jump to navigation

Piye Iki…? Power R25 Versi Mass Pro Beda Versi Tes Ride Turun Sampai 2HP, Nich Grafiknya… 19/07/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

dyno r25 (2)

Dapat kabar mencengangkan dari om leo (disini). Beliau mengetes R25 yang baru saja masuk garasi, yup dites via dynojet sportisi bersama mas Bram (Sportisi), Bie Hau (Prospeed), dan media Sportku.com.

Perlu digaris bawahi kalau tes ini tempatnya sama persis saat tim otomotif tes dyno R25 yang mampu tembus 29,21HP bisa baca klik disini tes dari otomotif.

dyno r25 (1)

Berikut penuturan om leopold7 :

Mengagetkan.

Saat ini saya sdg di Sportisi melakukan test dynojet bersama mas Bram (Sportisi), Bie Hau (Prospeed), dan media Sportku.com. Rencananya akan mengetest perubahan performa apabila knalpot Prospeed dipasang.

Kita mulai dengan baseline tenaga standard.
Otomotif pernah mengetest dyno sample product R25 dan didapat data max HP 29.21 HP pada torsi 19.09. Test dilakukan di mesin yang sama di tempat yang sama

Mengagetkan.

Saat R25 bawaan saya ditest ternyata HP melandai setelah 10.500 RPM di angka 27.63 HP pada torsi 18.67. Perhatikan bentuk grafik yang berbeda antara unit test dan R25 saya. Pada unit test grafik masih meningkat stlh 10.500 RPM menyentuh HP max di 29.21. Sementara pada R25 saya grafik melandai bahkan turun. Bukan sekedar fluktuasi tapi turun.

LHO?

Tapi mas kondisi kelembapan dan temperatur kan mungkin beda?

Benar, tapi bentuk grafik harusnya tidak berubah hanya lebih tinggi atau lebih rendah.

Apakah edisi sample product dan mass product berbeda setting ECU?

Menurut mas Bram Sportisi diduga ignition timing di dalam ECU diprogram agar tenaga tertahan setelah 10.500RPM. RPM masih bisa naik namun tenaga tidak bertambah. Ini mungkin utk memperpanjang umur mesin terutama di daerah2 yang bensin beroktan tinggi sulit supplynya.

Grafik hasil tes komparasi versi R25 tes ride dengan R25 mass pro milik om leopold7. 

Tampak grafik menurun saat di rpm 10.500 untuk R25 tes ride di RPM 10.500 masih naik. R25 milik om leo di 10.500 RPM tembus di angka 27.63 HP pada torsi 18.67.

 

 

 

 

 

 

dyno r25 (1)

 

Berikut grafik komparasi R25 dengan Ninja 250FI di tempat yang sama di tes oleh tim otomotifnet.

R25 versi tes ride didapat Setelah 18 kali run, didapat angka terbaik 29,43 dk/12.100 rpm dan torsi 19,2 Nm/10.200 rpm.

Sebagai perbandingan, Ninja 250FI klaimnya 31,7 dk/11.000 rpm dan 21 Nm/10.000 rpm. Nah di atas dyno Sportisi terbaca 26,21 dk/10.800 rpm dan 17,87 Nm/10.000 rpm.

Test-ride-Yamaha-YZF-R256

Lalu apakah karena motor masih kinyis kinyis kilometer masih sedikit sehingga power yang dihasilkan belum maksimal…? masih inreyen.

Hasil tes dynojet bisa berbeda dengan berbagai pertimbangan seperti :

1. Margin errornya berapa HP ?

2. Beda orang tester beda hasil.

3. Konsumsi bensin apa ? pertamax, premium atau pertamax plus juga hasilnya beda.

4. Saat tes dapat 29,1 HP dilakukan saat siang/malam/sore/pagi karena suhu juga berpengaruh, di komparasi om leo tes dynojetnya apakah sama waktunya dengan tim otomotif.

5. Meski masih sama2 R25 tapi beda mesin meski masih satu pabrikan hasilnya juga beda.

6. Ada yang mau nambahin silahkan…

Semoga lekas ada klarifikasi dari pihak Yamaha agar clear apakah memang R25 versi tes ride powernya beda dengan versi mass pro ? masih ingat kasus cover plastik di samping tangki…?

Komentar»

1. feri - 19/07/2014

Waduhhh bgm bisaaa..!!
Harusnya temperarur atau kelembabab tdk berpengaruh signifikan om ari..

Kobayogas - 19/07/2014

absennn piye lek?
Mengapa hasilnya bisa berbeda antara prototype dengan mass pro?
http://kobayogas.com/2014/07/19/yamaha-r25-dropped-horse-power-mengapa-dyno-dapat-berbeda-hasilnya/

ridertasik - 20/07/2014
2. syaliqZ4genn - 19/07/2014

Ini nih bs jadi isu besar dan bisa buat nge BC ama ngebully deh… YIMM harus cepat tanggap nih buat meresponnya jgn sampai kejadian ini bikin konsumen balik kanan merasa d boongin……. Hayooo cepetaaaan…..

fandi - 21/07/2014

Hayo cepetan balik kanan. wkwkwk..

3. er purpone - 19/07/2014

tanya kenapa?

4. bikeaddict14 - 19/07/2014
5. jowanese - 19/07/2014

mesin injeksi seharusnya tak terpengaruh suhu

6. Panci - 19/07/2014

Ternyata oh ternyata… kesan pertama beda dengan selanjutnya… 😀

7. yohama= - 19/07/2014

livery nya bukan m0togp kali makanya turun 2hp..

8. Raja cbu - 19/07/2014

Kan ane dah bilanh r25 indonesia market sama r25 versi import kualitas beda jauh

9. cicak kreatip.com - 19/07/2014
10. papa3r - 19/07/2014

untuk motor tester harusnya biar valid hasil test suatu product sudah bareng tentu gak bisa di ambil kesimpulan dengan hanya satu unit sample….menurut ane minim tiga unitlah baru valid….makin banyak yo makin valid…..
jadi pingin tes Dyno juga nech….Om Bonsai bisa kasih info dimana di cirebon yang punya mesin dyno…..ayoooo….sekalian tes ride lage + bukber….hayoooooo dong ahhhh…..

papa3r - 19/07/2014

welehhh…salah lokasi posting…sorry Om Ari….wkwkwkkkkk

11. yonk - 19/07/2014

Kebiasaan YIMM klu unit tes pasti beda, mulai dari part mesin sampai ecu diset lebih tinggi.
Terus PressRiliess digembor2kan tenaga paling gede dan torsi paling gede juga, dan diblowUp
dimedia2 yg seolah2 motor paling superior.
Ingat NVL unit tes mengalahkan CBSF, tapi baru2 ini ada tabloit otomotif ngetes di Dyno antara
NVL CBSF dab Satria FU, NVL kalah segala2nya dari CBSF.

12. Wong deso - 19/07/2014

Pasti dari yimm dah disetting yg mau ditest, sedangkan yg mass pro ga pake setting alias standar aman… Ini kan RAHASIA UMUM pabrikan… Kalo dipolitik biasa disebut PENCITRAAN.

13. Ferboes Richardson - 19/07/2014
14. the comment - 19/07/2014

beda settingan mngkin, alias standart pabrik mass prod gak di set ecunya dngn optimal, kan kejar prod, yg pnting pwnuhin pesanan, emang mikirin perform diset terbaik?? pekerja nya mikkr biar cepet kelar kerjaannya

15. ipanase - 19/07/2014

bisa jadi bisa jadi

16. a2b - 19/07/2014

kira-kira blog kenamaan yang paling ngetob sejagad tanah air mau gak ya bikin artikel beginian

alessandro - 20/07/2014

2 bloger kenamaan tanah air sepertinya dilema bro,,,

disatu sisi, terlalu deket sama atpm, sering dapat unit tes, dapat helm gratis,,,,jd lahan iklan, sering di undang makan malam,,,dll

di sisi lain, mau bikin artikel yang sama kok rikuh pekewuh ya,,ya krna sebab diatas tadi, sudah ada hubungan mutualisme dg atpm, ngoahahahahaha,,,,!!!

makanya, kalau mau independent ngambil unit tes yang bukan dari atpm,,,,,

17. motobikerz - 19/07/2014

Asyik.. lagi-lagi terima kiriman parcel dari relasi industri otomotif http://motobikerz.com/archives/6347

18. danisubject - 19/07/2014

wadoh cbr kemarin berapa ya ??

19. cheetah250hp - 19/07/2014

ah, kecewa…
padahal alasan utama melirik motor ini murni karena tenaga…

nunggu klarifikasi resmi yimm…
awal produksi memang meragukan…

20. anangcozz - 19/07/2014

Korban iklan… 😀

21. mbladeush - 20/07/2014
22. papa3r - 20/07/2014
23. ahacorp - 20/07/2014

korban iklan…dengan alasan untuk relibility, bukankah dengan power besar sudah di perhitungkan penurunan jangka panjangnya? bila power di turunkan untuk alasan itu kenapa tidak di perlihatkan yang aslinya agar konsumen tidak kecewa dan jadiorban iklan bos

papa3r - 20/07/2014

Nahh….
sepemikiran…..
sebagai konsumen merasa di bodoin & tertipu…..hiksss

papa3r - 20/07/2014

secara alasan YIM berarti dirunkan mulai dari ON CRANK,….berarti jadi gak sama dengan spec yg direalese…= penipuan…..=class action…..hayoooooo bakarrrr

24. Mat Solar - 20/07/2014

Wajar saja powernya turun 2 dk,karena yang ngetes R25 ini adalah FBH.
Harap maklum.

25. ♥♡ ™MB@H D@RMO™ ♡♥ - 20/07/2014

Gak perlu kaget … Sapa tau tu yg beli r25 antek2 ahm … Memang bisnis ama politik itu gak ada bedanya … Semua ada kepentingan !! Ngoahahahahaha…

alessandro - 20/07/2014

Kalau bgt yang ngetes ente aja mbah, terus dibikin artikel tandingan,,,terus kami baca, siapa tahu dapat pencerahan,,

ngoahahahahaha,,,,,,pis mbaaahhh,,!!

26. agung p - 20/07/2014

suhu ra ngaruh lah nx close loop.
emang nggo keawetan mesin

27. Tanggapan Yamaha Terkait Penurunan Power R25 Belum Menjawab Substansi Masalah! | RiderAlam.com - 20/07/2014

[…] uji dynotest yang berbeda dengan klaim sebelumnya, padahal mesin dan tempat uji sama. Apakah ada faktor lain yang menyebabkan hasil uji bisa […]

28. satekucink - 20/07/2014
29. alessandro - 20/07/2014

Itu yang unit tes dulu bukanya juga sama kondisinya,,,,,,masih kinyis kinyis juga,,?

30. smartfaiz - 20/07/2014

Ada sunatan masal yakkk… he3….

31. xplatfromdohc - 20/07/2014

Wehh, ngeri gan..sunatan masall..

32. Yamaha R25 “Versi Iklan dan Versi Nyata” beda… Mosok…? | ridertua – Motorcycle Blog - 21/07/2014

[…]  RT kutip kalimat artikel bro ari: […]

33. Penjelasan Lanjut Apa dan Kenapa R25 disunat, ini Perubahannya… | ARIPITSTOP - 04/09/2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: