jump to navigation

Akibat Mengabaikan Pentingnya Service CVT,Roller Bisa Hancur 12/12/2013

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

ROLLER MIO

Halo kang bro,saatnya bagi2 pengalaman nich,yang seperti sudah kita ketahui bahwa motor matic perlu adanya perhatian khusus pada bagian CVT,jika perawatan service bagian cvt diabaikan sudah pasti ada gejala atau kerusakan yang ditimbulkan karena adanya kurang perawatan.
Dulu saya pernah mengulas artikel tentang salah satu akibat cvt kurang perawatan “https://aripitstop.wordpress.com/2013/05/04/akibat-cvt-motor-matic-kurang-perawatan/ “ . https://aripitstop.wordpress.com/2013/03/27/tips-merawat-motor-matic-agar-motor-tetap-fit/ . Sekarang saya coba ulas lagi akibatnya jika bagian part2 cvt kurang perawatan,seperti yang terjadi pada salah satu konsumen kang ari,dia mengeluhkan motor mio soul-nya larinya terasa berat dan timbul bunyi ngrosok saat akslerasi dan saat turun gas. Kemudian konsumen kang ari tanya perawatan apa saja yang dilakukan selama kurang lebih hampir 2 tahun dan pencapaian jarak pakai hampir 20ribu km ? jawabnya hanya service2 biasa saja dibengkel umum dan untuk bagian cvt belum pernah dibongkar. Hadech… sambil geleng2 kepala saya bilang ke mekanik agar bongkar bagian cvt,setelah dibongkar bagian cvt hasilnya roller pada hancur.

ROLLER

Kok bias roller sampai hancur ? Roller mempunyai dua lapisan yang pertama lapisan luar yang bahannya biasanya dari plastic,polycarbonate dan ada yang terbuat dari material Teflon. Dan pada lapisan kedua atau lapisan dalam biasanya terbuat dari tembaga. Prinsip kerja roller pada dasarnya mirip gir set pada motor bersistem pengerak rantai, karena motor matic mengunakan V-belt sebagai penerus tenaga dari kruk-as ke roda belakang. Roller bekerja naik turun menekan v-belt,dan disitu terjadi gesekan antara roller dengan rumah roller,oleh karena itu roller jadi part yang sering dan mudah aus sehingga part ini perlu di cek secara periodic.
Untuk service cvt sebaiknya dilakukan setiap 6ribu km atau setiap 6 bulan sekali agar kondisi part2 didalam cvt selalu terkontrol dan kerja motor selalu maksimal.Jadi jangan abaikan bagian cvt ya… sekian dulu dech semoga bermanfaat.

Komentar»

1. favian - 12/12/2013

pertamax
untung g punya matic

2. raden dimas - 12/12/2013

kalo sdh begini br sadar

aripitstop - 12/12/2013

betul….

3. orong-orong - 12/12/2013
4. n3w4ndy - 12/12/2013

Edian!!! Baru ini liat roller jadi kayak gitu!!!

aripitstop - 12/12/2013

itulah akibatnya….

5. zidae - 13/12/2013

wah2…bs ky gitu y.kang ari tolong dong minta tipsnya spy mio j tarikanya enteng,trs nafasnya biar panjang gt.mksih….

kang ari - 13/12/2013
6. MasDab - 13/12/2013

Motorku Soul GT keluaran Bulan Mei th 2012, sampi sekarang sdh menempuh jarak 15.000 KM. Waktu servis ke beres yamaha aku tanya ke kepala mekaniknya, perlu bongkar CVT atau gak dg jarak tempuh segitu, kata kepala mekaniknya kalau tidak ada keluhan di CVT kynta gak perlu dibongkar. Yg bener yang mana nih kang Ari ? Baru kali ini aku punya motor matic jd gaku gak tau cara perawatannya.

aripitstop - 13/12/2013

seharusnya untuk kilometer sdh 15ribu sudah saatnya cek kondisi cvt meskipun tdk ada keluhan atau kendala,biasanya roller sdh aus tergantung dari pemakaian.

7. MasDab - 13/12/2013

Nambah lagi, kalo roller X-Ride dipasang di Soul GT bisa PNP gak ya ?

aripitstop - 13/12/2013

bisa pnp

8. MasDab - 13/12/2013

Terima kasih atas pencerahannya Kang Ari…

9. dento - 13/12/2013

wah para banget tuh, gimana cara pakai pemiliknya bisa sampai kayak gitu?
ane punya mio soul juga, ganti belt dan roller di km 30.000an, roller aus sebelah tapi nggak sampai kayak gitu.

aripitstop - 13/12/2013

2 tahun nggak dibongkar

dento - 13/12/2013

punyaku 3 tahun baru bongkar CVT, waktu itu juga sekalian ganti secondary sliding sheave.
berarti penggunaannya kasar tuh sampe parah gitu

aripitstop - 13/12/2013

3 thn br bongkar….. Wajar kalo smp ganti scondary sliding. Makanya sbg pencegahan musti rutin d sertvice

10. aarreeff - 13/12/2013

Ndableg

11. Rollerman - 14/12/2013

biasanya sih d dsamain dengan motor bebek, kalau bebek kan asal dlumasi dan stel kekencangan rantai udah beres, nah karena d matic rantainya dtutupin, ya udh g usah drawat.hehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: