Kampas Rem Depan Bunyi… Cukup Bersihkan, Ayo Belajar Bongkar Kampas Rem Depan Sekalian Belajar 24/02/2014
Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.trackback
Jika motor kang bro bunyi decit saat ngerem…bisa jadi kampas remnya habis atau cuma kotor saja terutama di musim hujan seperti ini. Coba lihat kondisi kampas rem apakah sudah habis atau belum…? biar lebih jelas monggo kita praktekin bareng bareng…
Sementara ini bisa dipraktekin ke motor yamaha dulu terutama untuk motor matic, vixion, jupiter mx, vega zr dll, untuk motor moped dan matic dibawah tahun 2007 kuncinya beda. Pada dasarnya bisa dipraktekin ke semua motor, next artikel untuk honda, suzuki, kawasaki dan semoga motor yang lainnya juga.
Monggo disimak :
1.Pertama siapkan amplas.
2.Kunci L bintang ukuran 8/ T50
3.kuas atau sikat kawat
4.Tang lancip
5. Kunci T ukuran 8 / 10
Langsung saja ke TKP saja, ambil kunci L bintang dan kunci T, langkah pertama melepas kedua baut kembang di kaliper pakai kunci L kembang jika keras dibantu dengan memasukkan kunci T ( lihat gambar diatas ). Putar arah kiri untuk mengendorkan kedua baut…
1.jika kedua baut sudah kendor selanjutnya lepas bautnya,
2Setelah baut terlepas tarik kaliper kearah belakang untuk melepaskan dari piringan.
3.Kaliper sudah terlepas.
4.Next… melepas klip tuas pengunci kampas remnya.
Kampas rem belum bisa dilepas karena ada tuas penguncinya. Monggo disimak langkah berikutnya,
1.Ambil tang lancip, lepas kedua klipnya dengan ditarik.
2. Setelah kedua klip sudah dilepas lanjut lepas tuas pengunci kampas remnya.
3. Kampas sudah bisa dilepas.
4.Tampak gambar diatas semua baut pengikat sudah terlepas.
Selanjutnya cek kondisi ketebalan kampas rem jika ketebalan menyisakan kira2 1mm saja maka ganti baru dan jika masih tebal cukup dibersihkan dengan cara diamplas sampai kelihatan bersih permukaan kampas remnya.
Jangan lupa bersihkan juga bagian dalam kaliper…cukup bersihkan dengan kuas sampai bersih agar kampas rem tidak cepat bunyi lagi dan piringan juga awet. Jika sudah bersih selanjutnya proses pemasangan kembali.
1.Pasangkan kedua kampas rem di kaliper.
2.Selanjutnya pasangkan tuas pengunci kampas rem.
3.Pasang kedua klip di tuas pengunci kampas rem.
4.Kampas rem dan klip sudah terpasang, kaliper siap dipasang ke kaki sokbreker.
Jika kaliper sudah terpasang lanjut pasang kedua baut kembang kemudian kencangkan kedua bautnya kearah kanan jika kurang yakin bisa dikencangkan kembali dengan cara kunci L bintang disambung dengan kunci T agar torsi pengencangan jadi lebih besar. Jika semua sudah kencang…tarik-tarik tuas rem di kaliper sampai terasa padat.
Sekian dan terima kasih….gampang to…semoga bermanfaat.
ajibb.. nice inpo gan..
Nyicip scoopy fi
http://rezaholic.wordpress.com/2014/02/24/nyobain-scoopy-fi-enak-tenan/
Mantap
kalau kurang pakem apa penyebabnya kang?
Mumpung ngebahas Kampas Rem..Neh ane mo tanya kang apakah benar jika type kaliper yg 2 piston dipasaran motor2 sekarang meski beda pabrikan tp y sebut aj Nissin 2 piston bs diaplikasi bwt smua type motor beda pabrikan?!Mnurut sharing dr temen2 enak pake punya KAZE krn lbh tebal&empuk. Dan ad jg yg nyranin pke punya Suzy. Untuk oli rem baiknya tipa brp thun ganti/kuras kang!?Liat dimanual book 4 thunan atau klo sdh diLow. Thx be4 🙂
sebagian besar kaliper dua ataupun satu piston kampas remnya bisa disubtitusi ke motor lain meskipun beda ATPM tapi vendornya sama hampir rata2 pakai nissin.
untuk oli rem baiknya maksimal 4 tahun sudah ganti
Thx kang bwt advicenya.. 🙂
Sangat menginspirasi…. josss om 🙂
http://potretbikers.com/2014/02/24/honda-revo-fi-tembus-1398kmliter/
juwosss…….. infone
http://nivikoko.wordpress.com/2014/02/24/confirmed-kawasaki-ninja-rr-mono-baru-bisa-dipesan-bulan-april-dengan-harga-40-jutaan-dan-bisa-kurang-mantep/
http://nivikoko.wordpress.com/2014/02/22/khans-price-yang-logis-yamaha-r25-menghadapi-duet-duo-ninja/
Kalo kanvas rem depan belakang NVL bisa pake kanvas rem motor apa saja yg awet dan pakem
mangprangg !!!! (y)
.sippp
mantap kang
klo tips buat memilih peralatan yg bagus gak ada kang,.soalnya banyak peralatan yg jelek2, malah kalah ma baut2nya
yg bagus pasti yg bermerk macam tekiro, kowa,ktc… harganya juga mantep
wah bacanya di rumah aja deh, kudu paham gak bisa sambil gawe hehe
Absen sore
————
Test Drive Renault Duster, mobil apa ini?
http://kobayogas.com/2014/02/24/test-drive-tematis-diesel-renault-duster-1-5-dci-the-europeans-budget-suv-part-i/
jos sambil kelonan
ooo..gt..
kebengkel aja deh..gag bisa klo sendiri..hehe..
http://hulssay.com/2014/02/24/tampil-keren-dengan-warna-rambut-terbaru/
siap… tambah berani bongkar sendiri,walaupun langkahnya agak beda tapi prinsipnya sama 😀
yang bingung itu gimana ngelepasin kaliper rem belakang tanpa melepas roda belakang…. 😕
itu jatah mekanik saja…
Siapkan dana Lima ribu rupiah .. ^^
mana…mana…
Josss ..
Artikel ny asik.. ane sneng nih yg bginian ringan om haha
Btw klo buat piston depan vixion ato byson kunci L bintang T.50 kan om?
l bintang 8
mantaffff. btw kalo sempat, tutorial penggantian minyak rem juga ehehhehe
mantep..besok kalau rem sudah bunyi bisa langsung di coba
wow kunci apaan tuh, xixixixixiixixixx
kunci torx merk apaan tuh, xixixxx
Rahasia…
kang, jupie mx q tuas rem dpn klo di rem hampir mentok handle stang, gimana caranya agar jarak tuas rem dpn dgn handle stang seperti semula, agak jauhan gitu. padahal kampas rem dpn msh tebal tuh….makasih jwbnya
[…] kemarin sudah saya bahas caranya bersihkan kampas rem depan motor yamaha disini, sekarang kang ari bahas caranya bongkar kampas rem depan vario. Untuk bongkar kampas rem depan […]
bisa ditambahin kang, subsitusi kampas rem antar satu merek dan juga merek lain..
Blognya bagus kang Ari, banyak info dan tutorial yang sangat bermanfaat tuk pembaca yg buta akan ilmu otomotif seperti saya 😀
Terima kasih telah berkenan berbagi ilmu, semoga sukses selalu 🙂
Mantep broo, tanks info nya 😉👍👍👍👍👍
Makasih tips nya gan..
berkat totur mas arie, akhirnya bisa bongkar rem cakram sendiri.
mantap
om ukuran baut kaliper berapa yah? makasih
Kang Ari, request artikel ganti kampas rem belakang + copot kaliper njmx/vixion
Suwun kang