jump to navigation

V-Belt Kok Bisa Putus Dedel-duwel Seperti Ini… Sadis…! 06/03/2015

Posted by ARIPITSTOP in BENGKEL.
Tags:
trackback

V BELT PUTUS (3)

Perawatan motor matic tidak seperti motor moped atau sport karena motor matic butuh perhatian khusus dibagian CVT, motor matic memakai V-Belt sebagai penerus tenaga ke roda yang harus sering dicek karena tingkat keausan V-Belt tergantung dari perawatan dan cara pemakaian alias gaya berkendara kita, kalau kita sering bejek gas sering berakslerasi dengan cepat maka tingkat keausan V-Belt akan lebih cepat pula.

Selain servis ringan yang biasa kita lakukan setiap dua bulan atau 3ribu km sekali dan untuk motor injeksi sekarang mesti service injeksi setiap 10ribu km sekali ada baiknya cek kondisi bagian CVT setiap 6 bulan sekali atau setiap 10ribu km sekali. Penggantian V-Belt memang dianjurkan maksimal sampai 25ribu km saja namun sparepart lainnya seperti roller dan greas (pelumas) tetap harus dicek secara berkala karena roller bagian part didalam CVT yang paling mudah aus. Jangan sampai roller sudah hancur baru diganti baru ( seperti digambar bawah ini) kalau roller sampai hancur maka sparepart lain juga akan mudah mengalami keausan terutama V-Belt yang kerjanya jadi lebih berat.

ROLLER

 

Selain mengetahui kondisi roller dan v-belt, service cvt secara rutin untuk mengetahui kondisi seal2 yang sudah bocor karena kalau seal bocor maka grease atau pelumas akan keluar dan bisa bikin selip v-belt dan tenaga pun loyo dan part yang seharusnya dilumasi grease bisa aus karena pelumasnya berkurang dan habis karena bocor. Lhat penampakan part yang sealnya bocor, grease pada keluar.

Ini pully belakang

V BELT PUTUS (4)

Ini pully depan

V BELT PUTUS (1)

Jadi servce rutin CVT setiap 6 bulan sekali untuk mengecek kondisi part2 cvt, pemakaian V-Belt maksimal 25ribu km, ingat…!!! maksimal pemakaian 25 ribu km jadi di kilometer 20ribu juga bisa sudah harus ganti v-belt karena tergantung cara pemakaian.

V BELT PUTUS (5) V BELT PUTUS (3) V BELT PUTUS (2)

Komentar»

1. gun - 06/03/2015

pertama ya ?

gun - 06/03/2015

owh gt ya..

enoanderson - 06/03/2015

syerem ngeliatnya 😦

Adu Drag KTM Duke vs Yamaha RX115, 2-Tak in da house yooo !

http://enoanderson.com/2015/03/06/wth-ktm-duke-200-vs-yamaha-rx-115-this-is-2-stroke-power-bro/

2. Kobayogas - 06/03/2015

gila gimana ngerawatnya sih itu, banyak duit kali
————–
ini dia taktik yamaha
http://kobayogas.com/2015/03/05/produk-skutik-baru-yamaha-positioning-harga-memaksa-produk-kompetitor-terlihat-overpriced/

3. malesin - 06/03/2015

Kemungkinan ibu-ibu atau cewek ini

4. wongso pawiro - 06/03/2015

ajur mumur lek…

5. Adhe145 - 06/03/2015

Waduh, sampe berantakan. Ni yg punya cuma bisa numpak or bawa doang ky’y, semoga nti’y yg punya motor lebih baik lg dalam merawat motor.

Sip lah info’y, peringatan buat yg punya motor supaya dirawat baik2.

6. don juan - 06/03/2015

v belt mio smuli 2009 ku ganti di 38rb km untuk pemakaian 4 tahun, itu pun waktu ganti hanya ada retak sedikit.. cuma ganti v belt saja seharga 75rb sampai km 55rb lebih atau tepatnya 5thn masih bagus saja rolernya, blm ada gejala getar2,

7. ardiantoyugo - 06/03/2015
8. Yudakusuma - 06/03/2015

kereeeeeeeeeenn….

==========
ini dia Suzuki Jimny versi tampilan retro fashion, compact begini kayaknya cocok masuk indonesia 🙂
http://yudakusuma.com/2015/03/06/suzuki-im-4-konsep-mini-suv-suzuki-jimny-dengan-desain-yang-lebih-anak-muda/

9. tinoachza46 - 06/03/2015
10. balimotorider - 06/03/2015

waaah……sampe kyk ngunu laper tenan kuwi roller’e
http://balimotorider.com/2015/03/06/perkembangan-teknologi-wearpack-moto-gp/

11. Tjut njak dien - 06/03/2015

ProthoL ambyar

12. iimvixby - 06/03/2015
13. SANSINNO.COM - 06/03/2015
14. orong-orong - 06/03/2015
15. andhi2010 - 06/03/2015

Kebanyakan pemeliharaan CVT diabaikan.
Setelah rusak koar2 deh klo motornya jelek.

16. farifairis - 06/03/2015

ronnnntoookkkkkkk…

17. nano - 06/03/2015

kang ari,harga pully belakang dan depan SOUL GT berapa duit?

18. gue_ganteng - 31/07/2015

oonda cupi v-belt rontok

19. RIDERSOUL - 25/03/2016

Pernah ngalamin dulu kang di mio smile saya, vbelt haancur lebur kayak gitu padahal baru 2 minggu pemakaian, salah saya juga sih make vbelt bukan dri yamaha. semenjak tu saya kapok make yg non genuinpart yamaha


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: