Iklan
jump to navigation

Tutup Pentil Kena Tilang, Ini Pasal Tilangnya 13/01/2016

Posted by Kang ari in BERITA.
trackback

tutup pentil

Kemarin lagi marak dibicarakan para netizen bahwa tutup pentil tidak ada saja motor ditilang, alasannya apa ? ban tidak ada tutup pentil bisa mengganggu keseimbangan motor akibat tekanan angin di ban mudah berkurang. Nach dasal pasalnya apa tutup pentil kena tidak ada bisa kena tilang ?.

Untuk Motor :

Pasal 285 ayat (1)

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kanlpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Untuk Mobil :

Pasal 285 ayat (2)

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, atau penghapus kaca sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)”

Sebenarnya dulu saya pernah baca dari statement anggota polisi sekitar tahun 2014 kemudian saya cari ternyata ketemu via detik.com, namun kala itu tahun 2014 bisa jadi sekarang sudah beda ketentuannya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya tahun 2014 AKBP Hindarsono, saat dihubungi detikOto :

“Kalau cuma penindakan akibat tidak menggunakan tutup pentil, harusnya itu diingatkan saja,”

“Kalau mereka (pengendara-Red), tidak menutup pentil ban mereka namun tidak membawa surat-surat. Itu lain lagi urusannya,” katanya.

“Kami tidak pernah memerintahkan untuk menindak pengendara yang tidak menggunakan tutup pentil. Kalau ada petugas seperti itu, tanya dia sekolah kepolisian dimana, dan laporkan ke atasanya,” ujar Hindarsono.

Setuju kalau hanya tutup pentil dikasih peringatan bukan penilangan kecuali memang sudah menjadi acuan dari pihak kepolisian bahwa hal ini bisa membahayakan laju kendaraan dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Monggo share opini sampeyan.

polisi tilang tutup pentil

Iklan

Komentar»

1. januardyaldo - 13/01/2016

lah itu di pasal kan ga ada masalah tutup pentil

jadi ga bisa ditilang dong

Sing Indo - 13/01/2016
Alki Rahmatullah - 13/01/2016
Kobayogas - 13/01/2016
januardyaldo - 14/01/2016

Aneh mas kobay

Oke lah tutup pentil memang fungsinya buat jaga tekanan angin

Tapi kalo emang ilang harus gimana?
Ganti tutup pentil variasi
Nanti kena tilang alasannya tutupnya ga standar

Masa harus beli ban dalem terus ambil tutup nya doang
Atau beli pentil tubeless ambil tutupnya doang

Kalo ilang mulu jadi juragan ban dalem yang ada

Alangkah lebih baiknya kalo dikasi teguran dulu ke yang punya

Apipotoblog - 13/01/2016

Tutup pentil besok apa lagi nih.. muka udah gak standar.. wkwkwk…

http://apipotoblog.com/2016/01/11/trail-honda-berkode-k84/

Munivmotoblog - 13/01/2016
SuRyA - 13/01/2016

ntar klo dah ada tutup pentil hijau ditilang jg krn warnanya ga hitam hahahahahha

http://otomags.com/index.php/2016/01/13/sebaiknya-informasi-terkini-roda-dua-di-informasikan-juga-ke-penegak-hukum/

sebarkan.org - 13/01/2016
2. efan - 13/01/2016

Wah,klo bgn ntar jari2 yg brwrna kna jg,cari celah,biar kna,krn tdk smua warga ngrti pasal,mka hal inilah yg d jdkan ksmpatan buat nilang

3. kudo78dk - 13/01/2016

kalau semua utk kepentingan keselamatan, hrsnya ada skala priority
http://78deka.com/2016/01/13/honda-masih-banyak-kesulitan-dengan-ecu-unified-software/

4. Supono Wahyudi - 13/01/2016
5. blackchaser - 13/01/2016

Gak pake Beha aja di tilang pak?

6. Rideralam - 13/01/2016

Ancok

7. goozircom - 13/01/2016

kita harus paham undang undang kalo pingin selamat

http://goozir.com/2016/01/perbandingan-yamaha-aerox-125-dengan-gt-125.html

8. semar - 13/01/2016

sesuatu yg dibuat mesti ada fungsinya, klo gak ada fungsinya pabrikan gak perlu ngasih tutup pentil ban kan?!

9. Bonsai Biker - 13/01/2016

nggih

10. Bonsai Biker - 13/01/2016

jemur sek

Mungkinkah hukum itu hanya mengenal benar dan salah? Pasalnya kreatifitas anak bangsa sering kandas di mata hukum, mulai dari Mobil Nasional hingga TV rakitan.

http://bonsaibiker.com/2016/01/13/kreatifitas-anak-bangsa-sering-kandas-oleh-hukum-mulai-dari-mobil-nasional-bbm-air-hingga-tv-rusak/

11. silent reader - 13/01/2016

ban gundul juga kena tilang pasti ya gan.?

Kobayogas - 13/01/2016
12. fari.fairis - 13/01/2016

hmm.. tapi kalo 200ribu itu ya kebangetan..!!!

13. Mase - 13/01/2016
14. johan - 13/01/2016

lah??tutup pentil ban?? sy aja tutup pentil nya ilang pas dj taruh di parkiran mall, gmana tuh pak polnya?? helem?? seumpama helm hilang di parkiran, duit dah abis nih baru pulang shoping di mall, mosok di tindak lagi sama polisinya?? .. spion? sy spion hilang di sekolah, di tilang om wkt itu, masih belum bisa ngelawan, di tilangnya di perempatan lagi bukan di razia,, lah terus sy ke toko aksesoris gmana kalo ga lewat dari tuh perempatan?? ahhh polisinya pada maling sih wkt itu, uang lagi 24rb di dompen di gasak semua

15. ndoro - 13/01/2016

Saatnya kita untuk lapor ke polisi kalau tutup pentil kita hilang di parkiran….

Karena perkara tutup pentil sekarang tidak main-main. Tilang.

16. civillianblogs - 13/01/2016

Artikele bikin mumet lek.. marai senewen nek ketemu pak polisi. padahal mereka pengayom kita lhoo…
Edisi merajut mimpi setinggi angkasa… Part 1

Kang ari - 13/01/2016

Beli pentil cadangan

17. orong-orong - 13/01/2016
18. Tutup Pentil Motor Pun Kini Harus Kena Tilang, Salam Tempel 200 Ribu Case Close | MUNIVMOTOBLOG.COM - 13/01/2016

[…] mimin bukan orang hukum jadi mimin ambilkan aja di blognya lek aripitstop tentang UUD atau pasal yang mengatur mengenaiĀ motor yang dapat ditilang dan […]

19. Ireng kunteng - 13/01/2016

Kebanyakan polisi waktu masuk lewat jalur belakang dengan segepok uang untuk bisa diterima ya akhirnya jadi seperti ini kelakuannya kalo sudah jadi..

20. ardiantoyugo - 13/01/2016

udah lama kok ini… tutup pentil kena tilang…

Uji koneksi 4G Smartfren, di laut pun ngebut: http://wp.me/p1eQhG-1uG

21. jos gandos - 13/01/2016

Tutup pentilnya gk ada tulisan sni nya jadi kena tilang wkwkwkwk

22. sukmahandayani56 - 13/01/2016

hati2 yg masang stiker nempel di lampu depan… dan menskotlet lampu sein n stoplamp..

tmen ane msang stiker garputala di bagian kiri dasbord depan… tepatnya separo nempel di dasbord sparo kena mika lampu depan..

pdahal scara user dia gak pernah mrasa trganggu dgn chaya lampunya.. tpi kena tilang dgan alasan mengganggu pencahayaan…
tau deh pasal apaan..

23. Hasbi Adam - 13/01/2016

lama-lama hukum di indonesia mulai disalah gunakan, makin tumpul ke atas dan makin runcing ke bawah. mmiris banyak liat kasus-kasus penilangan kaya gini yang makin banyak disorot karena ulah “oknum polisi” katanya tapi tetep aja polisi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: