Rantai Putus dan Crankcase Akhirnya Pecah 06/10/2015
Posted by ARIPITSTOP in BENGKEL.trackback
Rantai putus ? biasanya penyebab utamanya karena rantai kurang perawatan bahkan tidak dirawat sama sekali hingga karatan. Nggak repot kok rawat rantai motor sendiri cukup kasih pelumas minimal seminggu sekali namun untuk di musim hujan bisa tiga hari sekali. Kenapa rantai perlu dirawat ? tentunya agar rantai awet, akslerasi lebih maksimal ketika rantai dalam kondisi normal dan tidak mencelakai diri kita sendiri karena rantai putus bisa membuat kita terpental dari motor.
Lakukan penyetelan secara rutin terutama saat musim hujan disetel dalam dua minggu sekali jika jarak yang tempuh lumayan jauh, cek kekendoran rantai sekitar 2cm jika sudah lebih dari 2cm maka rantai wajib disetel agar rantai tidak cepat aus dan pastinya agar rantai tidak lepas dari gear karena jika rantai sampai lepas atau bahkan putus bisa berakibat fatal. Ini salah satunya, crankcase motor ini bolong akibat benturan dari rantai setelah putus.
Ada dua solusi mengatasi crankcase pecah :
- Ganti baru crankcase, tapi proses ini lama lama crankcase lama ditukar dulu ke pabrik untuk pencetakan nomor yang lama ke mesin yang baru. Dana yang dihabiskan bisa sekitar 1,2 juta sudah termasuk jasa pemasangan yang harus turun mesin dan memakan waktu hingga 1,5 bulan.
- Crankcase dilem atau las babet namun masih resiko bocor bisa dua kali kerja.
Sabetan maut pecut baja .. hiii ngeri .
Ngeriiiihhh…
ada duit lsg ganti aja, tp gimana ya kalau gada duitnya
http://kobayogas.com/2015/10/06/first-drive-kia-sportage-2-0-diesel-crdi-torsi-mantap-handling-jempolan/
Untung new mx saya dulu putus rantai kondisi jalan lagi pelan, dan saya maklumi udah pernah potong rantai, jd kekuatan rantai udah jelek banget, jd mesin cuma meraung2 dikit, langsung saya ganti sperpat ori yamaha DID, kuat banget mantap udah hampir 6 bulan rantai cuma di stel 1x ga kendor sama skali smpei skarang
persis, pernah mengalami hal yang sama di supra 125 saya, cuma gak sampe pecah, hanya penyok aja, trus di press. hehehe
bersihkan dari minyak dan kotoran, trus olesin lem epoxy plastic yg sudah dicampur dengan benar. Ga akan bocor deh..
kalau nyangkut di sproket serem juga ya lek…
http://singindo.com/2015/10/06/terus-menerus-tertekan-akhirnya-rupiah-mendapat-rahmat/
rantainya “nyabet” crankcase ya?
Iya
Lembiru..
motor opo iki?
http://orongorong.com/2015/10/06/awas-penipuan-melibatkan-blogger-kondang/
Nggonku wes ganti… Antisipasi…
Bukan masalah “mau dibandrol berapa”: http://wp.me/p1eQhG-1nU
Serem efeknya.
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic
pernah putus rantai tp lg jalan 5 kph di lingkungan kantor, karena bokek gak bisa beli rante baru ketika itu jadi potong rante n beli rante merek china.
pake ori suzuki jepun udah 2 taon masih awet2 aja.
old mx yo kang
Iya
apa gak ada kang, indikator kapan harus ganti sprocket n rantai..?
kyk di ban gitu kan ada indikatornya