jump to navigation

Soket Sepul CB150R Gosong, Apa Penyebabnya ? 13/06/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags: ,
trackback

 

socket gosong (2)

Dapat permintaan artikel dari bro gerry jogja, dia menuturkan kalau motor CB150R miliknya ada kerusakan di soket sepul terlihat gosong. Bro gerry jogja saat ini sedang melakukan claim garansi di AHASS.

Berikut penuturan dari bro gerry jogja,

Motor standart tanpa aksesori kelistrikan…tidak ada gejala sama sekali…saya kadang suka pengecekan sendiri seperti air radiator…sambungan2 kelistrikan…dll…kemarin ketahuan ketika kabel dari sepul berwarna agak hehitaman seperti rembesan oli ternyata sewaktu saya lihat adalah lelehan plastik socket…
Motor pembelian awal2 setelah launching mas bro…inden januari tapi motor datang februari 2013…motor generasi awal…dari awal beli sudah ada troble mas bro…saya sampai bosan keluar masuk diler ahass kadang debat dulu sama kepala mekaniknya…belum motor harus nginep di diler…capek mas…begitu mas terimakasih…

Ni bro kondisi socket dari sepul di motor ku yg hangus…tolong di share bro agar CB150R rider melakukan pengecekan siapa tau sama ama punyaku bro…takutnya terjadi kebakaran sangat berbahaya letaknya dibawah tangki kiri…saya lagi proses claim bro semoga berhasil….makasih..
gerry jogja.

socket gosong (1)

Yang jadi pertanyaan apa penyebab soket sepul bisa gosong padahal motor masih standar ?

1. Soket bisa gosong penyebab paling banyak karena soket kendor, kalau soket kendor maka hubungan antar terminal akan menimbulkan celah/jarak, nach gap ini akan menimbulkan percikan api. Semakin lama percikan api ini menimbulkan panas di soket sehingga soket bisa timbul gosong/terbakar/meleleh.

2.Soket sering kena basah air saat riding. Saat motor dicuci apalagi cuci motor pakai tekanan air tinggi seperti steam air mudah tembus ke celah sempit seperti soket dan pada saat kita riding dalam kondisi soket masih basah dan lama keringnya maka air yang bersifat konduktor bisa menimbulkan konslet ringan/ menimbulkan percikan api antar terminal. Jika air ini lama keringnya maka indikasi soket terbakar bisa terjadi.

3.Soket gosong karena kualitas terminalnya tidak kuat menahan arus listrik yang dilalui. Jika bahan soket tidak sesuai dengan kapasitas (melampaui batas tahanan dari terminal dan soket) maka soket dan terminal akan timbul panas dan semakin lama panas yang ditimbulkan akan melelehkan soket sehingga terlihat gosong.

4.Usia, suatu barang pasti ada masa pemakaiannya kalau usia motor semakin tua maka tingkat ketahanan sparepart semakin berkurang pula.

5.Ada kesalahan teknis dari pabrikan, untuk yang satu ini bisa dibilang kesalahan/kekurangan saat proses produksi biasanya kondisi yang diakibatkan timbulnya tidak akan lama dan jika masih dalam masa garansi maka sebaiknya segeralah minta klaim garansi ke bengkel resmi.

Masih ada yang kurang ? monggo saling sharing jangan saling menghujat.

Buat kang bro yang mempunyai pengalaman di motornya dan layak untuk disharing saya siap membantu agar menjadi manfaat dan berkah buat kita semua.

Komentar»

1. ipanase - 13/06/2014

kena air
kotor
kelistrikan bermasalah
dll

dmotoblog - 14/06/2014

Biasanya ada tambahan apes mas haha

TiCtAc - 16/06/2014

setuju,.
bisa jadi apes, cai lagi di runut2 eh kurang sdekah kali
wkwkw

2. kudo78dk - 13/06/2014
3. cicak kreatip.com - 13/06/2014
4. Hanif - 13/06/2014
5. ARMORED RIDER GAIM - 13/06/2014

ckck

ane sih maklum

wong motor prematur

ini baru cebong gmn ntar k45

6. bagus - 13/06/2014

malem om….mau nanya nihhhh saya pnya motor mio soul klo di jalanan macet di bagian cvt nya ko keluar asap y???.tapi klo dah di jalanan normal tarikan nya normal udah gitu g kluar asap nya…kira kira apanya yg rusak ya om..mksh y mohon di jelaskan sejelas jelasnyaa..mksh lg yyyy

aripitstop - 13/06/2014

Kmungkinan rumah kopling dan v-belt selip…sebaiknya cvt dibongkar

7. Mas Sayur - 13/06/2014

sik tak cek nggon ku….

8. Mat Solar - 13/06/2014

Mungkin untuk kelistrikan (termasuk soket kabel) masih satu vendor dengan pabrikan Minerva yang terkenal jeblok kualitasnya.
Hal ini banyak terjadi pada motor kualitas China,dan AHMpun menginginkan harga part semurah mungkin.

CB150R kualitasnya memang setara dengan mocin.

9. Motor Fairing - 13/06/2014

banyak bener masalahnya.

10. arya - 13/06/2014

Menurut ane, terbakar karena kontak sambungan di soket kurang kencang / poor contact, jadinya arus listrik jadi besar ampernya dan gak kuat sehingga panas dan kebakar.
Kalo kena air sih udah didesain soket diluar jd pasti aman dr air mah…

cbsf lemot - 13/06/2014

Itu namanya bad contack oom…

11. vyzex - 13/06/2014

1. Ikut prihatin
2. Mungkin kendor karena katanya sering dicek sendiri. Dicek kan berarti dicopot terus dipasang.
3. Nasib
4. Motor minta diperhatikan
5. Mesti diruwat

cheetah250hp - 16/06/2014

di copot karena terlihat kehitaman seperti terkena rembesan oli…
setelah dilihat ternyata gosong.

12. cbsf lemot - 13/06/2014

Ada boss…kwalitas abal2 kw 700….jangan dibeli…beli yamaha pasti puas….mantabhhhh….!!!!!

13. KomMotor - 13/06/2014
14. ahacorp - 13/06/2014

6 . kebanyakan dosa, maka kena imbas api neraka sudikit sedikit bang…kaburrrrr

15. ujang - 13/06/2014

ooooohhhhhh..

16. Kobayogas - 13/06/2014
17. blade_us - 14/06/2014
18. Coco - 14/06/2014

Ahm memang tukang tipu…!!!
Jual mahal tapi kualitas khas cino..!!! Bossoook…!!!
Mesin downgrade kw 5 super bossoook klotok2…!!!
Yimm jg sama komstir mahal sepasang tapi bossoook jg…!!!
Mesin made in pt.chn ngaku2 tekno gp cuiihh tambah bossook…!!!
Nippon BAGERO…!!!!!

19. killBiLL - 14/06/2014

recalll
recalll
recalll
recalll
recalll
recalll
pokok e recalllllllll

20. Karat_an - 14/06/2014

Ehm… Salam soket gosong

21. dmotoblog - 14/06/2014

Besar kemungkinan soket kendor. Sok tau banget gw wkwkwwwk 😀

Titip kang
http://dmotoblog.wordpress.com/2014/06/14/test-keakuratan-speedometer-cbr-150-fi-2012/

22. initial_d - 14/06/2014

ada gosong pasti ada api…..

23. Deniboshter - 14/06/2014

Jangan beli produk keluaran pertama biasanya konsumen buat kelinci percobaan…waspadalah waspadalah…

24. Eko Yunianto - 15/06/2014

Itu sama kayak kasus megaproku taun 2005,,, Socket spull nya sering gosong…

25. r6 - 16/06/2014

weh……….. sangat burbahaya sukali itu…… hampir juga dikit lagi tankinya ngikut haduh… hati hati dan sering di cek ya………

26. AHASS Tanggapi Klaim Kasus Soket Sepul Gosong, Ganti Sepul Baru. Pelayanan Claim Yang Memuaskan | ARIPITSTOP - 18/06/2014

[…] ingat artikel 4 hari yang lalu tentang soket sepul CB150R gosong ? klik disini yang belum baca. Bro gerry jogja si owner CB150R mengeluhkan soket sepul di motornya yang gosong […]

27. Lampu Utama Nyala Redup ? Socket Juga Bisa Berpengaruh | ARIPITSTOP - 24/08/2014

[…] Jika faktor diatas sudah dicek dan ternyata normal, maka perlu diwaspadai kondisi kabel2 dan soket seperti yang terjadi pada motor vega zr ini Ternyata kondisi soket di spul gosong, karena soketnya gosong alhasil soket tidak bisa menerima dan mengalirkan arus listrik dengan sempurna sehingga nyala lampu jadi redup. Untuk hal2 yang menyebabkan soket bisa gosong silahkan klik disini. […]

28. tombcrashz23 - 15/11/2014

makin ke sini kualitas motor2 honda, makin parah.

29. lajupacu - 27/12/2014
30. tanto - 31/03/2015

siang boss. saya juga pengguna cb 150 r kabel conektor ecu sy juga kebakar boss penyebap apa jg kurang tau.konektor pin juga sudah di pres lg( biar tidak fong ) tp tetapi kabel masih panas dipegang tangan kl habis jalan jauh tidak kuat terlalu panas. sy sudah cek ke ahhas tapi juga belum ada tanggapan. mohon informasinya harus bagaimanaya. tks tanto BEKASI

31. rohim - 29/04/2016

Kalo punyaku soket lampu depan bos udah 3x kbkar terus….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: