jump to navigation

Lebih Pintar, Speedometer New Vixion Advance Bisa Tampilkan Kode Kerusakan Motor 17/06/2015

Posted by ARIPITSTOP in YAMAHA.
trackback

SPEEDOMETER VIXION

Speedometer New Vixion Advance (NVA) memang sekilas hanya berbeda tampilan garis angka RPM meter saja dibandingkan NVL tapi sebenarnya ada satu perbedaan yang sangat fungsional buat owner NVA. Jika selama ini untuk motor injeksi yamaha jika ada kerusakan yang berhubungan dengan kelistrikan terutama bagian injeksi maka lampu MIL akan berkedip dengan jumlah kedipan yang berbeda untuk menentukan kode kerusakan tapi kini di NVA sudah tidak perlu lagi menghitung jumlah kedipan lampu MIL, kok bisa ? yup di speedometer NVA kini sudah menampilkan angka kode kerusakan yang memudahkan kita.

Contohnya jika motor mengalami kerusakan atau konslet di salah satu komponen misalnya thermosensor maka di speedometer akan muncul kode kerusakan angka ”21” yang artinya ada kerusakan yang berhubungan dengan thermosensor misalnya soket lepas atau konslet atau thermosensor rusak. Misalnya aki soak karena kiprok bermasalah maka akan muncul kode ”46” karena pengisian ke aki tidak normal.

Berikut saya praktekkan langsung, ketika thermosensor normal maka speedometer tidak akan muncul kode kerusakan.

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (6)

Soket thermosensor saya lepas maka pembacaan suhu di ECU tidak normal,

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (4)

Setelah motor jalan atau kunci kontak di ON kan maka speedometer akan muncul kode ”21” yang artinya motor ada masalah di thermosensor alias pembacaan suhu tidak normal.

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (5)

Satu lagi saya contohkan yang sering terjadi terutama buat yang suka modifikasi ganti bodi dll, atau yang lebh sering ganti spakbor belakang yang runcing biasanya lean angle sensor akan ditaruh sembarangan yang berakibat motor brebet, sering mati sendiri atau malah mogok.

Berikut ketika Lean angle sensor posisi normal.

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (1)

Setelah saya miringkan atau akibat jatuh.

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (2)

Maka akan muncul kode ”30” di speedometer, tapi kalau untuk motor jatuh atau ambruk maka kode kerusakan akan segera hilang sendiri setelah motor kembali berdiri tegak.

KODE KERUSAKAN SPEEDOMETER NEW VIXION ADVANCE (3)

Nach sudah jelaskan, jadi nggak perlu melihat lampu MIL kedip2 karena motor sudah langsung menampilkan kode kerusakannya. Berikut kode2 kerusakan yang terbaca oleh speedometer New Vixion Advance.

KODE KERUSAKAN VIXION

Komentar»

1. inibudi - 17/06/2015

Canggih

2. Vixioners - 17/06/2015

Kalau indikator lampu jauh dan lampu sein hidup terus kenapa kang ?

Kang ari - 17/06/2015

Ada yang konslet tuch di koneksi kabel di belakang lampu depan, atau saklar kiri bermasalah

Wenda - 10/09/2015

Kabel yang mananya om mtor sya juga kya gtu om pas d hidupin kuncinya,indikator sein dan lampu jauh menyala,tapi kalu d coba lagi lampu indikato rnya mati

Yus - 22/09/2015

Saya juga gitu, mohon masukannya,..

Richo prasetiyo - 06/04/2016

Punya saya juga gitu

3. johnny - 17/06/2015

kereeen..

4. ardiantoyugo - 17/06/2015

besok nyoba diutek utek ah… wkwkwkwk…

GIA siap hadirkan A350 XWB: http://wp.me/p1eQhG-1fL

5. Kobayogas - 17/06/2015
6. macantua.com - 17/06/2015
7. Adhe145 - 17/06/2015

Lumayan advance speedometer NVA drpd NVL.

8. ateng - 17/06/2015

la kalo kerusakan lebih dari satu gimana kang?

Kang ari - 17/06/2015

muncul bergantian

9. sugiwo - 17/06/2015

betul betul advance.

10. sugiwo - 17/06/2015

kodenya itu sudah ditempel di motor apa gak kang?

Kang ari - 17/06/2015

di motor hanya angka saja

11. Bonsai Biker - 17/06/2015
12. RF - 17/06/2015

Mantap, fitur yang sangat membantu ini.
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic Gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

13. black vixi - 17/06/2015

mantap lek koyo alat berat wae, langsung muncul error e

14. zack_aryaRED - 17/06/2015

mantap nih infonya…

15. reza kurniawan - 17/06/2015

Yg punya sincan sakit ati om

16. Nama Ku Buday - 17/06/2015

Ribet banget nih era injeksi

17. xn - 17/06/2015

keren.. ga ribet

18. joky - 17/06/2015

diskriminasi for nvl

Kang ari - 17/06/2015

kalau saya pribadi sich bukan diskriminasi tapi ini langkah perbaikan dari versi sebelumnya.
seperti halnya motor karbu pindah ke injeksi, teknologi nggak akan mandek

19. MT21 - 17/06/2015

motor canggih…ora koyo cebong kudu nunggu di linggis disek

20. 4nd1 - 17/06/2015

Sebetulnya ada juga kode “99”, Kang ……

4nd1 - 17/06/2015

“9ak 9anteng” ………..

🙂

21. Noyaaa - 17/06/2015

Mx king bisa gk kang?

22. Ponari sweet - 17/06/2015

Disinyalir untuk kedepannya fitur ini akan diupdate menjadi lebih informatif lagi dengan petunjuk text bukan hanya angka.
Jika terjadi malfunction akan ada keterangan langsung error thermostat sensor, error LAS, dll.

23. curut celeng - 17/06/2015

kang ari kode itu berlaku di nvl ga?
mohon pencerahannya…

Kang ari - 17/06/2015

sama di NVL dan motor injeksi yamaha yang lain

24. alwi - 17/06/2015

kang itu untuk vixion tahun brp ya??

25. ardian - 17/06/2015

Sesuai dgn namanya …advance…

26. ardian - 17/06/2015

Sesuai dgn namanya …advance…gk cuma desain tp teknologinya ikut update…

27. Jonathan - 17/06/2015

MX King sama juga kang speedometernya?

Kang ari - 18/06/2015

beda

28. vaisal - 18/06/2015

kang ari mau tanya, diluar topik ni, sy punya vixion old, sudah ganti aki, tetapi jarum rpm masih naik turun apabila pemakaian listrik seperti lampu depan dan sein dihidupkan. masalahnya dmn ya?

Kang ari - 18/06/2015

Yang lebih sering di kiprok
Kedua dari sekring ganti satu set
Ketiga dari spull
Terus bohlam lebih besar dari 35w

Ngurah Yuda - 15/04/2016

Mungkin bisa membantu,,,tambahkan atau jumper kabel warna hitam ke bodi motor atau langsung ke negatif aki.

29. orong-orong - 18/06/2015
30. Mahfuzin - 18/06/2015

apakah bz d psg di nvl

31. Cross Fuera Holic - 19/06/2015

canggih tenan. jadi konsumen gak perlu beli diagnositc tool atau hitung lampu kedipan pada speedometer nih. Asal punya tabel kode kerusakan.

32. Black MX - 19/06/2015

wow bener-bener hi-tech…sesuai namanya new vixion advance 😎

33. rizal - 29/07/2015

klo sppedomoter dan trip 1, trip 2 dan odo mternya udah gak bergerak lg,, apa yah kerusaknnya,,, vxion NVA

34. prass - 08/08/2015

thanks bgt Yaaaaaaaaaaaa, sangat membantu

35. tezar - 14/08/2015

tadi spedoku 415 trus sekarang kok jadi 2.9 iti gimana ya

Kang ari - 14/08/2015

Lihat apakah itu speedometer atau trip meter, jangan sampai salah baca

36. salesalmitokofurniture - 05/09/2015

NYAMAN BANGET NAIK VIXION ADVANCE.. 🙂

37. gunawan - 10/09/2015

gk salah pilih advance

38. itiem - 16/09/2015

Kang..saya baru beli NVA..tapi kok transmisinya (gigi 1-5) gak muncul kang..cuma N aja yang tampil. Mohon penjelasan

Kang ari - 16/09/2015

klaim saja ke bengkel mungkin ada masalah dengan switch netralnya

39. Hanif - 16/02/2016

makasih mas, saya baru tau


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: