jump to navigation

Jangan Kelebihan Mengisi Oli Gardan 08/12/2013

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
trackback

P1080856

Seperti yang sudah kita ketahui kalau motor matic mempunya dua jenis oli yaitu oli mesin dan oli gardan/gear. Untuk oli mesin sudah bukan hal yang asing lagi buat kita tapi untuk oli gardan ternyata masih ada yang belum paham alias masih awam, seperti yang terjadi pada salah satu konsumen kang ari ini yang kelebihan mengisi oli gardan.

Unik juga nich konsumen,karena memang belum tahu atau justru mekanik yang tidak pernah kasih tahu bisa juga dia baru beli motor bekas jadi belum tahu spesifikasi motor yang dia beli. Kejadiannya kang ari didatangi konsumen dengan keluhan motor mio 2009 jalannya berat banget meskipun gas sudah dibuka penuh tapi motor tetap tidak mau jalan,setelah kang ari selidiki ternyata ada rembesan oli di cover tutup cvt-nya,tidak pakai lama bagian cvt langsung kang ari buka dan mendapatkan kondisi part2 didalam cvt basah oleh oli begitu juga dengan v-belt makanya v-belt jadi selip dan tidak mau jalan.

P1080851

Kang ari coba cek asal muasal oli ini,kang ari cek bagian seal kruk-as tidak bocor kemudian saya cek bagian seal gardan ada oli yang keluar dari sini,selanjutnya kang ari coba lepas seal ini karena kang ari kira rembesan oli terjadi karena seal bocor,setelah seal terlepas tiba2 banyak oli yang keluar dan dengan rasa penasaran kang buka baut pembungan oli gardan hasilnya “jreng-jreng” oli yang keluar buanyak banget padahal kapasitas oli gardan motor mio hanya 100 cc.setelah kang ari ukur oli yang terbuang kira2 400 cc. Kang ari tanya ke konsumen apakah sebelumnya pernah ganti oli gardan dan jawabannya dia coba buang oli gardan dan olinya hanya sedikit makanya dia beli oli mesin dan kemudian gardan diisi oli penuh. Karena kelebihan oli maka oli gardan jadi luber lari ke bagian cvt lewat lubang hawa yang menuju ke ruang cvt alhasil oli melumasi semua bagian part2 cvt.

P1080852

Lihat gambar2nya kang bro, dari rumah kopling kampas kopling jadi basah kena oli, dapat pengalaman yang berharga tuch konsumen. Jadi jangan coba2 jika tidak tahu,lebih baik bertanya meskipun harus malu.

P1080855 P1080853 P1080849 P1080850

Iklan

Komentar»

1. potretbikers - 08/12/2013

Nice info, sieppp ๐Ÿ˜€

aripitstop - 08/12/2013

pertamax

yayen - 17/03/2014

oli gardan belum pernah diganti dr awal beli baru…
mohon saran n infonya..tq

aripitstop - 17/03/2014

sudah berapa bulan…? usahakan maksimal 6 bulan sekali ganti oli gardan atau 5 ribu km saja, meskipun maksimal penggantian setiap 10ribu km. jika nunggu 10ribu km terlalu lama kasihan motornya dan mengurangi efek/resiko rusak, oli gardan murah cuma 10ribuan

2. aarreeff - 08/12/2013

nekat

aripitstop - 08/12/2013

MEMANG…

3. ali zibbeni - 08/12/2013

Perlukah oli gardan diganti pas ganti oli pertama?

aripitstop - 08/12/2013

lebih baik saat penggantian oli pertama kali(KSG 1 ).

ali zibbeni - 08/12/2013

Huikkkks

ali zibbeni - 08/12/2013

Udah kelewat ksg1
Motor dah sebulan tapi km masih 100km hehehe
Ntar ta balik ke beres buat ganti oli gardan

Skalian nanya kang,buat ganti pelek x-ride dengan pelek ruji apa ajah yg perlu diganti?

aripitstop - 08/12/2013

weleh….artikel sudah siap nongol tuch…. mtr kang ari pakai pelek rossi.jari2 TDR chrome

ali zibbeni - 09/12/2013

Okeyh

4. zidae - 08/12/2013

trs gmn ya kang cara ngecek oli masih ada p gk nya.brp km harus ganti?sy jg kurang paham metik.

aripitstop - 08/12/2013

untuk mengecek oli gardan sebenarnya dari pihak pabrikan tdk ada spesifik khusus cr mengeceknya tp bisa diakalin dengan sapu lidi yang panjangnnya sekitar 15cm,kemudian buka tutup oli gardan yg atas kemudian colokkan sapu lidi dech,cek apakah masih ada oli atau tidak,atau cek kondisi baut pembuangan olinya jika basah oli dipastikan ada kebocoran dan segera lakukan pergantian olinya dan dicek kenapa bisa bs bocor.
penggantian oli gardan maksimal setiap 10ribu km tapi lebih baik setiao 5ribu km saja biar lebih safety.

5. ochimkediri - 08/12/2013

siip…dapat pengalaman baru.

6. kadalaspal - 08/12/2013

dah jalan 10rb km tapi masih bening oli gardannya kaya baru.
ganti po ra kang?

aripitstop - 08/12/2013

ganti,oli gardan jika kondisi normal,sampai 10rb km tetap bening tp kualitas kekentalannya sudah beda

7. ninja150ss - 12/12/2013

kang bro mau nanya,,,
oli gardan anjuran diganti tiap 8000km kl gk salah y?
ane pny matik,trs inget udah wktnya gnt,lha ane buka bautnya,olinya msh bersih,kyk oli baru pdhl udah 8000km lbh.
yg ane mau tny,tuh oli hrs dibuang/tinggal nambahi 1botol kcil oli gardan? trs knp olinya gk item y?

aripitstop - 12/12/2013

oli gardan maksimal dipakai sampai 10ribu km.tetapi alangkah baiknya diganti sebelum 10ribu km.
yg kedua,oli gardan meskipun masih kelihatan bening tetap harus diganti,untuk kapasitas oli gardan tergantung dr jenis motornya,setiao mtr berbeda kapasitas olinya.tp rata2 hanya pakai1 btl,kecuali mtr xeon yg pakai 2 botol.
oli gardan meskipun sudah dipakai sampai 10ribu km tetap bening ? itu normal,karena sistem pelumasan di ruang mesin dengan gardan sistemnya beda. untuk oli mesin cepat hitam karena selain sebagai pelumas dan pendingin oli di mesin juga berfungsi sebagai ‘perapat’/ membantu proses kompresi dan melumasi piston ,ring piston serta cylinder yang mempunyai tingkat keausan dan gesekan lbh tinggi sehingga kerja oli mesin lebih berat.sedangkan oli gardan hanya berfungsi sebagai pelumas roda gigi saja sehingga kerjanya ringan.

ninja150ss - 13/12/2013

Makasih banyak atas infonya mas bro

8. Rollerman - 14/12/2013

meskipun matic itu simpel, tpi perawatan CVTnya harus extra dperhatikan ๐Ÿ™‚

aripitstop - 14/12/2013

se7

9. Mulyadi - 23/12/2013

Mantap bro infony,..:D

10. Rocky - 14/08/2014

mas bro mau tnya donk, kLw oli gear Yamaha GT-125 brp Cc ya??,,

11. toto - 20/11/2014

mas brow, tanya dunk. Mio J kan kapasitas oli gardannya 140 ml. lha oli gardan yg banyak dijual itu 100 ml. memang ada yg 140 ml merek Yamalube, tp jarang yg jual. akhirnya setiap ganti aku isi langsung dua botol @ 100 ml. Gimana kalo gitu ya masbrow…..

aripitstop - 20/11/2014

Loch oli gardan di bengkel resmi ada dua mcm yg 100 cc, dan 140 cc, pasti ada di bengkel resmi yamaha.
Klo ngisi klebihan biasanya akan luber naik keatas saat jalan dan tenaga mtr agak berkurang

12. hendri - 22/01/2015

tanya kang bro,. spek kapasitas oli mesin motor beat 2014 aq lihat di web AHM 0,7 liter, trus aq masukin oli endoru matic 0,8 liter semuanya,. itu efeknya apa kang bro

Kang ari - 22/01/2015

Nggak masalah oli mesin lebih 100cc

13. orong-orong - 19/02/2015
14. 46sukses.com - 19/02/2015

Josss inpone….

15. Riki Kuswan - 26/03/2015

Mas bro, kalau misal ane ngisi oli gardan yg kemasan 120 ml, eh ternyata di buku panduannya cuma 100 ml, apakah bisa ngefek mas bro ? mohon penjelasannya matur nuwun….

Kang ari - 26/03/2015

Ngefek oli naik, biasanya dari selang pernafasan akan ada oli tuch… Klo dari mesin sich klo cuma lebih 20 cc nggak masalah tapi klo sampe diisi dua botol atau yg 150cc tarikannya jadi berkurang, bayangin saja sampeyan jalan di genangan air atau banjir.

16. adhika widya - 03/04/2015

Kang ari badhe tanglet, kalo ane beli oli mesin 1 liter, padahal kapasitas oli 0,8 ane isi 0,9 liter trus 100 ml sisanya ane pake buat oli gardan, boleh atau ga boleh?

Kang ari - 03/04/2015

Boleh…

17. ardiologi - 24/04/2015

ini jadi moto metik kopling basah ๐Ÿ˜€

18. Chairul nazli - 01/06/2015

yg saya tanya ukuran mengisi oli gerdang itu brapa cc/ml

19. dafa - 10/08/2015

Bang saya mau nanya kereta saya kan pas ngebut bunyi di bagian cvt nya pas saya udh cek di bengkel ternyata oli gardan nya abis lalu orang bengkel isi, 4 hari kemudian kok malah ngulah lagi bunyi nya apa mungkin bocor mohon saran nya bang

Kang ari - 10/08/2015

karena sebelumnya kehabisa oli maka part2 seperti bearing dan roda gigi aus harus diganti kalau tidak diganti maka akan timbul noise dengung semakin keras

20. dafa - 12/08/2015

Kalo di ganti itu kenak berapa bang

21. priyatno - 18/10/2015

Berap takeran pengisian oli mesin mio j yg baik ms bro..

22. Bambang - 18/10/2015

Mas, Ari. Tanya nih. Klo oli gardan di isi pake oli mesin motor bebek, bisa gak ya?

Ari - 26/10/2015

Bisa, kang

Ari - 26/10/2015

tapi ambrol mesinya….

23. Levi - 17/11/2015

Oli gardan yamaha Xeon kenapa harus 2 botol, oli mesin cukup 1 botol ga ?

24. lisna - 27/11/2015

kang ari, oli gardan saya netes terus ya, tiap kali abis di pake atau mesin dlm kondisi panas, jadi kalo skali ngisi oli gardan yg yamalube itu paling sminggu dah abis lagi krena netes terus, itu apa yg perlu di ganti atau di service ya kang ?
sbelumnya dah di bnerin dari ganti paking, ring baut yg pembuangan tapi ttep aja netes.. mohon pencerahannya kang

Kang ari - 27/11/2015

Kemungkinan permukaan tutup gardan nggak rata, yang ada as puli belakang atau sealnya bocor

25. indra - 25/12/2015

Saya pnya motor Mio GT 2014, saya baca artikel di google jika ingin mengisi oli harus sesuai prosedur. Kemarin saya ganti oli gardan sampai 2 botol yg isinya 100mili, itu jga rekomendasi bengkelnya. Apakah lumrah saja kalau kapasitas gardan hanya 140ML tetapi saya mengisi oli gardannya sampai 200ML?

Kang ari - 25/12/2015

sebenarnya nggak lumrah, itu kelebihan. kalau kelebihan selain akan naik dan seal mudah bocor karena tekanan berlebih dan juga kalau keseringan akan menimbulkan suara dengung

26. indra - 25/12/2015

Mohon balasannya kang

27. afiqshop - 18/02/2016

Boleh tidak jika oli gardan diganti dengan oli mesin? Ya ukurannya ikut oli gardan sebanyak 100cc. Terima kasih

obat kua

Kang ari - 18/02/2016

Nggak masalah, tapi dianjurkan oli gardan

28. Iyan - 28/02/2016

Kang ari, motor xeon thn.2010 saya keluar asap putih saat start awal. Kurang lebih 5 menit kemudian asap putihnya hilang. Tolong kasih info apa penyebabnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: