jump to navigation

Motor Mio Ini Memang Membuat Saya Pusing, Pengen Tak Lempar ke Laut 28/08/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

AS RODA MIO (6)

Pintu bengkel dibuka terlihat ada konsumen yang bawa roda belakang mio, dalam benak saya ini konsumen mau pasang roda saja. Yo wes…konsumen daftar sambil mengeluarkan unek2nya.

Motor mio-nya sebelumnya pakai tromol jari2 karena sudah bosen dan ban cacingnya sudah botak alhasil rodanya pengen dibalikin ke normal lagi alias pakai roda bawaan motor yang castwheel. Konsumen bilang kalau sebelumnya ganti ban di bengkel luar ( saya nggak nanya bengkel umum atau beres lainnya intinya habis dibongkar di bengkel lain ), saat ganti roda depan berjalan lancar namun saat mau melepas roda belakang ternyata rodanya susah dilepas darias roda belakang padahal Mur roda sudah dilepas. Bengkel tersebut mencoba membuka roda dengan digetok2 agar roda bisa terlepas, mungkin karena sudah frustasi roda tidak mau lepas akhirnya as roda juga ikut digetok2…nach disinilah timbul akar masalahnya, as roda digetok sampai penyok bahkan ulir as roda sampai rusak. Kalau sudah begini bukannya roda bisa lepas tapi malah tidak bisa dilepas karena as roda kondisi mekar dan malah menjepit tromol akhirnya tromol malah semakin menggigit as roda. Karena bengkel sudah nyerah dan konsumen sudah tidak sabar akhirnya motor dibawa pulang.

AS RODA MIO (1)

Keesokan harinya datanglah ke bengkel tempat saya kerja dan bercerita itu, asem tenan…saya dapat sialnya doang. Lihat gambar diatas as roda malah mekar, sebenarnya saat kondisi roda belakang susah dilepas memang banyak yang dengan cara as roda di getok2 agar dengan getaran maka kotoran di celah as roda dan tromol bisa rontok dan roda bisa terlepas namun…! dengan catatan mur as roda tetap terpasang agar kondisi ulir dan as roda tidak rusak tapi yang rusak hanya mur as rodanya saja. Kalau sudah seperti ini malah bikin pusing karena mau tidak mau harus ganti as roda, dan harus melepasnya dulu.

Baru kali ini saya selama jadi mekanik dipusingkan dengan melepas roda belakang mio, saya sering mendapatkan kondisi seperti ini tapi langkah2nya harus tepat jangan asal main buka dan getok saja. Jika terpaksa harus getok as roda maka mur as roda harus terpasang agar as roda tidak rusak. Kalau masih tidak bisa dilepas maka bisa dilepas pakai treker ( alat penarik) kalau pakai treker masih tidak bisa maka mau tidak mau harus mengorbankan as roda alias harus ganti as roda baru. Melepasnya biasanya saya bor itu as roda kira2 sampai kedalaman 3cm baru as roda digetok2 sebentar dan roda terlepas.

Namun kali ini memang lagi bernasib sial selama jadi mekanik sudah 10tahunan baru kali ini tidak bisa melepas roda belakang mio yang ngancing, pertama coba saya semprot dengan cairan pembersih karat di as rodanya kemudian coba saya lepas pakai treker ( lihat gambar dibawah) tapi usaha ini gagal.

AS RODA MIO (3)

Dengan cara halus tidak mau akhirnya saya bor as rodanya…ternyata tidak mau lepas juga, padahal ngerjain motor dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang tidak bisa terlepas juga karena sudah frustasi akhirnya opsi terakhir keluar dengan cara tromol digerinda ( lihat gambar dibawah ) tromol saya gerinda berbentuk kotak bertujuan untuk memisahkan tromol dengan dengan as roda. Bisa dilihat akhirnya tromol jadi segi empat seperti tahu.

AS RODA MIO (5)

langkah terakhir gerinda sisa tromol yang menempel di as roda,

AS RODA MIO (7)

Dan akhirnya as roda terlepas dengan kondisi terlihat jelas karat yang membuat roda susah dilepas…jian mumet tenan. akhirnya lanjut bongkar gear box untuk melepas dan ganti baru as roda belakang.

AS RODA MIO (4)

Komentar»

1. mas huda - 28/08/2014

engga diganti langsung as roda dan velgnya toh? he he

Kobayogas - 28/08/2014

muantap raimuuuu….
malah banyak biaya keluar ya jadinya, sakno
———
http://kobayogas.com/2014/08/27/aprilia-rs-125-dan-aprilia-rs250-video/

mas huda - 28/08/2014

Ha ha ha… waduh

monkeymotoblog - 28/08/2014

udah lempat aja mas, xixixi

Polling nama motor streetfighter 250 CC Yamaha By MMBlog
http://monkeymotoblog.com/2014/08/28/polling-streetfighter-yamaha-r25-untuk-indonesia-namanya-pakai-mt-fz-atau-fazer/

2. Petruk - 28/08/2014

karat serasa dilas…. ediaaaan treker ga mempan.

3. sijidewe - 28/08/2014

ban caciang

4. isal - 28/08/2014

Mumet tenan.. Ampe karatan bgitu. Ckckck..

5. Iyan Dm - 28/08/2014

Waduh.
dari jam 8 samai jam 2

6. gaplek mania - 28/08/2014

weleh..sabar om…

aripitstop - 28/08/2014

Iya om

7. Ruby - 28/08/2014

Kisah menarik, menjengkelkan tapi jadi pelajaran pembaca. salam

8. gosong - 28/08/2014

Napa gak dari awal as roda yang mekarnya di gerinda/potong ? Toh ujung2nya bakal tetap ganti as roda yang baru kan :p

aripitstop - 28/08/2014

pengennya kan cari cara yg gampang dulu…gerinda as roda lama banget je… motong tromol terus yg lama itu motong as rodanya.

9. 46sukses.com - 28/08/2014

Bwahhaha…mesakke tenan kang..kang…wes kang dari pada pusing balik sik ne bandungan,,,,,hihihihihi

aripitstop - 28/08/2014

karepku yo ngono…karokean wae

Catur - 28/08/2014

Meluuu karaokean ne…monalisa mas..xiixixi

10. Mas Sayur - 28/08/2014

bawa ke besi tua aja.. :mrgreen:

11. st3v4nt - 28/08/2014

Itu gara2 motornya atau semua motor bisa kayak gitu….as sampai karatan apa gak pernah di kasi pelumasan yak sama yg punya? Pasti kan roda belakang berisik banget tuh sebelum susah dicopot….

aripitstop - 28/08/2014

Roda blkng as-nya karatan tidak akan timbul bunyi hanya ketas saat dikeluarkan.
Semua mtr bisa seperti ini ntah matiic ymh honda suzuki dll terggantung kondisi lingkungan dan petawatan. Klo lingkungan sering berdebu ato pemakaian sering bnget ngerem maka kotoran di tromol akn menumpuk kkalau didiamkan terllalu lm timbul karat

12. anangcozz - 28/08/2014

Mumet tenan iku…

13. Maskur - 28/08/2014

aseeeeeeeeeeek
entuk bayaran ekstra noo

14. bikerlover250 - 28/08/2014

yang salah itu ridernya pasti keturunan alay wkwk
udah ga safety kalau ada masalah baru ke bengkel resmi
kelamaan ga pakai helm nh orang…

15. mydasign - 28/08/2014

alay memang bikin susah…..

16. FЭЯƔ - 28/08/2014
17. orong-orong - 28/08/2014
18. macantua - 28/08/2014
elnuno - 28/08/2014

Jadi mekanik emang butuh kesabaran ekstra tinggi, sayang ga jd dicemplungin kelaut xixixi….

macantua - 28/08/2014

padahal langsung aja gusur ke laut hahahaha

19. Fandy - 28/08/2014

Itu yg main getok sampek luwer kek gitu bengkel mana sih…..cerdas amat………wakakaka

20. Ngakanz - 28/08/2014
21. mul - 28/08/2014

pernah jg kyk gt ..pas melepas as roda blk suzuki spin…, tp ada cara di tetesin minyak rem ato minyak angin..lalu dibiarin 1 malam ( sambil ditetesin lagi )…,lalu ngelepasinnya lumayan mudah.

22. potretbikers - 28/08/2014
23. kingkong - 28/08/2014

mungkin bengkel sebelumnya ga tau kalo ada palu karet…. yg fungsinya untuk yg beginian

24. Abdul Hamid - 28/08/2014

Jasa bongkar ny brapa tu gan…

25. Bro Ndes 94 - 28/08/2014

Koyok gear belakangku seng uangel coplok tekan tromole wkwk

26. Yazky - 29/08/2014

paraaah men kang…

27. Awink - 29/08/2014

Di panasi {di bakar} pake las karbit kang as rodanya biar lpas karat2 yg melengket antara tromol dgan as roda trus di pkul2 pasti kluar krna aku jga biasa ngalamin,maf cma berbagi pengalaman.

28. hengky - 21/12/2014

mas, saya ma tanya..
kertas yg warnanya hijau pas kita buka cover cvt mio, itu apa ya namanya mas?

29. Blontank - 08/05/2015

Kalo misalnya mio di ganti pake as aftermarket yang lebih panjang resikonya apa om..

30. Abah Warma - 08/07/2015

3 hari yg lalu sy alami spt ini pd Suzuki matik mau ganti rem,krn 6 jam Blum terbuka maka sy suruh passing kembali tuk dibawa plg, mdh2an ktmu bengkel resmi suzuki

31. Acong - 13/09/2015

Harusnya ada grease atau stempet di gear as tersebut, atau saking lamanya jadi grease tersebut hilang?

32. bangkel pingiran - 27/09/2015

hahahahha,, klw ane ngatasin itu montor gampang?? gerinda aj itu as mpe bulet ,,pipihnya di hilangkan,,klw kek gtu udah ganti tromol bekang sma ganti as juga.. 2 kali biayanya..sama” ujung’nya jg ngerusak di rusak aj dulu asnya.. klw g bs baru di rusak teromolnya..

33. ekok - 02/11/2015

Parah di gerinda tuh trombol x_x

34. Petshop - 14/11/2015

Kalo saya dapat orderan kek gitu, mending saya tolak, buang buang waktu saja

35. badar pamungkas - 04/05/2017

kl nyopotin as roda nya gmana si bang?
ni gear box sama rasio dh turun seal plasstik nya juga dh copot tp as roda nya keras bgt.mohon info nya terima kasih banyak

36. badar pamungkas - 04/05/2017

mas cara nyopotin as roda nya gmana?
saya sudah bongkar rasio,sama seal yg di as roda ,tp as nya blum bisa kluar.apa ada spy lg di dkat laher nya?
mohon bantuan nya.terima kasih banyak

Kang ari - 04/05/2017

spy hanya satu di dekat laher dan seal, untuk melepas as roda harus melepas rodanya dulu, karena melapas as roda itu ditarik ke arah kiri motor, jadi mau tidak mau harus melepas roda belakang dulu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: