Iklan
jump to navigation

Seal Jebol Salah Satu Penyebab Air Radiator Vixion Cepat Habis 06/04/2014

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

sil pompa (2)

Hari sabtu sudah jadi langganan bengkel rame, alhasil blog nggak keurus tapi nyimpen modal untuk di share disini. Kebetulan ada konsumen vixion yang mengeluhkan lampu sinyal / MIL nyala terus tanpa kedip saat kondisi motor sudah panas atau setelah jalan agak jauh. Saya cek menggunakan alat FID disitu tertera kode S/D 21, kode tersebut mengindikasikan adanya ketidak normalan di sistem pendinginan atau sensor suhunya.

sil pompa (1)

Kemudian saya cek kondisi sensor suhu ( termosensor yang disebelah busi) kondisinya masih normal, indikasi termosensor masih bekerja normal adalah saat motor sudah mencapai suhu 100’c maka kipas akan menyala. Saya tes kipas radiator ternyata masih normal juga. Akhirnya saya cek kondisi air radiator ternyata habis, ada beberapa faktor penyebab air radiator bisa habis salah satunya karena selang radiator bocor/sobek dan pernah saya ulas disini.

Air Radiator Vixion Meler Saat Kondisi Mesin Panas, Ini Masalahnya…

Saya cek juga selang radiator masih bagus, kemudian saya cek air radiator ternyata habis tetapi anehnya tidak ada tanda2 kebocoran dari luar lanjut saya putuskan untuk kondisi oli mesin, ternyata benar dugaan saya kalau kondisi oli mesin milky dan ini pasti karena sil pompa radiator bocor sehingga air radiator masuk ke ruang mesin sehingga bercampur dengan oli. Kondisi seperti ini jika didiamkan terlalu lama maka jeroan mesin bisa rontok karena pelumasan oli sudah tidak berfungsi lagi.

Lihat gambar dibawah, kondisi sil bocor karena faktor usia, harga sil pompa radiator 133ribu, jadi kalau lampu MIL nyala segera cek kondisi motor ke bengkel agar terdeteksi kerusakan yang ada di motor.

sil pompa (4)

Iklan

Komentar»

1. ipanase - 06/04/2014

asem jebol neng ndi2, milky oil
enteke piro lek? men aman piye?
deteksi pie

aripitstop - 06/04/2014

nek milky oil tergantung kerusakannya, biasanya piston dan cylinder serta kampas kopling paling rentan rusak akibat milky. Karena part tersebut yang tingkat gesekannya paling tinggi.
oil milky karena sil jebol biasanya motor over heat ditandailampu MIL nyala saat motor sudah panas atau jalan jauh, air radiator di tangkireservoir berkurang dan di radiator habis,jika iar radiator habis segera cek kondisi oli mesin, jika oli mesin terjadimilky maka dibisa dipastikan ada kebocoran air radiator dan yang paling sering rusak adalah sil water pump-nya rusak.
biar aman, cek selalu kondisi air radiator dan kondisi oli jika ada lampu mil nyala segera ke bengkel,

2. warungasep - 06/04/2014

Wow mengerikan

3. hrf2209 - 06/04/2014
4. warungasep - 06/04/2014
5. nivikoko - 06/04/2014
6. kudo78dk - 06/04/2014
7. Mas Odi - 06/04/2014

nice info

8. nivikoko - 06/04/2014
9. cahyadip - 06/04/2014

Wew masalah ini melanda JupiMX angkatan awal juga ya dulu?

http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/05/pcx150-mau-dilokalkan-duh/

Wahyu - 06/04/2014

Sama penyakit kampas kopling sering hangus mas di jupi mx lama

cahyadip - 06/04/2014

Dulu pas pertama keluar jupeMX saya beli dan pakai, sebetulnya belum dapet masalah2

10. Mase - 06/04/2014
11. belalangmerah - 06/04/2014
12. masshar2000 - 06/04/2014
13. KomMotor - 06/04/2014

Nice inpoh gan.. 😉

14. Cross Fuera Holic - 06/04/2014

wah untung selama 8tahun belum pernah ada masalah radiator…
oh ya, tanya bro.. untuk ngecek thermostat radiator MX msh fungsi atau gak ada alat g d bengkel Yamaha??

ATA - 08/04/2014

cb j buka sensornya ts masukin ke gelas yg dh diisi air panas low kipas radiator jln berarti bagus tu (hrus air mendidih)

15. thedeadbone - 06/04/2014

eh kang mau nanya kalo untuk umur busi itu brp km seh? n apakah misal kalo max 5rb km harus ganti tp busi masih bagus apakah harus wajib ganti yg baru kah??

Cross Fuera Holic - 06/04/2014

seingatku sih 7000KM… mksdnya dsarankan pada 7000KM d ganti… bukan berarti 7000KM pst rusak… karena bisa saja lebih dari 9000KM msh oke2 aja.. tapi kalau misalnya ingin memaximalkan umur busi ya mending bawa busi cadangan d jok. jadi sewaktu2 mogok ya tinggal ganti busi aja (kalau berepot2 ria)

ayok - 07/04/2014

klw businya ori , bagus, bukan palsu tiruan atau abal abal yah
yg 5000 km itu umur rata2 busi mobil ndan,
klw di motor 10000 km
why ? kok bsa pdahal umumnya mobil lbh gde CC, lbh berat beban malah cmn 5000 km
yup karena busi mobil ad beberapa, ad yg 2,3,4 6 trgntung jmlh silinder dan umunya masing2 silinder puny satu, jadi bebannya terbagi2.
maka gk masalah jika bahan dasar pmbuatan busi std mobil dibuat dgn umur pakai lbh pndek, slain itu jka salah satu mulai minta ganti yg di silinder lain msh bsa utk mobil brthn agar ttp jalan meski timpang,.
klw motr bahan nya agak kuat dgn umur pake lbh panjang krrena cmn satu , cc kcil tp smn satu dan dipake boncengan pula. jd umur pakai lbh panjang.
CMIIW

Cah Andra - 07/04/2014

Klo MX ane dr baru sampai KM 21.000 baru ganti busi brur, padahal service rutin di beres gak pernah lowong (2bln skali), setiap sevice kata mekanik beres businya masih bagus. sampain pada KM diatas saya inisiatif untuk ganti busi walau tidak ada rekomendasi oleh mekanik. koq bisa ya? 😀

thedeadbone - 08/04/2014

siap om ayok…soale ane lsg ganti busi standar pake yg NGK platinum udah jalan 6rb km hohoh…berarti random ya tuh businya mati kapan e

16. wangsit - 06/04/2014

wah ini klo kejadian di cb udah jadi tambahan bahan BC nih.kayak tagline nya si FBY “rompal”

Dide Irvin - 07/04/2014

punya motor radiator gak??
kalo enggak coba ente gabung di forum2 motor beradiator macam CBR CS1 MX Ninja, pasti ente sering dengar masalah begini
masalah begini sudah resiko punya motor radiator tergantung perawatan

17. ayok - 07/04/2014

wah servis/perbaikan/merawat kluar 135 rb
ehm ,.
ini yg disebut dgn motor dgn biaya perawatan murah?
hmm sambil manggut manggut

18. orong-orong - 07/04/2014
19. Lampu MIL Merah Motor YZF-R15 dan Vixion Nyala Saat Kondisi Motor Panas Atau Nyala Terus Tanpa Kedip, Nich Penyebabnya | ARIPITSTOP - 19/04/2014

[…] 2. Seal Jebol Salah Satu Penyebab Air Radiator Vixion Cepat Habis […]

20. Danu - 09/05/2014

waduh motor vixion ku juga baru mengalaminya,ternyata seal ama bearingnya udah ga normal lagi,air radiator udah banyak nyampur ke ruang mesin bercampur dengan oli untung cepat di bawa ke bengkel,,,melayang dah hampir 400 ribu

21. Masih Ada Yang Salah Kaprah Dengan Tangki Reservoir Vixion, Bukan Tabung Oli Samping | ARIPITSTOP - 22/01/2015

[…] Seal Jebol Salah Satu Penyebab Air Radiator Vixion Cepat Habis […]

22. Nich Suara Seal Waterpump Akan Jebol, Kapan Waktunya Ganti Seal Waterpump Vixion Agar Tidak Keburu Jebol | ARIPITSTOP - 19/04/2015

[…] Seal Jebol Salah Satu Penyebab Air Radiator Vixion Cepat Habis […]

23. sofyan - 29/04/2015

om vixi qu air radiator yg di tabung cadangan ny cpt brkurang knp ra…

24. sundul - 25/12/2015

Bang vixion sy uda naik spek
Tp kalo air radiator.y d aktifin atau ada air.y mtor malah mati
Setelah d cek busi.y ada air.y
Bagainmana cara mengatasi.y bang
Tolong d jawab bang
Terima kasih bnyak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: