jump to navigation

Dan… Abdi Dalem Pakai Blangkon Tetap Kena Tilang 01/11/2015

Posted by Kang ari in BERITA.
trackback

abdi dalem naik motor tanpa helm

Tidak pandang bulu, sudah tahukan sekarang polisi lagi gencar melakukan razia, nach di yogyakarta banyak ering dijumpai ( maaf ) para abdi dalem yang hanya memakai blangkon melenggang bebas naik motor tanpa memakai helm. Dilema… abdi dalem harus memakai blangkon dan itu sudah menjadi tradisi dan kewajiban di adat keraton yogyakarta, kemana2 pakai blangkon ( penutup kepala ). Tapi sebenarnya meski tetap harus memakai blangkon ketika naik motor tetap harus mengindahkan yang namanya safety.

Ketika naik motor pakai helm dan blangkonnya bisa ditaruh di bagasi atau tas ataupun tempat lainnya dan ketika turun dari motor segera helm dilepas ganti blangkon, memang agak ribet sich tapi demi keamanan diri sendiri dan berjendara dengan baik. Polisi mau menilang abdi dalem mungkin agak sungkan tapi jika melihat dari sisi hukum memang sudah melanggar UU No22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Solusinya ya itu tadi… tetap pakai helm dan blangkon ketika turun dari motor.

Dan polisi yogyakarta ini pun sudah koordinasi dengan pihak keraton atas kejadian ini agar tidak ada kesalahpahaman.

abdi dalem pakai blangkon ditilang

Komentar»

1. dhot - 01/11/2015

cari helm yg bentuk blangkon

Mas Sayur - 01/11/2015
2. John_Hendy - 01/11/2015

Emang siapa dia kok kebal hukum

kimpet - 01/11/2015

@john_hendy

Dia adlh seseorang yg digaji oleh Sultan sebesar 70rb per bulan, Dia adlh pesuruh Sultan yg diakui kesetiaannya oleh Negara, Dia tdk pernah mengeluh dgn pekerjaannya. Salah satu faktor bukan karna kebal hukum , tetapi karna polisi di Jogja itu menghormati/ sungkan kepada yang kau sebut Dia. Dia bekerja dari Pagi subuh hingga Malam hari hanya dengan mengabdi kepada Kesultanan Jogja.
Coba kau tanya kesemua orang Jogja, kalau perlu kau tanya polisi Jogja sana bagaimana sosok abdi dalem yg kau sebut Dia. Hidup bersahaja, tetapi mereka mempunyai kewibawaan tinggi (luhur bawono ingkang gusti). Ya begitulah Budaya di Jogja, ada anekdot kalo ‘wani’ sama abdi dalem itu bs kualat. Makanya polisi sangat berhati-hati (kulo nuwun) dengan pihak kerajaan DIY. Ini hanya masalah sosialisasi ttg keselamatan berkendara.

Dan Dia itu lebih baik dari anda yg bisanya menghujat !

John_Hendy - 01/11/2015

Oooww, abdi dalem juga? Kok bisa hapean?

kimpet - 01/11/2015

Saya hanya meluruskan pemikiran anda yang super dangkal

ngaca dulu - 01/11/2015

Sabar om… ababil skg emang ga tau sopan santun… kearifan lokal sama seperti yogya dan bali setau saya ga pke helm ga kena tilang (pke blangkon / ikat kepala d bali)…

Mas Sareh - 01/11/2015

@ john hendy nama yang aneh yang tidak tahu budaya bangsa, anda itu baru bisa ngenet saja sudah besar kepala, bisa lebih sopan sedikit?, coba datang ke Bali nanti ada budaya mereka yang tidak memakai helm saat ada acara tertentu dan pak polisi itu tahu! belajar budaya ya?

John_Hendy - 01/11/2015

Budaya sesat, ga helman bikin kepala pecah, ogah gilak!!!

Risa - 02/11/2015

@jhon_hendy…anak goblok anak nya lonte kamu ya?

fari.fairis - 02/11/2015

muka lo juga sesat..

3. blackchaser - 01/11/2015

Blangkon nya cr yg SNI dulu bsk saya. Hehehe ben ora kecekel

4. rr - 01/11/2015

jd inget berita dulu, yg pke **** pke bawa” agama. ogah ditilang krna ga pke helm, krna ga ad hukum pke helm d agamanya. malu ui

5. macantua.com - 01/11/2015

Ya mau abdi dalem juga kan tetep pelanggaran

http://macantua.com/2015/11/01/aerox-125-is-the-next-xeon/

6. otoborn.com - 01/11/2015

kerisnya piye?

7. ardiantoyugo - 01/11/2015

Akeh… Numpak jaran wae…

Cara mengetahui judul lagu tak dikenal: http://wp.me/p1eQhG-1qi

8. resha_warblo - 01/11/2015
kimpet - 01/11/2015

@resha
Ya Tuhan, beginikah sosok pemuda kita ini yg meratakan kesamaan hukum tanpa melihat norma ??
Guru sekolah anda apakah tidak mengajari tentang ‘hukum adat’ & toleransi ? Silakeun direnungkan..

Kembali saya tekankan, ini hanya tentang sosialisasi ‘safety riding’ !

Mas Sareh - 01/11/2015

maklum resha kan cuma sekelas blogger jemuran asal jeplak saja… tanpa tahu budaya bangsa,

9. dans - 01/11/2015

Simalakama..

10. irul - 01/11/2015

ah rakyat byasa,coba nilang purnawirawan polisi bwa hd brani?
tp polisi jogja dlu jga prnh nilang sultan

11. irul - 01/11/2015

woi john hendy dongkol dya lbih mulia drpda pkerjaan pakmu

12. budy - 02/11/2015

awas pak pulisi kena sial looh heee

13. fari.fairis - 02/11/2015

hmm.. memang repot sih..
kbanyakan abdi dalem pake sepeda, tapi kalo yg rumahnya sangat jauh ya beralih pake motor..
memang harus dirembug bareng.. mungkin dari dinas kebudayaan bisa desain helm batik, supaya safety tapi orang2 ttp ngeh kalo pengendaranya itu abdi dalem..
gak usah helm mahal, yg penting SNI aja..

14. sesak soft - 02/11/2015

naik sepeda aja bro…

http://sesaksoft.com

15. nyimnyim - 02/11/2015

tgl pakai helm..nanti sudah sampai tkp baru pakai lg belangkonnya..gampang to?klo ga mau pakai helm ya naik sepeda atau angkutan umum,atau jln lebih baik.:D

16. Dimi - 18/06/2018

Jogja beda dengan Bali….kalo Bali memang sip…..kearifan lokal yg memang pemerkaya budaya bangsa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: