jump to navigation

Cara Deteksi Tingkat Keausan Kampas Rem Belakang 04/03/2014

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
Tags:
trackback

kampas rem belakang (1)

Jika saat menginjak pedal rem belakang timbul bunyi decit atau bahkan pengereman sudah tidak pakem, coba cek kondisi kampas remnya apakah sudah habis atau masih tebal. Jika masih tebal berarti kampas rem bunyi karena kotor saja. Bukan berarti kampas rem habis setiap menginjak pedal rem timbul bunyi decit, mungkin karana kotor saja, monggo disimak cara mengecek ketebalan kampas rem belakang.

Kali ini saya akan membahas cara mengecek ketebalan kampas rem belakang tipe tromol untuk motor bebek dan motor sport. Mudah kok…lihat gambar dibawah. Ketebalan kampas rem belakang bisa dilihat dari “indikator keausan”.

Cara pengecekannya, di tutup tromol roda belakang ada indikator keausan terdiri dari plat indikator dan dua tanda garis ketebalan kampas rem di tutup tromol, garis pertama tanda kampas sudah habis( lihat gambar dibawah) tanda yang kedua kampas rem masih tebal. injak pedal rem belakang kemudian lihat posisi indikator keausan dalam posisi pedal rem masih diinjak.

1. Jika posisi indikator keausan menunjukkan garis didepan atau garis pertama maka kondisi kampas rem masih tebal, jika posisi indikator keausan berada ditengah2 antara kedua garis maka keausan kampas rem masih 50% saja. Lihat gambar dibawah contoh kampas rem masih tebal.

kampas rem belakang (4)

2. Jika indikator keausan berada di garis paling belakang maka kondisi kampas rem sudah habis atau tipis, saatnya diganti baru. Lihat gambar dibawah contoh kondisi kampas rem sudah hampir habis. Biasanya sudah timbul decit saat injak rem.

kampas rem belakang (3)

Kampas rem tromol ( brake shoe ) saat dibongkar seperti masih tebal jika dilihat secara kasat mata, padahal kampas remnya sudah tipis dan jika dibiarkan maka kondisi tromol yang akan semakin aus. Lihat gambar dibawah ini, ini adalah kondisi kampas rem yang sudah habis tapi sepatu kampas rem masih terlihat tebal.

kampas rem belakang (2)

Sudah tahu to… cara mengetahui kondisi ketebalan kampas rem belakang tanpa melototin langsung kampasnya.

Semoga bermanfaat.

 

Komentar»

1. emir99 - 04/03/2014

Joozzz… Tak nggo saiki kemeja GT ne ‘Kang.. :mrgreen:

aripitstop - 04/03/2014

Jos

2. orong-orong - 04/03/2014

kirain gak ada gunanya itu

aripitstop - 04/03/2014

gubrak

orong-orong - 04/03/2014

kalau nyuci sering nyangkut

aripitstop - 04/03/2014

bawa ke bengkel sruh bongkar bersihin, kasih gemuk

3. Bapak'e Salma - 04/03/2014

info yang bermanfaat mas

4. Sigit - 04/03/2014

kalo motor2 tua kebanyakan dah rusak indikatornya..

5. ali Zibbeni - 04/03/2014

Baru tau kang
mantap infonya kang

6. Blank Canvas - 04/03/2014

nah, postingan yang kaya gini nih,, saya demennn,….. makasih bos !!! LanjutGan !!

7. monkeymotoblog - 04/03/2014
8. hulssay - 04/03/2014
9. jackalride - 04/03/2014

simpel ๐Ÿ˜€
___________________________________
kendaraan berbahaya!
http://jackalride.wordpress.com/2014/03/04/kendaraan-kendaraan-yang-harus-anda-waspadai-di-jalan/

10. aurora - 04/03/2014

nice info. tanya soal lain kang. material pelek njz1 koq kayane beda sama jupi mx yach. menurut kang ari gimana

aripitstop - 04/03/2014

menurut saja sama…

11. Rollerman - 04/03/2014

mantap. ini yang aku cari. soalnya d buku manualnya kurang begitu jelas

12. rusman - 04/03/2014

meski terkadang ga akurat tapi penting buat jaga-jaga

13. thedeadbone - 04/03/2014

itu di matic juga ada kah?

aripitstop - 04/03/2014

ada …

14. vixionr15 (ห†โŒฃห†โ€Žโ€‹โ€‹โ€‹โ€‹)โ”ŒะŸโ”, - 04/03/2014

Si

15. vixionr15 (ห†โŒฃห†โ€Žโ€‹โ€‹โ€‹โ€‹)โ”ŒะŸโ”, - 04/03/2014

Sip

16. potretbikers - 04/03/2014
17. Wong Ndeso 94 - 04/03/2014
18. sulaemancrot - 04/03/2014

super sekali anda..crot

19. ochimkediri - 05/03/2014

okeh

20. touringrider - 05/03/2014

Siapp

21. RPMspeed - 05/03/2014
22. ipanase - 05/03/2014

sebelum sampe belakang banget biasanya sudah diganti bunyi

23. Rem Bunyi Berdecit, Bukan Berarti Kampas Rem Habis | ARIPITSTOP - 10/04/2014

[…] Cara Deteksi Tingkat Keausan Kampas Remย Belakang” […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: