jump to navigation

Apa Itu DOHC dan SOHC ? Ada Empat Mekanisme Penggerak Klep 21/08/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags: ,
trackback

camshaft

Motor bisa jalan pasti karena ada mesinnya tanpa ada mesin maka kita harus genjot layaknya sepeda agar motor bisa jalan, betapa sangat terbantunya kita dengan adanya motor karena membantu memperingan kerja kita sehari hari. Mekanisme kerja motor ada dua jenis yaitu 2T dan 4T. Monggo dibaca akan saya bahas secara singkat saja ;

1. Mesin 2T.

Mesin 2 langkah hanya memerlukan satu kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan satu siklus kerja karena itu disebut ”Mesin 2 langkah” .

  • Piston bergerak keatas dan kebawah sehingga membuka lubang pemasukan dan lubang pembuangan dan transfer yang berada didalam cylinder.
  • Untuk menyelesaikan satu siklus diperlukan satu putaran poros engkol. dua kali gerakan piston, peristiwa ini diselesaikan diatas piston dan dibawah piston ( di ruang crankcase).

2. Mesin 4T.

Mesin 4 langkah memerlukan dua putaran poros engkol ( 4 gerakan piston) untuk menyelesaikan satu rangkaian kerja didalam cylinder,oleh karena itu disebut ”Mesin empat langkah”.

Untuk motor atau mesin 2 tak tidak membutuhkan batang klep karena didalam cylinder hanya ada piston yang berperan ganda untuk menghisap campuran bahan kemudian mengkompresikan campuran bahan bahan bakar tersebut kemudian dibakar oleh busi kemudian tenaga yang dihasilkan dari pembakaran disalurkan oleh piston ke crankshaft untuk diteruskan ke mesin, langkah terakhir sisa pembakaran akan dibuang oleh daya dorong dari piston…jadi piston jadi peran utama untuk mesin 2T.

Untuk mesin 2T dibutuhkan batang klep sebagai penyalur bahan bahar, terbuka dan menutup batang klep didorong oleh camshaft alias noken as. Sistem penggerak klep ada 4 macam yaitu ;

1. Tipe Side Valve.

side valve

Posisi klep berada disamping cylinder dengna posisi klep menghadap keatas. Camshaft terpasang di poros engkol alias crankshaft yang mendorong camshaft untuk menggerakkan klep. Karena posisi klep di samping piston maka kondisi cylinder lebih besar dari mesin 4T seperti saat ini.

2. Tipe Over Head Valve (OHV).

OHV

Hampir sama dengan tipe Side Valve perbedaannya posisi batang klep sudah berada diatas seperti motor2 saat ini namun posisi camshaft masih berada dibawah, batang klep digerakkan oleh noken as dengan penghubung batang penekan alias PushrodΒ kemudian pushrod mendorong rocker arm untuk menekan batang klep, sehingga konstruksinya lebih banyak dibandingkan tipe Side Valve.

3. Single Over Head Camshaft ( SOHC).

sohc

Untuk tipe SOHC ini adalah pengembangan dari sistem sebelumnya yaitu OHV diatas, untuk SOHC ini bukan pakai batang penekan lagi melainkan pushrod diganti dengan rantai alias rantai keteng untuk bahas wong ndesonya… Kinerja tipe SOHC berawal dari gerakan putaran crankshaft diteruskan oleh rantai keteng ( cam chain) untuk memutar sebuah camshaft agar rocker arm bergerak naik turun sehingga batang klep ikut bekerja membuka dan menutup didorong oleh per klep. Tipe SOHC tidak selamanya hanya memiliki dua klep saja namun ada juga yang dalam satu ruang bakar memakai 4 batang klep ( dua klep intake dan dua klep exhaust).

4. Tipe Double Over Head Camshaft ( DOHC ).

dohc

DOHC alias mempunyai dua camshaft, masing2 camshaft mempunyai kinerja masing yang pertama untuk menggerakkan batang klep intake dan yang satu untuk menggerakkan batang klep exhaust. Untuk tipe DOHC ini sudah tidak lagi memakai rocker arm karena noken as setelah diputar oleh rantai keteng langsung berputar menggerakkan batang klep sehingga tenaga yang dihasilkan juga lebih maksimal.

Untuk lebih jelas bagaimana cara kinerja masing2 tipe penggerak klep,monggo dilihat video berikut :

via hp klik disini.

Komentar»

1. kuclux - 21/08/2014

businya kok tdk dipasang, ntar olinya muncrat
(otak 1mg mode on)

Kobayogas - 22/08/2014

ini artikel jossss, walaupun saya kudu baca beberapa kali tapi ini mencerahkan, mantep lek. Kalau ada pict yang lebih lengkap sih yang awam bakal lebih paham, Saya sendiri harus scroll atas bawah untuk bedain push rod, rocker arm dan tanpa rocker arm. Tapi jadi tambah tau lah…

awalnya masih bingung dengan OHV dari dulu, dijelasin sama temen gak paham juga wkwkwk…, dengan gambar jadi tambah jelas deh, tyata OHV itu camnya ada dibawah ya…trus si katup digerakin pake batang lagi ke atas dari cam, jelas banyak part jadinya gak efisien.

Rocker arm, karena sohc cuma satu Cam, jd butuh pelatuk lagi buat gerakin in dan out klep ya… DOHC gak butuh karena klep in dan out sudah digerakkan oleh masing2 cam… nah pertanyaan berikutnya, ini DOHC murni atau banci? Sproketnya dua atau satu untuk gerakin dual cam?

Berakat klinik Aritongseng, saya sekarang makin paham, terima kasih
———–
http://kobayogas.com/2014/08/22/agar-lads-makin-tahu-alamat-episode-2/

2. enoanderson - 21/08/2014

Nah, Yang kayak gini kudunya dibanyakin lek. . . Newbie kek sayah biar bisa ikutan nyimak, hehehehee πŸ˜€

Nitip Njemur :
http://enoanderson.com/2014/08/21/spied-rear-grip-behel-honda-k59-alias-vario-150-anyar/

gismaliggan - 22/08/2014
3. kudo78dk - 21/08/2014
4. ipanase - 21/08/2014

menyimak suhu…

5. Dian - 21/08/2014

mantep infonya kang

6. ipanase - 21/08/2014

izin menyimak suhu…

aripitstop - 22/08/2014

jos

7. Satria langit - 22/08/2014

Bar moco,,

Matur nuwun

8. wong deso - 22/08/2014

trus kalo dua cylinder berarti bukan DOHC ya om? #purapurapinteraja

aripitstop - 22/08/2014

dua cylinder, tergantung dari tipe penggerak klepnya, tapi rata2 mtr dua cylinder memakai DOHC.
yang jadipatokan bukan cylinder tapi jumlah camshaftnya alias noken as-nya

9. macantua - 22/08/2014

Biar ga jd dohc : dua cyl, sohc satu cyl hahahaha

10. majorfebrian - 22/08/2014

pasti efek DOHC yg dua silinder ya,, jadi dijelasin πŸ˜€

11. dacosta - 22/08/2014

… … … … … … …….. .β€žβ€“~β€“β€žβ€¦β€¦β€¦β€¦ ..
. … … … … … … ……./:.:. :.:.:.|.. ……… …
. … … … … … … ……|;.;.; .;.;.;/.. ……… …
. … … … ._β€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€¦ );.;.;.;.;.| ……… ……
. … … β€ž-”:.:.:.:.:. :.”~-β€ž;.;.;.;| ……… ……..
. … .. (_β€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€”β€žβ€ž_:.:. );.;.;..β€β€žβ€¦β€¦β€¦β€¦
. … β€ž-”:.:.:.:.:. :.:.:””-β€ž/;.;.;.; .;.β€β€žβ€¦β€¦.. …..
. .. (:.___β€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€ž___);.;.;.;. ;.;.;.|.. ……
. .. /””:.:.:.:.: .:.:.:¯””\ ;.;.;.;.; .;.β€žβ€β€¦β€¦. ……
. . \:.__β€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€ž__/;;;;;;;;; ;;/\…..
. .. \.:.:.:.:.:. :.:.:.:.: .);;;;;;; ;;;/:::\. ……… …
. … . \β€žβ€žβ€žβ€žβ€”~~~;;;;;; ;;;;;;;β€žβ€::::::: \…..
. … … . β€œβ€β€~~β€“β€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€žβ€ž-”:::::::::: ::\
. … … … … … \::::::::::: ::::::::: :::::\… …..
╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β• β•—β•”β•£β•‘β•‘β•‘β•‘
║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
β•šβ•©β•©β•©β•©β•©β•©β•β•šβ•β•šβ•©β•©β•
lanjutkan kang Ipan

dacosta - 22/08/2014

maap keceplosan, Kang ARI nding

12. ahacorp - 22/08/2014

ijin share bang di room fbku

13. java36 - 22/08/2014

Cbr250 dohc tapi make rocker arm om. Oh iya berarti 2t gak ada klep kaya 4t? Yg buka tutup berarti pistonnya?

Kobayogas - 22/08/2014

nah ini, gimana tuh Dual Cam tapi masih pake rocker arm, buat apa ya?
——–
http://kobayogas.com/2014/08/22/agar-lads-makin-tahu-alamat-episode-2/

java36 - 22/08/2014

Tanya sesembahanmu mas, ngoahahaa

Kobayogas - 22/08/2014

siapa? siapa? πŸ˜€

java36 - 22/08/2014

Honhon haha

Kobayogas - 22/08/2014

Bah kirain MV Agusta πŸ˜‚

java36 - 22/08/2014

Wew pindah aliran kitu πŸ˜€

14. mbladeush - 22/08/2014

ada juga yg pake 5 klep πŸ˜€

—————–

impressi Viar CrossX 200

http://www.bladeus.wordpress.com/2014/08/22/first-ride-viar-trail-crossx-200/

15. agoey - 22/08/2014

meluruskan CB150R DOHC 2 silinder ya kang..? mantep dah.. biar gak salah kaprah…

16. Archi - 22/08/2014

Kang, apa salah kalo motor ada rocker armny?

17. jetwan tumpaker - 22/08/2014

mesin 4T itu kang, tulisane masih 2T..

18. stefanus - 22/08/2014

sip
joss
nambah ilmu nih

19. orong-orong - 22/08/2014
20. waiting - 22/08/2014

nice info gan, lengkap bgt mantap.

21. bikerlover250 - 22/08/2014

mewakili anak geng motor! silinder itu yang mana kang?

aripitstop - 22/08/2014

tahu sumedang

22. mendoan - 26/08/2015

Jadi motor Harley itu sistem OHV ya mas? soalenya ada batang “push rod” disamping


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: