jump to navigation

Bahaya Ganti Oli Palsu, Begini Jadinya 11/03/2015

Posted by ARIPITSTOP in BENGKEL.
trackback

image

Setiap biker pasti ingin merawat motornya dengan maksimal terutama untuk penggantian oli mesin, bahkan tidak jarang ada biker yang ganti oli mesin setiap sebulan sekali meski motor jarang dipakai ada juga yang ganti oli mesin setiap 1.000 km padahal dari pabrikan menganjurkan ganti oli maksimal sampai 3.000 km.
Semua pasti ingin yang terbaik buat motor kita, tapi apa jadinya ketika motor kita rusak gara2 kita maksud hati beli oli asli atau oli yang bagus bahkan harganya mahal tapi yang kita dapatkan ternyata oli palsu… rasanya pasti gondhok nggak karuan. Seperti yang terjadi pada salah satu konsumen ini.
Sebenarnya artikel ini sudah saya buat 4 hari yang lalu sengaja saya publish telat agar mengetahui lebih yakin kalau motor ini benar2 rusak karena konsumsi oli palsu. Cerita awal dari Konsumen, dia ganti oli mesin di bengkel (bilang saja oknum bengkel biasa) oknum karena kelakuannnya yang cari untung gedhe tapi merugikan Konsumen. Konsumen ini ganti oli mesin yang harganya 40ribuan saya tidak akan menyebutkan merk, setelah ganti oli mesin motor lalu dibawa riding jaraknya PP sekitar 90km, selama diperjalanan tidak merasa ada yang aneh2 tapi pada saat sampai dirumah motor seperti ada bunyi aneh, suara mesin agak nglitik, Pikiran dia karena habis jalan jauh mungkin jadi ngelitik lanjut motor diam sampai pagi, ketika saat dinyalakan pertama kali suara nglitik masih ada tapi dia tetap berfikiran normal saja mungkin karena habis ganti oli mesin tapi setelah dibawa jarak jauh lagi sore harinya sampai rumah suara ngelitik semakin kencang alhasil dia curiga kalau ada yang aneh di motornya.

image

Dibawalah motor ke bengkel resmi, estimasi awal mekanik ini bunyi klep yang longgar, akhirnya Kerenggangan klep disetel ulang dan memang benar klep agak longgar tapi setelah motor dihidupkan ternyata suara ngelitik masih kenceng. Kemudian mekanik minta ijin ke konsumen untuk bongkar mesinnya karena diduga sumber suara dari piston, Oiya…. Ini Motor matic. Dibongkarlah Cylinder dan piston, terkejut ketika melihat piston dan Cylinder sudah baret parah.
Dari piston dan cylinder baret parah inilah mekanik sempat bingung kok bisa padahal jalur oli mesin normal. Mendengar cerita konsumen itulah disimpulkan kalau motor ini telah diisi oli mesin palsu. Akhirnya motor ganti piston assy dan Cylinder habis sekitar 900ribuan.

image

Baru tadi pagi atau sekitar 3 hari dari motor selesai dikerjakan ternyata motor normal lagi tanpa ada kendala, makanya bisa saya pastikan kalau kemarin dia beli oli mesin palsu padahal merk oli ternama. Disinilah oknum2 yang sangat merugikan konsumen dengan menjual oli palsu atau oli daur ulang. Pastikan kita beli oli langsung dari agennya misalkan di SPBU, dealer resmi atau bengkel /toko sparepart yang ramai dikunjungi konsumen. Next kita bahas cara bedakan oli palsu dari bungkus /botolnya.

Komentar»

1. ompungnikotuk - 11/03/2015

wow….

macantua - 11/03/2015
2. gasspoll - 11/03/2015

mantap deh dari 40 ribu jadi 900rb

3. sketch51wanto - 11/03/2015

dulu pernah ada kergiatan Servis Gratis kampus, ada temen lagi error ngisi oli motor orang pke oli bekas 😀 😀 😀

4. agoey - 11/03/2015

wew… langsung kempes dah dompet… sambil mewek2..

Posisi Suzuki Gixxer SLK Jika Masuk Indonesia…

http://agoey.com/2015/03/11/posisi-suzuki-gixxer-dan-gixxer-slk-jika-masuk-pasar-indonesia/

5. sakura-324 - 11/03/2015

wuih seyem…

6. wongso pawiro - 11/03/2015

dulu pas belum tau kalau ada oli palsu pernah beberapa kali ganti oli di bengkel pinggir jalan dapet oli palsu…curiganya pas jalan pulang kerumah kok mesin panas banget ngga enak dinaikin,coba dicek olinya udah item kayak oli bekas…kalau beli oli dipinggir jalan bukan bengkel resmi ngga usah pilih merk yang bagus…soalnya yang dipalsu merk yang bagus dan yang laku…klo terpaksa beli dipinggir jalan langsung buka tutupnya trus cium,kalau baunya ada gosong2x udah pasti itu oli palsu…

kang ari - 20/07/2015

Sama bro, d’toko langganan dh lma stok hbis, udh muter2 cari gk ad, adnya cuma d’bengkel stu(krn mw d’pke lebaran terpaksa beli), harganya 5rb lbih murah pas pulang segel putih(d’bawah tutup) tk tarik dr samping mudah d’lepas (biasanya gk bisa d’lepas n harus d’coblos) setiap jalan lum nyampe 10km dh mulai berisik, krn toko2 msih tutup krn lebaran, terpaksa oli Q tap dikit trus tk ganti oli sisa punya kk(200ml, 😦 agk kntal sih walau dh semi sintetik) alhmdllh agk mendingan skarang

7. dorna - 11/03/2015

mending pake oli rekomendasi dealer aja dah….daripada niat ngirit eh malah jadi bonyok tuh isi dompet…..wkwkwkwk

8. s0erya - 11/03/2015

kok baretnya aneh masbro?

9. Mase - 11/03/2015

Ngeri rek

10. goldwings - 11/03/2015

Olinya merk ahm mpx 2 yo kang?

11. andhi2010 - 11/03/2015

ya itu, klep yang jadi alasan BERES hingga motor saya jebol laher noken as di km 12.000.
Padahal bermasalah sejak km awal.

12. ardiantoyugo - 11/03/2015
13. Alki Rahmatullah - 11/03/2015
14. Rollerman - 11/03/2015

bro kasih inisial merk oli ja. ya biar yg lain bs waspada.. tp kl oli buatan pabrikan motor ya tulis ja oli buatan pabrikan.. biar semua yg biasa pk oli pabrikan bs waspada

15. Lampor - 11/03/2015

Ndadak ra disebutke merk oline barang ki ngopo? Mbok disebutke, ben jelas ngono lho. Dadi liane iso hati2 nek tuku oli, payah… Bengkele sing dodol yo ning ndi dijembreng wae ning kene, ben elek jenenge ben bangkrut sisan.

16. iimvixby - 11/03/2015
17. Kobayogas - 12/03/2015
18. Fari.Fairis-NJMX - 12/03/2015

“Next kita bahas cara bedakan oli palsu dari bungkus /botolnya.”
ditunggu, kang… 🙂

19. Black MX - 13/03/2015

wow baret parah tuh…apa mungkin tuh oli palsu bercampur pasir dan kotoran-kotoran lainnya?
lain kali lebih baik beli oli di tempat resmi deh bro daripada mesin ancur kayak gitu…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: