Piye Iki…? Power R25 Versi Mass Pro Beda Versi Tes Ride Turun Sampai 2HP, Nich Grafiknya… 19/07/2014
Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.Tags: YAMAHA
trackback
Dapat kabar mencengangkan dari om leo (disini). Beliau mengetes R25 yang baru saja masuk garasi, yup dites via dynojet sportisi bersama mas Bram (Sportisi), Bie Hau (Prospeed), dan media Sportku.com.
Perlu digaris bawahi kalau tes ini tempatnya sama persis saat tim otomotif tes dyno R25 yang mampu tembus 29,21HP bisa baca klik disini tes dari otomotif.
Berikut penuturan om leopold7 :
Mengagetkan.
Saat ini saya sdg di Sportisi melakukan test dynojet bersama mas Bram (Sportisi), Bie Hau (Prospeed), dan media Sportku.com. Rencananya akan mengetest perubahan performa apabila knalpot Prospeed dipasang.
Kita mulai dengan baseline tenaga standard.
Otomotif pernah mengetest dyno sample product R25 dan didapat data max HP 29.21 HP pada torsi 19.09. Test dilakukan di mesin yang sama di tempat yang samaMengagetkan.
Saat R25 bawaan saya ditest ternyata HP melandai setelah 10.500 RPM di angka 27.63 HP pada torsi 18.67. Perhatikan bentuk grafik yang berbeda antara unit test dan R25 saya. Pada unit test grafik masih meningkat stlh 10.500 RPM menyentuh HP max di 29.21. Sementara pada R25 saya grafik melandai bahkan turun. Bukan sekedar fluktuasi tapi turun.
LHO?
Tapi mas kondisi kelembapan dan temperatur kan mungkin beda?
Benar, tapi bentuk grafik harusnya tidak berubah hanya lebih tinggi atau lebih rendah.
Apakah edisi sample product dan mass product berbeda setting ECU?
Menurut mas Bram Sportisi diduga ignition timing di dalam ECU diprogram agar tenaga tertahan setelah 10.500RPM. RPM masih bisa naik namun tenaga tidak bertambah. Ini mungkin utk memperpanjang umur mesin terutama di daerah2 yang bensin beroktan tinggi sulit supplynya.
Grafik hasil tes komparasi versi R25 tes ride dengan R25 mass pro milik om leopold7.
Tampak grafik menurun saat di rpm 10.500 untuk R25 tes ride di RPM 10.500 masih naik. R25 milik om leo di 10.500 RPM tembus di angka 27.63 HP pada torsi 18.67.
Berikut grafik komparasi R25 dengan Ninja 250FI di tempat yang sama di tes oleh tim otomotifnet.
R25 versi tes ride didapat Setelah 18 kali run, didapat angka terbaik 29,43 dk/12.100 rpm dan torsi 19,2 Nm/10.200 rpm.
Sebagai perbandingan, Ninja 250FI klaimnya 31,7 dk/11.000 rpm dan 21 Nm/10.000 rpm. Nah di atas dyno Sportisi terbaca 26,21 dk/10.800 rpm dan 17,87 Nm/10.000 rpm.
Lalu apakah karena motor masih kinyis kinyis kilometer masih sedikit sehingga power yang dihasilkan belum maksimal…? masih inreyen.
Hasil tes dynojet bisa berbeda dengan berbagai pertimbangan seperti :
1. Margin errornya berapa HP ?
2. Beda orang tester beda hasil.
3. Konsumsi bensin apa ? pertamax, premium atau pertamax plus juga hasilnya beda.
4. Saat tes dapat 29,1 HP dilakukan saat siang/malam/sore/pagi karena suhu juga berpengaruh, di komparasi om leo tes dynojetnya apakah sama waktunya dengan tim otomotif.
5. Meski masih sama2 R25 tapi beda mesin meski masih satu pabrikan hasilnya juga beda.
6. Ada yang mau nambahin silahkan…
Semoga lekas ada klarifikasi dari pihak Yamaha agar clear apakah memang R25 versi tes ride powernya beda dengan versi mass pro ? masih ingat kasus cover plastik di samping tangki…?
Waduhhh bgm bisaaa..!!
Harusnya temperarur atau kelembabab tdk berpengaruh signifikan om ari..
absennn piye lek?
Mengapa hasilnya bisa berbeda antara prototype dengan mass pro?
http://kobayogas.com/2014/07/19/yamaha-r25-dropped-horse-power-mengapa-dyno-dapat-berbeda-hasilnya/
#rapopo http://ridertasik.wordpress.com/2014/07/20/tes-singkat-pcx-punya-kang-yadi/
Ini nih bs jadi isu besar dan bisa buat nge BC ama ngebully deh… YIMM harus cepat tanggap nih buat meresponnya jgn sampai kejadian ini bikin konsumen balik kanan merasa d boongin……. Hayooo cepetaaaan…..
Hayo cepetan balik kanan. wkwkwk..
tanya kenapa?
Nah lho kena limit
http://bikeaddict14.wordpress.com/2014/07/19/benelli-tnt-250-2014-bakal-membayangi-pabrikan-jepang/
mesin injeksi seharusnya tak terpengaruh suhu
Ternyata oh ternyata… kesan pertama beda dengan selanjutnya… 😀
livery nya bukan m0togp kali makanya turun 2hp..
Kan ane dah bilanh r25 indonesia market sama r25 versi import kualitas beda jauh
Lob he belp…. 😀
http://cicakkreatip.com/2014/07/19/setelah-di-coba-di-atas-mesin-dyno-yamaha-r25-masspro-mengalami-penurunan-tenaga-2-hp-mosok-sih-disunat-yimm-tenaganya/
untuk motor tester harusnya biar valid hasil test suatu product sudah bareng tentu gak bisa di ambil kesimpulan dengan hanya satu unit sample….menurut ane minim tiga unitlah baru valid….makin banyak yo makin valid…..
jadi pingin tes Dyno juga nech….Om Bonsai bisa kasih info dimana di cirebon yang punya mesin dyno…..ayoooo….sekalian tes ride lage + bukber….hayoooooo dong ahhhh…..
welehhh…salah lokasi posting…sorry Om Ari….wkwkwkkkkk
Kebiasaan YIMM klu unit tes pasti beda, mulai dari part mesin sampai ecu diset lebih tinggi.
Terus PressRiliess digembor2kan tenaga paling gede dan torsi paling gede juga, dan diblowUp
dimedia2 yg seolah2 motor paling superior.
Ingat NVL unit tes mengalahkan CBSF, tapi baru2 ini ada tabloit otomotif ngetes di Dyno antara
NVL CBSF dab Satria FU, NVL kalah segala2nya dari CBSF.
Pasti dari yimm dah disetting yg mau ditest, sedangkan yg mass pro ga pake setting alias standar aman… Ini kan RAHASIA UMUM pabrikan… Kalo dipolitik biasa disebut PENCITRAAN.
Buaakaaaarrrrr
http://ferboes.com/2014/07/19/kawasaki-er6n-start-the-engine/
beda settingan mngkin, alias standart pabrik mass prod gak di set ecunya dngn optimal, kan kejar prod, yg pnting pwnuhin pesanan, emang mikirin perform diset terbaik?? pekerja nya mikkr biar cepet kelar kerjaannya
bisa jadi bisa jadi
kira-kira blog kenamaan yang paling ngetob sejagad tanah air mau gak ya bikin artikel beginian
2 bloger kenamaan tanah air sepertinya dilema bro,,,
disatu sisi, terlalu deket sama atpm, sering dapat unit tes, dapat helm gratis,,,,jd lahan iklan, sering di undang makan malam,,,dll
di sisi lain, mau bikin artikel yang sama kok rikuh pekewuh ya,,ya krna sebab diatas tadi, sudah ada hubungan mutualisme dg atpm, ngoahahahahaha,,,,!!!
makanya, kalau mau independent ngambil unit tes yang bukan dari atpm,,,,,
Asyik.. lagi-lagi terima kiriman parcel dari relasi industri otomotif http://motobikerz.com/archives/6347
wadoh cbr kemarin berapa ya ??
ah, kecewa…
padahal alasan utama melirik motor ini murni karena tenaga…
nunggu klarifikasi resmi yimm…
awal produksi memang meragukan…
Korban iklan… 😀
Masih misteri 😀
http://www.bladeus.wordpress.com/2014/07/19/ducati-gp-15-totally-new-bike-2/
tanggapan YIM….
http://m.metrotvnews.com/read/2014/07/20/268099
korban iklan…dengan alasan untuk relibility, bukankah dengan power besar sudah di perhitungkan penurunan jangka panjangnya? bila power di turunkan untuk alasan itu kenapa tidak di perlihatkan yang aslinya agar konsumen tidak kecewa dan jadiorban iklan bos
Nahh….
sepemikiran…..
sebagai konsumen merasa di bodoin & tertipu…..hiksss
secara alasan YIM berarti dirunkan mulai dari ON CRANK,….berarti jadi gak sama dengan spec yg direalese…= penipuan…..=class action…..hayoooooo bakarrrr
Wajar saja powernya turun 2 dk,karena yang ngetes R25 ini adalah FBH.
Harap maklum.
Gak perlu kaget … Sapa tau tu yg beli r25 antek2 ahm … Memang bisnis ama politik itu gak ada bedanya … Semua ada kepentingan !! Ngoahahahahaha…
Kalau bgt yang ngetes ente aja mbah, terus dibikin artikel tandingan,,,terus kami baca, siapa tahu dapat pencerahan,,
ngoahahahahaha,,,,,,pis mbaaahhh,,!!
suhu ra ngaruh lah nx close loop.
emang nggo keawetan mesin
[…] uji dynotest yang berbeda dengan klaim sebelumnya, padahal mesin dan tempat uji sama. Apakah ada faktor lain yang menyebabkan hasil uji bisa […]
Tunggu berita selanjutnya hehehehe
http://technobiker.wordpress.com/2014/07/19/yzf-r25-versi-masspro-disunat-2dk-berbeda-dengan-unit-test/
Itu yang unit tes dulu bukanya juga sama kondisinya,,,,,,masih kinyis kinyis juga,,?
Ada sunatan masal yakkk… he3….
Wehh, ngeri gan..sunatan masall..
[…] RT kutip kalimat artikel bro ari: […]
[…] http://aripitstop.com/2014/07/19/piye-iki-power-r25-versi-mass-pro-beda-versi-tes-ride-turun-sampai-… […]