jump to navigation

Sayangilah Motor Anda… Cukup Teratur Ganti Oli Mesin , Jangan Sampai Rontok Seperti Ini 24/01/2014

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

gara gara oli habis (7)

Pagi kemarin kang ari kedatangan konsumen motor mio, motornya brisik bahkan brisiknya bisa nyaingin bajaj lo… hehehe mio rasa bajaj. Sejatinya konsumen hanya mau service CVT karena konsumen berfikiran kalau sumber bunyi tersebut karena rollernya habis. Tapi setelah konsultasi dulu dengan kang ari ( hadech sok sok-an pake kosultasi nich…) konsumen saya sarankan service ringan juga karena kalau rollernya habis / aus bunyi motor tidak akan berisik banget dan saat daftar service konsumen tidak mau ganti oli katanya bulan kemarin baru ganti oli, ” yo wes lach manut war..” .

Motor naik ke bike lift kang ari samperin juga tuch motor sambil kedipin main mata sama konsumen saya suruh cek oli mesin. Ternyata ech ternyata setelah tutup oli dibuka tutup oli tidak basah sama sekali alias kering kerontang lebih mengejutkan setelah baut pembuangan oli dibuka ‘jreng jreng’ oli mesin cuma netes kira2 20 cc kali…

gara gara oli habis (7)

 

Cuma bisa ngowoh bin dlongop nich lihat kondisi motor bisa seperti itu,kalau motor bisa bicara pasti motornya minta bunuh diri saja. Kang ari kemudian konfirmasikan kondisi motor ke konsumen dan konsumen pun kaget, saya tanya lagi kapan terakhir ganti ? jawabnya 3 bulan yang lalu,ngaku dech…!!! dan motor setiap hari jalan PP bintaro – kota ya kira2 80km sehari. Akhirnya motor dibongkar dan hasilnya luar biasa…piston gosong baret,noken as aus,pelatuk klep aus ya pokoknya semua jeroan serba aus. Diestimasi biaya total service habis 1,3 juta, Mantap… rejeki buat bengkel tapi sengsara buat konsumen. Pesan kang ari kalau tidak bisa meluangkan waktu untuk service lebih baik cukup ganti oli mesin dulu minimal 1 bulan sekali kalau tidak bisa ngitung kilometernya. Ingat…!!! motor juga manusia.

Saya sarankan ganti oli mesin setiap 1500km saja atau maksimal 2000km meskipun semua pabrikan bilang ganti oli mesin bisa sampai 3000km. Tapi demi menjaga safety dan kesehatan motor kita, apalagi saya pernah dengar ada oli mesin yang tahan sampai 10ribu km….ckckckck nggak bisa bayangin motornya jadi apa ntar…

Nich camshaft / noken as aus…bahkan bola2nya sampai rontok.

gara gara oli habis (2) gara gara oli habis (1)

 

Pelatuk klep tidak ketinggalan ikut aus juga,

gara gara oli habis (4)

 

Apalagi pistonnya,lihat sendiri…

gara gara oli habis (11)

 

Nich jeroan cylinder head banyak bram2 rontokan dari part yang aus,

gara gara oli habis (12)

 

Nich jeroan cylinder head aus semua tidak tersisa…

gara gara oli habis (13)

Komentar»

1. ali zibbeni - 24/01/2014

Numpang Pertamax

Semoga gak kejadian ma motor ane

extenderjilq.com - 24/01/2014

oh begitu ya kang..

bermanfaat sekali nih infonya

aripitstop - 24/01/2014

jos

2. RiderAlit - 24/01/2014

Astaghfirullah, cuma 20 cc? Berapa bulan ngga ganti oli itu ya? Kalau saya setiap bulan ganti, kang. Ngga peduli udah 2000 km atau belum.

aripitstop - 24/01/2014

harus begitu…. demi hemat perawatan

3. sodiqcho - 24/01/2014

1

aripitstop - 24/01/2014

jauuuh….

sodiqcho - 24/01/2014

dari pada ora komen kang

aripitstop - 24/01/2014

wkwkwkwkwk sip jos..ora popo lach men tambah rame

4. Andrian - 24/01/2014
aripitstop - 24/01/2014

mau ?

5. Wong Ndeso 94 - 24/01/2014

Kalo ane, dulu punya old vixi dipake bapak (krn ane krj di sby) setengah tahun kgk ganti oli. Pas ane bwa krja, kta bengkel olinya parah habis.

4000km oli si gold dlu jg abis. Tinggal segelas.

aripitstop - 24/01/2014

hmhmhmhmhm….

6. isal - 24/01/2014

1,3 juta? Wedyaaannn.. Tapi motor kan tetap motor kang.. πŸ˜€

aripitstop - 24/01/2014

hehehehehe

7. Kobayogas - 24/01/2014
r6 - 24/01/2014

nyapo om cbr nya dulu….. apa kejadianya sama wkwkwk moga tridak

Kobayogas - 24/01/2014
sony - 23/09/2014

tapi kang katanya di buku manual cbr 150 ganti oli tiap 8000km? emang bisa sampe sejauh itu?

aripitstop - 23/09/2014

Jgn mengikuti Klaim pabrikan klo soal oli, maksimal 3ribu km sdh ganti bahkan 2ribu kilo sy sarankan ganti demi kenyamanan

8. krisnajati9 - 24/01/2014
9. motozhein - 24/01/2014

ngeri kang,ampe ancur gitu.

10. ahmadfaisolat - 24/01/2014

jahat sekali tu orang, tidak berperi kemioan. miris saya lihatnya. 😦

11. cicak kreatip.com - 24/01/2014
12. Mase - 24/01/2014

ni orang sadis bener tdk berprikemotoran
kalo motor bisa ngomong dia sudah nyuruh teman2nya buat ngroyok ni orang…

13. r6 - 24/01/2014

sungguh terlalu

14. rusman - 24/01/2014

tidak berperikomotoran

aripitstop - 24/01/2014

xxixixixi

nobrandminded - 27/10/2014

tidak berperikendaraan πŸ˜€

15. v4hn - 24/01/2014

bro NVL ane kemarin khan hampir tiap kali ganti gigi operan giginya (tuas pemindah gigi) nyangkut keatas, nah setelan kopling udh dipanjangin lagi udah mulai berkurang. Tapi terkadang masih nyangkut, apalagi klo pas boncengan… Itu kenapa ya?

aripitstop - 24/01/2014

bisa kondisi karet rumah kopling oblak,kalo sdh oblak biasanya pindah gigi agak susah dan keras

v4hn - 24/01/2014

klo motor blm ada setahun masih masuk garansi ga tu?

aripitstop - 24/01/2014

masih,cek ke beres saja

v4hn - 24/01/2014

sip deh klo gitu

16. belalangmerah - 24/01/2014
17. potretbikers - 24/01/2014

Waduch, parah bener kalau ini….aku aja yang tiap bulan service, masih kena kecolongan..ini malah 3 bulan πŸ˜†

18. 54P - 24/01/2014

astagfirullah….naudzubillah..

19. YOSH! - 24/01/2014

80 KM x 90 hari (3bulan) = 7200 KM!!!

Ediaaaannnnn….. andai tuh motor dikasih nyawa ama tuhan, bakalan nangis darah tuh motor. karena males ngeluarin duit yg cuma 45rb buat ganti oli sebulan sekali, akhirnya si empunya motor harus merogoh kantong dalam-dalam buat menebus kelalaiannya. mudah2an menjadi pembelajaran buat para biker yg lain…

dan buat kang Ari, makasih atas pencerahannya kang… sering2 aja upload artikel kayak gini kang, biar yg lain pada sadar…

20. Tupanx - 24/01/2014

montor bukan manusia kang. xixixi tapi tetep perlu perhatian dan kasih sayang..

21. Sebul cb kng - 24/01/2014

Sama kaya tiger jadul saya aus smuanya,aneh y seher y gak kena,abis turing dr kuningan kesolo pp.

22. jetwan tumpaker - 24/01/2014

sori kang, orang mana yg punya? pengen gua umpatin (doang sih), sumpah!

aripitstop - 24/01/2014

Hadech…..

23. RPMspeed - 24/01/2014
aripitstop - 24/01/2014

Bs jd….

24. Les Pinggir - 24/01/2014

wah kalu saya walaupun pake yg 10w30 paling jauh 1500km sdh harus ganti….

25. anjas - 24/01/2014

kasus oli tekor sama yamaha ternyata masih berlaku sampe sekarang, wong kmaren ane bongkar new jupi piston leleh swara kaya helikopter

26. rio - 24/01/2014

gambar pertama sekilas kok kayak ikan sapu-sapu di ember πŸ˜€

27. kiku - 25/01/2014

Pemiliknya ga sadar kali ya kalo knalpot motornya ngeluarin asap ngebul kaya motor 2 tak..harusnya kan sudah bisa dibaca kalo oli mesinnya terbakar akibat oli naik ke atas piston..

aripitstop - 25/01/2014

mungkin juga

28. abgtua - 25/01/2014

rata2 biker kenapa sih patokan ganti oli 1-2 bulan sekali?
kalo gua 1-2 bulan cuma nempuh maksimal 1500 km doang. itupun cek dipstik 2 minggu sekali
kalo yang lain entah sebulan dipake 5ribu km
toh oli motor sama aja harganya kayak isi premium 5 liter hehehe

29. vario125 - 25/01/2014

kalo misal pada saat mesin dingin suara normal dan setelah mesin panas suara jadi berisik, itu kira2 apanya ya om..?? apa karena oli tidak cocok..??

30. Rollerman - 25/01/2014

memang acuan ganti oli yang benar adalah jarak ordometer.

31. thedeadbone - 25/01/2014

ane melihat penomenal dijalan yg 4tak seperti 2tak ngebul dari matic bebek apa itu tanda” oli abis ya??

aripitstop - 25/01/2014

Pasti itu oli kbakar,smakin lm pst oli cpt hbs

32. Sigit - 27/01/2014

bisanya make, ga bisa ngrawat..

33. ardian - 03/02/2014

baru nemu blog ni,, lnsung dpat pngetahuan bnyak kang..

34. Stevenlewnn@ku - 21/02/2014

Thank you for taking time to boost your businesses on-line front all-night.
These things breast enlargement after hysterectomy may go on.
getting on, of Stock breast expansion pourboires Island, in the south Florida, came out untroubled by the body.
breast enlargement pills This means a gradual breakdown of the female build.
One Size fits All.

35. Mantap, Speedometer R25 Ada ”Oil Warning Light” Sebagai Indikator Waktunya Ganti Oli Mesin | ARIPITSTOP - 30/05/2014

[…] Sayangilah Motor Anda… Cukup Teratur Ganti Oli Mesin , Jangan Sampai Rontok Seperti Ini […]

36. isalisil - 22/09/2014

coba pake HDEO atau PCMO gan πŸ˜€

37. roy saputro - 23/09/2014

permisi kang,mau tnya nih. . .mtor nvl
oli jalan 1500km , ,kira2 ada pengurangan oli gak?misal ada2 kira2 brapa mliliter yaa. . .
matorsuwon. . .

38. Yoga Saja - 23/09/2014

buset…. mio gue udah 4 bulan ga ganti… *tapijarangdipake :v dulu saat sering pake, tiap 3 bulan sekali ganti hehe…

39. amier poenya - 23/09/2014

para penganut aliran sesat pake oli mobil/diesel bwat d motor bnyak yg nyampe segitu kang, nyampe 6000km’an lbih gak ganti oli.. hahaha tp wlopun dah nyampe jarak tempuh segitu katanya msih mak nyoss.. jiann.. ane kayaknya bkalan ikut2an terjerumus k aliran sesat nih.. hwkwkwk..:D

40. Rofy - 23/09/2014

Kang ari aku mau nanya,, knapa kok air radiator yg ada di tampungan sebalah Deltabox kiri gak mau naik ke radiator depan yha kang?? Itu masalahnya apa?? Motor ane Vixion 2012 kang,, tolong kang,

aripitstop - 23/09/2014

Mungkin selang yg kecil menuju tutup radiator bocor/pecah

41. Dandi A - 28/10/2014

Kang, motor mio ane kalau di gas suka geger semua body nya. Itu apa nya ya kang?

aripitstop - 29/10/2014

Geter di awal?

Bisa krn kopling selip

42. Jefri - 14/12/2014

Kang aq uda ganti piston pda njmx ku pake punya vixion kira2 klw maw ganti kmpas kopling sama per kopling kira2 apa yang bgus y apakah pake yang ori bwaan njmx aja ato merek lain sprti daytona, tdr dll

43. amadeos tormax - 26/12/2014

Tormaxku aja yg ganti oli di 700-1000 km kadang nyisa cuma 400 cc….ga tau tu kang ari…klo pagi dipansin ngebul…klo digeber ngebul….tpi pas udah jalan enggak…..whatss apa yg kena ya ama tormaxkku….lari si masih tembus 120..,,.

44. bayangansemu - 28/12/2014

wedyaaannn,,
mongtor nya habis puasa sambil lewat gurun pasir
dan masih hiduuupp !!!!

45. ari - 29/12/2014

tidak berperikemotoran tuh orang…sampe tinggal segitu olinya

46. galuh - 07/04/2015

minimal 1 atau 2 bulan sekali buat cek up motor nich. berarti motorku perlu cek up ulang hhhhh

47. motroad Motor - 21/04/2015

maaf mau nanya.. apakah ada spesifikasi oli khusus untuk motor matic….
dan haruskah merk motor tertentu memakai oli pabrikan merk tersebut… misal matic yamaha memakai yamalube.. dsb..

terima masih

monggo mampir http://www.motroad.com

Kang ari - 21/04/2015

spsesifikasi oli motor untuk matic silahkan di search ada kok, oli mesin tidak terpaku dengan oli pabrikan bisa dengan oli merk lain asalkan spefikasinya sama atau tidak jauh berbeda

otobike - 09/06/2015

Klo pake oli encer wktu penggantiannya d percepat,krn oli encer kelemahannya adalh lbh cpt menguap dan cpt pnas,klo kelebihannya akaselerasi mantab,lbh irit bbm

otobike - 09/06/2015

Klo oli yg kentel kelemahan: tarikan berat dan lbh boros bbm,kelbihannya :tdk mudah menguap,msh stabil dlm keadaan mesin extrem,
Klo g salh adanya kasus d atas biasanya pke oli encer dan telat ganti oli,idealnya antara 1500-2000 km atao 2 bln,klo pke oli kentel bsa sampe 3000 km (maximal),lbh dr itu harus siap2 budget klo ada apa2

48. sesak soft - 02/09/2015

wuiiikk… sangarrr rekk haha, ayo dijogo motor e πŸ˜€

49. dandi - 07/12/2015

Kang mau tanya,kalo saya ganti oli tiap 2 bulan sekali apa harus juga bersihin filter oli?motor saya mio M3 kang,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: