jump to navigation

Fungsi Lean Angle Sensor ( Sensor Jatuh ) Sering diabaikan Saat Modif Buntut Tawon 08/05/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

LEAN SENSOR (5)

Motor injeksi banyak sensor yang tertanam di motor dari sensor suhu, sensor tekanan udara dll. tapi ada satu hal yang sering dilalaikan oleh biker motor sport injeksi yaitu lean angle sensor, fungsi dari lean angle sensor adalah sebagai pemantau kemiringan motor jika sudut kemiringan motor diatas batas maka motor akan mati, contohnya saat motor jatuh maka sensor ini akan bekerja dan secara otomatis akan mematikan sistem fi sehingga motor akan mati.

LEAN SENSOR (4)

Lean angle sensor bekerja saat kondisi motor miring lebih dari 60 derajat, siapa yang bisa nikung 60derajat saat jalan ? kecuali motor jatuh atau ambruk. Salah satu tujuan adanya lean angle sensor adalah untuk mematikan motor saat kita terjatuh sehingga motor mogok/mati saat kita terjadi crash kondisi ambruk, kalau saat motor jatuh dan motor masih hidup maka akan membahakan biker atau orang disekitarnya karena motor bisa hidup liar tanpa bisa dikendalikan.

Beda dengan motor tipe karburator, motor bisa langsung mati tanpa pakai sensor karena saat motor terjatuh otomatis karbutor akan miring dan posisi bensin tidak bisa merendam spuyer dan bensin tidak bisa disedot oleh sistem kevakuman dari ruang bakar alhasil motor langsung mati.

LEAN SENSOR (3)

Kembali lagi ke lean angle sensor, perhatikan pada sensor ini pasti ada tulisan ”UP” atau tanda panah keatas artinya posisi sensor ini tidak boleh terbalik/dibalik jika motor dibalikdan lebih dari 60 derajat maka motor tidak akan bisa dihidupkan. Kalau tidak percaya coba saja sensor ini dilepas kemudian posisinya dibalik posisi ”UP” ada dibawah pasti motor akan mati atau tidak bisa dihidupkan.

Nach ini yang sering diabaikan saat biker mengganti spakbor belakangnya atau saat ganti cover body. Pastikan sensor ini jangan sampai terbalik posisinya, jika posisi sensor ini harus dipindahkan dari posisi semula pastikan posisinya jangan terbalik. Lihat ilustrasi gambar dibawah ini posisi yang benar dan salah.

LEAN ANGLE LEAN SENSOR (1)

 

LEAN SENSOR (6)

LEAN SENSOR (2)

Komentar»

1. cicak kreatip.com - 08/05/2014
2. 46sukses.com - 08/05/2014

Assyik podium 2…

3. kang Onar - 08/05/2014

nyimak. . .neng ra dong!

4. warungasep - 08/05/2014
5. monkeymotoblog - 08/05/2014
6. Bapak'e Salma - 08/05/2014

Marquez yang bisa miring 60°

7. kudo78dk - 08/05/2014
8. pikolo - 08/05/2014

kalo tiap di parkiran di miringin dulu terus dibalikin pas mau pergi, bakal masalah ga kedepannya? kalo engga kan lumayan buat anti maling

9. ipanase - 08/05/2014

ujung2 e ra iso urip :v

10. macantua - 08/05/2014

malah tmen ane pake buat kunci rahasia nih sensor hahahahaha
http://macantua.com/2014/05/08/another-yamaha-r25-spyshoot-live-from-purwakarta/

11. rdy - 08/05/2014

oke
sip sip artikel yg mudah dipahami bagi konsumen
orng bengkel ya mass…xixi

aripitstop - 08/05/2014

Iya, cuma mknk biasa kok

12. otoreblog - 08/05/2014

Reblogged this on otoreblog.

13. Hermawan - 4G92Mivec - 08/05/2014
14. adityaprad - 08/05/2014

Nice info kang ari jd masang.a jgn mpe kebalik ya

http://adityaprad.wordpress.com/2014/05/08/spyshoot-r25-di-purwakarta/

15. hayyu motor - 09/05/2014

Terus mengikuti, mas… 😀

16. orong-orong - 09/05/2014
17. Taufik - 09/05/2014

tergantung mas, ada yang taruh di belakang, ada pula yg taruh ditengah atau ada pula yang taruh di depan

aripitstop - 09/05/2014

iya mas…sip jos

18. sandal-jepit - 09/05/2014

Up

19. piksen abang - 09/05/2014

oo..itu sensor tho… baru tau saya. misal posisi ga sesuai (miring) gmn? fungsi ga?

20. RPMspeed - 09/05/2014

motorku nggak ada lean angle nya 😮

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Kenali Jenis,Kelebihan dan Kekurangan dari Aki
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/09/jenis-jenis-aki-sepeda-motor/

21. ridertasik - 10/05/2014
22. NVL - 21/05/2014

Berisoko nda klo tuh sensor kt jdkan sebagai pengaman (sering cabut), maksudx pada saat d parkiran atw dmn kt cabut dan miringkan tuh sensor biar mesin nda nyala kalau ad yg mw curi tuh motor??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: