Iklan
jump to navigation

Akhirnya Sinetron Anak Jalanan Mendapat Teguran Dari KPI, Apa Saja Pelanggarannya ? 15/01/2016

Posted by Kang ari in BERITA.
trackback

sinetron anak jalanan

Sinetron anak jalanan akhirnya mendapatkan tegoran dari KPI, sinetron ini dianggap bisa mempengaruhi remaja untuk meniru adegan2 yang ada didalam sinetron.

Berikut pelanggaran yang dimuat oleh KPI yang dirilis tanggal 11 januari 2016.

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No. 32 tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan dan hasil analisis telah menemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012 pada Program Siaran “Anak Jalanan” yang ditayangkan oleh stasiun RCTI :

Pada tanggal 31 Desember 2015 pukul 20.09 WIB :

  1. Program tersebut menayangkan adegan seorang laki-laki berkelahi melawan sekelompok geng motor, pengeroyokan sampai pingsan.
  2. Selain itu, pada tanggal yang sama terdapat adegan seorang pria mengucapkan kata “tolol” dan “bego”.
  3. KPI Pusat menilai adegan tersebut berpotensi ditiru oleh remaja yang menonton dan berdampak negatif. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan remaja dan penggolongan program siaran.

Sanksinya :

KPI Pusat memutuskan bahwa program tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 14 dan Pasal 21 Ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a. Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administratif Teguran Tertulis.

Pada tanggal 26 Desember 2015 pukul 19.16 WIB :

  1. Terdapat adegan seorang remaja wanita mencium pipi pasangannya.
  2. Selain itu pada tanggal 27, 28 dan 29 Desember 2015 serta 3 Januari 2016, kami juga masih menemukan banyak adegan perkelahian antar geng motor.

Dengan tegoran ini maka pihak KPI meminta kepada yang bersangkutan untuk merubah tema cerita jalannya sinetron, jika tidak dirubah maka harus ditayangkan di jam antara 22.00-03.00 waktu setempat.

anak jalanan kena tegor KPI

Iklan

Komentar»

1. ardiantoyugo - 15/01/2016

sukuuurrrrrr… sekalian stop…

Video Pajero Sport melibas tanjakan 47 derajat: http://wp.me/p1eQhG-1uQ

COCODOT - 15/01/2016

Paling gak demen nih sinetron

Sing Indo - 16/01/2016
Kobayogas - 15/01/2016
COCODOT - 15/01/2016

Kobayogas.com kumaha di stop ulah

Kobayogas - 15/01/2016

montoongg

sebarkan.org - 15/01/2016
Munivmotoblog - 15/01/2016
SuRyA - 17/01/2016
2. Apipotoblog - 15/01/2016
goozir - 15/01/2016

cepat men

indhy - 05/02/2016

Baguslah ..stop aja sxn tuhh ..sekarang banyak sinetron2 yg gk bermutu ..!!
.mending kartun aja banyakin daripada sinetron begituan ,,lama2 anak kecil juga bisa meniru adegan2nya…

3. goozir - 15/01/2016
peysblog - 15/01/2016
4. warungasep - 15/01/2016

horee.. kabar gembira nih selain kulit manggis sudah ada estraknya

http://warungasep.net/2016/01/15/honda-supra-x-150cc-kini-si-motor-bapak-bapak-itu-bermesin-cbr/

5. road riders - 15/01/2016

akhirnya ane jg kuatir krn tll bnyak aksi kkerasan n hal2 negatipnya,..smoga dstop z dkalian

6. lg - 15/01/2016

kirain ditegur karena pakai ban cacing

7. 86 - 15/01/2016

Setuju … Jangan sampai tayang LG …

8. mariodevan - 15/01/2016
9. darto - 15/01/2016

Disetop aja penayangannya!!! banyak adegan yang mencontohkan kurang baik

10. deeplida - 15/01/2016

kirain di tegur karena pake knalpot racing dan pake ban cacing.

11. kusnanto - 15/01/2016

sinetron ab*l-ab*l….huss…ups..skenario ga jelas …yg aku suka cuma motor ninjanya……………….rrrrrrrrrrrrrrrrr

Dimass - 24/02/2016

Sama…… Motornya aja yg kerennn

12. Efan - 16/01/2016

Namanya jg anjal ( anak jalanan ), pastilah kena tegur, hehe…

13. jay - 16/01/2016

bguslh,mw jd ap pemuda sekrng.klo bsanya brntem,mnta bliin mtr sport bwt gaya2an.pdhl doa ortu spy anknya mjd ank yg sholeh.mdh2n pemuda skrg sadar akn pntingnya beribadah dn brbkti kpd ortu,amin

14. Iwan - 16/01/2016

Koyo raono gawean liyane…

15. mas.john - 16/01/2016

jiaahhhhhh kemana aja kemarin pak??? #heran

16. Oki jogjamodifikasimotor.com - 16/01/2016

maklumlah masih jiwa muda….tapi jangan salah aripitstop ini sejatinya juga masih muda, tapi anak sudah dua…Beliau setiap hari gagah berani berkelahi dengan kejamnya ibu kota, siang bekerja di bengkel yamaha, malam menyusun artikel untuk blog-nya

seperti ini model penyaluran energi yg positif
http://www.jogjamodifikasimotor.com/2016/01/12/building-yamaha-r25-race-engine/

17. septian - 16/01/2016

setuju tuh, sinetron remaja sekarang mbunuh karakter rmaja itu sndiri

Nyamepek - 17/01/2016

Siapa yg suruh tiru…gak kan yg tiru otak nya nya bermasalah

18. badthegonx - 16/01/2016

Waah.. gak coocok nih..
tapi kalo ditonton abg labil bahaya banget nih film

19. terjadi galat - 16/01/2016

Harusnya di setop.
Kebut2an kok di taman mini, mirip blogger pada tes motor anyar..!
He he

20. al.radityaguruh - 16/01/2016

Saya setuju sinetron itu tidak mendidik anak muda dan saya sebagi anak muda sangat di sayangakan sekali mengapa tv tontonan ini di tayangkan ke masarakat indonesia seharus nya acara tv itu harus lebih seleksi dan teliti… lgi
Klo bisa di setop aja…….!!!!!!!!

21. Kelz Thamz - 16/01/2016

udah, berhentikan saja sinetron ini.. membawa hasil positif kaga, negatif malah iya.. ckck

22. jhon - 16/01/2016

Memang gak mendidik!! Mending di stop ajalah KPI dari pada berdampak NEGATIF!! Stop aja sinetron nya kalo benar2 Mau melindungi anak bangsa!!

23. jhon - 16/01/2016

Memang gak mendidik!! Mending di stop ajalah KPI dari pada berdampak NEGATIF!! Stop aja sinetron nya kalo benar2 Mau melindungi anak bangsa!! Saya setuju dengan KPI

24. Zoel - 17/01/2016

Setiap tayangan itu ada sisi negatif dan positifnya, Tergantung bagaimana kita menyikapinya. Dari pribadi kita masing2 sj yg nilai, yg positif kita contoh dan yang negatif harus kita buang jauh2 dan dijadikan acuan spy gak sampai menuju kenegatifnya. PAHAM. Jadi KPI gak usah terlalu agresif gitu. Klo perlu KPI dibubarin aja dan dialihkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi untuk habisi para koruptor yg merugikan negara.

25. anak jalanan fans - 17/01/2016

Ini tegurannya pihak anak jalanan diberi 2 pilihan, merubah jam tayang atau mengganti jalan cerita, dan semua sudah beres gan,,, KPI menerima dan anak jalanan lanjut tayang tanpa mengubah jalan cerita maupun jam tayang, tetapi mengurangi adegan yg dimaksud dalm pelanggaran,,, salam.

26. Ananda Bayu - 17/01/2016

syukurlah haha

27. trenddrivers.com - 17/01/2016

Nonton beginian nggak ada manfaatnya mending nonton spongebob

28. Crazy - 17/01/2016

Itu kan tergantung manusia yg nonton… siapa jga yg suruh niru…yg niru bearti orang bego..yg negor sinting

29. Crazy - 17/01/2016

Sok alim amt

30. hayat - 17/01/2016

mending di ganti ama filem kerajan inti ya filem sejarah lah

31. ashter - 17/01/2016

alah.. KPI kebanyakan pelanggaran,, kalau soal dosa.. atau apa itu di tanggung sendiri2.. kapan bisa maju indonesia perfileman kalau kayak gini..

32. Ali madura - 17/01/2016

Jangan hanya anak jalanan, termasuk sinetron yg lain banyak yang gk mendidik sehingga para remaja sangat terpengaruh dengan adegan yg ada dalam sinetron indonesia

33. Yogyakarta Tourism - 17/01/2016

Biki sinetron anak kecil diajari temprament.. yang untung RAM PUNJABI asemm

34. Mama Isna - 17/01/2016

Banyak mengajarkan tindakan melanggar hukum

35. priyo - 17/01/2016

sinetron yang penuh dengan hal negatif. larang aja sekalian

36. ndoro - 18/01/2016

Gara2 KPI sekarang semua film import yg tayang di tv sudah tak layak tonton lagi. Orang ngerokok disensor, orang luka disensor, orang kena pukul disensor, kena tembak disensor. Kena tendang disensor. Berhadap2an mau tarung, tau2 sudah jatuh aja kalau lagi fight. Jadi aneh ngeliatnya.

Padahal dulu tahun 80-90an gak ada sensor2an tapi masyarakat dan ABGnya gak seberingas dan sealay jaman sekarang.

37. fari.fairis - 18/01/2016

bocah jaman sekarang memang jauh lebih parah.. -> yg gak ngerti ini brarti gak peduli..
makanya adegan2 yg mmberi contoh gak baik harus diminimalkan..

38. sinchan operasi plastik - 18/01/2016

sinetron ga mutu,…stop aj.

39. Arien - 18/01/2016

Perasaan dari awal sinetron ini tayang aj udah g Bener, Aneh, gak ad Posifit.nx. KPI.nx baru angkat bicara sekarang. Sungguh aneh. Film mancanegara yg mau masuk Indonesia belum2 udah dilarang gara2 ini itu. Kalo sinetron Indonesia lepas gtu aj…..

40. yunanto - 18/01/2016

sinetron…..smakin hari smakin ga ada yg bermutu…

41. orong-orong - 19/01/2016
42. KPI Mata Duitan - 07/02/2016

Film Pembodohan Cuma Di Tegur ? Terus Sanksi nya Cuma Administratif ? DASAR KPI MATA DUITAN!!!

43. Adegan Perkelahian dan Freestyle, Sinetron Anak Jalanan Kembali Mendapatkan Tegoran Kedua, Kenapa Tidak Selamanya ? | ARIPITSTOP - 24/02/2016

[…] kedua kalinya, teguran pertama ada di artikel (klik disini), tidak mempan sampai situ ternyata pihak KPI melayangkan teguran kedua buat sinetron yang […]

44. Obbie - 19/03/2016

Ya ganti sama SAUR SEPUH aja.udah, kasian udah hampir 1 bulan to film ga ada tempat jam.tayang nya :d

45. mastambit - 15/04/2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: