jump to navigation

Apa Kabar Motor CBU Yamaha ? Sudahkah Waktunya Service… 31/12/2013

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

P1080217

Empat motor besar yamaha sudah mendarat . Semuanya adalah motor-motor dengan nama besar, yakni R1, R6, VMAX, dan skutik TMAX. Kehadirannya tidak dipatok dengan target penjualan, tetapi lebih untuk para pengguna Yamaha yang sudah naik level secara ekonomi. Jadi yang buat kantong-kantong paceklik nggak bakalan bisa beli motor ini. Yamaha Indonesia sendiri menyebut motor-motor besarnya ini berstatus “ready stock” alias sudah tersedia walaupun diakui tidak banyak. 

Sampai sekarang penjualan motor moge tersebut masih didominasi oleh R6 yang paling laris. “Kami tidak memasang target yang tinggi. Kita melihat respons pasar, tidak mengejar target. Kita lihat banyak konsumen Yamaha yang selama ini pakai Yamaha dan sudah jadi orang kaya dan besar, mau naik spek tetapi tidak tersedia,” ujar Dyonisius Beti, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. via otosia.com. Yamaha Indonesia menyiapkan segala macam kemudahan dan previlage khusus bagi konsumen Yamaha CBU mereka baik itu yang bersifat teknis seperti layanan mobile service, kegiatan touring sampai gathering dan prioritas bertemu dengan rider MotoGP seperti yang kemaren telah mereka lakukan dengan Jorge Lorenzo.

Untuk pelayanan after sales hal penting yang harus dilakukan oleh yamaha jika motor2 CBU ini tetap akan bertahan d iindonesia,jangan hanya mengutamakan pelayanan yang pembelian dari YAMAHA saja tetapi konsumen yang sudah terlanjur beli lewat IU juga seharusnya mendapatkan pelayanan yang tak jauh beda. Jangan sampai konsumen yang beli di IU sampai dianak-tirikan karena mereka juga konsumen yamaha yang loyal. Untuk saat ini yamaha menjamin pelayanan service gratis selama 3 tahun untuk semua motor CBU yang beli di yamaha,untuk konsumen yang beli di IU tidak mendapatkan pelayanan tersebut karena ini kebijakan dari yamaha indonesia sendiri akan tetapi pihak yamaha juga menyediakan bengkel khusus moge ini tepatnya di yamaha flag ship shop du cempaka putih jakarta pusat.

P1080190

Jika motor yang sudah tidak mendapatkan service gratis ataupun konsumen dari IU setiap service berkala akan dipatok biaya dengan sistem FRT yaitu setiap 1 jam-nya dipatok biaya sebesar 200ribu saja,hmhmhm… Weleh weleh…kalo service memakan waktu 2 jam berarti harus ngeluarin kocek 400ribu hanya untuk biaya jasa saja belum termasuk biaya beli oli mesin,misalkan saja kapasitas oli mesin v-max 4,3 L jadi butuh oli yamalube sport 5 botol biayanya 35ribu per botol jadi 175 ribu.Total biaya service selama 1 jam dan penggantian oli mesin jadi 375 ribu.Belum jika ada masalah dimotor berarti memakan waktu yang lebih lama dari service normal. Jadi untuk beli motor ini juga harus memikirkan apakah kita siap untuk membayar biaya perawatan motor2 moge tersebut.

Untuk konsumen motor CBU yamaha yang ingin mau service atau ada kendala bisa calling ke 021 4215888.

oli vmaxisi oli vmax

Komentar»

1. Karis - 31/12/2013

Luaraaang

aripitstop - 31/12/2013

Murah buat orang kays

2. potretbikers - 31/12/2013

Wich, V-Max seng diservice…jian jossss tenan

aripitstop - 31/12/2013

Mantap

3. mas huda - 31/12/2013

Ajib banget ya dihitung perjam….

aripitstop - 31/12/2013

Mau beli…….?

4. Wong Ndeso 94 - 31/12/2013
aripitstop - 31/12/2013

Beda klas kang…..

5. indraf - 31/12/2013

masa biaya service perjam? yang bner kang?

aripitstop - 31/12/2013

Memang betul…… Mosok bohong,sblum bikin artikel nanya2 sumber dr YIMM

4nd1 - 31/12/2013

Tarif jasa, ada beberapa jenis, Om :
– per jenis pekerjaan.
– per jam kerja : ini biasanya didunia konsultan – kalau biasa di dunia IT disebut “man-hour”.
– per problem sampai selesai.

Dalam kasus moge Yamaha ini, biaya dipatok per jam tidak diperhitungkan jenis kerjanya.

Nah, biasanya kalau di bengkel mobil, sudah ada perhitungan standar kerja untuk mengerjakan suatu problem – ini berkaitan juga dengan perhitungan beban kerja tiap mekanik.

Misalnya :
– pergantian olie : 1 orang – 15 menit (0.25 manhour).
– pergantian roda belakang : 2 orang – 30 menit (0.5 manhour / @0.25 manhour per person).
– pergantian timing-belt : 4 orang – 1 jam 30 menit (1.5 manhour / @0.375 manhour per person).

Nantinya, tiap mekanik harus memberikan laporan detail kerjaan yang dilakukan dan dibandingkan dengan pekerjaan mekanik lainnya yang mengerjakan kerjaan yang sama.
Ini dibuat agar mekanik kerjanya selalu tepat waktu, tidak males-malesan.
Jadi, tidak bisa mekanik melaporkan : ganti olie 2 jam … tidak bisa. Karena sudah ada aturan baku dari bengkel sebagai acuan kerja untuk KPI.

Jika mekanik mengalami kesulitan, harus segera lapor ke supervisor agar segera dilakukan penyesuaian beban kerja.
Misalnya :
Konsumen inginnya hanya ganti olie (standar beban adalah 15 menit, misalnya), ternyata mekanik menemukan problem bahwa timing bergeser dan harus dilakukan penyesuaian.

Biasanya, kalau di bengkel2 mobil yang benar, Service Advisor akan menunjukkan tabel pekerjaan per item dan lama pengerjaan beserta dengan biaya per man-hour tersebut.
Hanya saja, untuk memudahkan pelanggan, akhirnya dibuat per paket kerjaan walaupun sebenarnya bengkel menghitung dalam man-hour tersebut.

aripitstop - 31/12/2013

untuk kerja harus sesuai SOP kang,jadi tidak bisa kerja seenaknya sendiri dan di bengkel khusus CBU ini mekaniknya juga sudah disiapkan khusus pula. untuk detail pekerjaan tambahan sudah pasti harus konfirmasi ke SA.kalo jenis biaya dan jenis pekerjaan yg diluar service berkala ketentuan cara patokan biayanya saya belum dapat info pasti,yang pasti untuk service berkala sistem FRT per jamnya 200ribu

6. isal - 31/12/2013

beli moge: harga mahal + biaya perawatan mahal + pajak mahal.
persiapan beli moge: kantong siap + mental siap

🙂

aripitstop - 31/12/2013

Betul.,,.

7. ali zibbeni - 31/12/2013

Belum siap beli moge

aripitstop - 31/12/2013

siapin dananya

8. adikarya - 31/12/2013

ajiib

9. motorongsok - 31/12/2013

motor berduwit

10. orong-orong - 31/12/2013
11. inject - 31/12/2013

harga olinya kyknya lebih mahal kang, yg pake ninja 250 aja banyak yg oli nya motul / shell yg harganya 125 / 165 rb perliter hhe lagian udah bs beli motor 500jt cm biaya perawatan aja murah mah

12. Mase - 31/12/2013

pasti mahal

13. Ferboes Richardson - 01/01/2014

lho… mas ari dibengkel yamaha cemput toh???
kapan2 ketemuan dong 🙂
http://ferboesrichardson.wordpress.com/2014/01/01/libur-tahun-baru-bantuin-dagang-mie-ayam/

aripitstop - 01/01/2014

bukan di cemput,di bintaro
di bintaro kan banyak yg punya moge. itu vmax dah langganan meski cuma ganti oli.hehehehe

14. saliman - 05/07/2014

sore bro ari
kok oli vmaxnya pakai yamalube sport seharga 35rb ya? bukannya pakai oli yamalube premium ya???

aripitstop - 05/07/2014

yamaha indonesia blm keluarkan yamalube premium…itu sdh rekomendasi dan konfirmasi dulu dari yamaha

15. zhona2103 - 26/03/2015

Mas ari, mo nanya kalo punya moge yamaha bukan resmi dari yamaha cbu belinya bisa service juga ga itu di dds, apa ke kang ari bisa nyervis R6 (ngehayal dulu sambil ngumpulin daon)

Kang ari - 26/03/2015

Setahu saya bisa kok,
Saya belum bisa service R6, lepas businya saja tidak bisa

zhona2103 - 26/03/2015

Hahahahah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: