jump to navigation

Trik Kunci Rahasia Pakai ”Lean Angle Sensor” dan Efek Buruknya 11/06/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

LEAN SENSOR (5)

Fungsi dari lean angle sensor adalah sebagai pemantau kemiringan motor jika sudut kemiringan motor diatas batas maka motor akan mati, contohnya saat motor jatuh maka sensor ini akan bekerja dan secara otomatis akan mematikan sistem kerja fi sehingga motor akan mati.

LEAN SENSOR (4)

Nach sensor inilah yang sering digunakan biker untuk menjaga motor aman dari maling. Jika motor ambruk maka otomatis Lean Angle Sensor (LAS) akan ikut miring pula dan apabila sudut kemiringan motor melebihi 60 derajat maka motor akan mati secara otomatis karena sistem kerja fi akan diputus oleh LAS setelah posisi LAS miring lebih dari 60”. Jika motor dalam keadaan berdiri tapi posisi LAS kita miringkan lebih dari 60” maka sensor LAS akan membaca kalau motor dalam posisi ambruk/jatuh dan sinyal ini diteruskan ke ECU untuk mematikan motor, jika posisi LAS belum dalam posisi normal maka motor tidak akan bisa hidup namun setelah posisi LAS kita taruh dalam posisi normal maka motor bisa dihidupkan kembali.

Kondisi seperti ini bisa kita manfaatkan, LAS sebagai kunci rahasia saat parkir. Jadi saat kita parkir dan sebelummeninggalkan motor kita, posisi LAS kita miringkan terlebih dahulu lebih dari 60” alhasil saat maling bobol kunci kontak dan hendak bawa kabur motor tidak bisa hidup, mau starter bahkan diengkol sampai kakinya patah juga tidak bisa hidup motor kita.

Namun tidak semua motor injeksi memakai LAS dan setiap motor posisi LAS berbeda2, jika posisi LAS ada dibawah jok seperti motor vixion maka kita tidak perlu rubah/akal2in kabel, namun jika posisi susah dijangkau mau aplikasi seperti ini maka harus memodifikasi penambahan kabel agar mudah dijangkau atau posisi LAS kita pindah di dalam bagasi motor.

Lihat dibawah ini contoh posisi LAS saat kondisi normal dan saat parkir.

lean-sensor-1

lean-sensor-6

Lalu apa efek jangka panjang jika aplikasi LAS kita miringkan ? jika posisi LAS miring lebih dari 60” maka sinyal dari LAS dikirim ECU bahwa motor dalam kondisi ambruk dan ECU memerintahkan ke sensor actuator untuk menghentikan kerja mereka sehingga motor jadi mogok. Nach jika setiap hari atau kita sering lupa menormalkan posisi LAS maka ECU akan sering membaca bahwa motor dalam kondisi sering ambruk artinya ECU sering memerintahkan sistem injeksi untuk mematikan kinerja fi, jika terlalu sering maka motor akan menjadi brebet dan akslerasi motor terganggu tapi ini efek jangka panjang.

Lalu bagaimana agar trik ini bisa digunakan dengan aman ?

Mudah, saat kita mau menghidupkan motor (memutar posisi kontak ke ON) jangan sampai lupa memindahkan posisi LAS kembali ke keadaan normal, artinya jika motor belum ON maka semua sensor belum bekerja dan ECU tidak akan membaca posisi LAS saat kunci kontak masih OFF, jika terlanjur kunci kontak putar ke ON maka ECU akan membaca kondisi motor dalam kondisi jatuh saat LAS kita kembalikan ke posisi normal maka ECU perintahkan motor untuk bekerja normal kembali tapi… ECU tetap menyimpan sejarah kerusakan itu, sejarah kerusakan bisa dihapus/direset memakai alat diagnostic tool milik bengkel resmi. Jadi intinya saat kita mau menghidupkan motor jangan sampai lupa mengembalikan posisi ECU ke posisi normal dan saat servis pastikan mekanik hapus sejarah kerusakan meskipun mekanik saat servis selalu cek kondisi sejarah kerusakan namun yang namanya manusia pasti ada lupanya.

Komentar»

1. Kobayogas - 11/06/2014
2. enoanderson - 11/06/2014
enoanderson - 11/06/2014

Asemm, kebalap mang ghostrider :mrgreen:

3. kudo78dk - 11/06/2014
4. Bapak'e Salma - 11/06/2014

bisa juga untuk mencegah, tapi maling sekarang kan banyak yang nekat. Langsung main angkut
motor hasil curian ke mobil box biar gak ketahuan

aripitstop - 11/06/2014

nach kalo ini semua kunci rahasia nggak mempan

5. andika - 11/06/2014

podo mas, motorku tiap malam aku lepas sensornya (dimiringkan) ๐Ÿ™‚

6. ipanase - 11/06/2014

manggut2

7. pengamat - 11/06/2014

kalau punya yamaha agak lumayan ada bolongan di standar tengah, tinggal standar tengah gembok pake yang kuningan sudah agak lumayan aman daripada pake shutter key

8. kura kura - 11/06/2014

jozzz

9. cahyadip - 11/06/2014
10. hulssay - 11/06/2014
11. PETiR abang - 11/06/2014

yaaa… ntar pas nyerpis di beres mekanik’a garukยฒ kepala sambil ngomelยฒ ni mtor sering banget amruk ya bro hahaha ๐Ÿ™‚ peace kang ari

12. orong-orong - 11/06/2014

leres suhu

13. Ferboes Richardson - 11/06/2014

Ini hanya untuk motor injek aja apa motor karbu juga ada mas?
http://ferboes.com/2014/06/11/inspirasi-dekorasi-aquarium-exstreme/

aripitstop - 11/06/2014

injeksi mas bro

Ferboes Richardson - 11/06/2014

Karbu gak ada ya mas? Tapi kok jupe pas jatuh mesinnya ikut mati?

aripitstop - 11/06/2014

seperti mangkok bakso, bensin dikarbu numplek jadi bensinnya g bisa lancar, tp byk juga yg masih hidup.

Ferboes Richardson - 11/06/2014

Oh jadi itu sebabnya. Kirain ada LAS nya juga ๐Ÿ˜† maklum mas, gak tahu jeroan motor ๐Ÿ™‚
Makasih lho penjelasannya ๐Ÿ™‚

aripitstop - 11/06/2014

jos

14. suleinjeckcrot - 11/06/2014

yo opo mirengne kang.kan dibaut ikuw kang..tk cb kok g iso yo. .. #bingung crot

aripitstop - 11/06/2014

baut di copot, teurs ditarik munggah… nggak usah dibaut juga nggak bakalan copot

suleinjeckcrot - 11/06/2014

maturnuwun kang inponipun..crot

15. kang Onar - 11/06/2014

wah. . .apik kie. . .tak bookmarke. . .

16. sungokong - 11/06/2014

kayaknya di vario 125 ga ada LAS nya ya om??
soale udah 2 kali nolongin ibu-ibu ambruk pake vario125 tuh motor posisi ambruk tetep idup loh om..

vario125 - 12/06/2014

vario gak ada angel sensor bro. vario 125 kalo gak salah cuma ada 4 sensor

17. blackbriar - 11/06/2014

kalo R15 sensornya dimana yah ?

aripitstop - 11/06/2014

didalam jok depan sebelah kanan,mumpet

xXx - 11/06/2014

lha trus piye sam ari msak tiap mw parkir mesti bongkar jok depan dlu bwt miringin LAS??
maklum newbie

aripitstop - 11/06/2014

bisa modifikasi kabel dan soket, disambung kabelnya sampai didalam jok belakang, taruh bagasi jok belakang

18. monkeymotoblog - 11/06/2014
19. premix - 11/06/2014

nice inpoh

20. kenthoet - 12/06/2014

aq biasa e yo ngunu kang lean angel e tak walik ๐Ÿ˜€

21. RPMspeed - 12/06/2014

bisa gitu juga ๐Ÿ˜€

—————————————
Penyebab & Akibat Rantai Kendur
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/06/12/penyebab-rantai-cepat-kendur/

22. hilmid111 - 12/06/2014

kalo copot sikring saat parkir ada efek negatifnya ga?

aripitstop - 12/06/2014

g ada, tp rumah sekring cpt kendor, kalo cotop sekring di selah motor msh ada bisa hidup.

23. aan - 12/06/2014

nice info… mksh lek ari… sangat membantu..

24. ukin - 14/06/2014

wktu sy masih pake LAS unk pengaman ko kdng g bkerja ya kang?? soalnya sy lupa untuk balikin lagi posisinya tp motor ttp nyala n stlh bbrp kilo baru motor brebet lalu mati.
dan juga sering coba saat LAS dibalik saya kontak ONdan coba nyalain mesin cuma pengen tau masih fungsi g teknik yg sy pake ini tp pas service diberes, beres cuma bilang motor cuma pernah jatuh sekali krn dia lihat dr diagnostic tool cuma pernah sekali jatuh. Nah gmn tu kang??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: