Iklan
jump to navigation

Begini Jadinya Kalau Motor Minum Oli Gardan Bukan Oli Mesin 19/08/2015

Posted by Kang ari in BENGKEL.
trackback

efek oli gardan masuk di mesin (2)

Entah apa yang ada dibenak pemilik motor mio j ini, info yang ada motor ini ambrol karena mesinnya memakai pelumas oli gardan ( oli gardan mobil). Pelumasan di mesin membutuhkan pelumas yang biasanya memiliki SAE berkisar diantara 15W-30 sampai 20W-50 lach kalau di kasih oli gardan yang memiliki kekentalan sekitar 75W-90 sudah pasti mesin ambrol.

Oli gardan dengan tingkat kekentalan yang tinggi sekitarΒ 75W-90, dengan tingkat kekentalan yang tinggi maka oligardan tidak semudah melumasi semua bagian part2 seperti fungsi dari oli mesin bahkan dari tingkat pendinginan mesin juga sangat berbeda.

Saat ini sedang tenar oli diesel dipakai dimotor, mungkin inilah yang dimaksud sang pemilik motor… maunya beli oli diesel tapi malah oli gardan mobil… ya sudahlah komplit tingkat sesatnya…

Pakai oli mesin yang sewajarnya saja… nggak usah neko2…dan semoga kejadian ini menjadi pelajaran kita bersama, jika kita tidak tahu maka harus bertanya jangan sampai kita rugi karena ketidaktahuan kita.

efek oli gardan masuk di mesin (1)

Iklan

Komentar»

1. Indomoto - 19/08/2015

weleh . . . ganti jeroan

2. An_Syahri - 19/08/2015

Smart… πŸ˜€

ndoro - 20/08/2015

Pabrikan sudah merancang dan ngetest olie mana yg sesuai dengan mesin yg dibuatnya. Heran masih ada yg coba2 mengunakan olie yang tidak sesuai peruntukannya.

Jangka pendek mungkin tidak kelihatan akibatnya, tapi efek jangka panjang hanya pabrikan yang tahu dan punya track record pengetesannya.

3. endik - 19/08/2015

Jan pekok tenan sing nduwe motor kang…
Wes ngerti oli gardan iku kental kok malah di kasih ke motor…

4. goozir - 19/08/2015

gile lo ndro oli gardan kanggo oli mesin…

4 kesepakatan Elanto dan Dirlantas Polda DIY

http://www.goozir.com/2015/08/empat-kesepakatan-elanto-dan-dirlantas-polda-diy.html

5. Kobayogas - 19/08/2015

cara mahal membuat grease alias gemuk hehehe
——————–
ini dia motor kamen rider decade
http://kobayogas.com/2015/08/19/impression-review-bertemu-honda-dn-01-panjang-anggun-dan-hi-tech/

6. Eko Prabowo - 19/08/2015

Pekok wkwkw ikut2an kobay pekok nih aka bloger kamvret

7. Eko Prabowo - 19/08/2015

Gara-gara baca artikel bloger jemuran, jadinya yaa begitu om ngoahahahaha

bloger jemuran pada sotoy buat artikel oli diesel wkwkwkw

saram ane kagak usah ikut2an bloger jemuran deh pake oli diesel, lha wong segala sesuatunya udah di itung kok sama Atpm wkwkw

sinyo - 19/08/2015

sesat boleh tp gak gt2 amath kale……MSX lovers

Ponari Sweet - 19/08/2015

Coba dulu, baru ngomong boss…
Rasakan bedanya, kalo udah merasakan pasti nyesel komentar begitu.

sinyo - 19/08/2015

mas eco kurang bersafari……padahal banyak yg blm dijelajahi jan indah………..HDEO inside

Ponari Sweet - 19/08/2015

Betul…
Dia kurang piknik.

Hahaha - 19/08/2015

Salam fastron. Semua motor dirumah udah pake fastron mulai dari PFD, PFT, sampe PFG. Lancar tanpa kendala.

Hari gini pake oli motor? Hwehwehwe.

Tewel - 19/08/2015

Itu mah kurang ilmu aja,,, heee sapa itu bawa bawa oli diesel. Beda dg oli gardan,,,,

mr con - 19/08/2015

sampean kurang piknik .wkwkwk salam PFdLovers

pr@szt - 20/08/2015

ah sok tau lo..udeh pernah nyoba belom..kalo belom pernah nyoba coba dulu..kalo mesin motor lo rusak baru lo koar2 dah tuh,,komen koq pekok kayak orangnye πŸ˜›

gilaroda2 - 20/08/2015

tak kenal HDEO maka tak sayang masbro… πŸ˜€

8. Eko Prabowo - 19/08/2015

Josssss lah ngoahahaha

ane nunggu artikel riview pemakaian bahan bakar solar di PCX kobay wkwkw

9. sinyo - 19/08/2015

SIAPA YANG PUNYA MOTOR INI boleh sesat tp ya jngan olie gardan sblm sesat tanya2 dlu sma suhu longdrain

10. motomazine - 19/08/2015
11. dony - 19/08/2015

waduh oli gardan…
ganti oli mesin jait aja sekalian…hahaha..
mungkin dia dapet info dari teman ato pemgen coba2..

12. alief001 - 19/08/2015

Bused dah

13. Dian Mas Putra - 19/08/2015

horang kayah… mau apa aja ya terserah… next, beli sonic pake minyak jelantah bekas goreng tempe. biar knalpot bau tempe goreng…

14. danisubject - 19/08/2015

kalo metic mah oli mobil udah sip

15. eko harry 004 - 19/08/2015

Kelewat sesat ya ini :v
Mau beli PCMO mungkin malah beli gardan,
Salam MDMX user πŸ˜€

16. ariefsupriyadi90 - 19/08/2015

Jos

17. Batman Keblasuk - 19/08/2015

Nganu……….
Tulisan nya gak jls, apa hubungannya oli gardan sm oli diesel……..??!?
Jd mikir keras………sambil dielus2 biar keras……………….
Mau nyindir oli diesel gak bgs utk mtr yah, bilang aja lgsg gt, susah amat……..
Lagian emang hasilnya jauh lbh nyaman kok pk oli diesel, ngapain jg pk yg biasa yg sbntr dah bikin kemrosak gak nyaman ceklak cekluk…….
Dah gt ajah………..
Ajah gt dah……..
Gt dah ajah………….

malesin - 19/08/2015

Tipikal pengguna oli diesel, disentil dikit langsung panas kek bisul mau pecah.. Kalem dikit napa?

Maksud empunya warung, ini si doi kemungkinan mau nyoba ikutan kek ente sebagai pengguna oli diesel yg super mulia, tapi gak ngerti oli, malah diisi oli gardan.. Emang mau bandingin oli apa lagi? Oli samping? Kan ente ente yg mulia pake oli diesel, ya wajar kan diambil contoh “mau pake oli diesel, malah salah beli jadi oli gardan”.

Dah, minum susu dulu dek, ntar dimarahin mamah.

Tewel - 19/08/2015

Ente kok lebay juga jawabe. Sana minum kopi high caffein. Jo mental tempe…

pahlawankemalaman - 20/08/2015

hahaha ente sendiri ga ada yang nyindir tapi uda panas, situ orang apa bisul? bwahahahaha be smart pleasee

malesin - 20/08/2015

See, tipikal banget kan.. baru gini aja langsung dah pada ngumpul, ada yg gak setuju sama oli diesel langsung diserang rame rame.. hahaha.. Really, just grow up, kiddo. Udah kek FPI aje, ada yg gak setuju, diseruduk.

pr@szt - 20/08/2015

ngapain lo bawa2 FPI,,komen lo gak nyambung gak usah bawa2 yg gak ada hubungannye..

gilaroda2 - 20/08/2015

semua santai dulu masbro, baik pengguna HDEo dan yg bukan mohon santai sejenak…..lakukanlah hal2 sesuai kesukaan masing2, jangan saling ngotot dan memaksa paling benar….mending pake oli gardan wae yo gapopo….wkwkwkwkw…:D

18. John_Hendy - 19/08/2015

Iku gemuk ta oli??

19. joant - 19/08/2015

Klo ini tersesat beneran πŸ˜€

20. montor - 19/08/2015

bingung lihatnya.. tolol amat

21. denmaz - 19/08/2015

mungkin dia pengen berekperimen..
yang sabar ya boss… :mrgreen:

22. ki Salim - 19/08/2015

mungkin pake oli motor standar sudah terlalu dan sangat mainstrem buat dia…

23. winnymarch - 19/08/2015

coba2 nya nekat ya

24. IPY - 19/08/2015

Kadar sesatnya diatas murtad….mungkin bisa dikatakan kafir…..

25. malesin - 19/08/2015

Sekalian pake minyak goreng, sesat mah jangan tanggung, sikat blas!

26. Pam - 19/08/2015

Kurang sinau yang pnya motor

27. Kang Udin - 19/08/2015

Itu udah jadi Stempet oli nya…

# edian…

28. mr con - 19/08/2015

blm bisa bedain hdeo pcmo ma oli gardan aja kyaknya………?

29. pikolo - 19/08/2015

Malah kaya dicekokin gemuk/grease πŸ˜€

30. Besok Siang - 19/08/2015

orang kaya jadi buang uang lewat oli gear .. kapasitas oli mesin 800cc, oli gear 100ml sekitar 10rb .. 100Γ—8 = 80rb mantab

padahal super matic cuma 70 rb ..

31. sukmahandayani56 - 19/08/2015

kudu di peres sek..

32. creodonta - 20/08/2015

SAE berkisar diantara 15W-30 sampai 20W-50
Baru tau ada oli mesin 15W-30…

nganu - 20/08/2015

ane beritau, Yamalube Racing oil 15w30….

33. RizaNinja13 - 20/08/2015

Yg punya motor “GOBLOKnya” gx ketolongan πŸ˜€

34. adi - 20/08/2015

pake oli standar aja lah, murah dan gak bikin mesin bermasalah.

35. Lampor - 20/08/2015

Tuolol tenan sing duwe. Nganti ky di gemuki ngono jeroane.

36. creodonta - 20/08/2015

kronologisnya gimana ya? terus sumbernya dari mana? mbok yao di cantumin mas, minimal sumbernya aja, biar jelas

37. pzadhi - 20/08/2015

Ente ga usah bawa2 oli diesel beda lah sama oli gardan, ente cobain dulu oli diesel baru komentar, cobain aj ga berani tapi dah berani komentar..sama tololnya ente kaya yg pake oli gardan di atas..salam pfd

38. jetwan tumpaker - 20/08/2015

Maaf sebelumnya ya Mas Ari, ada beberapa point :
1. Kalimat “..mungkin inilah yang dimaksud sang pemilik motor, maunya beli oli diesel tetapi malah beli oli gardan mobil”, berarti masih kemungkinan kan? Mas Ari sudah nanya langsung ke orangnya, beneran dia mau pakai oli diesel tapi salah beli atau bener2 salah beli karena sebab lain? Atau ini hanya tebak2an Mas Ariyanto saja? Saya harap hati-hati Mas, tulisan panjenengan dibaca & dijadikan referensi buuaanyak orang lho, kalau tidak valid padahal sumber ada di depan mata, yaa . . . . . no comment dehh πŸ˜€
2. Tolong cek lagi di dokumen JASO J300, adakah disana spek oli mesin 15W-30? Atau cek botol-botol oli yang ada aja deh, ada ga yang SAE 15W-30? Sekali lagi ini menyangkut kredibilitas panjenengan, tiap hari megang motor tapi nyebut VG (Viscosity Grade-tingkat kekentalan) oli saja koq (maaf) salahnya kebangetan? Kecuali typo bisa dimaklumi ya Mas.
3. Di grup kami sudah sejak lama ada larangan keras menggunakan oli gardan, karena kami tahu akibatnya seperti itu. Sekedar info saja, oli gardan 75W-90 itu kekentalannya sama dengan oli mesin 10W-50, hanya bedanya dia tidak dirancang untuk mengcover panas pembakaran seperti di bagian mesin. Dan angka yang tinggi itu supaya memudahkan melihat bahwa itu oli gardan, sangat salah kalau menyebutnya jauh lebih kental dari oli mesin.
4. Karena tulisan panjenengan, pemilik motor dikata-katain yang ga enak, kalau orangnya baca artikel ini apa ga kecewa berat sama panjenengan Mas.
5. Saya ga yakin komentar saya ini bakalan ditanggapi, dibaca saja entah, hehe sekali lagi mohon maaf ya Mas Ari.

Terima kasih.

Kang ari - 20/08/2015

ya, dari sumber sudah bilang itu pemilik pakai oli gardan
untuk oli mesin 15w-30, monggo di cek oli yamalube racing.

Jetwan Tumpaker - 20/08/2015

Oia ada Yamalube Racing 15W-30, suwun infonya, maaf saya yang kuper πŸ˜€
Jadi memang sengaja pakai oli gardan ya, bukan pengen pakai oli diesel tapi salah beli oli gardan πŸ™‚

Salam Adnoc Image on 1DY-2012

39. Alki Rahmatullah - 20/08/2015
40. ramadhiharimurti - 20/08/2015

turut berduka cita..

41. mas john - 20/08/2015

ndagel……hahahaha

42. orong-orong - 20/08/2015
43. Roy (Sempak Operpret) - 20/08/2015

kayaknya ybs lg ngetest kek pengguna yang mulia olie diesel. tapi ternyata oli gardan bikin gemuk…

pengguna olie diesel kok sensitif ya? atau mau coba kebut2an ama bebek 2 tak oli samping 33rb?

o_O

malesin - 20/08/2015

Hahaa, iya nih, disentil dikit pada merengek tu para yg mulia..

44. ardiantoyugo - 20/08/2015

Mungkin dia sedang riset… Wkwwk…

Kopdar bareng komentator kawakan: http://wp.me/p1eQhG-1jY

45. malesin - 20/08/2015

Warungnya kobongan, hahaha.. Awas loh bang ari, ntar ditimpukin oli diesel bekas. Eh, tapi lumayan tuh oli bekas, kali masih bisa dipake 200000 km lagi.

46. Sing Indo - 20/08/2015
Suromenggolo - 28/12/2018

Yang jual oli gardan yang harus tanggungjawab nih..

47. DmNc - 20/08/2015

mau bereksperimen daaaaann gagal :D. pake Enduro matic aja enak kok dan murah hehe

48. nganu - 21/08/2015

tipikal blogger tukang twist. disambung-sambungin aja. wekawekaweka…. :p

49. Rizal Iman F - 28/02/2016

Saya jga ikut tersesat nih. Klo pake mco enaknya cman sampe 1500km,pke hdeo udh 2200 lebih masih enak wae gak tau knp. Semoga dampak jangka panjangnya positif buat mesin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: