jump to navigation

Motor Vixion Over Heat ? Ini Salah Satu Penyebabnya 06/04/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

pompa (4)

Pengguna motor berpendingin air radiator sebaiknya selalu cek kondisi air radiatornya, sebab jika air radiator sampai habis maka dipastikan mesin akan terjadi over heat karena proses pendinginan mesin tidak berjalan normal.

Sistem pendinginan motor bisa berjalan normal jika air radiator mengalir berputar mengelilingi jalur yang tersedia, jika air radiator tidak mengalir maka air radiator akan mendidih serta menguap sehingga dan semakin lama akan habis karena motor menjadi over heat. Air radiator bisa berjalan mengelilingi mesin karena adanya tekanan dari pompa radiator, pompa radiator memompa air radiator untuk bisa mengalir dan mendinginkan mesin sehingga suhu di mesin tetap stabil. Jika pompa rusak maka dipastikan air radiator tidak akan bisa mengalir berputar mendinginkan mesin akhirnya mesin jadi over heat dan lampu MIL akan nyala sebagai tanda peringatan kalau di motor ada masalah.

pompa (2)

Pompa radiator yang terdapat dimotor vixion dan jupiter mx bentuknya sama seperti kipas, part iniharganya 49ribu, kipas radiator bisa rusak biasanya karena faktor umur, faktor sil jebol serta bearing/lahernya rusak sehingga kipas berputar tidak stabil dan kipas berputar menggesek rumah pompa karena terjadi gesekan maka kipas akan aus karena terbuat dari plastik. Saya sarankan jika ganti kipas pompa air radiator sekalian diganti silnya agar kondisi kipas raditor tetap normal dan air tidak bocor karena sil sudah terbuka saat melepas kipas pompa.

Lihat kondisi kipas sebelum dan sesudah diganti baru…

pompa (1)

 

Kipas radiator bisa aus sampai habis…

pompa (3)

 

Saat ganti kipas pompa radiator disarankan ganti juga sil pompanya.

pompa (5)

Komentar»

1. djhar - 06/04/2014

Ada standar stlh berapa lama atau berapa km baik nya itu di ganti Kang?
Apa stlh ada gejala atau rusak baru di ganti?

2. cahyadip - 06/04/2014

Artikel bermanfaat sekali bro

http://cahyadip.wordpress.com

3. kudo78dk - 06/04/2014
4. RPMspeed - 06/04/2014

wah punyaku air cooler 😮

—————————————
Bahaya Melepas Cover CVT
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/06/bahaya-menggunakan-cvt-trondol/

5. abuabbas1 - 06/04/2014

mantab detailnya.
tips trik mekanik motor terapan http://www.auto-champion.blogspot.com

6. Mas Dani - 06/04/2014
aripitstop - 06/04/2014

Setiap sepuluh ribu km sdh cukup, yg penting teratur rajin ganti air radiator

7. ochimkediri - 06/04/2014

sedangkan ganti air radiator itu berapa km mas?

aripitstop - 06/04/2014

Maksimal 10ribu km

8. dion mks - 06/04/2014

Kang ari, maaf oot.. sy punya xeon rc.. bagian komstirnya ada suara jeduk2 pada saat rem depan di tekan atau melewati polisi tidur.. sy mau periksa derah komstirnya, bagian tebeng mana yg hrus sy buka kang, depan atau belakang atau keduanya.. soalnya sy lbh senang kerja sndiri kang, sekalian belajar.. 😀

aripitstop - 06/04/2014

Cukup tebeng depan saja yg dudukan plat nmr

9. Cross Fuera Holic - 06/04/2014

oh iya bro Ari…. kalau bisa tiap artikel kayak d atas d cantumkan umur ordometernya, jadi pemilik motor yang sama bisa berhati2 atau juga ikut memeriksakan kendaraannya bila mendekati atau melebihi ordometer motor yang jadi korban

10. erwin - 06/04/2014

good info nih untung gak pake radiator……hehehe

11. Asys Fandi - 07/04/2014

Pencerahan………..

12. ayok - 07/04/2014

nyuss,.
selalu ada waktu untuk perbaikan kualitas

13. orong-orong - 07/04/2014
14. hi hi hi - 07/04/2014

wah bisa kaya gitu ya, dulu cuma rajin ganti air radiator, kalo cek pompa gak pernah.

15. Aa Ikhwan - 07/04/2014

sy jg dah ganti jebol krn sering di rpm tiggi katanya 😆

16. abuabbas1 - 07/04/2014

mas katanya sering kehabisan bensin vixion, pompa bensinya juga bisa jebol. benarkh demikian?
dadang http://www.auto-champion.com

aripitstop - 07/04/2014

g da masalah…asal tangki tidak airnya kasih bensin lagi langsung jalan

abuabbas1 - 13/04/2014

mas ari bisa ke sms hpku? no ku tetap. tapi krena smartpone ilang no hp pada ilang.

aripitstop - 13/04/2014

Ok

abuabbas1 - 13/04/2014

sip, makin produktif aja tulisannya.

aripitstop - 13/04/2014

Waduh pulsa habiss…. Wa g aktiv ya?

abuabbas1 - 13/04/2014

sementara pake hp jadul. tp tadi da ta sms sampai to brother.

aripitstop - 13/04/2014

Ok…pulsa lg hbs

17. jetwan tumpaker - 07/04/2014

Wah kang kalo itu mah meleleh, bahasa belandanya ndledek..

18. Lampu MIL Merah Motor YZF-R15 dan Vixion Nyala Saat Kondisi Motor Panas Atau Nyala Terus Tanpa Kedip, Nich Penyebabnya | ARIPITSTOP - 19/04/2014

[…] 1. Motor Vixion Over Heat ? Ini Salah Satu Penyebabnya […]

19. suleinjeckcrot - 20/04/2014

suwuun kang infonya..crot

20. aniez - 29/03/2015

ooooowxz

21. Nich Suara Seal Waterpump Akan Jebol, Kapan Waktunya Ganti Seal Waterpump Vixion Agar Tidak Keburu Jebol | ARIPITSTOP - 19/04/2015

[…] Motor Vixion Over Heat ? Ini Salah Satu Penyebabnya […]

22. ababil - 06/10/2015

ababilseo.web.id

23. Alex - 05/04/2016

Bang motor ane kipas pada radiatornya enggak mau putar pas motor udah panas dan akhirnya motor mati tiba” kayak kelistrikannya hilang, itu giana gan?

24. teditaufkh - 31/01/2018

Saya sudah ganti seal water pom nya ?tapi ko masih bunyi berdecit.heran ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: