jump to navigation

Motor Mbrebet Cek Kondisi Filter Udara Mampet 31/03/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

filter udara

Filter udara memiliki fungsi menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih. Udara yang disaring tadi kemudian akan menuju ke ruang pembakaran dengan bahan bakar. Dengan bercampurnya udara dan bahan bakar, maka kedua zat ini akan berubah menjadi gas lalu menuju ruang silinder.Kalau udara yang masuk bercampur dengan debu, pasir atau kotoran lain, akibatnya bisa fatal. Piston, ring piston dan dinding silinder menjadi aus atau baret. Itulah kenapa fungsi filter udara sangat penting.

Jika filter sudah sampai mampet karena banyak kotoran yang menempel maka udara tidak akan bisa masuk ke ruang bakar untuk sebelumnya bercampur dengan bensin sebelum dibakar di ruang bakar. Bensin bisa terbakar sempurna jika ada udara, tanpa udara maka api tidak akan menyala. Oleh karena itu cek selalu kondisi filter udara agar kondisi motor kita tetap stabil.
filter udara.
Terutama untuk filter udara yang tipe basah cek selalu maksimal setiap 10ribu km meskipun anjuran dari pabrikan kalau filter udara bisa bertahan maksimal 16 ribu km, tetapi itu dilihat dulu kondisi lingkungannya karena sesuai pengalaman saya kalau filter udara di 10 ribu km sudah mulai numpuk kotorannya.Filter udara tipe basah tidak boleh dibersihkan dengan di semprot angin bertekanan seperti filter udara tipe kering. Filter udara tipe basah jika disemprot dengan angin justru kotorannya akan mengendap di celah2 kertas filter dan bikin mampet.
Last jangan abaikan filter udara…

Komentar»

1. ipanase - 31/03/2014

hati2

2. warungasep - 31/03/2014
3. kudo78dk - 31/03/2014
4. orong-orong - 31/03/2014

kotor

5. cahyadip - 31/03/2014
6. masshar2000 - 31/03/2014

jos, kalo utk matic katanya setiap 20rb km ganti ya..
http://masshar2000.com/2014/03/30/mengenal-sirkuit-twin-ring-motegi/

aripitstop - 31/03/2014

filter basah maksimal 15ribu km

7. hrf2209 - 31/03/2014
8. Karis - 31/03/2014
aripitstop - 31/03/2014

setelan rantai g rantai juga pengaruh

9. monkeymotoblog - 31/03/2014
10. Kobayogas - 31/03/2014

sippp… memang itu salah satu indikasinya…

Buat baca di hari libur suhu semua 🙂

http://kobayogas.com/2014/03/31/vespa-primavera-ouch-keracunan-zelioni-dan-malossi/

11. Yudakuzuma - 31/03/2014
12. belalangmerah - 31/03/2014
13. prasetyo676 - 31/03/2014

Filter udara di motorku dah lama gak dibersihin, terasa berat baget tarikannya, kayak ketahan, terutama waktu rpm tinggi.

Mengingat kembali kisah Honda Tiger.
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/03/31/honda-tiger-sang-legendaris/

14. sulaeman nafsoelovers crot - 31/03/2014

sip..crot..

15. abuabbas1 - 01/04/2014

serap ilmu lagi
tips trik mekanik motor terapan http://www.auto-champion.blogspot.com

16. 46sukses.com - 01/04/2014

Suwun mengingatkannnn


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: