. .biar ada afek gentar…berani?!

VR93 - 24/02/2016

Halahh nyalahin pemerintah…..wkwkwkkkk

soulenergizer - 25/02/2016

mbahasnya apaaaa…komennya apa…jaka sembung bawa golok..

jhony - 25/02/2016

Ketahuan penggemar sinetron ini… hahaha

7. bang herman - 24/02/2016

amplop pertama kurang tuhhh…
makanya minta lagi 😀
dragon ball aja udah nggak tayang di global tv di ganti sponsbob

Kobayogas - 24/02/2016
nyimnyim - 24/02/2016

iya bener tuh dragonball malah hilang diganti kartun aneh spon2an..kppiii lieur…

8. saleskec@p - 24/02/2016

Khan bisa nego dulu boss…!

9. kudo78dk - 24/02/2016
10. fari.fairis - 24/02/2016

Ane usul!
kalo emang mau bikin sinetron pake adegan kebut2an, gimana kalo ceritanya tentang kehidupan pembalap beneran?! jadi ngebutnya di sirkuit!
+ ada tips2 safety riding 5menit di tiap akhir episode..

11. iswantoAhmad - 24/02/2016

andai saja sinetron ini punya kualitas seperti MARS yang sempat tayang beberapa tahun lalu pasti akan ane tonton tiap hari.

12. samzurry - 24/02/2016
13. situmo - 24/02/2016

pemiliknua mo jadi presiden.
mau jadi apa negri ini ..
ngoahahahajahahaa

14. jerryadipradian - 24/02/2016

Setau ane, KPI gak punya wewenang buat ngebredel acara tv, dia cuman merekomendasikan acara tersebut buat dihentikan sama stasiun tv. CMIIW 😁😁😁

15. Kang_Har - 24/02/2016

ngelihat iklannya aja sdah ga suka sama ini sinetron.

16. ijah - 25/02/2016

Sinetron anak jalanan kan utk di atas umur bukan di bawah umur seperti cartoon.. .. jika anak Sekolah meniru, itu karna tdak bs mnyimpulkan mana yg baik dan mana yg tdak baik dri cerita tersebut.. .. kalo cartoon sperti shincan jelas pasti tdak baik; karna dlm cerita utkk anak2 tapi terkadang mengarah ke dewasaan yg sdikit jorok.. ..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: