jump to navigation

Ganti Kampas Kopling, Jangan Tunggu Aus Baru Ganti 11/01/2014

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

kampas kopling (1)

Ganti kampas kopling jangan tunggu kampas koplingnya aus dulu baru diganti,kenapa ?

Kali ini kang ari mau kasih tips tentang kampas kopling tipe basah yang ada dimotor tipe moped atau motor sport.Buat bikers motor kopling terutama kopling manual pasti kampas kopling cenderung lebih cepat aus dari pada tipe kopling otomatis seperti di kebanyakan motor moped. Untuk kondisi normal kampas kopling aus dikisaran 20ribu km,diangka 20ribu keatas sudah mulai terasa gejala kampas kopling aus seperti tarikan/akselerasi awal terasa ada yang selip saat lepas tuas kopling.Yang kedua jika tuas kopling jarak gerak bebasnya menjadi jauh sendiri padahal tidak kita setel.Dan yang Motorpun biasanya tarikannya sudah berat mulai gigi kedua dan seterusnya.

Jika sudah ada tanda2 gejala seperti itu maka segeralah ganti kampas kopling,jika tidak segera diganti maka akibatnya akan fatal karena akan mrembet ke part yang lain ikut aus dan biaya service jadi membengkak.Yang seharusnya cuma ganti kampas kopling tapi karena diabaikan mrembet eke par lain seperti rumah kopling dan tutup koplingnya.

Sebenarnya kampas kopling bisa dipakai sampai 50ribu km bahkan jika pemakaian motor tidak sering ‘gantung kopling’ seperti tetangga sebelah saya dia seorang mekanik mobil motornya jup.mx sudah 55ribu km belum pernah ganti kampas kopling,kang ari saja sampai heran kilometer sudah jauh tapi kampas kopling masih tokcer.Jika bikers pemula pasti kampas kopling tidak akan terpakai sampai diatas 30ribuan km,karena sering gantung tuas kopling bahkan kang ari sering didatangi konsumen yang belum bisa cara pakai motor kopling manual baru 5ribu km saja kopling sudah aus dan kondisi rumah kopling sampai gosong.

Maka saran kang ari jangan tunggu kampas aus sampai motor tidak bisa jalan baru diganti,hemat biaya.Seperti konsumen vixion satu ini dia datang kebengkel minta ganti kampas koplingnya padahal motornya baru 26ribu km.Kondisi kampas kopling masih layak pakai tapi untuk menjaga hal2 yang tidak diinginkan lebih baik diganti sebelum parah.

kampas kopling (6)

Oiaya satu lagi tips nich saat pasang kampas kopling,bilang ke mekanik yang masang,saat kampas kopling yang baru mau dipasang dirumah kopling,kampas kopling dibasahin atau dicelupin ke oli dulu tujuannya agar kampas kopling tidak cepat aus. Jika kampas kopling tidak dibasahi oli maka saat motor pertama kali dinyalakan maka aliran oli dirumah kopling bisa seluruhnya membasahi kampas kopling. Jika kampas kopling masih kering maka gesekan yang terjadi akan mengikis ketebalan kampas kopling meskipun hanya sedikit.

kampas kopling

Monggo dikunyah kunya….

Komentar»

1. mas huda - 11/01/2014

Kayaknya karismaku juga harus ganti ne

2. Sigit - 11/01/2014

hmm.. dulu shogun keboku kayanya malah belum pernah, pdhl motor taun 97.. tp dah laku.. 😦

3. abdoe maggi - 11/01/2014

mantab infonya mas…

4. cicak kreatip.com - 11/01/2014
5. orong-orong - 11/01/2014

tergantung isi dompet

aripitstop - 11/01/2014

begitulah nasib orang rantauan

orong-orong - 11/01/2014
6. Karis - 11/01/2014

Sipio blm ganti nih…

7. H3ndR1 - 11/01/2014

Klo di n250 ’11 krbu ane brasa makin enteng tuas koplingny tuh knp kang??Ane dah stel ke tuas yg dket handle dah enak lg?!Diforum ad yg bilang itu tali koplingnya dah mo ‘putus’ !?!Tp klo mank dah ngelos/mo putus wktu msuk gigi 1 biasanya motor bs running sdikit mski sdh ditarik tuas koplingnya. Mohon pncerahannya kang ari ??Thx b4 🙂

aripitstop - 11/01/2014

yup,betul itu tanda2 kabel kopling sudah mau putus,biasanya gejala seperti itu tidak akan bertahan lama tidak ada 1 bln kabel kopling putus.
memang gejala seperti itu motor tetap normal tapi jika dirasakan betul2 saat tarik tuas kopling ada sedikit “gregel” dan tuas kopling tetap enteng normal tidak berat/seret.

8. Kobayogas - 11/01/2014

Mindset orang sini kebanyakan kalau belum rusak/habis ya gak diganti hehee..(termasuk saya) wkwkwkk…
http://kobayogas.com/2014/01/10/seberapa-pentingnya-helm-bagi-anda/

9. lekdjie - 11/01/2014
10. ochimkediri - 11/01/2014

kalo supra saya sejak baru (taon 2009) belum pernah ganti, sekarang odometer menunjukkan angka 62.000,apakah sudah waktunya ganti?saya pernah tanya ke mekanik ahass,katanya tarikan masih oke jadi nggak diganti dulu,menurut smpeyan gimana mas??padahal kilometer dah banyak.
oya tanda2nya motor bebek waktunya ganti kopling gimana mas?apakah sama dgn motor sport yang smpeyan jelaskan diatas?
thanks b4… 😛

aripitstop - 11/01/2014

beda kalo buat kopling otomatis.
kalo kopling otomatis jarang banget ada kasus kampas kopling sampai aus banget g bs jalan.
gejalanya saat masuk gigi 1 akslerasi awl ada gejala motor selip/loncat2… baru itu aus.

ochimkediri - 11/01/2014

sepertinya akselerasi awal masih cepet,lalu kapan standar waktunya ganti kampas kopling yang otomatis itu mas??

aripitstop - 11/01/2014

standarnya 50rb km perlu ganti

11. zulva yan - 11/01/2014

brp mas hrga knvs kopling jupe.klo pke punya fizr bs ga?ngaruh sm aksel atw yg lain?

aripitstop - 11/01/2014

harg kampasnya 80ribuan bisa pnp ma fizr tapi jupe 2009 kebawah

12. Triyanto Banyumasan - 11/01/2014

seeppp.. pulsarku sudah 30rb km lebih, baru ganti per koplingnya aja.

13. Randi - 11/01/2014

klo koplingnya brisik itu apanya mas..? klo kabelnya ditarik adem, klo dilepas bunyi lagi.

kopling slip itu mksdnya gimana sich mas..maklum baru pake motor kopling..:)

aripitstop - 11/01/2014

kalo kopling brisik tapi saat kabel ditarik jadi alus itu kondisi karet kopling sudah oblak,bisa dipantek ganti karetnya saja tapi hasilnya g maksimal kalo ganti baru rumah koplingnya lumayan mahal.
kopling selip motor ngeden saat jalan,gas sudah ditarik tapi motor terasa berat tarikannya

14. Bie - 11/01/2014

Mas mau tanya, klo Vixion pake kampas kopling scorpio bisa/PNP ga?ada efek sampingnya ga? Soalnya denger2 kampas kopling Scorpio lebih murah..trimakasih

aripitstop - 11/01/2014

bisa pnp,slama ini yg sy pasang sich fine2 saja

15. lawu - 11/01/2014

mlem mas ari mw tanya rumah kopling vixion 1set harga’y brp di dealer?.

aripitstop - 11/01/2014

Sy trawang dl…coz lg d jln nich,PDG kisaran 355rb

16. monkeymotoblog - 11/01/2014
aripitstop - 11/01/2014

Jos

17. vario125 - 12/01/2014

kalo utk tipe matic, normalnya brp km..??

18. motorongsok - 12/01/2014

info mantap

19. trielu - 12/01/2014

mz ari kok njmx ku klo pas ngurangi dri 3 ke 2. 2 ke 1 persneling rda ky nyangkut balik keatasnya.. knp ya mz,. klometer meh 40rbu, gejala nyangkut bru 1 mingguan,.. stelah tak geber pulkam tahun baru kmren, pa kmpas kopling.a mw habez mz..

aripitstop - 12/01/2014

Cb ganti pli,jk g da prubahan kmungkinan karet kopling sudah oblak

20. trielu - 14/01/2014

maf maz aRi.. ganti pli? pli itu apa maz.. ganti oli p mz,. uda ganti oli mz,
kalox ganti karet itunya kira2 brapa dana.nya maz,.. biar d persiapin..

aripitstop - 14/01/2014

Kalo pantek kopling hbs cepekan lach…. Klo ganti assy kisaran 350 an

21. trielu - 14/01/2014

kmaren uda ganti oli krain sembuh, tp trnyta blum jhe mz,. tktnya rusak parah, kdg pas jalan uda gear 1, d gas tnyta
netral. . . jd nggerung.. n malu d sayanya, d kira nggeberin mtor laen..

22. Albertus Christy - 24/01/2014

Btw kampas kopling itu fungsinya buat apa kok saat gantung kopling malah membuat cepat aus, padahal kalau gantung kopling rasanya seperti giginya tidak mengenai apa2..?
Kok bisa cepat aus ya?

aripitstop - 24/01/2014

maksudnya saat kondisi mtr jalan tuas kopling dilepas jgn ditekan terus,coba tanyakan sama biker yg lg belajar naik motor pake kopling manual.

Albertus Christy - 24/01/2014

Lha iya bro, biasanya saya juga begitu soalnya, sering tekan kopling terus pas jalan..
Emangnya fungsi kampas itu sebagai apa ya?

aripitstop - 24/01/2014

fungsi kopling untuk mentransfer putaran mesin dengan roda belakang.
kopling meneruskan dan memutuskan daya melalui gesekan diantara plat,jika plat dipisahkan satu dengan lainnya secara penuh maka kopling memutuskan tenaga sebaliknya jika tuas tidak ditekan maka plat saling menempel dan tenaga mesin tersalurkan dengan sempurna.
kenapa kampas kopling bisa aus dengan cepat (abnormal) ? kampas kopling jenis basah terdiri dari plat kopling yang saling berputar dan bergesekan,kopling bekerja sempurna jika kampas kopling menempel atau terbuka (terpisah ) dengan sempurna antara plat satu dengan yang lainnya, jika tuas kopling ditekan gantung (cuma setengah ) maka intensitas gesekan antar kampas akan semakin tinggi yang mengakibatkan kampas cepat aus dan penyaluran tenaga dari mesin ke roda tidak bekerja sempurna ( saat kopling digantung pasti motor akan menggerung saat jalan dan motor terasa berat tidak ada larinya ).
kopling gantung membuat kampas kopling cepat aus bisa dibuktikan dengan cara saat jalan tuas kopling ditekan terus setengah saja jangan full,pasti kampas akan cepat habis dan motor tidak ada tenaganya.

Albertus Christy - 24/01/2014

Bagus sekali penjelasannya, sampai dijelasin panjang lebar sgala.. 😀
Padahal kalau terlalu panjang kasihan ibu-ibu dan kalau terlalu lebar kasihan bapak-bapak..
Hehehe, terimakasih banyak Kang Ari… ^_^

aripitstop - 25/01/2014

jos

zane - 03/12/2014

tapi mas,,klo di gantung secara full selama di jalan apakah bisa bikin cepet aus kampasnya?

23. Yamaha Byson Ganti Kampas Kopling Subtitusi Kampas Kopling Scorpio Z | ARIPITSTOP - 12/03/2014

[…] kampas kopling jangan tunggu aus baru ganti… dulu sudah pernah saya bahas ” klik disini”. Jika tarikan motor sudah berat terutama buat motor kopling manual dan setelan handel kopling tiba2 […]

24. edi - 13/03/2014

permisi..ngomong” soal kopling ya gan..
beberapa hari lalu motor ane nmp ganti kampas kopling..dikarenakan suka selip klo mau nurunin gigi..pdhl baru 15rb km. baru pake setahun motor.. abis diganti kok terasa juga ya masih selip..tapi ya emg ga separah pas sebelum di ganti.
jadi intinya uda diganti tapi msh selip sesekali. bingung. ada solusi ga yan ? tq.

aripitstop - 13/03/2014

yang diganti hanya kampas koplingnya?
1.cek dulu kondisi plat besinya apakah sudah aus juga g?
2.kondisi boss clutch( rumah kopling apakah aus juga, biasanya di kilometer15ribu kampas sudah aus maka rumah kopling ikut aus juga.
3. kondisi tutup kampas kopling (plat pressure) seperti rumah kopling mudah aus jika terlambat ganti kampas kopling.
4. kondisi kabel kopling seret g? kabel kopling yang seret maka proses penekanan/daya balik per kopling jadi terlambat menyebabkan kampas kopling terasa selip.

edi - 13/03/2014

iya gan yg diganti hanya kampas kopling dan oli saja..soal nya motor nya ane tinggal di BeRes..2 jam ta ambil lg motor nya. klo kondisi yg lain nya ga ngecek gan..ane newbie gan ga ngerti soal motor 😀 tau nya klo enak ya pakai..ga enak ya ngeluh..wkwkwkwk..
kabel kopling ga seret kok gan. lancar” aja.
kyk nya penyakit nya yg no 1-2-3..wkwkwk..
blm sempat komplain lg sih gan.

aripitstop - 13/03/2014

komplian lg saja sebelum klamaan mlah kampas kopling jadi aus lagi

edi - 13/03/2014

sipp..tq agan ari buat masukan nya. sangat membantu bgt buat ane..tq” 😀

25. blueZ - 28/03/2014

Mas mau nanya kalau motor sering minta naik turunin gigi apa koplingnya udah aus juga? Seperti contoh ketika lagi jalan posisi gigi 3 kecepatan sekitar 50-60 km/h tiba” ngerem dikit karena ada kendaraan nyebrang, pas digas lagi tarikan berat dan ane turunin ke gigi 2 baru narik lagi (Ane cobain dimotor bebek lain gigi 3 masih enak buat narik). Kadang saat jalan agak nanjak ane musti nurunin sampe gigi 1 baru tarikannya cepet. Motor ane jupi z burhan 2008 kilometer 37 rb

aripitstop - 28/03/2014

kemungkinan kampa kopling sudah aus

blueZ - 28/03/2014

wah jadi bener ya kampas kopling…
saya baca di beberapa blog katanya bisa pnp sama kopling F1ZR ya mas?
katanya lebih tebel dr jupi z, tapi apa ga ada efek ke mesinnya mas?

aripitstop - 28/03/2014

yup pakai fiz r lbh bagus, dan g da efek samping

26. arif - 03/04/2014

bagaimana y crnya ganti kabel kopling punya vespa k jupiter mx? soalnya klo pk yg orinya mhl….hehehe

aripitstop - 03/04/2014

harus ada nepelnya juga buat ngunci agar kabel tidak lepas.

27. arif - 04/04/2014

uda sy bli mz nepelnya. trus selanjutnya apa lg yg akn sy lkukn mz? dan kunci apa aja mz yg akn sy persiapkn? mtr sy new jupiter mx yg 5speed. sblmnya trmksh y mz atas ilmunya….

aripitstop - 04/04/2014

tang potong,tang besar/lancip, kunci pas 12 . lepas kabel kopling dari selongsongnya, masukkan kabel vesapnya dari atas, jika sudah sampai bawah nepel dipasang tuas kopling bawah, kencangkan. ptong sisa kabel vespa jika kepanjangan. kalo nggak bisa masang lbh baik ke bengkel saja

arif - 04/04/2014

oh..iya mz trmksh atas ilmunya. klo k bengkel bwt apa atuh sy nanya ke mz yg pintar akn pengalaman d dunia otomotif….s x lg trmksh y mz… jgn kapok y mz klo sy kpn2 ingin nanya lg tntg yg lainya….hehehehe…
smoga sukses slalu mz….

arif - 04/04/2014

alhamdulillah mz…sdh sy pasang kabel koplingnya, dan sdh sy stel koplingnya sesuai selera…. trmksh y mz….

28. arif - 05/04/2014

permisi mz,mw numpang tanya lg nich.cara ganti kampas rem cakram belakang milik jupiter new mx.trmksh mz

29. Lasiban - 27/05/2014

Mtr sy shogun 125 r th 2005, km sdh 60rb lebih, mtr jarang sy pakai .kemaren sy coba utak atik mtr sy , sy coba ubah stelan kopling eeee mlh ga bs kembali sperti semula, artinya sy masukin gigi 1 sya tahan roda masih mutar terus , padahal sebelumnya normal, sya ulangi stel berkali2 hasilnya tetap sama, cape deeeh, gimana y gan tlong solusinya dong

aripitstop - 27/05/2014

iya itu setelan koplingnya saja, serahin ke bengkel saja untuk nyetel stut koplingnya.

30. joy - 29/05/2014

bro ane dah gondok nih benerin supra xx ane udah ganti seher 3x masih ngebul dan paking juga di ganti top set tapi masih ngebul juga, tolong donk kasih tau solusinya biar gak ngebul lagi.

aripitstop - 29/05/2014

Mungkin satu masalahnya, oli g naik ke atas jadi seher dan ring cpt aud, cb cek aliran olinya, pompa oli jg

31. Amier Prikitiw Hasan - 19/06/2014

mau ganti karet kopling scorpio, dibubut pakek merk apa karet ny yg mantap ny ?? mana tau bisa di subtitusi ke merk lain gtuu… mohon pencerahan..

32. Christy Ajah - 22/06/2014

Kalo gantinya di beres AHASS apa harus bilang suruh celup ke oli dulu?
BTW kampas kopling Revo Absolute harganya brp ya?

33. trielu - 28/06/2014

ms ari… mw nanya lg.. ini gmn yaa… kmrn uda ganti kmps kopling… jg udah pantek kopling… sxan ganti stelan angin karbu.. smpe stel klep sgla krna suara msin wes kasar.. habis dana hmpir gopek.. tp kok msh suka susah pndah gigi… dri ke 3ke 2… haduhh pusing bnr saya … mw balik k beres.nya uda bebeh tenan… la hasilnya msk msh ky gtuu.. py y mas… apanya yg bikin susah nururin gigi … tolong d bantu mas.. kira kira apanya… mslh yg plg bkin g nyaman operan giginya inii… susah xlo ngurangin gigi… mana jln ke arah krja.an sring macet pulaa… gmn rasanya… dr brenti jln pake gigi 3.. msakne mtor.e… haduuhh… ni pake njmx maz..

34. Gusdal - 08/07/2014

Aduh aduh. . Punya ane udah 56ribu km belom pernah ganti bang.. Bahaya neeh
tapi masih sanggup angkat ban depan waktu oper ke gear 2.. Lain kali aja laah…

35. ganti plat kopling - 14/08/2014

numpang tanya gan, motor supra 125 kalau oper gigi bunyi klek klek, apa normal nggak gan, mohon pencerahan

36. puguh05 - 15/08/2014

mau tanya om, kalo tuas koplingnya agak jauh itu karena kampas kopling juga apa nggak?(setelannya udah mentok) untuk tenaga nggak beda jauh dari awal beli,,,,

aripitstop - 16/08/2014

iya itu tanda2 kampas kopling aus.

37. suleinjeck crot - 16/08/2014

ovi ane ngeloncat saat masukin gigi kesatu kang.pdhl kopling blm dilepas.itu knp y kang..tx.crot

aripitstop - 16/08/2014

biasanya karet kopling oblak/aus perlu dipantekatau ganti assy

38. Ary - 30/08/2014

Gan motor saya jupiter mx 2008 tadinya tuas kopling kendur trus saya setel normal lg gk lama di bawak jalan kendur lagi saya stel lagi skrg malah jadi dol macam gk ada tarikannya sprti semula.
Kabel kopling masih bagus gk ada yg putus..
Kira2 apanya gan yg rusak & biaya prbaikannya brp..
Terma kasih..

39. Ryan - 01/09/2014

kang,,mtor ane jupi burhan 2009,,klo pas jln nnjak,,gas dtmbahin,,mlh kyak slip kopling,,itu apnya kang,,?
Mkasih,,!?

40. riderss - 06/09/2014

Kang Ari mau tanya kalau kampas kopling GL pro katanya bisa dipasang di NJMX ya? Terus kalau bisa pnp gak mas ?thanks

aripitstop - 06/09/2014

Wech…klo gl sy g tahu

41. abiesteward - 09/10/2014

mas ari mau nanya nih, kalo plat kopling gosong itu knp yaa? pada saat tarikan pertama jg ada suara “KreeK” apa itu suara kopling selip?

aripitstop - 09/10/2014
aripitstop - 09/10/2014

kopling selip bisa juga

42. Raymond S - 13/10/2014

Ganti kampas kopling harus pas ganti oli ya?

aripitstop - 13/10/2014

Iya lbh baik skalian ganti oli

43. yuda - 26/10/2014

mau tanya. vega RR ku km baru 2rb
ini motor pertama ane. ane newbie juga tentang motor

kenapa ya. tiap ane turun gigi
misal dari 4-3-2-1
serasa jeglek.. gitu. ngga halus.
terutama pas gigi 2-1
ane coba supra temen ane alus aja.
mohon wejangan nya

44. ipanase - 03/01/2015

untung sinchanku baru 4000 km

aripitstop - 03/01/2015

Pret

ipanase - 03/01/2015

tenan lek

45. heri - 10/01/2015

Gan permisi numpang tanya kalo vixion saya thn 2012 kalo di buat gigi tiga pada saat rpm menengah terdengar dengung pada masin itu knpa ya tolong infonya tq…….!!!

46. wardani asgar - 24/01/2015

Pen Tanya nih…per kopling tiger dipasang ϑί mx katanya mantep tuh mas bro,,,mohon masukannya..bagusan mana sama TDR ?
By: Sii’umanxqq ballap#033

47. ahmad sayuti - 14/02/2015

sory semuanya yg pengguna motor gede terutapa yg make motor scorpio,,mau nnya motor scorpio sya klo kopling di tekan masih ngeluyur,kira kira apa nya ya yg harus di perbaiki,dn juga tarikannya kurang masa motor cc225 ga bisa lari,minta solusinya?

48. muhammad nur - 09/04/2015

mas maw tanya nih..ane punya motor tiger, setelah ane ganti kampas kopling kenapa jadi susah sekali masukin gigi 1 harus di buka gas baru bisa nyantol persenelingnya?
dan setiap buka kopling motor endut endutan ?mohon pencerahannya gan..terima kasih

Kang ari - 09/04/2015

Biasanya karet kopling udah oblak, pantek kopling aja.

49. imam - 16/05/2015

kalau bunyi mendecit ketika masuk gigi 1 hendak jalan itu kenapa ya

50. eko pramono - 22/05/2015

Kenapa setelah ganti kampas koplin vixi… tarikannya masih nahan ya gan… padahal itu diganti satu set ori loh…. mohon balasannya gan…

Kang ari - 22/05/2015

Kabel kopling seret juga pengaruh, setelan kopling harus center ada nok nya d sebelah kiri.
Berat bisa jadi bukan dari kopling tapi kompresi atau injeksi kotor.

adhiet - 07/06/2015

Halo mas ari, mau nanya nih. . .kenapa ya Megapro ane kalo pas nanjak ngeden,nafas pendek pendek, suara kasar , tiap kali gas lebih di puntir, mesin bunyi klek klek klek, semacam gak boleh ditambah gas nya. Itu kira2 apa ya yang harus di benerin. Maklum mas, newbie. . .

51. apoie - 20/08/2015

Vixion ku habis ganti kamrat malah ada bunyi desingan nging ,tiap gas dipuntir ikut myaring,apanya yang salah ya mas?udah diganti laker nokenya tetep aja ga sembuh

52. fauzi - 17/10/2015

mas, kok ni td saya hbs ganti kampas Kopling baru. tp kok masih suka selip yahh, kalo di standar 2 trs di masukan gigi 1, kopling di tekan malah berputar roda belakangnya

Kang ari - 17/10/2015

Roda belakang berputar asal dipegang tangan langsung berhenti itu normal kecuali masih tetap berputar coba setelan kopling agak dijauhin

53. Tomy - 10/12/2015

Mas Ari,ane mau nanya nih,motor sy shogun sp klu masuk gigi 3 ada bunyi kresek2 dan bergetar dari bawah mesin tp klo gigi yg lain normal2 sj. Teman sy bilang,kemungkinan kampas koplingnya minta ganti. Menurut mas ari?? thanks

54. jhon - 27/12/2015

mas sya mau tanya nih. motor saya vixion. motor saya standar tengah. terus saya nyalain. terus saya masukin gigi 1. maslahnya pada saat handle kopling sya tekan sampe mentok. roda blkng masih tetep muter. saya coba stop gak bisa . lalu handle saya lepas masih tetep muter tu roda. itu kanapa ?????

55. agung - 24/02/2016

Mas, mau tny ni ..
Kalau motor NVL dibawa jalan dari gigi 1 hampir mentok hbis tu naik ke 2 tu macam ad bunyi besi getar gtu dan strusny saat ingin melkukan pernaikan gigi …
Tu yang pertama yang kedua mau tanya kalau vixion ganti kampas kopling scorpio ad pngaruh buruk gak sama vixionny ??

56. heri - 23/04/2016

motorku gl pro udah tidak bs jln, kyaknya kampas koplingnya hbis. butuh biaya bnyak gk ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: