Mengenal Lebih Dalam Yamaha GT125, Gagah Mewah Nyaman Bertenaga (Part 2) 16/03/2014
Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.Tags: YAMAHA
trackback
Sebelumnya saya sudah bahas motor ini dari segi fiturnya ‘klik disini’. Sekarang coba saya urai bagian mesin GT125, apa saja yang dibenamkan oleh yamaha ke produk terbarunya GT125.
Yamaha menanamkan teknologi YMJET FI di motor 125cc ini, Teknologi injeksi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) memang sudah dipakai pada beberapa varian Yamaha seperti Mio J yang pertama kali dirilis matic injeksi pertama dari yamaha indonesia. Teknologi FI yang dimiliki Yamaha mampu mencampur bahan bakar dan udara menjadi partikel yang sangat kecil sehingga pembakaran yang lebih sempurna. Kerja YMJET-FI tentunya didukung oleh banyak komponen utama seperti ecu, throtle body, injektor, O2 sensor, Thermo assy, Fuel pump, serta Crankshaft position sensor.
Cara kerja YMJET FI layaknya sistem kerja fungsi indra ditubuh kita, monggo disimak video dibawah ini.
Untuk leboh deatil fungsi dari masing2 komponen YMJET FI bisa dibaca disini ‘Mengenal Lebih Dalam YMJET FI’, di artikel tersebut sudah saya jabarkan fungsi dan cara kerja YMJET FI. Dan bisa juga di artikel ini ‘Cara mudah pahami komponen injeksi’.
GT125 memiliki radiator, Sistem pendinginan mesin tipe cairan / menggunakan radiator menjaga temperatur mesin agar tetap stabil, sehingga proses pendinginan mesin yang baik menghasilkan performa mesin yang stabil pula. Kapasitas total air radiator 370cc sedangkan kapasitas tangki reservoirnya hanya 330cc. Jangan lupa pakai iar radiator asli yamaha Yamacoolant yang anti karat.
GT125 menggunakan piston mengaplikasi tipe forged piston. Ya, piston tempa yang tahan terhadap kompresi tinggi. Forged piston mengadopsi teknologi motor balap terbuat dari material Alumunium Alloy, dibuat dengan proses cetak Forging / Tempa dengan temperature yang sangat tinggi. Piston ini digaransi oleh yamaha sampai 5 tahun atau 50ribu km sesuai aturan yang berlaku.
Sedangkan untuk cylindernya menggunakan DiASiL Cylinder (Die-Casting Aluminum Silicon Alloyed) adalah Cylinder body tanpa liner yang mengadopsi teknologi motor balap. Terbuat dari komposisi material Aluminum Alloy dengan Silicon, dengan proses tekanan dan temperature yang sangat tinggi. Keuntungannya kuat, ringan dan anti baret. Pedinginan mesin lebih baik serta tahan lama dan GARANSI 5 Tahun / 50.000 Km.
Pelatuk klep aplikasi model roller rocker arm, friksi antara pelatuk dengan kem jadi lebih minim dan usia pakai komponen lebih tinggi.Penyetelan celah klep-pun bisa distel setiap 10ribu km, Begitu juga soal getaran, ikut tereduksi. Profil kem, tentu mengikuti karakter pelatuk klep. Efek lainnya, performa engine tetap terjaga.
Teknologi YMJET FI ini didukung pula oleh pelayanan after sales yang sudah tersedia di seluruh jaringan bengkel resmi yamaha se-indonesia.
Fuel Injection Diagnostic Tool.
Sistem perawatan FI mengunakan alat khusus yang terhubung dengan soft ware pada komputer. Software tersebut berfungsi menyimpan data perawatan dan mendiagnosa sepeda motor. Keuntungannya FI Diagnostic dapat digunakan pada semua tipe Sepeda motor FI yang dimiliki oleh Yamaha, khususnya di Indonesia. Software ini merekam data kerusakan dan dapat dicetak sehingga tahu kondisi dan riwayat motor sebelum service. Dan yang lebih penting lagi bahwa program ini ( ECU) dapat di re-program untuk versi-versi selanjutnya. Dapat memonitor kondisi motor real time (kondisi motor hidup) jadi saat ada masalah di motor, software ini bisa dipasang di motor kemudian jalan/ test ride untuk mengetahui kerusakan di motor sesuai kondisi real time saat dipakai konsumen.
Dan masih didukung perawatan service seperti injektor cleaner, carbone cleaner serta injektor tester dan cleaner. Disarankan service injeksi setiap 10ribu km agar kondisi motor tetap terjaga.
lampunya keren bro
Testimoni: 700 Km bersama kit chain lube
http://rezaholic.wordpress.com/2014/03/15/700-kilo-bersama-kit-chain-lube/
Nambah satu mas, mahal 😀
http://motorrio.com/2014/03/15/update-r15-v3-new-color-scheme-agak-curiga-nih/
hehehehe
irit pastinya..
http://bintangjati.com/2014/03/15/ketemu-sama-suzuki-dr-z400sm-di-tempat-parkir/
Menyimak
kenceng nan iritnya juga 😉
http://potretbikers.com/2014/03/16/yamaha-xt250-cocok-buat-panduan-modif-scorpio/
Di kelas 15jtan banyak godaannya selain GT125
Sippp
http://kobayogas.com/2014/03/16/pojok-opini-punya-moge-beneran-itu-truly-exciting-however/
jooozzz
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/15/hot-honda-cb250-nighthawk-motor-polisi-arab-saudi-please-ahm-bawa-mesinnya-buat-next-tiger-please/
velg belakang nih gt125 bisa diganti pnp gak dengan velg xride…?
nggak bisa
Wuihh lengkap tur jelas… Yang belom pernah nyobak injector cleaner BTW cara pakainya gimana kang? Dan maharnya berapa? Tks
http://www.nivikoko.wordpress.com/2014/03/15/misteri-rumah-kost-malang-yang-bener-bener-bikin-ciut-nyali/
itu jasa service biasanya 40ribu
sudah pernah liat dijalan
kenapa kurang wah ya, apa gara2 beti ama soul gt yah?
masi terlihat matik mini 110-115cc gitu, kurang mewah
lebih kearah tajam
secara body masi mewah dan elegan vario 125 dan skywave malah
soal handling, perform kenyamanan gak tau, soalnya gak punya haha
‘gagah mewah bertenaga’ …. sponsor banget nih
dilengkapi dengan structur analysisnya boss…pasti joss deh…
mantep 😀
mantep…
Kang ari, kalau full DC xride dengan ganti kiprok Tiger apa tidak merusak ecu?
Sy pernah baca di salah satu blog kalau di potong kabel kuning di kiprok xride trus di sambung ke kabel coklat output kontak katanya bisa atasi tekor aki karena pasang HIDd. Mohon bantuannya kang..trimss
bisa ngrusak ecu karena ecu akan kelebihan beban tegangan karena arus yang masuk tidak tidak disaring dulu oleh kiprok.
untuk motor karburator sistem ini tidak masalah hanya efek aki cepat panas dan umurnya tidak sesuai klaim pabrikan. untuk motor injeksi lbh baik jgn.saya blm coba sistem ini untuk motor injeksi, untuk motor karburator sudah sering dan harus diimbangi dengan aki yang arus besar atau aki 5 ampere
Kalau kiprok standar bawaan xride di cabut kabel kuningnya trus di sambung ke kabel kontak. Bgmkang? Trms kang
Xride sy sekarang sdh pake HID, lampu belakang dan senja sdh sy ganti led. Sejauh ini gpp cuma, blm berani pake jalan jauh berjam2 takutnya drop aki nya.
Mohon bantuan tips untuk pemakaian HID di motor xride kang trmksh
siap, sy lagi trial pemasangan kiprok untuk HID, sy tes dulu jika tdk ada masalah akan sy share di artikel
yang jelas mantap gan, punyaku luxury white gak onok tunggale nang pabrik……. 🙂
Numpang tanya kang… ini gt125 pake tegangan arusnya apa ya?
Gan, yg part 1 nya mana? Kq gak ada? Thankz
http://aripitstop.com/2014/02/20/mengenal-lebih-dalam-yamaha-gt125-gagah-mewah-nyaman-bertenaga/
ada yg tau pit stop new gt 125 yg baru gk