jump to navigation

Honda Revo Mogok Karena Kehabisan Oli,Cek Selalu Kondisi Oli Mesin 26/06/2013

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
trackback

P1060598

Sore2 habis pulang kerja maen ke bengkel teman kang ari,ternyata ada motor honda revo yang sedang nongkrong.Temen kang ari lagi asik gerinda di motor tersebut,setelah kang ari lihat ternyata lagi gerinda piston yang macet,piston kok di gerinda ?

Ceritanya begini kang bro,ada konsumen owner honda revo datang motornya diderek pakai motor lain karena mogok,setelah dicek ternyata “ngejem” atau piston macet,lawong di selah2 nggak bisa gerak.Kemudian di cek oli mesinnya ternyata kosong mlompong tidak disisain sedikitpun,karena kondisi motor tidak ada oli mesinnya otomatis mesin jadi aus,piston macet karena tidak ada pelumasnya.

pizap.com13721615192171

Setelah dibongkar,kelihatan dech akibat oli mesin habis piston baret,cylinder aus dan parahnya lagi stang piston juga macet.Yang bikin mengherankan lagi motor disuruh ngakalin saja yang penting bisa jalan karena tidak ada biaya,”kalau sudah begini baru tahu rasa,kemarin kemana saja”.Seandainya motor bisa bicara pasti itu motor sudah nangis darah.Dulu kang ari pernah nulis hal yang sama ” Ganti Oli Mesin Wajib Hukumnya. “. Jika kang bro tidak sempat melakukan service rutin kang ari anjurkan untuk tetap mengganti oli mesin maksimal setiap 2ribu km atau sebulan sekali.

Karena tidak ada biaya buat turun mesin maka oleh teman kang ari yang bengkelnya di depan kodam-pesanggrahan,motor revo itu hanya akan diganti piston assy dulu,karena kondisi piston yang sudah terlanjur ngejem saat mau melepas piston dari stang piston ternyata susah akhirnya piston digerinda biar bisa lepas (“parah-parah….”).

pizap.com13721617485631

P1060606

Kenapa oli mesin bisa habis ?

1.Oli Mesin Tidak Diganti Secara Teratur

Oli mesin ada batas umurnya kang bro,jangan asal pakai saja yang penting motor bisa jalan.Cek selalu kondisi volume oli mesin,pastikan oli diganti maksimal setiap 2ribu km atau sebulan sekali agar kondisi mesin motor tetap fit saat dipakai.Kang ari pernah dengar bahwa ada produk oli mesin yang bisa tahan sampai 1oribu km,kang ari bisa percaya dengan produk tersebut tapi kurang yakin apakah motor bisa tahan dengan kondisi penggantian oli setiap 10ribu km atau bisa dikalkulasikan setiap satu tahun sekali,kang ari membayangkan ganti oli mesin setiap 1 tahun sekali rasanya kok ngilu.Kita cari safety saja kang bro,memang harga olinya mahal karena mungkin kualitasnya yang bagus,jika kita bisa pastikan kondisi oli mesin selalu normal mungkin tidak jadi masalah,bagaimana bisa selalu ngecek kondisi oli mesin yang bisa tahan sampai 1oribu km,untuk penggantian oli mesin setiap bulan saja terabaikan,akhirnya motor jebol.

2.Sil Dan Klep Bocor

Jika ada asap putih keluar dari knlapot itu ada indikasi sil klep dan klepnya bocor sehingga oli masuk keruang bakar dan ikut terbakar sehingga menimbulan asap putih pekat diknalpot.Jika kondisi ini didiamkan maka oli mesin akan semakin berkurang dan bisa cepat habis jika kebocoran di klep sudah parah.

3.Piston Assy Aus.

Piston bisa aus karena kondisi usia piston yang sudah tua dan karena akibat pompa oli macet sehingga piston over heat dan mengakibatkan terjadi gesekan yang berlebih antara piston,ring piston dan cylinder.Jika sudah aus/baret maka oli akan naik ke ruang bakar dan terbakar seperti kondisi klep bocor.

Piston aus bisa juga karena klep bocor dan dan timbul kerak yang tebal di ruang bakar dan kerak itu pasti ada yang rontok dan masuk ke celah dinding antara piston dengan cylinder maka terjadi baret.

karbu-king-kumuh1

Kondisi filter udara yang sudah kotor atau filter udara dilepas menyebabkan kotoran atau debu mudah masuk ke karburator dan langsung masuk ke ruang bakar dan kotoran tersebut masuk ke celah dinding antara piston dengan cylinder.

4.Kebocoran Paking Dan Oil Seal Mesin

Jika ada oli disekitar mesin jangan diabaikan kang bro,karena oli tersebut keluar dari mesin.oli bisa mrembes keluar karena ada kebocoran di paking atau sil2 yang ada di mesin.Meskipun cuma rembesan tapi jika dibiarkan saja maka akan oli ekan mengalir sedikit demi sedikit dan oli mesinpun habis.Maka jika terlihat ada rembesan oli segera lakukan penggantian paking atau sil yang bocor.

20111021-olimeler_1

Jadi kang bro jangan mengabaikan dengan yang namanya oli mesin,”lalai mesin terbengkalai”. semoga bermanfaat,monggo berdikusi…

P1060541

Komentar»

1. wong kismisn - 26/06/2013

Terima kasih untuk kang ari, atas tulisan tulisannya, saya jadi agak aware sekarang dengan kondisi motor saya yg masuk tahun ke 4 ini,
Lanjut kang… ((y)ˆ⌣’)(y)

2. system fail - 26/06/2013

Thanks kang info ny

3. fadeln250r - 26/06/2013

wealah. . .

4. fadeln250r - 26/06/2013

iki blogger pendidik tenan. . . .joooozzzz kang. . .lanjutkan artikel bermutu lainnya. . .

5. 46@sukses.com - 26/06/2013

Bonusnya “demi tuhan…”
“apapun mtor nya jgn lupa gnti oli..
*nasibnya kayak revo110,punya adikku dan temen aku,mesin kemlotak,gara2 mengabaijan perawanan..

6. rusman - 26/06/2013

sampe begitu parahnya

7. orong-orong - 26/06/2013

parah yg punya motor

8. ndesospeed - 26/06/2013

pake mtor 2tak oli bsa ganti 1taun skali kang hahahaha

9. kadalaspal - 26/06/2013

aku dah pake kang oli full synthetic yg buat mobil (cari yg buat motor matic susah) dan emang beda rasa kang. lebi alus, tarikan enteng dan suhu mesin lebih stabil. bagasi dan jok gak sepanas pake oli sebelumnya. baru jalan 1000km setiap minggu dicek kondisi oli itu yg penting. rencana pake smpe 5rb/6rb km dulu atau 4 bulan.
kapan2 kang ari harus coba deh
hehehe

#resiko tanggung sendiri. xixixixi

ariblogmotor - 26/06/2013

resiko tgg yg nulis ach….

10. lanangbagus - 26/06/2013

ambrollll

11. emil - 26/06/2013

sangat mendidik infonya

12. nvl 12 - 26/06/2013

jangan anggap enteng tu oli

13. ki alus - 26/06/2013

Mesin-masin tua tahun nya muda, harus pakai oli lebih kental.

14. rosuliandi - 26/06/2013

Wah om saya jg pernah nih pernah ngalamin kejadian sehernya macet di motor smas..tp bukan karena oli yg habis,melainkan pemakaian oli yg ga cocok..yg dipakai oli mobil bukan oli untuk motor,padahal rutin ganti oli setiap bulan..setelah 6 bulan pemakaian tiba2 motor ga mau diengkol alias macet..blok mesin + sehernya lengket ky dilem besi..ketauannya pas saya bongkar..untungnya blok maupun sehernya ga baret atw kenapa2.jd cuma dibersihkan aja pakai bensin

ariblogmotor - 26/06/2013

waduch,salah kaprah nich,oli mobil justru buat oli gardan motor matic jika terjadi suara dengung dari gardan.

15. Bonsai Biker - 26/06/2013

weh ngeri gan

ariblogmotor - 26/06/2013

nek ngeri ojo ditiru

16. gc133hijrah - 26/06/2013

Oli untuk motor2 terbaru saat ini rata2 buat 4000km, ane pernah mau ganti pas 2000km, olinya masih bewarna aslinya… Apa karena matic yg ga pk kampas kopling??? Imho
Jadi ane sekarang ganti oli per 4000km,

17. fnaufala - 26/06/2013

wah mtor ane olinya mrembes

ariblogmotor - 26/06/2013

diobati biar nggak meler

18. 46@sukses.com - 26/06/2013

Sya slalu rutin ganti oli tiap 2000km,meski terkadang olinya masih terara enak,tetep ganti..

ariblogmotor - 26/06/2013

josss…..

19. Rollerman - 26/06/2013

semua motor hakekatnya sama,kalau gak drawat ya juga bisa rusak.Tuh buktinya,motor yang katanya ketahanannya “dewa” juga kalau gak drawat sama aja.

20. dimas34 - 26/06/2013

Minim pake oli standar pabrikan udh cukup kok, yg penting rutin d ganti, lagian harga oli bawaan pabrik relatif murah (AHM oil,Yamalube SGO) 😀

ariblogmotor - 26/06/2013

s7…

21. suneo - 26/06/2013

Kalo motor saya ganti olie tiap 2000km lebih dikit kok olinya jadi item ya kang??apa karna tiap hari dipake jarak jauh??

ariblogmotor - 26/06/2013

wajar itu kang,normal

22. aries bikers kurniawan - 26/06/2013

good article..
berdasarkan kisah nyata

23. Fordi - 26/06/2013

kang,mw tny nih.kira2 efeknya apa ya klo oli pabrikan resmi,di pke sama mtor pabrikan lain?

ariblogmotor - 26/06/2013

selama ini kang ari belum pernah dengar efek negatif yg ekstrim,paling cuma tarikan kurang enak atau mesin cepat panas itu juga karena faktor kecocokan terhadap masing2 motor. yamaha pakai federal no problem,honda pakai yamalube nggak masalah karena bahan dan spek oli pabrikan tidak jauh beda.

Joko Sujarwo - 26/06/2013

Kalo mobil selalu melewati uji ketahanan, kayanya motor juga gitu deh. Nah pengujian kan pake oli standard pabrikan. Jadi kalo pabrikan ngeklaim “motor gw kenceng, asik, awet, irit” ya itu kalo pake oli standard. Masing-masing oli kan punya aditif masing-masing, itu yang “bumbu rahasianya”. Kaya kata Kang Ari, cocok2kan…Kejadian ekstrim yang saya tau, ada pengguna Vixion yang mesinnya jadi jebol gara-gara pake oli mahal (100ribu lebih, gatau merknya).

24. ipanase - 26/06/2013

syeremmmmm

25. hanip - 05/07/2013

wah kang, aku kmren kaya gitu juga motor karisma ga ganti oli sebulan pas mau ganti eh oli tinggal setengah gelas akua, trus isi lagi olinya selang 2 hari di cek olinya udah abis lagi, pas ke bengkel gak taunya klep bochor. tapi anehnya ga ada asap putih cuma suara mesin jadi lebih kasar, gara2 sibuk jadi gak sempet ganti oli apalagi servis, padahal motor sering bolak balik +- 30 km setiap harinya

ariblogmotor - 05/07/2013

musti rajin cek kondisi oli to… drpd mesin jebol

26. rudi - 11/07/2013

seandainya saya membaca artikel ini sebulan yg lalu motor revo 2011 saya tidak bakalan bongkar mesin dengan biaya hampir 1 juta…………hik…hik..hik…….

ariblogmotor - 11/07/2013

hadech….

27. agung - 13/07/2013

kang punten nech mw tanya,..motor supra x 2000,..ud di overboss,..piston set baru,..tapi qo motor masih ngebul putih banyak kang,..nuhun kang

ariblogmotor - 13/07/2013

bisa karena sil klep bocor,

28. bayu oktafiana - 12/01/2014

wah . .ini baru blog yg bagus . .keterangan sama gambarnya lengkap . .trhmakash om. oya. .aq mau tanya kalau mesin tiger bunyi kemlitik apa seher ato piston udah luka ato gemana. .mhon bntuanya. trims.

aripitstop - 12/01/2014

bunyi nglitik banyak faktor,faktor utama dari
-kondisi piston aus,
-kerenggangan klep (stel ulang)
-kondisi rantai keteng /tensioner sudah kendor
untuk motor tiger bisa juga penahan rantai keteng sudah aus

29. Mantap, Speedometer R25 Ada ”Oil Warning Light” Sebagai Indikator Waktunya Ganti Oli Mesin | ARIPITSTOP - 30/05/2014

[…] Honda Revo Mogok Karena Kehabisan Oli,Cek Selalu Kondisi Oli Mesin […]

30. andri neh - 20/10/2014

ane punya tirev 2008 bro..kalo tu motor ga dipanasin seminggu, oli berkurang jauh…sementara temen punya tiger jadul,ga dipanasin sebulan rapopo,tokcer2 aja…mohon pencerahannya…apakah masalahnya di oli atau apa…terimakasih

31. Apriel - 05/11/2014

Assalamualaikum,,
Maksudnya di gerenda bagian apanya mas,,,
punya saya juga kayak gitu pistonnya lengket di stangnya gak bisa gerak sama sekali.,,
tolong balasannya ya mas,,,
terima kasih
wassalamualaikum,,,

aripitstop - 05/11/2014

Digerinda habis piston nya jgn sampai kena stang

aripitstop - 05/11/2014

Memang butuh waktu lama dan jlimet

ronggo - 17/11/2014

Om. Motorku honda revo 110cc. Masalahnya ngga tau sama atau ndak,kd gini. Kondisi gear seperti kadang bunyi gemeletak. Yg mau saya tanyakan.
Ask: untuk pemakai awam seperti saya,bisa lihat kondisi oli mesin masih batas normal atau tidak dari mana?saya buka penutup oli depan yg buat masukin oli,setelah saya melongok pake senter,kok ndak ada oli yg terlihat ya?saya pake pertamina isi 800ml 4mggu lalu (isi sendiri). Apakah wajar?terus,bunyi gemeletak itu dari mana ya?
Note:Blum sempet kebengkelin krn pulang malem terus

Trims

32. bandungtea - 06/03/2015

Kang saya mau tanya kenapa revo saya kalau mesin panas larinya malah kurang, kenapa ya

33. mhika - 26/06/2015

mas mau nanya, kalu pistonx lengket gtu d gerinda pakai gerinda potong atau gerinda kikis? trima kasih sbelumx mas..

Kang ari - 26/06/2015

pakai kikir

34. 5 Alasan Nggak Mau Pakai Knalpot Racing, Mana Yang Dipilih ? | ARIPITSTOP - 04/01/2016

[…] Honda Revo Mogok Karena Kehabisan Oli,Cek Selalu Kondisi Oli Mesin […]

35. andra - 25/02/2016

CBR 150 ku mati lupa ganti oli sampe habis , gimana ini nasibnya 😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: