Motor Mbrebet Cek Kondisi Filter Udara Mampet 31/03/2014
Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.Tags: BENGKEL
trackback
Filter udara memiliki fungsi menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih. Udara yang disaring tadi kemudian akan menuju ke ruang pembakaran dengan bahan bakar. Dengan bercampurnya udara dan bahan bakar, maka kedua zat ini akan berubah menjadi gas lalu menuju ruang silinder.Kalau udara yang masuk bercampur dengan debu, pasir atau kotoran lain, akibatnya bisa fatal. Piston, ring piston dan dinding silinder menjadi aus atau baret. Itulah kenapa fungsi filter udara sangat penting.
Jika filter sudah sampai mampet karena banyak kotoran yang menempel maka udara tidak akan bisa masuk ke ruang bakar untuk sebelumnya bercampur dengan bensin sebelum dibakar di ruang bakar. Bensin bisa terbakar sempurna jika ada udara, tanpa udara maka api tidak akan menyala. Oleh karena itu cek selalu kondisi filter udara agar kondisi motor kita tetap stabil.
Terutama untuk filter udara yang tipe basah cek selalu maksimal setiap 10ribu km meskipun anjuran dari pabrikan kalau filter udara bisa bertahan maksimal 16 ribu km, tetapi itu dilihat dulu kondisi lingkungannya karena sesuai pengalaman saya kalau filter udara di 10 ribu km sudah mulai numpuk kotorannya.Filter udara tipe basah tidak boleh dibersihkan dengan di semprot angin bertekanan seperti filter udara tipe kering. Filter udara tipe basah jika disemprot dengan angin justru kotorannya akan mengendap di celah2 kertas filter dan bikin mampet.
Last jangan abaikan filter udara…
hati2
Wow nice info 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/03/31/video-tvc-iklan-kawasaki-bajaj-pulsar-200ns-di-tv-indonesia/
walah… kemproh mode on itu….
http://78deka.wordpress.com/2014/03/31/hrc-pengembangan-rcv1000r-nanti-saja/
kotor
Satuju….
http://cahyadip.wordpress.com/2014/03/31/menghitung-km-terpakai-oli-motor-metik-pcx150/
jos, kalo utk matic katanya setiap 20rb km ganti ya..
http://masshar2000.com/2014/03/30/mengenal-sirkuit-twin-ring-motegi/
filter basah maksimal 15ribu km
info berguna nih
http://hrf2209.wordpress.com/2014/03/31/internetan-cepat-dengan-uc-browser/
Mas, kalau rantai nvl berisik (pas pencet kopling) knp ya?
http://rideralam.com/2014/03/31/dipepet-orang-tanpa-sadar-motor-dan-stnk-lenyap-modus-hipnotis/
setelan rantai g rantai juga pengaruh
nyoosss
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/31/test-ride-honda-vario-110-fi-nyaman-dan-lincah/
sippp… memang itu salah satu indikasinya…
Buat baca di hari libur suhu semua 🙂
http://kobayogas.com/2014/03/31/vespa-primavera-ouch-keracunan-zelioni-dan-malossi/
tips keren nih
http://yudakusuma.com/2014/03/31/spyshoot-chevrolet-spin-soft-roader-beredar-fender-dan-bumper-lebih-gembung-mencirikan-crossover/
cek ah…
http://belalangmerah.wordpress.com/2014/03/31/imbas-dari-kenaikan-ppnbm-ducati-memberikan-subsidi-pada-produk-mogenya/
Filter udara di motorku dah lama gak dibersihin, terasa berat baget tarikannya, kayak ketahan, terutama waktu rpm tinggi.
Mengingat kembali kisah Honda Tiger.
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/03/31/honda-tiger-sang-legendaris/
sip..crot..
serap ilmu lagi
tips trik mekanik motor terapan http://www.auto-champion.blogspot.com
Suwun mengingatkannnn