jump to navigation

Awas Modus Tukang Tambal Ban, Ban Dalam Jadi Korban 23/02/2014

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

tambal ban (2)

Menyambung artikel kemarin disini. Saya akan bercerita sesuai dengan fakta dilapangan tanpa bertujuan memojokkan ke seseorang. Saat riding harijumat kemarin dari arah pondok pinang menuju jalan tb.simatupang sampai lampu merah pondok indah tepat depan poiint squqre lebak bulus lampu merah menyala saya berhenti sejenak setelah lampu hijau menyala baru saya jalan tiba2 setelah jalan kurang lebih 30meteran motor terasa goyang tanda ban kempes.

TAMBAL BAN DALAM (1)

Kemudian saya banting setir kekiri, setelah saya cek ternyata ban belakang kempes dan tertancap baut cacing. Karena saya melihat tepat 50meteran tempat saya berhenti ada tukang tambal ban maka saya langsung tertuju ke TKP saja, sampai disana ngantri dulu 3 motor, hadech…lagi apes. Saatnya ban belakang dibongkar… saat mau dibongkar saya minta baut yang nancep itu dilepas dulu dari ban tapi dia bilang ” nggak usah bang biar saja nancep dulu kalau diambil dulu takutnya ban dalam jadi rusak” satu keganjalan terjadi disini…

Lanjut melepas ban luar…hadech sya nggak tega melihat istri kedua dicongkel2 seenaknya saja alhasil pelek jadi lecet2…! setelah salah satu sisi ban luar terlepas selanjutnya melepas ban dalam..nach disinal keganjilan kedua terjadi…dengan alasan melepas bautnya susah maka baut tersebut ditusuk2 dari dalam pakai tang lancip…karena belum keluar juga ditusuk2 lagi pakai obeng dari dalam juga… baut tidak bisa keluar juga akhirnya dicongkel dari luar apakai obeng. “padahal sepele kalau dicabut dari luar tinggal congkel saja”. Setelah baut dilepas lanjut ban dalam dilepas.

TAMBAL BAN DALAM (4)

Ban dalam sudah terlepas kemudian si lay bilang “mas bannya sudah sobek parah tidak bisa ditambal, kalau mau ganti ban dalam yang biasa harganya 40ribu kalau mau pakai merk swa..lo harganya 45ribu ?”, ya sudahlah saya pilih opsi 45ribu cuma beda lima ribu dari pada pakai ban dalam biasa malah bikin repot lagi. Hadech…dengan rasa kecewa kok bisa ban dalam bisa sobek gedhe banget dan sobekan itu letaknya jauh dari lubang bocor akibat ketusuk baut.

Berikut kejanggalan saya :

1. Ban bocor tepat sebelum ada tukang tambal ban.

2. Baut tidak dicabut dulu saat melepas ban…“awas ini bisa modus”,

3. Dengan alasan melepas baut/paku ban dalam ditusuk dari dalam alhasil ban dalam jadi robek. Kalau melihat si lay menusuk2 obeng/tang lancip dari dalam langsung tegor saja dari pada kita buntung.

4. Ban dalam sobek, seharusnya cuma ada satu lubang tertusuk baut tapi ada dua lubang dan sobekannya besar, lihat gambar dibawah.

TAMBAL BAN DALAM (3)

5. Baut berwarna hitam seperti habis dibakar dan putih dibagian bawah, iniseperti cerita dari berbagai sumber kalau paku atau baut seperti ini terlabih dulu dibakar sebelum disebar ke jalanan.

tambal ban (5)

6. Saya harus bayar 45ribu… padahal ban swa..oy cuma 20ribu, meskipun bayar 45ribu sudah termasuk ongkos pasang tapi saya rasa itu sangat mahal.

TAMBAL BAN DALAM (2)

Itulah rangkaian kejadian semoga bisa bermanfaat buat para rider…

TAMBAL BAN DALAM (5)

 

Pada gambar diatas yang no1 adalah posisi lubang tertusuk baut, yang no2 sobekkan diduga karena ditusuk obeng dan tang lancip.

Komentar»

1. setia1heri - 23/02/2014
2. touringrider - 23/02/2014

Kayak kemaren kih kang.. tapi mwncoba bersangka baik saja. Soale kok grudukan yg bocor. Ada 4 kwndaraan.

aripitstop - 23/02/2014

begitulah….

3. JinX - 23/02/2014

tinggal sedikit rasanya didunia ini org yg mencari rejeki dgn cara halal… semoga kita termasuk golongan yg sedikit tersebut yaa..

aripitstop - 23/02/2014

amiiin

4. ali Zibbeni - 23/02/2014

Lagi apes kang..mencoba berbaik sangka tapi,…ah sudahlah

5. bikerkampung86 - 23/02/2014

klo ane juga pernah kejadian kyk gtu mas bro tapi ane minta cabut pakunya dulu karna tukang tambalnya gak mau cabut pakunya ane ambil tang truz ane cabut sndiri aja. bisa karna akal-akalan tukangnya bisa juga karna skill mereka dangkal merasa paling tau dan kita sebagai korban dianggap tdk mengerti apa-apa……
nitip mas bro…..
http://bikerkampung86.wordpress.com/2014/02/22/aplikasi-bbm-untuk-gingerbread/

6. Dide Irvin - 23/02/2014

Waspada Bengkel Curang Mengganti Onderdil Motor Anda

aripitstop - 23/02/2014

Siaaaap

Dide Irvin - 23/02/2014

td ane kirim link youtube tp gak muncul
> http://www.youtube.com/watch?v=-RUE2vfpyS8

aripitstop - 23/02/2014

Msk spam kali….
Itu ada…

7. emir99 - 23/02/2014

Anggap aja sodaqoh, ‘Kang.. Tuhan Maha Tahu 🙂

aripitstop - 23/02/2014

Betul….

8. Mase - 23/02/2014

Njaluk di massa ki tukang tembel… Nyari rejeki kok ya gak halal…

9. lekdjie mumet-ndhase.com - 23/02/2014

Ga pake tubeless?

aripitstop - 23/02/2014

G lawong pelek jari2

ali Zibbeni - 23/02/2014

.bukannya pelek jari2 sekarang udah bisa pakai tubeless

aripitstop - 23/02/2014

rentan bocor….
itu persepsi sy lo…

10. ochimkediri - 23/02/2014

wes jelas kwi…tukang tambalnya maen curang,

11. Papa Afnhy - 23/02/2014

untungnya ditempatku belum pernah ada kejadian gini,bahkan kalo mau ganti ban yg pake velg cw disarankan sama tukang tambal ban buat ganti tubeless sekalian 😀

12. sulaeman - 23/02/2014

sedia ban dalam gan..,ane taruh di jok..,biar ga kna kenthez tkang tamnbal nakal..crot

13. chakim92 - 23/02/2014

sangat disayangkan, pekerjaan yang seharusnya halal malah dinodai dengan kecurangan

http://chakim92.wordpress.com/2014/02/23/spyshot-strategi-marketing-atau-kecolongan/

14. abgtua - 23/02/2014

percaya ato engga kang abis liat orang sama lokasinya saya yakin pernah jadi korbannya dia dulu hehehehe

15. saif - 23/02/2014

itu jalur ane lwat tiap hari…!! di ban mtr ane jg ada baut seperti itu..blm ane cabut smpe skr..kira2 ud 5 bulanan tu baut nongkrong d ban ane.. ane pake ban tubeless merk F*R…klo ban tubless merk laen ga tau jg dh nasibnya gmana..

16. hulssay - 23/02/2014
17. masshar2000 - 23/02/2014
aripitstop - 23/02/2014

hehehehe…

18. monkeymotoblog - 23/02/2014
19. motogokil - 23/02/2014
aripitstop - 23/02/2014

iya nich

20. Maskur - 24/02/2014

sadiz bener

21. orong-orong - 24/02/2014

ada lagi pas congkel ban biasanya baut pentil tidak di lepas dan pasti juga sobek itu

22. n3w4ndy - 24/02/2014

Masih masuk akal kalo cuman lubang… Pengalaman saya malah ban dalam putus jadi 2!!! Asal muasalnya gara2 kena lobang berjalan, eh lobang di jalan. dan itupun gak langsung habis anginnya. setelah sampai di tukang ban, di congkel2 sampe yang namanya Velg Casting bibirnya banyak yang dower. udah gitu gantinya pake ban dalam yg merk nya gak jelas, main langsung pasang aja tuh orang. saya sempat cegah supaya gak langsung pasang. saya tanyain dulu harganya. ternyata 45rb plus pasang. Gilee bener nih orang. saya coba menawar, eh… malah di bilang ban saya keras (kalau empuk namanya spons, bukan ban). dan katanya lagi “nih, gara2 bannya keras, bibir saya sampe kena pencongkel ban, jadi sekarang bibir saya luka”. Kontan aja saya jawab dengan sedikit emosi: Itu Resiko pekerjaan bapak, jadi jangan di berikan ke saya dong. kalo gak mau kena pencongkel ban, ya gak usah kerja aja sekalian. Bapak luka sendiri kok resikonya di berikan ke saya??? Tapi berhubung kejadiannya jam 10 malam dan masih jauh dari rumah, ya terpaksa deh saya bayar 45rb…
Gak masuk akalnya, Angin di ban gak langsung habis lha kok ban dalamnya putus jadi 2?
Kalo putus jadi 2, pasti angin langsung saat itu juga langsung habis disertai suara letusan…
Emang dasar tukang ban gak jujur… kira2 luka yang di bibirnya tambah parah gak ya??? Hihihihi…

23. AE 1214 LS - 24/02/2014

aku pernah kena juga, tp alhamdulillah msh bsa ditambal . . .

24. TiCtAc - 25/02/2014

ninggalin jejak doloo

aripitstop - 25/02/2014

Jos

25. Ternyata Ranjau Paku Masih Bertebaran, Terimakasih Pak Polisi Sudah Sudi Bersihkan | ARIPITSTOP - 26/03/2014

[…] Awas Modus Tukang Tambal Ban, Ban Dalam Jadi Korban […]

26. Jian Serem Tenan…! Ranjau Paku Segedhe Gini ya… | ARIPITSTOP - 15/10/2014

[…] Nach sudah kena paku tetap saja masih dikerjain sama tukang bannya alias si lay…! saat itu sebelum lampu merah tiba2 motor goyang karena bannya kempes mendadak, setelah lampu merah ternyata ada tukang lay…nach…! saat pembongkaran ban ada yang aneh…ternyata benar karena ban dalam ditusuk pakai obeng…( lebih lengkap klik disini) […]

27. Meresahkan… Ranjau Paku Panjang Banget Tembus Ban & Velg Rusak | ARIPITSTOP - 19/10/2014

[…] Awas Modus Tukang Tambal Ban, Ban Dalam Jadi Korban […]

28. Buseeet..!!! Ini Ranjau Paku Atau Jaring Paku, Buanyak Amat. Ternyata Masih Ada Ranjau Paku Bisa Robek Ban Tubeles | ARIPITSTOP - 21/12/2014

[…] kecil2 disebar di depan kantor polisi pula. Ranjau paku masih bertebaran… sudah banyak yang jadi korbannya saya juga pernah dan tukang tambalnya licik pula nggak mau nambal tapi ban dalam sengaja disobek […]

29. Ferry - 12/01/2016

wkwkwkkwk.. ane baru ngalami gann…

30. andika - 25/02/2016

mudah mudahan ga ada lagi tukang tambal di indonesia. amiinnnnnn
biar tau rasa yg berfikiran jelek.
dan semua harus pakai ban tubless. jadi ga usah pakai ban dalam lagi, kalau ga , ga usah pakai ban sekalian, biar kayak kreta kuda, wkwkwkwkwkwk

31. andika - 25/02/2016

yang nomor 6 ga masuk akal, ga ada ngaruh”nya di bakar dulu. itukan baut bekas pake jadi karatan lantaran yg setengahnya tertanam di benda kerja jadi terhindar dari air yg menyebabkan korosi,. tapi kalau itu baut di sebar di jalanan nggak menutup kemungkinan oknumnya tukang tambal ban. bener ga ?? heheheh !!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: