Iklan
jump to navigation

Cara Sederhana Bersihkan Oli Milky Gara-gara Kebanjiran 17/01/2014

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

oli (1)

Berbagai daerah diindonesia sedang dilanda musim banjir. Kadang kita harus menerjang banjir agar bias tetap beraktivitas , karena harus tetap menerjang banjir apalagi kalau ketinggian banjir sampai merendam mesin motor,bias jadi air masuk ke mesin. Jika air masuk ke mesin dan motor dihidupkan terus alhasil oli bercampur air dan olipun jadi milky ( warna oli jadi putih ).

Jika oli sudah milky dan motor tetap dipakai jalan maka mesin akan bias jebol,semua komponen part dimesin akan aus karena fungsi oli sebagai pelumas sudah tidak bekerja. Makanya saat motor diterjang banjir kondisi oli adalah nomer satu yang harus dicek,tapi kalau sudah terlanjur milky motor harus dibesihkan dari semua kotoran milky tersebut tanpa harus turun mesin jika kondisi motor dirasa masih normal,bias dilihat dari suara mesin motor yang masih halus. Monggo disimak cara bersihkan oli milky ,bias dilakukan sendiri kok tanpa harus kebengkel.

Pertama beli solar cukup satu liter saja, oli mesin baru 4 botol ( atau oli mesin bekas yang masih bagus dua btl dan oli baru 1 btl ).
1.Buang oli mesin yang sudah berubah warna jadi putih, kemudian masukkan setengah botol oli mesin dan setengah liter solar. Hidupkan motor sekitar 3 menit langsam.
2.Buang oli mesin,tuang lagi setengah botol oli dicampur solar setengah liter,kemudian hidupkan motor sampai 3 menit langsam.
3.Buang lagi oli mesinnya yang warnanya sudah mulai normal kembali,tuang satu botol oli mesin kemudian motor dihidupkan langsam 3 menit lagi.
4.Buang oli lagi ,tuang lagi satu botol oli mesin kemudian hidupkan kembali motor sampai 3 menit. Kemudian buang oli mesinnya yang tampak normal kembali.
5.Tuang oli mesin satu botol,ganti oli mesin satu minggu kemudian setelah itu penggantian oli normal kembali sesuai perawatan berkala.

Lihat gambar dibawah ini,itu adalah contoh oli sesuai urutan diatas tetapi kang ari pakai oli mesin bekas yang masih bagus ( oli ksg pertama motor baru ),biar ongkosnya lebih irit.
oli 1
Semoga berguna.

Iklan

Komentar»

1. Kobayogas - 17/01/2014
aripitstop - 17/01/2014

susu ibu lbh encer ya..

Kobayogas - 17/01/2014
aripitstop - 17/01/2014

wkwkwkwkwk

Kobayogas - 17/01/2014

disinyalir langsung ngebayangin…

aripitstop - 17/01/2014

lagi kelonin kok…

Kobayogas - 17/01/2014

loh opo gak kerja mas?

aripitstop - 17/01/2014

nggak hehehe

Kobayogas - 17/01/2014

woohhh demi ketemu JL….

2. belalangmerah - 17/01/2014
aripitstop - 17/01/2014

betul.air

3. Sigit - 17/01/2014

tipsnya boleh juga tuh..

aripitstop - 17/01/2014

ok dech

Sigit - 17/01/2014

jangan sampe deh kebanjiran…

4. ujang lele - 17/01/2014

wahh bermanfaat banget …
mkasih banyak kang ari !

aripitstop - 17/01/2014

jos

5. enoanderson - 17/01/2014

Busyettt, Full cream mas….. 😀

aripitstop - 17/01/2014

kayknya enak ya

enoanderson - 17/01/2014

Monggo duluan mas….:D

6. Yoshi - 17/01/2014

mantab kang . . .
jadi habis berapa liter solar itu?

aripitstop - 17/01/2014

cuma 1liter solar dan 4 botol oli mesin.daripada musti belah mesin…

7. ali zibbeni - 17/01/2014

.gara2 kebanjiran pasti itu

8. Blank Canvas - 17/01/2014

suka banget artikelnya 5/5 Star

9. aarreeff - 17/01/2014

mesti ky itu apa nggak kang kalau motor trabas banjir??

10. rusman - 20/01/2014

kalau motor terobos banjir ga mogok, oli ga milky mesti kaya gitu ga?

11. Musim Hujan dan Banjir Datang Awas Oli Mesin Jadi Milky, Plus Cara Kuras Oli Mesin Yang Milky | ARIPITSTOP - 16/06/2014

[…] artikel dulu pernah saya bahas cara kuras oli mesin yang sudah milky (klik disini). Coba saya ulang kembali..monggo […]

12. dosq7 - 21/12/2014

Kang ari. Motor saya hari ini baru aja kemasukan air bagian mesinnya. Oli mesin warna nya ijo lumut. Blm milky..
yg ane mau nanya. Setiap Proses dr awal itu harus ganti filter oli ndk kang ? Mohon penjelasannya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: