jump to navigation

Salah Kaprah Radiator Motor diisi Air Murni, Mesin Jadi Over Heat 23/07/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

AIR RADIATOR (2)

Motor yang memakai pendingin radiator disarankan untk mengganti air radiator maksimal setiap 10ribu km. Saat kita ganti air radiator pasti volume air radiatornya tidak berkurang jika motornya tidak ada masalah.coolant

Semua pabrikan motor rata2 menyediakan sparepart asli air radiator khusus untuk setiap motor yang diproduksinya tapi apakah boleh memakai air radiator merk lain selain dari pabrikan ? boleh kok asal air radiator tersebut memenuhi spesifikasi seperti yang dikeluarkan oleh pabrikan, lalu bagaimana kalau diisi air murni/air biasa ?

YAMACOOLANT

Sifat air murni akan mendidih saat suhu mencapai 100”Celcius, air akan mendidih dan menguap karena mudah menguap maka air akan cepat habis bahkan pendinginan tidak maksimal akhirnya mesin cepat panas. Bukan hanya proses pendinginan yang tidak maksimal tapi karena air tidak memiliki bahan anti karat maka air bisa menyebabkan karat didalam air radiator apalagi kalau airnya tidak bersih pasti akan menghasilkan endapan di dalam radiator yang berujung bisa menyumbat laju air saat berputar.

Seperti pada motor vixion yang satu, sang owner mengisikan air mineral/minum kedalam radiator saat menguras air radiator hasilnya air cepat habis, lampu indikator suhu sering nyala saat kondisi motor sudah panas. Bahkan kipas bisa macet karena kipas bekerja  berputar terus efek dari air yang cepat mendidih dan volume air semakin berkurang. Lihat gambar dibawah ini, air radiator habis.

AIR RADIATOR (3)

Intinya jangan mengganti air radiator dengan air mineral/murni karena daya tahan yang kurang serta bisa menyebabkan karat, endapan dan pastinya suhu mesin cepat panas alhasil motor bisa over heat.

 

Komentar»

1. bikeaddict14 - 23/07/2014
cicak kreatip.com - 23/07/2014
2. Ferboes Richardson - 23/07/2014
Kobayogas - 23/07/2014
kuclux - 23/07/2014

belum tentu bos.
Krn air yg dianggap biasa bisa jd kandungan mineralnya lbh tinggi dibanding air mineral kemasan. Contoh air biasa di pinggir pantai, air didaerah berkapur.

Kobayogas - 23/07/2014

iya benar, tapi kalau air mineral sudah jelas mengandung mineral, itu maksudnya. Walau ditempat tertentu spt om bilang air biasa bisa lebih tinggi kandungan mineralnya

3. mzwan - 23/07/2014

kya traktor aja, hahaha traktor sih gapapa pake air biasa..

kuclux - 23/07/2014

traktor tetanggaku malah mati kalau tak diberi air
soalnya dia bajak sawah pakai traktor cap kebo.

4. Bapak'e Salma - 23/07/2014

untung ketahuan bengkel

5. ki Salim - 23/07/2014

untuk Urgent mungkin bisa di terapkan, tapi harus cepat2 di ganti. Tapi itu mending, liat sopir truk di kasih air sumur, terkadang kalo kepepet air kencing juga di pakai.. wkwkkwkwkw

kuclux - 23/07/2014

tak kebayang baunya kl pakai air seni, jd ingat dulu waktu sering turing pakai bebek tua, kebetulan punya teman overheat tak ada air ujung2nya diguyur pakai air seni teman2nya. Katanya dah 5 kali dicuci, baunya msh tercium tajam.

6. subaru - 23/07/2014

om, kalo ganti cairan yang lebih bagus kan mesti ngeflush dulu..kasi artikel tutorialnya dong…kadang juga beres kalo di 10K km ganti airnya asal tuang ga diflush dulu

7. setia1heri - 23/07/2014
8. Zack - 23/07/2014

mantep ilmunya

9. gaplek mania - 23/07/2014

kok ada manusia macam gitu

10. Mase - 23/07/2014

Untung gak diisi jus buah he….

11. goldwings - 23/07/2014

Pake merk master pasti jozz!

12. ipanase - 23/07/2014

padakne mobil wae, ckckcc

13. potretbikers - 23/07/2014
14. uungferi - 23/07/2014

Musti teliti dong… josss infonya…

15. kuclux - 23/07/2014

“Sifat air murni akan mendidih saat suhu mencapai 100”Celcius, air akan mendidih dan menguap karena mudah menguap maka air akan cepat habis”
============================
nambahi :
air mendidih pd suhu 100drajat celcius.
Tp air yg bs menyebabkan air cepat habis krn dah takdirnya air bisa menguap disemua tingkatan suhu.

16. s0erya - 24/07/2014

Kebacot…. 😮 wes bensine premium, radiator di isi akua! Tobat… 😀

Roy (Sempak Operpret) - 24/07/2014

yang penting gaya om

wakakakaka

17. ken39 - 24/07/2014

kang, klo mobil kok boleh yah ?

18. asianman - 25/07/2014

pakai air zam2

19. boss sticker - 26/07/2014

Ada yg bilang kl pake air tetesan ac rumah lebih bagus ketimbang pake air mineral kemasan.betul ndak kang ari.

20. phoenix - 01/08/2014

Air mendidih 100″ celcius di dataran rendah, pas lagi camping kopi diseduh air mineral dari radiator, lol. Ternyata mengisi air mineral dlm radiator punya kegunaan laen yg gak berhubungan ama mesin 😉 tanya kenapa? Energi panas terbuang sia2, sebenarnya bisa dimanfaatkan.

21. Wahyu - 03/04/2016

Cara ngatasinya gimna klo dah terlnjur over head

22. muhammadrasid - 08/04/2016

kok radiator motor saya sangat panasnya padahal jln cmn sktr 5km motor saya honda make air radiator yamacool dari yamaha. apa ngaruh makasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: