jump to navigation

Yamaha Mio Tiba-tiba Mogok, Ini Salah Satu Penyebabnya… 19/02/2014

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
trackback

piston (2)

Pernah ngalamin motor saat riding tiba2 mogok, setelah didiamkan sekitar 5 menitan motor bisa hidup lagi ?, itu tanda2 kompresi di ruang bakar sudah berkurang. Lalu apa yang bisa membuat tekanan kompresi berkurang ? monggo dibahas bareng…

Salah satu gejala jika kompresi motor berkurang adalah jika motor saat diajak riding tiba2 mati mendadak dan setelah didiamkan kurang lebih 5 menit motor bisa hidup lagi atau kompresi dipancing dengan cara memasukkan oli mesin ke ruang bakar agar kompresi kembali padat, setelah motor hidup knalpot langsung ngebul asap putih karena proses mancing kompresi pakai oli mesin tadi. Jika motor sudah seperti itu tanda2nya kompresi berkurang. Tekanan kompresi di ruang bakar dikisaran 1.100 -1.200 psi.

service

Jika sudah ada gejala seperti diatas segeralah ke bengkel langganan untuk pengecekan lebih lanjut. Motor seperti mio 2006 ini ataupun matic moped dan sport dari pihak pabrikan dianjurkan untuk service besar setiap 30ribu km atau motor diatas umur 3 tahun. Terutama untuk motor yang minum premium kerak yang timbul lebih cepat dan lebih banyak, jika kerak sudah menumpuk justru kompresi akan terlalu tinggi dan akan timbul over heating.

klep

Efek yang kedua karena kerak menumpuk kotorannya akan menggesek ring piston dan piston dengan dinding cylinder akibatnya kompresi berkurang seperti kejadian diatas. Contoh gambar piston yang sudah bocor seperti gambar dibawah ini, ini motor mio dengan 45rb km. Kondisi ring piston sudah aus makanya ada kerak yang nempel di dinding piston posisinya dibawah ring piston tampak kecoklatan, untuk kondisi normal…kerak hanya diatas ring piston saja. Kondisi seperti ini jarang yang menimbulkan asap ngebul putih di knalpot karena hanya bocor halus saja tahu2 oli mesin sudah habis tanpa kita sadari.

piston (1)

Last, selalu cek kondisi motor kita tanyakan ke mekanik apakah motor sudah perlu service besar apa belum jika perlu minta ke mekanik untuk mengecek kondisi kompresi menggunakan alat compression gauge. Semoga bermanfaat.

cylinder

cylinder yang sudah dikorter

Komentar»

1. sodiqcho - 19/02/2014

Entek bengsine

aripitstop - 19/02/2014

walah kebangetan nek iki…

2. orong-orong - 19/02/2014
aripitstop - 19/02/2014

kok diasil… mio iku….lawas

orong-orong - 19/02/2014

belum porget piston

aripitstop - 19/02/2014

drung jamane

3. ali Zibbeni - 19/02/2014

Lah lek ngene sing salah sopo?
punya motor gak dirawat

4. deidara - 19/02/2014

serpis besar kira2 berapa sih biayanya,,,?

aripitstop - 19/02/2014

astimasi total biaya untuk motor moped/matic kisaran 500ribuan itu sdh termasuk ganti piston. kalo tanpa ganti piston kisaran habis 300ribuan

5. Anak Rant0 - 19/02/2014

Kang ari, utk mencegah kerak d ruang bakar, sy b’inisiatif make yamalube carbon cleaner. Sbaik’a pemakaean tiap brp km, n utk jangka panjang ada efek negatif bwt mesin g ? Thx,,,,,,

aripitstop - 19/02/2014

sebaiknya setiap 3 ribu km atau 1 bulan sekali…efeksamping ? tidak ada…asal sesuai aturan pakai

6. kadalaspal - 19/02/2014

kerake koyo bebekku mbiyen tp gak sampe mogok mesine cepet panas pake banget
kang ri blognya nebeng di indomotoblog aja tinggal hubungin wak haji
pasti pembacanya makin banyak

sukses kang

aripitstop - 19/02/2014

hahahaha…hampie stiap hari jg sharing mulu ma mas taufik…blm waktunya kang, nunggu beli domain dulu.

7. aarreeff - 19/02/2014

kang saya pakai mio J
pernah suatu hari saya bawa motor ini,,tiba2 mati mendadak waktu saya berhenti di pertigaan mau belok
trus saya matiin kunci kontak,sayaa stater g mau nyala,,sampai beberapa kali
kemudian pakai kick stater, pertama2 di “selah” rasanya ngempos
sampai beberapa kali,baru bisa dan nyala
kenapa kang???
suwun

aripitstop - 19/02/2014

bisa juga seperti kondisi diatas… saya sarankan minum carbon cleaner biar mengurangi kerak diruang bakar… agar kondisi kompresi tetap stabil

aarreeff - 19/02/2014

oh gt ya kang,, memang dulu itu pake premium, abis itu pake pertamax terus, memang g pernah ngrasain yg spt itu
tapi skarang pake oktan 88 lg (efek lemburan sdikit ) 😀 ,,
yois tak gugu saran e, suwun kang
sukses teruuuuus..

aripitstop - 19/02/2014

salam great succes

8. cicak kreatip.com - 19/02/2014

mantepppp…

9. potretbikers - 19/02/2014
10. 46sukses.com - 19/02/2014

Wow ..kang mau tanya ni,udah lama mtorku piston nya tak ganti yg lebih gedhe,tapi knapa ya kick staternya jadi berat skali hmpir gak fungsi,bisa jadi kalo akinya sowak/tekor mtor jadi mogok. soale kick staternya gak fungsi,apanya ya kang..? Apakah ada hal yg belum terpasang? Maklum yg masang temen sendiri,bukan mikanik handal..hehehe

aripitstop - 19/02/2014

matic? itu ketinggian kompresi, klo diselah kaki bisa patah,xixixixi… bisa diakalin dengan menambahkan paking cylinnder satu atau dua lapisan agar kompresinya sedikit turun.

11. 46sukses.com - 19/02/2014

Ada lagi kang,saat manasi mtor di pagi hari,keluar asep,tpi kalo udah jalan asep perlahan hilang, apa krna ring pistonnya yg kudu ganti? Maklum kang,piston beserta ring nya adalah bekas di pake mtor temen,lungsuran..hehehe
*yg aslinya masih jozz, gak ada beret,udah menempuh di atas 50rb km..

aripitstop - 19/02/2014

laiya itu kemungkinan besar ring piston sudah aus, kalau sil klep bocor dalam kondisi panas/dingin tetap ngebul… yo wes cek piston sama ring pistonnya

andwicf - 20/02/2014

kayaknya itu adalah embun pagi hari bro.. soalnya pertamax beli MX tahun 2006 dulu juga gt.(karena tinggal d tempat yang dingin)… ya itulah fungsi catalytic converter (itu kalau MX dan Vixion). sepertinya gak masalah asal olinya gak berkurang drastis selama pemakaian

(berdasarkan pengalaman)

12. 46sukses.com - 19/02/2014

Bukan metic kang, o iya,bener kang,memang packingnya gak di pasang,

aripitstop - 19/02/2014

yo wes sama saja…

13. 46sukses.com - 19/02/2014

Suwun akeh,

14. ipanase - 19/02/2014

sadissssssss

aripitstop - 19/02/2014

opo meneh iki…

15. Blank Canvas - 19/02/2014

Mantebbssss.. Suka banget kalo blog bahas yang ginian… Sukses bosss…

16. macantua - 19/02/2014
Bonsai Biker - 19/02/2014

nyoszz

17. warungasep - 19/02/2014

Variow saya juga pernah kyk gitu,saya dorong ke Ahass,pas nyampe nyala,trus saya tanya ke mekaniknya,dia jawab,”cuma harus servis karburator” ,wah berarti itu mekanik “jenius” y,,,,
wah harus nyari tempat servis yang bagus nih buat ngatasi masalah kyk gini…
http://warungasep.wordpress.com/2014/02/19/5-merk-rokok-terlaris-di-warungasep/

18. Bonsai Biker - 19/02/2014

nais ingpoh

19. mazguru - 19/02/2014

Sugenp dalu kang ari, menawi boten ngrepoti hehe
Mau tanya pernah boten nangani kasus tangki ov maupun nvl yang kemasukan air, soalnya saya pnya mau niat kuras tangki tapi blm smpet. . Thx kang. .

aripitstop - 19/02/2014

pernah untuk ov, kemasukan air karena hujan neduh tepat dibawah guyuran air dari genting. ada lagi karena ovthn 2007 tangki karatan karena pakai premium tidak pernah dicek kondisi tangkinya
https://aripitstop.wordpress.com/2013/06/28/fuel-pump-macetwaspada-tangki-karatan/

20. lekdjie mumet-ndhase.com - 20/02/2014

Wah,ngalamat kudu ngati2 golek 2nd an nu

21. Joko Sujarwo - 20/02/2014

Saya masih bingung Kang, apa hubungannya panas sama kompresi bocor? Bukankah kalo panas, komponennya jadi makin rapat ya?

22. MENONE - 20/02/2014

untung ga pki matic hehehehehehe

23. andwicf - 20/02/2014

waduh, MXku udah 75000KM dan 8tahun menggunakan Premium (tanpa pernah Pertamax) gmana kondisi ruang bakarnya yah??

ya itung2 uji ketahanan Diasil silinder dan forged piston

oh ya bro Ari, kalau misalnya MXku kena kejadian serupa dengan d atas, apakah harus ganti forged piston dan diasil silindernya + ring piston atau cukup cek keadaan piston+ring dan silindernya lalu dbersihkan dari kerak2 yang mengendap ???

aripitstop - 20/02/2014

cukup cek kondisi ring piston jika cylinder masih bagus, dan bersihkan kerak2 serta sekir ulang klep

24. motorongsok - 22/02/2014

siap dicek

25. Junky - 10/05/2014

Bos ari minta solusinya untk mio saya , , riwayatnya kayak gini pas wktu mau brngkat krja saya panasi dulu skitar 5menitan lalu lngsung jalan eh tiba2 dijalan mio saya kayak kehabisan bensin padahal bensin masih full , , mogok deh dorong sampe rumah skitar 13km jalanya naik turun capek jg , . Mohon pnjelasanya mas bos , .

26. Anton - 19/07/2014

Mas mio saya pdhl udh ganti klep,ring secher,filter udara tp kalo dh nympe 60 d gas lagi koq agak ngempos. mohon solusinya mas…

aripitstop - 19/07/2014

cek kondisi cvt-nya… terutama roller dan v-belt

27. Dani - 21/07/2014

Maaf mas, mau tanya. Ada 2 masalah pd mio sporty saya:
1. Suara motor halus, tp saat di gas kencang seperti ada suara siul.
2. Sepertinya oli mesin saya rembes ke bawah, apa itu masalah packing? Untuk yg boncengan, katanya kaki sebelah kanannya terasa panas. Itu panas knalpot atau mesin ya

Mohon solusinya mas, sekaligus perkiraan biaya utk diberesin semua
Terima kasih…

aripitstop - 21/07/2014

1.suara siulan dr belakang, itu bearing gearbok mulai oblak/roda gigi gearbok mulai aus,
Solusi awal ganti bearing gearbok dan bearing as roda blakang, kisaran biaya 300ribu,
2.klo oli rembes bisa krn paking ttp oli, ganti paking plus bautnya kisaran 15rb
3. Panas sblah knn wajar dekat knalpot

28. Kawit - 26/08/2014

Om mau tnya donx…!knp mtor mio ane nembk trus ya klo gas kcl,n knp gas tba2 jd gede sndri…!mhn solusinya,ane kawit

aripitstop - 26/08/2014

kemungkinan besar ada yg g beres di karburator, bisa juga jarum skepnya sudah aus

29. al QATIRY - 15/09/2014

mas ary, mw tanya nihh. motor mio j saya sering mati mendadak saat d kendarai. tetapi setelah kunci kontak di off kan bbrapa saat, lalu di on kan kembali motor nyala kembali seprti biasa.. dan itu sering terjadi saat saya kendarai. kira2 apa penyebab nya y mas…. terima kasihh

30. deni - 19/09/2014

motor saya mio tahun 2009 mesinnya standar , gejalanya suka tersendak sendak seperti habis bensin kalau di gas, saya sudah coba ganti karbu,cdi, dan pngecekan yang lainnya sudah beberapa bengkel yang saya datangi tapi motor masih tetep kaya gitu sampe sampe si montirnya juga kebingungan, harus gimana lagi yaaa mohon solusinya…

31. Kang Daka - 23/09/2014

akhirnya nemu juga artikel ini yg sangat bermanfaat, hatur nuhun kang. soalnya mio aku mengalami gejala seperti di atas, cuma asap yg keluar warna hitam. katanya sih harus ganti karbu. benerkah?

32. arnoldcinta - 25/11/2014

kanapa mio 2011 ku Bunyi “tek…tek…tek” mesin di silinder sebelah kiri ya mas dan oli mesin merembes…

aripitstop - 25/11/2014

Cek krengangan klep, volume oli mesin, takutnya oli habis,
Bisa juga bunyi dari piston

33. arifin gypsum - 05/12/2014

kenapa motor mio 2011 bila baru dipakei trus dimatikan susah dihidupkan

34. arifin gypsum - 05/12/2014

Penyebab mio 2011 bila baru dipakei trus dimatikan susah dihidupkan , kalopun bisa suaranya cuma dhup ddhup dhup tpi bila gas ditambah malah mati.awalnya sering nembak bila gas di nol kn.apakh di klep atw lober bensinya trus masuk mesin

35. malik - 02/02/2015

nanya bos, ane punya x-ride, baru beli pertengahan oktober 2014, trus kemarin (akhir jan 2015), tau2 motor mogok, gara2 lost compression. umur baru 3,5 bulan, sejak awal pemakaian juga pake pertamax terus, padahal 2 hari sebelumnya barusan di servis juga. itu kira2 apa sebabnya? makasih berat sebelumnya

36. Febrian Ramadhansyah - 06/03/2015

Mas saya mau nanya,, motor saya mio,, pake seher bmi kaze oversize 50,, saya baru ganti ring seher,, kemudian keluar asap putih pada tutup keteng sama knalpot,, dan kompresi lemah,, itu penyebab nya apa ya mas ?

Kang ari - 06/03/2015

Kompresi lemah bisa karena ring piston bocor karena korternya nggak pas bisa juga kualitas ring piston nggak bagus

37. astra - 27/03/2015

mas saya astra
sy mau nanya ne.. knp motor sy matic mio jetv sy berbunyi tek tek tek… suara ap itu ya mas… dan ap penyebabnya

Kang ari - 27/03/2015

Bunyi tek tek kmungkinan dari bagian cvt, bisa roller aus atau rumah roller yg aus. Cek Semua bagian cvt dulu.

38. anug - 14/04/2015

Kang ari ,,
Saya pake mio taun 2006 skr klo belok kanan sampai habis, muter jalur atau parkir tiba tiba mesin mati ,, kenapa yah kang ?

39. indoprimakomunikasi - 05/05/2015

motor ane tu gan ngalamin kaya ginih

40. irfan - 14/05/2015

Bang motor saya mio sporty, knapa boros banget bahan bakar terus keluar asap hitam bang kasi solusinya supaya normal lagi

41. Meby lesnanda - 15/07/2015

Gan mau nanya nih
Motor saya Mio GT
udah 10 bulan dipake
jarak tempuh udah 15ribu Kilometer
kemarin mogok dijalan terus dibawa ke bengkel kata mekaniknya loss kompresi
padahal motor saya itu saya kasi minum pertamax plus tterus kok
tapi kok bisa loss kompresi ya gan ?
Pencerahan nya dong gan 😯

Kang ari - 15/07/2015

Bisa terjadi karena pembakaran kurang sempurna yang berasal dari busi, filter udara kotor, setingan co kurang pas

42. haeruddin - 27/07/2015

kang mau curhat….
saya pake motor x-ride baru 7 bln,,motornya biasa dipake perjalanan jauh…
kemarin tiba-tiba mati seperti penjelasan diatas…sy bawa kebengkel, org bengkelnya pancing pake oli bekas baru mau jalan..dan seminggu kemudian motor mogok lagi dan d bgkel sy disarankan ganti busi….

akhirnya, sy k servis resmi yamaha malah disruh ganti saringan udara.. tetapi selang 2 minggu penyakitnya kambuh lagi, busi yg baru diganti sdh hitam dan sy ganti busi lagi..
kira2 apa maslahanya sebenarna dan bagaimana solusinya kang?
apa ada pengaruh karena motor sering dpake perjalanan jauh?

43. Achmad - 21/08/2015

Sama mio J saya thn 2013 tiba2 mati, kompresi nya kerasa turun, biasa nya staret berat, tapi sekarang aki udah tekor juga masih bisa di starter tapi gak mau nyala, ini pabrikan serius gak sih buat motor? Ternyata semakin di depan itu cuma omong kosong!!!!!!!!!!!!

44. www,motroad.com - 01/01/2016

Terima kasih atas infonya, Kehilangan kompresi dan mati tiba-tiba adalah salah satu problem yang sering menyerang motor matic by: http://www.motroad.com

45. chandra - 24/02/2016

kalau mesin nya halus dan udah pernah di lemer apa ya kyk gt gan

46. vivit - 01/04/2016

Mau tanya mas mio j saya khbsan oli mesin trus bunyi mesin nya nging2 itu apa kndalanya

Kang ari - 01/04/2016

kemungkinan piston dan cylinder sudah baret/aus perlu service besar, bisa jadi part di cykinder juga sudah aus

47. anton - 03/04/2016

mau tanya mas motor saya di sela gak nyala di starter gak nyala sempet ganti boringan tuh karna baret saya korter,busi koil sama cdi di ganti tapi tetep gak nyala,cvt sehat itu kenapa mas tapi saya belom ngecek head mesinnya apa mungkin ngaruh ke klep bengkok? dan kira2 berapa kisaran harganya?

Kang ari - 03/04/2016

api ada nggak ? klo api nggak ada bisa dari kompresinya atau saluran bensin bermasalah

48. kurniawan - 26/04/2016

kang mau nanya,, motor mio saya bekas di pake sama kakak,trus di warisin ke saya,, di pake tiap hari ,tapi ane lupa ngecek oli nya,tau tau olinya tinggal dikit,, pas udah di isiin oli lagi sebulan kemudian motor saya jadi ngebul kalo tarikan gasnya tinggi.. apa seher nya udah aus ya atau apa masalahnya kang,, mohon pencerahan nya..

Kang ari - 27/04/2016

kemungkinan piston assy sudah aus, mesti service besar ganti piston habisnya sekitar 700an ribu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: