jump to navigation

Plat Nomor Dimodifikasi ? Lihat Denda dan Hukuman Kurungannya 28/05/2015

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
trackback

Plat Ngawur B 1 61NTA B

Mau modifikasi plat nomor ? apalagi bikin plat nomor palsu agar jadi nomor cantik ? pikir2 ulang apalagi saat ini pihak kepolisian sedang gencar melakukan operasi patuh jaya. Memang sich kita sering tergoda dengan godaan nomor plat cantik, tapi kalau tidak resmi ya wassalam dech kalau kena operasi.

Modifikasi plat nomor bisa terdiri dari :

  1. pembuatan plat nomor bukan di samsat meski nomornya sama, jika rusak maka pembuatan ulang di samsat.
  2. plat nomor tidak dipasang diposisi yang sebenarnya dan kurang jelas terlihat.
  3. memakai plat nomor tidak sesuai semestinya di seperti dirubah nomor yang seharusnya.
  4. warna plat nomor tidak sesuai peruntukannya, seperti plat hitam untuk kendaraan pribadi.
Undang Undang Negara Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan seperti tertuang pada Pasal 280 berbunyi:
“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan kurungan 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000 (Lima ratus ribu rupiah)”.
Sumber : TMC polda

Komentar»

1. hamurirsa000017760000 - 28/05/2015

ada juga yg dimodif tanpa plat nomer ….aman2 aja tuh …. 😀

2. tomcat - 28/05/2015

flat no baru jadinya lama lo,makanya banyak yg bikin difinggir jalan…ini siafa yg hrs bertanggung jawab?folisi jgn menutuf mata…tingkatkan felayanan..

3. ardiantoyugo - 28/05/2015

banyak banget nih yang dimodip modip…

Honda Sonic 150 bisakah memberikan kejutan: http://wp.me/p1eQhG-1cz

4. Anggara - 28/05/2015

umur mtr udh hampir 4bln,tp plat no tak kunjung dtg..!!,jd nasibnya gmna nih??

5. Mila Wulandari - 28/05/2015

jangankan buat memodif, mobilpun saya belum punya,,ekekekkeke..semoga secepatnya punya mobil n ber plat resmi kepolisian dan untuk mengurusnya cepat ga pake lama, aamiin 😀

6. AquariuZ Aquaristik - 28/05/2015

Tambahan aja Kang ari, nih di surabaya samsat kehabisan kertas STNK, itu gmn dong? Jangankan Plat nomer, STNK saja “kami” kehabisan….

bobbyykzir.blogspot.com - 28/05/2015

Tenang om..taun kemarin pas ane gnti plat n stnk baru jga gak ada bahannya..mlah di belakang bukti byar pajak wktu itu dstempel ‘plat dalam proses’ ‘stnk dalam proses’ ada ttd pak polisnya..staun dpake kemana2 n dperiksa ma pak polis dmna2 y gpp omm(msih pke plat lama yg dah mati)..akirnya baru mei ini pas bayar pajak dkasih stnk n plat baru..lgsung pasang deh

7. muhammadalqaaf - 28/05/2015
8. RG - 28/05/2015

Q pake plat nomor yg bukan dri samsat, knapa ane pake yg variasi, soal nya bahannya lbh kuat dan angka lebih jelas, dri samsat tipis, kna angin langsung bengkok waktu ane pulang kampung, di paksakan pake skrng bagian baut nya kna bengkok udah retak dan berlobang, ke samsat nunggu waktu nya itu loh yg ane ga tahan

9. anderes - 28/05/2015

Gimana kalo cuma merapikan plat nomor dari samsat yg cetakannya gak jelas dan catnya belepotan, apakah bakal kena sanksi juga?? misalnya dicat ulang dan diberi stiker biar jelas..mohon infonya..

Alfrino Black - 28/05/2015

di tempat ane kena bro….

bikers - 28/05/2015

Kalau dicat ulang biar angkanya terlihat rapih ngga apa , polisinya juga maklum, wong kwalitas cat samsat belepetan je. Harusnya polisinya malah terima kasih sama pemilik yang sdh merapihkan cat plat nomornya krn jadi terlihat jelas, aku pernah kok berdebat sama polisi spt itu dan polisi akhirnya mengerti dan paham, malah kita sebenarnya bisa menuntut kwalitas cat yang baik pada plat nomor dari samsat, wong kita sdh bayar kok mosok dikasih cat belepetan nerima saja.
Ajak debat aja polantasnya bro, asal sampean benar dan lengkap perlengkapan kendaraan juga surat2nya, intinya kita jangan jadi penakut, berani karena kita sudah benar dan kita bayar pajak kendaraan juga bayar adm biaya kaleng plat nomor, jadi kita juga mempunyai hak dalam menuntut kwalitas cat plat nomor yang rapih, tidak belepetan spt kebanyakan dari samsat. Polisi juga akan segan kalau kita punya argumen hukum dan logika, asal sampean jgn sambil marah2 aja, yang ada malah bikin sewot polisinya hehe.
Yang ngga boleh itu merubah letak spasi angka dan nomornya.

Fauzian Rizqi - 17/06/2015

kalo cuma ngerapihin tanpa merubah susunan dan/atau ukuran sih gamasalah…

yang kena kalo huruf-huruf ditipisin, atau digeser-geser… kalo cuma cat ulang (mau hitam glossy atau doff) gamasalah

10. Jonathan - 28/05/2015

Pake duit semua bisa kang

11. antok - 28/05/2015

Gak bakalan ditilang coy. Wong yang punya mobil orang2 kaya. Polisi gak bakalan berani sama orang kaya,kalah sama duilt coyyy.

12. bikers - 28/05/2015

Kalau plat bawaan dari samsat dicat ulang biar angkanya terlihat rapih ngga apa , polisinya juga maklum, wong kwalitas cat samsat belepetan je.
Yang ngga boleh itu merubah letak spasi angka dan nomor juga merubah bentuk angkanya.

13. chihuahua - 28/05/2015

hmmm itu sih berlaku tuk rkyt kecil, klo sekelas syahrinie polkis diem , kata mr. crab : uang uang uang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: