jump to navigation

Bongkar Kampas Rem Depan Vario Yuk… 27/02/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
trackback

caliper vario4

Setelah kemarin sudah saya bahas caranya bersihkan kampas rem depan motor yamaha disini, sekarang kang ari bahas caranya bongkar kampas rem depan vario. Untuk bongkar kampas rem depan vario lebih simpel dan kunci yang digunakan juga sedikit, monggo disimak.

Kalau setiap tekan rem kanan selalu bunyi bisa jadi kampas rem kotor atau bahkan sudah habis tuch… nach kalau misalkan cuma kotor ataupun kampas remnya habis nich caranya. Siapkan kunci L bintang ukuran T40, kunci T 8, dan ampelas.

caliper vario2

 

Jika kunci2 sudah tersedia lanjut ke TKP. Lihat gambar dibawah ini,

caliper vario

 

1.Ambil kunci T8 kemudian baut pengikat kampas rem dilepas. putar ke arah kiri untuk mengendorkan.

2.Jika sudah kendor cabut dan lepas bautnya dari kaliper.

3. Lanjut melepas dua baut bintang, kendorkan dengan kunci L bintang.

4.Jika melepas baut L bintang agak susah bisa dibantu dengan kunci T agar torsinya jadi lebih enteng.

caliper vario.

 

1. Setelah baut kaliper sudah terlepas, tarik kalipernya maka kampas rem sudah pada mretelin tuch…

2. Kampas rem sudah terlepas.

3. Jika ketebalan kampas rem masih diatas 1mm cukup dibersihkan sajadengan ampelas tapi jika sudah tipis saya sarankan ganti baru daripada nanti piringan/discnya aus gara2 kampas rem sudah habis.

4. Kampas rem sudah bersih atau ganti baru lanjut proses pemasangan.

caliper vario...

 

Lanjut proses pasang kampasnya,

1. Ambil kampas rem yang bagian dalam atau yang ditekan oleh piston, pasangkan ke kaliper sambil baut pengikat kampas dimasukkan juga,lihat gambar diatas nomer 1.

2. Lanjut kampas rem yang kedua kemudian baut pengikat kampasrem dimasukkan full, bautnya tidak perlu dikencangkan dulu.

3. Kampas dan baut pengikat sudah terpasang sempurna.

4. Lanjut memasang kalipernya.

caliper vario1

 

1.Masukkan kedua baut kaliper kemudian baut L bintang kaliper ini dikencangkan pakai kunci L bintang T40 jika perlu dibantu dengan kunci T8 sebagai pengait agar baut terikat kencang.

2, Baut kaliper kedua jangan lupa dikencangkan juga.

3. Lanjut kencangkan baut pengikat kampas kampas rem remnya menggunakan kunci T8.

Mudah to.. monggo dipraktekkan.

Komentar»

1. rezaholic - 27/02/2014
aripitstop - 27/02/2014

Jos

2. ABCDE - 27/02/2014

Siiippp…

aripitstop - 27/02/2014

Sip

3. Pak Dhe - 27/02/2014

Juosssss……!!!!!!

aripitstop - 27/02/2014

Mantap

aripitstop - 27/02/2014

Gandos

4. cicak kreatip.com - 27/02/2014
5. KomMotor - 27/02/2014

Pengen praktek, tapi belum punya peralatan perangnya.
Emang kalau peralatan semacam obeng2 dan kunci2 yang paketan, yang paling murah berapa yah gan??

aripitstop - 27/02/2014

Jgn murahan..minimal merk prohek/tekiro…harga relatif tergantung jenisnya

KomMotor - 27/02/2014

uangnya belom ada, belajaran pake yg murah dulu aja ah… šŸ˜‰
kalau beli online dmna??

aripitstop - 27/02/2014

Ndak tahu je…

KomMotor - 27/02/2014

Woh.. ya sutra lah.. šŸ˜€

hi hi hi - 27/02/2014

betul, tool murahan malah bisa bikin baut slek, mending nyicil belinya, gw beli kunci yg serung dipake di motor saja, gak beli paket

KomMotor - 27/02/2014

woh thanks gan sarannya.. šŸ˜‰

6. Kobayogas - 27/02/2014
aripitstop - 27/02/2014

Scoopy

7. ipanase - 27/02/2014

garappp

8. ari - 27/02/2014

joss…nice info gan,besok kalau sudah bunyi remnya langsung di praktekin šŸ™‚

9. warungasep - 27/02/2014

Oh gitu ya,tapi saya gk punya kuncinya,jadi ke bengkel aja pasangnya,hehe….
Mantap infonya….
http://warungasep.wordpress.com/2014/02/27/eksistensi-honda-supra-dari-tahun-1997-hingga-2014/

10. RPMspeed - 27/02/2014
aripitstop - 27/02/2014

Beli…

RPMspeed - 28/02/2014

siaaaaap

11. RiderAlit - 27/02/2014

Mantab

12. hulssay - 27/02/2014
13. masshar2000 - 27/02/2014

kemarin aku ke beres, biaya pasangnya 15rb..mahal amat yak..padahal kampasnya cuman 35rb.
http://masshar2000.wordpress.com/2014/02/27/ini-dia-ponsel-android-pertama-besutan-nokia/

14. ali Zibbeni - 27/02/2014

Ayo kang bikin artikel tools standar buat benerin motor, yg gampang2 ajah

aripitstop - 27/02/2014

siap

15. vixionr15 (Ė†āŒ£Ė†ā€Žā€‹ā€‹ā€‹ā€‹)ā”ŒŠŸā”, - 27/02/2014

Sip

16. Kobayogas - 27/02/2014
17. potretbikers - 27/02/2014
18. IGO Lover - 28/02/2014

kunci bintang ora nduwe šŸ˜¦

19. orong-orong - 28/02/2014
20. Ngurah Yuda - 28/02/2014

giliran bongkar kampas rem belakang kang ari,,,,,,
biar tambah ilmu nich,, heee

21. abgtua - 28/02/2014

btw kampas belakang mio saya pake punya mx
ngepot2 gannnnn
kalo yang depan pake punya mx juga lebih pakem dikit sih hehehhee

22. monkeymotoblog - 28/02/2014
23. monkeymotoblog - 28/02/2014
24. brett rossi - 01/03/2014

Can I have your approval to blog this on twitter?

25. motogokil - 02/03/2014

mantaf infonya, terutama buat rider wtf kayak ane
titip mas http://motogokil.com/2014/03/02/memaksimalkan-transmisi-nvl-racing-5-speed-di-sentul/

26. motorbaru.com - 12/04/2015

mantab mas..
joss tenan tutorial e
http://www.modifikasi.co.id

27. teguh 90 - 23/04/2015

ada yang tau kasus magnet di kampas rem vario cbs hilang, bisa menyebabkan rem tidak pakem.. info dong thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: