jump to navigation

Waspada Bohlam Watt Besar, Aki Bisa Soak… 25/02/2014

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

bohlam3

Pengalaman hari ini konsumen mengeluhkan motor old vixion-nya aki sering soak dan jarum RPM naik turun. Aki sudah diganti baru dan kiprok juga tidak ketinggalan padahal harga kiprok old vixion lumayan harganya 251ribu. Saya cek kondisi pengisian ke aki normal tidak masalah.

bohlam1

Sempat dibikin pusing karena kejadian ini setelah ditelusuri satu persatu dari ujung ke ujung ternyata biang keroknya adalah bohlam belakang. Setelah dicek ternyata bohlam depan sudah diganti dengna bohlam dayanya 60/55watt padahal bohlam bawaan motor cuma 35/35 watt. Dan parahnya lagi bohlamnya palsu, merk philips tapi palsu. Sudah watt-nya besar ditambah lagi bohlam palsu. Untuk motor dengan sumber lampunya AC tidak masalah paling mika headlightnya meleleh, kalau sumber arusnya DC maka aki yang jadi korbannya, aki cepat soak bahkan kiprok dalam jangka lama bisa rusak.

Lalu dimana letak perbedaan bohlam asli dengan yang palsu ? lihat gambar dibawah ini.

Bohlam palsu cetakan huruf merk dan keterangan lainnya warnanya buram dibandingkan dengan yang asli cetakannya jelas. Yang kedua sorot lampu tidak fokus dan biasanya wattnya pasti lebih besar dari yang asli atau bawaan motor.

bohlam2

 

Meskipun bohlam asli tapi dengan watt yang besar seperti bohlam mobil kebanyakan, untuk dipasang di motor dalam jangka pendek aki cepat soak untuk motor yang lampu DC, untuk motor AC biasanya kiprok cepat rusak dan dari keduanya berefek mika lampu bisa meleleh.

bohlam

Monggo kalau ada urun rembuk…

Semoga bermanfaat.

Komentar»

1. emir99 - 25/02/2014

Apalagi pake lampu HID, vampir aki deh

aripitstop - 25/02/2014

Jos

2. warungasep - 25/02/2014
3. Yoshi - 25/02/2014

mantap joss

aripitstop - 25/02/2014

Nyos

4. rezaholic - 25/02/2014
5. aarreeff - 25/02/2014

ngomong2 soal aki soak,, dulu mio j saya waktu umur 1th aki soak kang
teernyata eh ternyata waktu saya mau beli aki baru ke bengkel yamaha, malah di ganti aki baru gratis, hanya administrasi 20rb kang
syarat :
1. ft kopi stnk
2. ft kopi ktp
3. nomor rangka dan mesin (di kerik pd kertas putih)
proses tidak berbelit

opo ra bungah tenan kang,hehe
matur nuwun yamaha

*. bukan karangan fiktif, kejadian ini nyata terjadi

aripitstop - 25/02/2014

kalo ke saya juga gratis….asal masih garansi.
jos

6. ipanase - 25/02/2014

ada juga yang palsu, ckckckkckc , hati2 leleh juga

aripitstop - 25/02/2014

Begitulah

ipanase - 26/02/2014

kunci2

aripitstop - 26/02/2014

Wes tak bbm to…

7. touringrider - 25/02/2014

Betul kui kang… nggonaku ganti.punyae colt 24v/60 watt.. padang tapi gak kuat akine. Akhire ngengkol mulu. Kadang bel mati juga.hahaha

aripitstop - 25/02/2014

Tuch…kan

8. ninja150ss - 25/02/2014

maap kang ari ane numpang tny lg.
ninja 150ss ane kn cm pk bohlam 35/35 tipe biasa,klo diganti jenis halogen yg lebih terang&aman bwt mika watt brp?

aripitstop - 25/02/2014

45/40watt,

9. chakim92 - 25/02/2014

Nice info kang

10. Karis - 25/02/2014
11. ninja150ss - 25/02/2014

tipe bohlam nya yg apa kang?
takut salah beli,ntr tiwas beli gk cocok dudukan bohlamnya.
kn ada tipe h3,h4 dan h yg laen2nya….
kl make pny ninja r aman ga y? wattnya lumayan gede 55/60 kl g salah,leleh g kang mikanya?
mohon bantuanya…

aripitstop - 25/02/2014

pakai hs1 yg aman…h4 takutnya meleleh

aripitstop - 25/02/2014

oiya merk phillips atau kalo mau ya stanley…xixixxi harganya mak nyus

ninja150ss - 26/02/2014

maknyusss???
wlah mahal y kang?
kl make pny old vixi bs gak? kn wattnya jg.35/35 y?

aripitstop - 26/02/2014

Bisa….

12. Prapto Sragen - 25/02/2014

punya saya vixion old kok lampu belakangnya boros bnget ya mas? jarak 4000an km mesti ganti baru dan bohlam sampe gosong, saran please.

13. masshar2000 - 25/02/2014
14. ndesospeed - 25/02/2014

lo kang apa beli aki dberes ada garansinya?

aripitstop - 25/02/2014

ndak ada..maksudnya motor masih baru…

ndesospeed - 25/02/2014

motor baru garansi akinya brapa bulan kang?

aripitstop - 25/02/2014

6 bulan…untuk kasus aki gs yg short slama satu tahun untuk produksi 2013

15. riderman - 25/02/2014

Kang ari alamat bengkelnya dimn,,,,,

16. hulssay - 25/02/2014

makin gede watt..makin gede tarikannya..

http://hulssay.com/2014/02/25/fashion-asia-pria/

17. fncounter - 26/02/2014

kebanyakan ganti bohlam daya gede karena ikut-ikutan bukan karena kebutuhannya….

18. potretbikers - 26/02/2014

Jupiterku yang normal aja sering tekor, karena umur 🙂

http://potretbikers.com/2014/02/26/pojok-bonus-mau-cantikseksy-ada-disini/

aripitstop - 26/02/2014

Lem biru

potretbikers - 26/02/2014

nggo BIRUnya belum ada,om 🙂

aripitstop - 26/02/2014

Xixixi…

19. dino - 26/02/2014

JOSS deh infonya makasih boss bermanfaat banget

20. RPMspeed - 26/02/2014
21. polenkmerkesenk - 26/02/2014

Pabrikan udah memperhitungkan berapa watt lampu motor yg sesuai. Jadi ya standar aja wattnya. Boleh gonta ganti merk tp ukuran standar. CMIIW

22. orong-orong - 26/02/2014
23. Dian - 23/08/2014

mantep kang ilmunya

24. Reflektor New Vixion Meleleh…!!! Kok Bisa…? | ARIPITSTOP - 18/11/2014

[…] Waspada Bohlam Watt Besar, Aki Bisa Soak… […]

25. dimas - 29/11/2014

om ari kalo untuk new scorpio cocoknya pake bohlam type apa yg lebih terang dri bawaanya. tp jngn yg model led/hid/projie. pnya sy bawaanya phillip hs1 35 watt… maturnuwun

26. farul - 21/03/2015

biar saya jelaskan sedikit tentang bohlam lampu h4. satuan bohlam lampu h4. 35/30 watt. 60/55 watt. 100/90 watt. 130/125 watt. 12 volt. untuk yamaha vixion masih tetap bisa menggunakan 60 /55 watt. untuk yamaha byson masih aman menggunakan 100/90 watt. untuk scorpio masih tetap aman menggunakan 100/90 watt. untuk honda cb150 watt lampu bawaan sudah terang jadi ga perlu di ganti. untuk honda verza kwalitas kacanya sangat rendah. jadi jangan di ganti lampu. untuk honda jangan memasang stiker kaca lampu. hal ini sering sekali menyebabkan kaca meleleh. untuk yamaha vixion. ganti aki dengan aki 5,3 ampre atau aki suzuki fu. gunakan tetap lampu philips. untuk cuaca agak hujan. gunakan jenis lampu merk woods. biasanya lampu woods warna cahaya kuning.

27. Agni - 18/09/2015

Mohon maaf juragan, saya pemula mau tanya.

Saya punya yamaha byson 2014, mau ganti bohlam lampu depan yang warna kuning.
Merk sama watt yang cocok untuk motor saya apa yah gan?

Mohon rekomendasi merk dan harganya gan yang lampunya terang tapi tidak bikin silau orang lain.

Terima kasih.

Kang ari - 19/09/2015

Philips harga 78.000 35w

iqbal - 30/03/2016

Mas bro,motor ane tiger doublelamp,bohlam yg cocok plus terang pke bohlam merk apa,watt brp


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: