jump to navigation

Kenapa Lampu Rem Nyala Terus ? Bikin Aki Cepat Soak, Bahaya Buat Motor Injeksi 30/06/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

 

REM

Pada saat jalan kadang2 kita tidak sadar kalau lampu rem belakang nyala padahal kita tidak menarik handel rem atau menginjak pedal rem, apa sebabnya…?,Jika lampu rem nyala terus bisa berakibat aki cepat soak dan bohlam cepat putus dan motor injeksi bisa terancam mogok kalau aki soak.

Lampu stop bisa nyala terus karena ada 2 hal yaitu switch rem depan sudah aus/macet dan switch rem belakang nyangkut/setelannya tidak pas. Jika kang bro tidak mau repot kang bro bisa ke bengkel untuk memperbaiki kondisi ini, jika mau dibongkar sendiri kang ari kasih triknya yang hemat tidak perlu gantiswitch rem handle remnya yang sudah aus.

Untuk menentukan switch rem mana yang bermasalah caranya lepas soket switch rem depan. Nich posisi switch rem depan, lihat gambar.

rem2

Langkah awal, lepas batok lampu kemudian cari soket switch rem depan jika sudah ketemu lepas soketnya. Putar kunci kontak ke ON jika lampu rem mati ber-arti yang bermasalah switch rem depannya tapi jika masih nyala yang bermasalah adalah switch rem belakang.

Untuk switch rem depan bermasalah bisa terjadi karena ujung tonjolan switch rem sudah aus dan kondisi handel rem yang ditonjok oleh switch rem juga sudah aus,lihat gambar.

SWITCH REM (4)

Untuk mengganti baru switch rem harganya rata sekitar 30ribuan untuk handel remnya 25ribuan,tapi kalo mau diakalin kang ari kasih triknya, pertama siapkan obeng plus, kunci ring 10 dan lem besi aduk (dextone), saya praktekkan di motor mio ( untuk motor selain mio tinggal mengikuti sesuai kunci yang dipakai saja).

Siapkan kunci ring 10”, obeng plus dan lem aduk (dextone).

SWITCH REM (3)

SWITCH REM (2)

Mudah kok…lihat gambar diatas,

1. Lepas lever rem, kalau posisi baut lever rem di dalam batok maka perlu lepas batok kepala dulu.

2. Lever sudah terlepas, lihat posisi lever yang uas kemudian cuci atau bersihkan sebelum proses pengeleman.

3.Ambil lem aduk kemudian lem di tempelkan di posisi lever yang aus, banyalnya lem secukupnya saja selebar keausan lever.

4. Diamkan lem sampai kering kurang lebih 15 menit, baru dipasang kembali.

Simpel kan…

SWITCH REM (1)

Tapi jika switch rem belakang yang bermasalah, bisa diatasi dengan menyetel posisi switch rem belakang, caranya pada switch rem belakang ada yang berbentuk mur, putar mur tersebut kearah kiri sampai lampu rem belakang mati.

SWITCH REM (5)

Jika lampu rem tetap nyala, bisa diakalin tapi susah bagi yang awam. Switch rem belakang bisa nyala terus karena didalam switch ada plat dan piston penonjok yang sudah aus atau kotor, biasanya keduanya macet karena karat. Agar switch rem belakang awet setiap sebulan sekali bisa di kasih pelumas oli atau WD40 bisa juga pakai chain lube sekalian saat melumasi rantai, dengan membuka tutup switchnya bagian atas yang berbahan karet.

Semoga bermanfaat yo…

Komentar»

1. Octavian Ridwan - 30/06/2014

klo letak switch rem belakang matik yamaha dimna?

aripitstop - 30/06/2014

disebelah kiri, persis seperti rem depan yg kanan cuma bedanya dia dikiri

2. ipanase - 30/06/2014

jossss lek sarane

3. nivikoko - 30/06/2014
4. Kobayogas - 30/06/2014
aripitstop - 30/06/2014

mbahmu

Kobayogas - 30/06/2014

Karepku

warungasep - 30/06/2014
5. Mase - 30/06/2014
6. orong-orong - 30/06/2014
7. wahyuheri100 - 30/06/2014

Lah kalau lampu depan yang aho gak tekor juga akinya ya?

aripitstop - 30/06/2014

Lampu depan arus AC yg langsung dr spull malalui kiprok tdk lwt aki jd tdk pengaruh ke aki, kcuali arus DC seperti old vixion…
Klo lampu rem blakang pakai arus DC yg ambil dr aki

wahyuheri100 - 02/07/2014

wah pencerahan baru buat saya nih
makasih ya kang ari

8. RPMspeed - 30/06/2014

Muantep kang .tpi rem dpannya kaya nggak ada tmbl switchnya 😮

——————————————
Fungsi dari Jalu Stang Motor
http://rpmsuper.com/2014/06/30/fungsi-jalu-stang/

9. @dio - 01/07/2014

Manteeeppp tenan…

10. Irma - 09/08/2014

Kang ari, mau tanya.. Lampu yg belakang motor sy nyala trs, disaat yg bersamaan, aki motor sy soak, akhirnya ganti aki deh.. Ketika msh di bengkel, diuji coba oleh mekaniknya dengan mengganti switch rem plus apalah gtu namanya lupa. Nah, udah ok tuh Lampu stop nya ga nyala trs. Tp pas uda sampe di rumah, barulah sy sadar klo lampu belakang nyala trs.. Alamak, mau balik lg ke bengkel uda jm 5.. Uda psti mau tutup.. Aduh, tu kira kira apa ya masalahnya? Apa tuas rem nya hrs ikut ganti pula dgn yg baru?? Trimakasih sy ucapkan untuk responnya… Maafin, soalnya sy msh awam ..

asdsad - 19/08/2014

coba orang nya yg diganti ,,

11. ahmad jesse hafif - 14/10/2014

Efek Dari sekring sering putus pada motor matic?

12. Muhammad ilham - 23/03/2016

Bermanfaat banget postingannya, temen saya ada yang kaya gini nih lampu motornya 😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: