Iklan
jump to navigation

Belajar Bongkar Dan Service CVT Yuk… 15/06/2013

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

P1060148

Service cvt motor matic disarankan maksimal setiap 6 bulan atau 6ribu kilometer,tujuannya agar kondisi komponen part bagian cvt tidak cepat uas dan akselerasi motor tetap terjaga juga mengetahui jika ada komponen part yang sudah aus bisa diganti agar tidak mrembet ke part yang lain.

Lalu bagaimana jika kang bro mau bongkar sendiri cvt motor matic,langsung saja silahkan disimak ,maaf jika terlalu buanyak gambarnya,tujuannya biar lebih jelas dan paham cara bongkar pasangnya.langsung saja dech nggak usah banyak cuap2 .

Untuk motor mio series harus buka cover paling bawah tujuannya untuk melepas foot step sebelah kiri,lepas saja baut 3 pcs pakai obeng plus lancip.

P1060133

Setelah cover terbuka kemudian lepas foot step kiri pakai kunci ring 12 ada 2 baut ukuran 12 disitu.

P1060136

setelah foot step dilepas lalu buka cover tutup cvt paling atas untuk mio series,jika motor matic injeksi beda bentuknya tapi sama mesti buka tutup cover filter cvtnya dulu.jika di mio pakai kunci sok 8 sedangkan motor injeksi pakai sok 10.

P1060135

Jika sudah kelepas,maka terlihat filter cvt yang sudah kotor banyak debunya.

P1060134

Kemudian lepas cover atas cvt pakai sok 8 ada 4 baut disitu,

P1060137

Dibagian ujung cover cvt ada baut plus,cukup dikendorkan saja,lihat gambar dibawah ini,

P1060138

Jika sudah dikendorkan kemudian lepas cover yang diujung depan cover filter cvt,lihat gambar dibawah,lepas baut ukuran 8 pakai kunci sok 8,cuma ada satu baut.

P1060139

Kemudian lepas cover cvt paling belakang yang ada tulisan yamaha,disitu ada 2 baut plus dan 1 baut ukuran 8.

P1060141

Semua sudah dilepas sisa satu cover utama lepas semua baut ukuran 8 pakai kunci sok8,lepas semua baut disekeliling cover cvt dan satu baut di tengah2 cover.

P1060142

sekarang terlihat dech jeroan cvt-nya,

P1060144

Kemudian lepas mur as cvt depan pakai sok 17 ,jika kang bro punya impact dan ada kompresor maka lebih mudah untuk membukanya tapi jika tidak ada maka harus manual.

P1060149

Untuk cara manual harus pakai kunci traker seperti gambar berikut,

P1060203

Jangan sekali2 menahan kipas cvt pada kisi2nya karena tidak akan kuat dan pasti akan patah,lihat gambar dibawah contoh cara bongkar yang salah.

P1060146

Jika bagian depan sudah terlepas maka rumah roller bisa dilepas dan cek kondisi roller apakah sudah aus atau masih bulet,jika sudah aus/peang sisarankan untuk diganti agar performa motor tetap terjaga.

Lanjut lepas bagian rumah kopling pakai kunci sok 24 ,

P1060148

Jika manual caranya pakai traker lalu ditahan seperti gambar dibawah,

P1060147

P1060150

Rumah kopling sudah terlepas maka v-belt sudah bisa diambil,lanjut melepas kampas kopling dari dudukannya,caranya pakai traker khusus matic seperti gambar dibawah ini,

P1060153

Jika mur kopling sudah kendor taruh kampas kopling assy dibawah/lantai agar proses melepas mur lebih mudah,hati2 saat melepas mur kampas kopling sambil ditahan karena jika tidak ditahan kampas kopling akan terbang karena didorong oleh per kampas kopling.

P1060154

P1060155

Lanjut lepas tutup sift camnya(seat scondary spring),congkel dengan obeng men jika sudah naik sedikit tinggal diputar sambil diputar pakai tangan.

P1060156 P1060157

Kemudian lepas pin guide(pin) ada 3 pcs,ambil pakai obeng lancip.

P1060161 P1060163 P1060159

Semua rangkaian part cvt sudah dibongkar lanjut bersihkan pakai bensin semua part cvt,kecuai kampas kopling,v-belt dan rumah kopling,part ini jangan di cuci pakai bensin karena akan berakibat selip jika kena bensin.

P1060166

kampas kopling,rumah kopling dan v belt jangan dicuci pakai bensin

P1060168

Jika sudah dicuci bersih dan dikeringkan dengan udara bertekanan atau kompresor jika tidak ada kompresor setelah dicuci dilap agar bersih dan kering.

P1060169 P1060171kampas kopling diamplas pada ketiga sisi sepatu koplingnya,cukup diamplas tipis saja.begitu juga bagian rumah kopling juga diamplas pada sisi dalam yang bersinggungan dengan kampas kopling sampai kelihatan bersih.kemudian cek kondisi v-belt apakah masih layak pakai atau tidak caranya jika v-belt kelihatan tidak ada retak2nya maka v-belt masih bisa dipakai,kalo di beres ada alat khusus untuk ngecek kondisi v-belt apakah masih tebal atau layak pakai,lihat gambar dibawah.

P1060172 P1060173

 lanjut cek kondisi roller apakah sudah aus atau tidak jika sudah aus atau peang lebih baik diganti.

P1060185

Kemudian siapkan greas cvt atau gemuk khusus cvt,di yamaha tersedia pelumas untuk part cvt.greas tersebut ada 2 macam dalam satu kemasan,yaitu greas primary sheave untuk melumasi part cvt nagian depan atau rumah roller,yang kedua greas scondary sheave untuk melumasi part bagian belakang atau dudukan kampas kopling.

P1060176

Berikut part yang dilumasi greas primary sheave,

P1060177

dan berikut part bagian belakang yang dilumasi pakai greas scondary sheave,

P1060178

Langsung saja lumasi part rumah rollernya,ambil gemuk sedikit saja jangan terlalu banyak(secukupnya saja) karena jika terlalu banyak greas akan keluar dan loncat ke v-belt dan berakibat selip.

P1060180

Jika sudah dilumasi lanjut masukkan bos,setelah bos rumah roller dimasukkan pada ujung bos akan ada sisa greas dan lanjut dibersihkan,lihat gambar dibawah.

P1060182 P1060183

Lanjut pasang roller,dimotor kang ari ini pakai roller TDR 7gram 3 pcs dan roller NOUVO 3 pcs.pasangnya disilang,jika pakai roller standar langsung pasang saja.lanjut pasang tutup rollernya.

P1060185 P1060186 P1060202

Lanjut rakit bagian belakang,pasang scondary sliding pada primary sliding(as dudukan kampas kopling),kemudian pasang ketiga pin guide.

P1060191

Kemudian dudukan pin guide dikasih greas secukupnya saja,

P1060194

Lalu pasang tutupnya(seta scondary spring),jika tutup pin guide sudah aus maka wajib ganti karena akan menyebabkan greas keluar dari dudukan pin guide,lihat gambar.

P1060190 P1060189

Lalu pasang tutupnya,kemudian pasang per kampas kopling.langkah selanjutnya pasang kampas kopling.

P1060195 P1060196 P1060197

Untuk pemasangan kampas kopling agak susah sedikit,siapkan mur kampas koplingnya lalu kampas kopling ditekan pakai kedua tangan  kearah bawah kemudian ditahan pakai kaki kanan dan tangan kanan ambil murnya lalu dipasang dech.

P1060198 P1060199

Jika mur sudah kepasang lalu pasang kencangkan pakai traker,sistem cara pengencangannya sama seperti saat waktu melepas.

P1060200 P1060201

Berikut ada sedikit video di copy dari youtube,tp jgn di contoh pemakaian greasenya krn bukan greas yg direkomendasikan,yg penting cara bongkar pasangnya.

Kemudian siapkan alkohol,fungsinya untuk membersihkan permukaan part agar kesat sehingga v-belt tidak selip saat berputar.bersihkan part cvt yang bersinggungan langsung dengan pergerakan v-belt saat v-belt berputar,lihat gambar.

P1060205 P1060210

Caranya alkohol dituang ke lap bersih kemudian lap yang basah dengan alkohol tersebut dioleskan ke part2 cvt,lihat gambar yang dikasih tanda panah itulah bagian yang di bersihkan pakai alkohol.

P1060207 P1060208 P1060209 P1060211

Lanjut pasang rumah roller assy ke as primary (kruk-as),jangan lupa ada ring tipis,

P1060216

Lanjut pasang kipas cvtnya,lalu ring bintangnya jangan ketinggalan ya…

P1060217

lanjut pasang mur kick starternya,

P1060218

lalu ring as dan lanjut mur 17 nya,

P1060219 P1060220

Lanjut kencangkan mur 17 pakai impact atau manual,

P1060149 P1060203

Lanjut pasang v-belt,untuk pasang v-belt caranya pasangkan kampas dan rumah kopling pada as cvt belakang lalu masukkan v-belt dudukannya sambil dudukan v-belt ditarik kearah kebelakang sambil kedua jempol menekan v-belt agar masuk kedalam,lihat gambar dibawah,

P1060222

Kemudian kampas kopling assy dikeluarkan dari as-nya tapi v-belt jangan sampai terlepas lalu v-belt di cangkolkan ke as krukas(rumah roller),kemudian sambil ditarik kebelakang pasangkan kampas kopling assy ke bagian as belakang.

P1060223 P1060224

Biar lebih jelas,lihat video berikut

Lanjut pasang rumah koplingnya,lalu kencangkan mur 24 nya.

P1060147 P1060148

Jika sudah dikencangkan mur 24 jangan lupa pasang oring kecilnya.

P1060226

Selesai sudah semua part cvt telah selesai dipasang.

P1060144

Lanjut pasang cover cvt-nya,sebelum dipasang dibersihkan dulu,

P1060214 P1060215

setelah sudah bersih Lanjut pasang covernya,lalu cover yang kecil urutannya seperti saat proses pelepasan tinggal dibalik saja,he3….

Karena saat proses lepas tutup filter cvt busanya terlihat kotor maka sebelum dipasang dibersihkan dulu,

P1060134

Caranya dicelupkan kedalam bensin lalu diremas2 sampai bersih dan disemprot pakai angin bertekanan ,jika sudah sudah bersih lanjut… busa filter cvt dilumasi sedikit oli lalu diremas agar oli merata.lihat videonya.

P1060228

Kemudian tutup cover tutup filter cvt-nya,lalu pasang foot step dan cover lowernya.Dan selesai sudah.

Puanjang banget ya tulisannya jlimet dan banyak gambarnya,tapi sangat bermanfaatkan ???

Iklan

Komentar»

1. kadalaspal - 15/06/2013

bunyi (tikus) ciiit di tarikan awal mio series penyebabnya apa kang?
trus menghilangkannya gimana?

ariyantoyamaha - 15/06/2013
2. adibo - 15/06/2013

ini artikel yang saya tunggu kang,coz saya punya mio sporty suka membongkar sendiri,tapi ga punya sst tuk buka kipas pully n rumahan kopling.
-Tuk treker ada jual dipasaran ya kang ?

nanya skalian :
mio saya tiap awal jalan terasa getar pada cvt apalagi sama boncenger,kira2 part apa yang bermasalah n berapa kira2 biaya perbaikan. (km. 12.000)

trima kasih kang

kadalaspal - 15/06/2013

kayanya cuma kotor deh itu daleman cvt. punya sy dulu gitu suka geter waktu aksel trus ke bengkel dibersihin cvt hilang tuh gregel2
(ga bisa bongkar sendiri)

adibo - 17/06/2013

Ok makasih infonya kang bro,kita coba bersihkan ruang cvt nya.

kang ari - 15/06/2013

treker sdh dijual bebas,
getar itu bisa dari rumah kopling harganya 165ribu

herfen - 07/09/2015

Trekernya bisa buat sendiri Bos.. pake belt bekas yg dipaku ke balok seukuran lengan.

3. orong-orong - 15/06/2013
kang ari - 15/06/2013

bukan memang warnanya kecoklatan.

4. man - 15/06/2013

makasih kang artikelnya uda lama ditunggu nih, nanti dipraktekin ah..disoul gue uda 2 thn lebih blm pernah bongkar

5. hendra - 15/06/2013

mas ari ini ane nitip link pengguna mi gt yang kcwa dgn kualitas mio gt https://keshamotor.wordpress.com/2013/06/13/keluhan-dahsyat-seorang-konsumen-yamahmud-di-produk-sooul-gete/

kang ari - 15/06/2013

ok.tak lihat jg.

6. Erit07 - 15/06/2013

Sip kang..
nice tips.

7. vmen - 15/06/2013

Wah wah.. Artikel yg bermanfaat bgt nih kang jd mao bongkar nih (tapi ga bisa, gada alat dan pengalaman) 😦

8. Anak Rant0 - 15/06/2013

Kang ari, mau nanya nich.
Mio saya kalo mulai d kecepatan 70 kpj timbul suara mendengung trutama kalo boncengan, sprt’a dr area cvt, kr2 knp, n solusi’a apa ? V-belt baru 3 bln, terima kasih.

ariblogmotor - 15/06/2013

bisa dari roller yg sudah peang/aus.atau bisa juga kondisi greas/gemuk yang sudah kering.

9. KEBAIKAN - 15/06/2013

Kang Xeon RC saya dari km 500 sampe sekarang (km 3000) kalo boncengan bunyi grok2 trus agak getar ngikutin bunyinya di sektor CVT. Kenapa ya?

ariblogmotor - 15/06/2013

itu kemungkinan bunyi sokblakang,minta cek dan claim ke dealer saja jika belum ada 6 bulan,

KEBAIKAN - 16/06/2013

Baru 2 bulan kang, nanti dibawa ke bengkel pas servis ke dua tapi kayaknya bukan shocknya deh, walaupun jalannya mulus (shock nggak berayun) sering bunyi, kebanyakan di awal motor baru mau bergerak.

ariblogmotor - 16/06/2013

lebih baik segera ceksaja ke beres daripada kburu tambah parah dan masa garansi habis

10. yudha depp - 15/06/2013

mantap,, kalau saya bisa bongkar tapi enggak bisa pasang
hehehe
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/06/ducati-multistrada-si-pembuat-bonyok.html?m=1

11. paztiee - 16/06/2013

super mantap penjelasannya. 4jempol deh

12. @ntah brnth - 16/06/2013

biar g ada suara curutnya ya kang… hehehe

13. Fordi - 16/06/2013

sngt bermanfaat kang.tapi ada rsa kuatir jg klo nanti pas di beres ada step2 yg salah pada saat pengerjaannya.misal spt pemasangan,pembongkaran,pelumasan,&pembersihannya.

14. Trisna Ariwibawa - 16/06/2013
15. fnaufala - 16/06/2013

sangat bermanfaat walaupun.agak bingung,, 😀

16. Ayi - 17/06/2013

si akang kalo jelasin sesuatu mang suka detil… salut bagi2 ilmunya.. kang kalo buka pulley depan beat kyk gmana tools nya yang cara manual tanpa impact wrench? scara kan dia bergerigi.. thx kang

ariblogmotor - 17/06/2013

sama ma mio,semua matic sama kang prosesnya.

Ayi - 17/06/2013

maksudku ganjel pulley nya supaya ngak muter itu loho kang.. diatas dicontohin pake kunci belt.. kl di terapin ke pulley yang bergerigi kyk beat apa ngak rusak kang kunci beltnya? thx

ariblogmotor - 17/06/2013

pk traker yg dimsukin ke 2 lubang di kisi2nya.trakernya byk yg jual.buat yamaha jg bisa.yg lebih aman nahannya lewat magnet.

Pandu - 05/10/2013

kang, harga trackernya sampe berapaan ya kang?

17. Les Pinggir - 17/06/2013

kang pin guide punya beat bia gak dipasang ke mio karbu..

18. X-Ride Ganti Roller Nouvo,Tarikan Atas Nampol… | ARI BLOG MOTOR - 28/06/2013

[…] punya impact dan kompresor bisa cara manual pakai treker,baca disini cara bongkar manual “ Belajar Bongkar Dan Service CVT Yuk…. […]

19. Hendry - 13/07/2013

mas, mau tanya, mur ini pake kunci berapa ya buka nya??

ariblogmotor - 13/07/2013

untuk mio ukuran 39 dan nouvo 41,traker seperti gambar itu banyak dijual.klo kunci sok 39 dan 41 harganya mahal…bisa 5 kali lipat harga treker

20. sandy - 15/07/2013

gan,motor mio sya,kalo bru jalan bunyi tek2 di cvt nya.dh gt.gas nye berat bgt.suka ngempos waktu di awal .itu solusinya pa gan!trims

ariblogmotor - 15/07/2013

bunyi tek2,kemungkinan ada part yg aus untuk ngempos biasanya dari karburator sdh kotor/ada yg mampet

sandy - 15/07/2013

thank kang,atas infonya,
tp.sudah sya servis.tp masih bgt kang.
kta tkammg servisnya,kalbulatornya yg rusak,
ada trik nya ga kang,
biar karbunya sehat lagi,trims

ariblogmotor - 15/07/2013

karbu mampet/rusak jarang bisa berhasil,karbu musti ganti baru, jika memang benar2 dr karbu coba karbu direndam di TINER A (buat ngecat) seharian setelah disemprot pakai karbu cleaner,semoga berhasil.

21. Yanri - 27/09/2013

selamat siang kang ari, saya manu tanya kalau mio begitu ditarik gas dan dikendurin lagi ada bunyi “tuk” dan pada saat posisi naik gas bunyi “nyeeenng”yang lumayan nyaring….saya sudah bawa motor saya ke bengkel, untuk bunyi “tuk” katanya Gear ratio motor saya sdh kalah/gak bagus, saya mau mengganti dengan yg baru mohon petunjuk kang ari,””punya resep khusus gak buat aselerasi harian mio”terimakasih

22. ryan - 27/09/2013

mlm mas..mio ane waktu mw di panasin udah bunyi ciitt gitu,padahal belum jalan…mhon pnjlsannya mas.thnks…

23. Reginald Sinaga - 09/10/2013

mas harga gearbox brapa sih ? suara gearbox saya seperti mesin jet . mohon info ya mas. THX

24. fdf - 13/10/2013

fg

25. JOV - 21/10/2013

gua mau nanya bang , motor gua mio sporty , PAS DIHIDUPIN TIBA2 ADA SUARA GROOK2 KYAK ADA BENTURAN DIMESIN SAMPING

aripitstop - 30/10/2013

itu biasanya as selahan nempel kruk as,perlu ganti as selahan yg dalam

26. bugera - 07/11/2013

mas bro mau tanya untuk ngebuka jeroannya yg menggunakan tracker itu sama ga kalo untuk bongkar vario..???
mau tny mas beli traker itu dimana ya…????

aripitstop - 08/11/2013

sama,beli treker di toko kunci2 bengkel/tokko sparepart mtr ada yg jual jg

27. ferry - 07/11/2013

Mas mio 1996 ane kalo dibawa jalan sd 60 km/jam geternya amit-amit sampe ke stang, apa masalah di cvt atau as body tengah antara mesin dan body, kata A nak BENG kel roller bagus cuma di crossing 12mg sm 9mg ngaruh ngak tuh, makasih ye amanatnya

aripitstop - 08/11/2013

cek kondisi kampas kopling,biasanya selip.

28. fajri - 08/11/2013

Klo cvt nahan dan lari ga kuat lebih dari 60km pdhl mesin udh semi rombakan. Kira2 penyakit dari cvt apanya ya?
Boleh lah berbagi info, mksh.

29. adi - 14/11/2013

bang ari tu rumah koping jga sbgai duduukan vanbelt ya, itu cra ngecek sdh aus a gmn soal a sya kmren bgkel kt a sruh ganti yg bru alsan a sdh au
s

30. adi - 14/11/2013

maf ralat coment sblm a.

bang ari tu rumah roler jga sbgai duduukan vanbelt ya, itu cra ngecek sdh aus a gmn soal a sya kmren bgkel kt a sruh ganti yg bru alsan a sdh aus. kndisi udh 40000km. trus sya jg mw ganti kampas kopling ganda a pya beat. krn sdh aus. mnding dgnti kampas a aja ap semua a alias ngeset klo d bengkel resmi a kn g ad kampas kopling a doang ya. jdi hrus dganti ngeset jg

31. potretbikers - 22/11/2013

Sieppp, sungguh menginspirasi….BTW, Mio Soulku kok gemrisik bangets ya,om?? apa ya yg perlu diganti??

aripitstop - 26/11/2013

Bs dr kondisi vbelt sdh aus, roller aus, atsu grrasr yg sdh kering

potretbikers - 27/11/2013

Okey,mas. Coba saya chek terimakasih 😀

32. tata - 02/12/2013

mas mio sporty saya kalo dijalanin ngempos udah gitu ada suara nyit” di cvt , kira kira apa yg perlu diganti?atau diperbaiki?

33. hendra - 17/12/2013

wahh sungguh bermanfaat banget gan !!
Terima kasih banyak yah !

trus gue mau nanya nih . . kalo tarikan awal mio soul terasa berat banget , kenapa yah ??
mohon dibalas yah 😦

34. Ahmad Zaelani - 18/12/2013

Saya ada kendala dengan MIO SOUL saya nih KANG/MAS, kalo di tanjakan kagak bisa nambah kecepatan walau gas udah mentok, terutama kalo lagi boncengan, kadang ga mau jalan, kira-kira apanya tuh yang mesti di ganti !

aripitstop - 18/12/2013

cek kondisi v-belt dan rollernya

35. rahmatulloh - 18/12/2013

kang saya punya kendala nih,,,,,,sya kan lgi service CVT mio sporty nah sinkat wktu smuanya udah di kasih gres sesuai percis sma akang di di ceritain,,,,nah pas udah beres di kick stater normal jaln,,,,,,nah pas di stater mlah bunyi putaran dinamo stater nya doang tp si mesin gak nyala kayak yang slip gtu,,

cara ngatasi nya gmn itu kang

aripitstop - 18/12/2013

starter clutch
Lihat part diatas,itu namanya starter clutch(otomatis starter).jika yg berputar hanya putaran dinamo maka starter cluct ngelos,disitu terdapat empat per dan pelor.lepas dan keempat per ditarik lebih panjang sepertiganya dari normal kemudian pasang lagi.semoga sembuh,jika tidak sembuh maka perlu ganti pelornya.

rahmatulloh - 18/12/2013

iya itu jdi si stater clutch nya gak ikut muter,,,,,,,,kaya ngelos gtu
nah cara buka yang itu nya gmn kang,,,,,,

rahmatulloh - 18/12/2013

iya bner2 kang,,,,,,,kendala nya sperti itu cuman masalh buka starter otomatis nya gmn kang

aripitstop - 18/12/2013

lepas rumah roller,nach dah terlihat tuch starter clutchnya langsung ditarik keluar saja.

rahmatulloh - 18/12/2013

oh gtu……….gak akan lepas semua kan,,,,,,,,maksih info nya kang ntar bsok sya coba mudah2n berhasil kang

ntar bsok sya komen lagi ke akang kalo masih blum berhasil

36. Acil - 20/12/2013

Kalo step2 cara buka blok depan sampe ke boring gimana cara udah di copot semua baut cuma ada rante kecil di mesin yg suusah di buka tolong info nya kang dan mesin gamau lepas dr rngkaian boring udah ditarik pun kuat banget. Untuk motor beat ’08 tusuk sate saya potong ada sampe 4 derat didalem dampak nya oli netes aja mohon bantu kang 🙂

aripitstop - 20/12/2013

Itu ada trakernya,pk traker

37. Heru - 21/12/2013

artikel yg mantap.makasih infonya,pahala akang nambah banyak dah.hehehe…
kang mw tanya honda beat ane kl tanjakan trus gas dtahan dkecepatan rendah.kaya ndut2an pgn slip.tp masih bs jalan.prnah kbengkel tp blgnya harus ganti pulley sama kanpas kopling plus rumahnya.perkiraan biaya sktar 420rb.krn mahal gk jd tuh.toh masih bs jalan kenceng dan gk ada mslh kcuali masalah dkcepatan rndah.
kira2 solusinya gmn kang?
makasih

aripitstop - 21/12/2013

Solusinya iya itu,ganti kampas dan rmh koplingnya

38. Chev Soekandar Adhiwirya - 22/12/2013

loller buat mio adventure pake yg berapa gram ya kang??
trus d bagian blok CVT apa aja yg harus di ganti??
ditunggu ya kang,nuhun..

Aji - 09/01/2014

Yang benar Roller mas, bukan Loller, istilah dari mana itu Loller?

aripitstop - 09/01/2014

salah ketik mungkin

39. sabil - 24/12/2013

mantapp !!!!!!!
baru ngerti aku he2

Aji - 10/02/2014

Mungkin, tapi memang banyak orang-orang nyebut Roller itu dengan sebutan Loller

Cadel - 26/06/2015

Saya jg CADEL’ ga bisa nyebut Roller, tapi Loller 😀

40. motogokil - 27/12/2013

mantab infonya, terimakasih mau berbagi bro ari

41. pak tarno - 27/12/2013

BUKMARK :p

aripitstop - 27/12/2013

monggo

42. arif darmawan - 28/12/2013

Mas Ari mau tanya, pagi ini sy beli beat injeksi di salah satu dealer di madiun. Lgsg tak tumpaki madiun-ponorogo krn rmh sy ponorogo. Nah selama perjalanan sy rasakan klo digas konstan pada kcepatan 50-70 kpj kok ada gret gret bergetar gt yo mas.. beraturan sesuai putaran mesin.. semakin digas semakin cepat pula gret gretnya.. ada apa gerangan yo mas motor sy?? Itu normal apa emg ada sesuatu?? Mumpung dpt garansi 1 minggu iki mass.. mau tak ijolno tkt malah dpt yg lbh buruk..

aripitstop - 28/12/2013

sy pernah nangani hal seperti itu tp bukan motor baru,waktu itu hanya dibersihkan bagian cvt,untuk motor baru kemungkinan ada pelumas yang berlebih saat pasang,untuk lebih jelasnya lebih baik cek ke beres saja

43. dodi - 30/12/2013

Metmlm Bro, ane pemakai Xeon Rc, kec 0-40 klo gas dibetot dikit suara menderung gk ada tenaga tp setlh lwt kec 40 normal lagii.. hentakan awalnya bagus tp knp menderung hilang tenanga ? Kalu di gas diurut pelan gk mslh… apa yg kurang yαααº°˚ª˚°ºαα Bro ? Menyebalkan bro… trims..

aripitstop - 30/12/2013

Km brp bro?

Aji - 10/02/2014

Motot matic baru biasanya greasenya banyak banget gan, sampai keluaran dan banyak banget nempel di dinding cvt, entah apa maksudnya pabrikan selalu ngalih grease banyak banget saat perakitan

44. ayen - 13/01/2014

bro smoga yang diatas membalas smua kebaikan atas infonya,, sangat berguna banget,,
gw anak manado bro,mau nanya gw udah ikutin semua cara di atas,mio sporty gw,gw ganti per2000 rpm ama roler 9,,tapi kok motor gw kalo di gas getarnya minta ampun,,,itu knapa yah bro,,? mohon infonya,,soalnya mekanik dimanado pelit masalah info” kyak gini bro,,

45. ayen - 13/01/2014

mau nambah nanya dikit, bro,klo motor mio sporty standart gw pake per 2000rpm itu ngak apa-apa kan,,? atau gw harus ganti per yang lebih rendah,,? mohon bimbingannya yah,,

aripitstop - 13/01/2014

g usah ganti per kalo msh standar malah bikin berat

46. Andi Romeo - 14/01/2014

infonya mantap kang, namun ada masalah di motor ane, bagian gardan ada yg bocor, terus ane bongkar dan ganti packing, namun waktu masang rotari bingung posisi ring besar sama ring kecil, mohon bantuang kang, yg sebenarnya gimana posisi rotari di gardan tersebut ya… thank,

aripitstop - 14/01/2014

Sebaiknya bk catalog d web yamaha disitu jelas urut2annya

Andi Romeo - 14/01/2014

ok nuhun kang, ane coba seraching…

47. Dede Ramdhon - 15/01/2014

ikut nanya kang… idealnya ganti roller sama v belt tuh mnurut ukuran waktu apa liat kondisi aja

aripitstop - 16/01/2014

lihat kondisi dulu,jarak maksimal yg dipatok pabrikan masih ada tanda bintangnya… dilihat dari perawatan dan cara pakai

48. joe - 20/01/2014

mantap infonya, mksih gan. sambil numpang nanya ni…mio adik ane klo mo jalan harus digas dalam baru bisa bergerak kenapa ya?

49. ipanase - 29/01/2014

ajib ajib

aripitstop - 29/01/2014

jos

50. DIY : Membersihkan Filter CVT Yamaha MIO J | Mas Dani Blog - 02/02/2014

[…] bacaan dari artikel Mas AriPitstop di sini, MDblog mulai DIY ini di minggu pagi yang mendung :). langkah-langkahnya kurang lebih […]

51. awan - 19/02/2014

salut sma yg bikin tread,niat banget berbagi ilmu.lanjutkan bro!

52. parlion - 03/03/2014

jadi kalau inggag ada tarikannya , pada hal baru diganti van belt sama roler

aripitstop - 03/03/2014

cek kondisi pully depan/primary fixed jika sudah aus juga berpengaruh terhadap akslerasi dan satu lagi pulli belakang/scondary sliging yg ada pelor 3 biji, biasanya sudah jenong, harus ganti baru

53. abuabbas1 - 16/03/2014

detail gambar dan ilustrasinya. salam kenal aku dadang buka kursus mekanik motor terapan di jogja http://www.auto-champion.blogspot.com atau http://www.auto-champion.com terima kasih

54. yogi - 26/03/2014

gan kalo cvt bunyi kaya tikus itu kenapa?

aripitstop - 26/03/2014

rumah koplingnya selip, dibongkar kemudian celah rumah kopling ditambal pakai lem besi. pasti sembuh

yogi - 29/03/2014

berhasil gan. Thanks ya…

55. ardy - 27/03/2014

gan ane punya mio th 2006, abs ganti v belt tarikan malah jadi berat/ngeden gitu, dibawa 60km udh getar. solusinya gmn ya? lalu supaya tarikan lebih enteng hrs ganti roller yg brp mg? dan per cvt yg brp rpm?mksh

56. joni - 27/03/2014

Gan bagus artikelnya. mo tanya awalnya cvt getar di tarikan awal. ceritanya dibawa ke BERES trus semuanya diganti baru baik bag depan & blkng habisnya diatas 2 jt lah. tapi kenapa cuma awet 1 bulan. krn masih garansi hanya dibersihkan dan awet 2 hari dan ini tlah 2 kali jadi males ke bengkelnya. kenapa ya Gan .. trims

aripitstop - 27/03/2014

motor apa ya.
kemungkinan karena kampas kopling selip,bisa sil bocor sehingga gemuk muncrat keluar membasahi kampas kopling dan bikin selip. sparepart dijamin asli g tuch

57. joni - 27/03/2014

trims sebelumnya. nouvo Gan. ori semua gan pokonya semua diganti baru termasuk roller, vbelt. bag depan puli dudukan roller dsb, bag blkng kopling, rumah kopling, cam semuanya deh. cvt masih baik kedua filternya baru, packing juga baru. cuma dibersihin aja saya lihat saat dibengkel kondisinya juga tidak kotor(tidak ada grease yg muncrat). tolong analisanya Gan. Trims

aripitstop - 27/03/2014

analisa saya rumah kopling tidak beres/tidak rata. jika rumah kopling yang lama tidak aus bisa coba dipasang lagi untuk nyoba,

58. joni - 27/03/2014

thx Gan.

59. Copi - 08/04/2014

klo cvt bunyi “KROKK..KROKK” waktu akselerasi itu knp ya??? padahal baru ganti secondary sliding shave sama per cvt

60. joni - 11/04/2014

halo Gan tanya nih. kalau ukuran kekencangan mur kopling dan mur rumah kopling trus mur di bag primarinya itu segimana ? sekenceng kencengnya atau kira kira aja ?.

61. ilham - 18/04/2014

jdi kalok kita masang t,volt nya , kalok dari depan , bagian kipas kita buka bisa kan,,
kan gk musti dibagian blakang,

62. Muhammad Reza - 20/04/2014

bagus banget gan infonya… detil lagi. thank u ya udah bagi2 ilmunya.. membantu banget

63. joni - 21/04/2014

Gan. tanya itu yg dicuci pake bensin ada 1 buah yg saya ngga tahu namanya. itu kan ada secondary fix, sliding secondary, per, seat spring, rumah roller&penutupnya, fixed primary. satu lagi yg paling atas itu nama dan fungsinya apa Gan. trims

64. pras - 30/04/2014

mas bro,ciri2 puli minta di lem biru kayak apa to……..
gnt roler,udah,vanbelt udah,tanjakan kok mlempem…….
gnt vanbelt smp dua X,dikira yg prtm gk cocok………………….
gmn tu brow………

65. sulis - 02/05/2014

ganti vbelt mio sendiri tarikan awal kok berat g mau lari malahan tanjakan dikit aja mlempem. tp kalau sudah lari jalan rata dibawa lari enak

sulis - 02/05/2014

vbel mio saya ganti pakai vbelt mio soul. apa beda tipenya gan?

aripitstop - 02/05/2014

sama kok…g da bedanya

66. sulis - 02/05/2014

vbel mio saya ganti pakai vbelt mio soul. apa beda tipenya gan?

67. beatman - 02/05/2014

ulasan yang sangat lengkap….. good job….

68. jebty - 16/05/2014

top markotop bro penjelasannya sangat jelas mantab!!!!!!

69. nurdianto - 25/05/2014

bgus bingit kang artikelnya
klo buat mtr xeon rc,sm ga dgn mio ?
cara buka/pasang cvt

aripitstop - 25/05/2014

Sama saja

70. ken39 - 26/05/2014

wheeee, harus punya traker… padahal cuman mo ganti gemuk, ke bengkel aja deh 😀

71. santosa - 11/06/2014

videonya diunduh g bisa bos?

72. Djoni Tanopruwito - 13/06/2014

penjeasan + gambar + Video yang di tayangkan “sangat membantu” –
sudah dipraktekan dan berhasil “sempurna” , terimakasih

73. riyan taufik - 15/06/2014

gan biasanya di tukang service di tempat ane cv depan itu di pukul pake palu ntar copot tuh gpp tuh ?

aripitstop - 15/06/2014

manual…yg penting hati2

74. Deny Setyawan - 09/07/2014

yess

75. abuabbas1 - 15/07/2014
76. Les Pinggir - 15/07/2014

kang, setahun lalu ganti kampas ganda tp mangkoknya belum ganti…sebelum puasa ganti mangkok kampas ganda plus v-beltnya…skrg kok bunyi ciiittt seperti gesekan atap seng saat mau akselerasi…. motor nggak ndredet ya..
itu kenapa ya kang…

aripitstop - 15/07/2014

Rumah koplingnya di lem, celahnya yg bikin bunyi

77. aziss - 02/08/2014

gaan klo cover cvt nya ga dipsang pengaruhnya apa gan….kan bnyak ane liat matic2 kayaa mio pada di lepas cover nya gan ? thanks

78. jojo - 12/08/2014

kang ari klo mio sy diatas 70km/jam suka terasa lmyn bergetar di dek dan stang. trus getarannya seiring putaran ban, itu knp ya ?

aripitstop - 12/08/2014

cek kondisi kekencangan komstir, kalau kendor atau sdh aus bisa menyebabkan getaran saat riding kecepatan tinggi dan nggak stabil. baut2 di cover kendor jg bisa pengaruh

79. kimi - 18/08/2014

Bro…kalo buat skywave apa ada trik khusus…merk cvt yg di rekomended buat skywave apa…?makasih….

80. Niko Zountax - 19/08/2014

bro kalo ban belakang nya gak mau d putar lagi gimana waktu posisi mesin mati?
tapi motornya waktu d hidupkan bannya berputar?
apa yg harus dganti???

81. cintu20021 - 28/08/2014

solusinya gmn ya? lalu supaya tarikan lebih enteng hrs ganti roller yg brp mg? dan per cvt yg brp rpm? peluang usaha untuk mahasiswa

82. Francis - 12/09/2014

Malam kang, mau tanya kang kalau tutup pin guide nya sudah sampai bolong apa bisa ganti tutup pin guidenya aja kang? Lalu secondary slidingnya juga agak seret apa bisa dibersihkan/diperbaiki aja tanpa ganti secondary slidingnya? Terima kasih kang Ari..

aripitstop - 13/09/2014

tergantung dari kondisi scondary sliding, klo sudah coak lebih baik diganti tapi klo coaknya baru sedikit nggak masalah yang penting ganti tutup pin guide dan seal felt

83. yanti - 10/10/2014

bagaimana untuk motor beat
untuk menghilangkan bunyi bunyi d dlm CVT

84. maulid n - 11/10/2014

Klo mio j standart pkai roller oplosan apa enk di jlan dtar & jlan pgunungan

aripitstop - 11/10/2014

enak kok bisa dicoba

85. yatno - 22/11/2014

subhanallah,ini adalah amal yg terus mengalir tak terputus wlaupun anda tlh berpulang.salut

86. vino okta - 30/11/2014

Moga pahalany berlipat ganda y mas bro,pencerahan ny sangat inci,yg awam pun bs cpt Paham..,thank’s tlah berbagi…lanjut mas broo…. Saluut..

87. alfan - 08/12/2014

mase kalo as puli itu kocak apa gak? trus kalo di gas pertama itu suaranya bukan cicit lagi tapi gredek” mohon pencerahanya

88. IL MOTOR LUBEG - 09/12/2014

IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
PADANG
HP:085264100020
pin bb:29d4b762

Daftar harga Suku Cadang Motor honda dan yamaha Terbaru 2014 Mega pro RingPiston197.000 Mega Pro Kabel Gas35.000 Mega Pro CDI 480.000 Mega Pro Shock Dpn Kiri 421.000. Shock Dpn Kanan 421.000 Mega Pro Shock Blkg318.000 Tiger Kampas Rem Dpn (Disk)-Lokal 30.000 Tiger Kampas Rem Depan (Disk)-Import 76.000 Tiger Kampas Rem Blkg tromol 60.000 Tiger Kampas Kopling Set 125.000 Tiger Saringan Udara 54.000 Tiger Rantai Roda Set 765.000 Tiger jari 2 Depan40.000 Tiger Piston154.000 Tiger Ring Piston 197.000 Tiger Kabel Gas 67.000 Tiger Kabel Kopling 30.000 Tiger CDI 410.000 Tiger Bola Lampu Blkg 20.000 Tiger Shock Dpn Kiri 530.000 Tiger shock Dpn Kanan530.000 Tiger Shock Blkg 494.000 Vario 110 Kampas Rem Dpn 43.000 Vario 110 Kampas Rem Blkg 63.000 Vario 110 Kampas Kopling Set 220.000 Vario 110 Saringan hawa 50.000 Vario 110 V-belt 130.000 Vario 110 CDI 470.000 kunci kontak set mio 160.000 kunci kontak set mio soul 225.000 kunci kontak set jmx 217.000 mangkuk2 stang mio/jupiter z 155.000 paking deksel mio 13.000 paking deksel jmx 23.000 shock blkg mio 155.000 noken as/as klep vixion 168.000 block rx king 1.148.000 gigi stater mio 167.000 gomok cvt 13.000 pen platuk klep mio 13.000 pen platuk klep jmx 20.000 tali speedo meter mio 17.000 kamvas kopling jupiter 88.000 seal klep mio 20.000 seal klep jmx 7.000 as engkol mio 145.000 as engkol xeon 115.000 karet tutup tangki 4.000 noken as jmx 245.000 Harga Kampas Rem Depan75.000 Harga Kampas Rem Belakang Rp. 45.000 Harga Kampas Kopling mio Rp. 243.000 Harga Saringan Udara Rp. 35.000 Harga V-belt Rp. 83.000 Harga Roller/buah Rp. 15.000 Harga Rumah Roller Rp. 67.000 Harga CDI Rp. 220.000 Harga Relay Starter Rp. 62.000 Harga Kabel Spidometer Rp. 25.000 Harga Piston Rp. 63.000 Harga Ring Piston Rp. 77.000 Harga Rocker Arm Rp. 125.000 Harga Sokbreker Belakang Rp. 161.000

lampu depan merk WIN-Honda:

– Grand, harga Rp 27.500,-
– Prima, harga Rp 25.000,-
– Supra, harga Rp 50.500,-
– SupraX, harga Rp 50.000,-
– Supra Fit, harga Rp 85.000,-
– New Supra Fit, harga Rp 75.000,-
– Karisma, harga Rp 85.000,-
– SupraX125, harga Rp 90.000,-
– SupraX125 07, harga Rp 100.000,-
– mega pro harga Rp 150.000
– mega pro new Rp 190.000,-
– tiger Rp 150.000,-
– Revo, harga Rp 75.000,-
– Vario, harga Rp 110.000,-
– vario techno Rp 110.000,-
– vario 125 f1 Rp 150,.000,- beat
– beat f1 Rp 85.000,-
– scoopy Rp 110.000,-
– spacy Rp 85,000,-

LAMPU DEPAN MERK WIN-YAMAHA :

– Alfa, harga Rp 27.500,-
– FI, harga Rp 27.500,-
– FIZR, harga Rp 30.000,-
– Vega 04, harga Rp 35.000,-
– Vega 06, harga Rp 55.000,-
– vega zr
– JupiterZ, harga Rp 70.000,-
– JupiterZ 06, harga Rp 72.500,-
– JupiterZ 10, Rp 77.500,-
– MX, harga Rp 60.000,-
– MX NEW 11, harga Rp 90.000,-
– Mio, harga Rp 42.500,-
– mio soul Rp 125.000,-
– xeon Rp 125.000,-
– xeon new
– xeon gt
– mio soul gt
– vixion 1 Rp 75.000,-
– vixion 2 Rp 125.000,-
– new vixion Rp 175.000,–
– byson Rp 165.000,-

lengan ayun BELAKANG/SWING ARM merk ptm
– Grand, hitam, Rp 110.000,-
– GL Pro, hitam, Rp 110.000,-/pc
– FIZR, hitam, Rp 110.000,-/pc
– Jupiter-Z, hitam, Rp 110.000,-/pc
– RXK, hitam, Rp 110.000,-/pc
– Tornado/Shogun, hitam, Rp 110.000,-

LAMPU STOP :
– Grand, harga Rp 50.000,-
– Prima, harga Rp 42.500,-
– Supra, harga Rp 70.000,-
– SupraX, harga Rp 73.500,-
– SupraX125, harga Rp 77.500,-
– Supra Fit, harga Rp 60.000,-
– Supra Fit New, harga Rp 65.000,-
– Legenda 2, harga Rp 46.000,-

LAMPU STOP MERK WIN/TGP-YAMAHA :
– FIZR/Vega lama, harga Rp 61.000,-
– VegaR 04, harga Rp 57.500,-
– Jupiter, harga Rp 56.000,-

Lampu Stop merk WIN/tgp
– Vega R New, Rp 65.000,-/pcs
– JupiterZ New, Rp 65.000,-/pcs
– Jupiter MX, Rp 60.000,-/pcs
– Mio, Rp 60.000,-/pcs
– Vario, Rp 70.000,-/pcs
– Tiger CW, Rp 60.000,-/pcs

Knalpot
– honda win – ptm Rp 135.000,-
– c 700 – ptm Rp 135.000,-
– supra fit – asli AHM Rp 245.000,-
– kharisma – max Rp 210.000,-
– grand – ptm Rp 135.000,-
– prima – ptm Rp 135.000,-
– revo – ptm Rp 165.000,-
– revo absolute – ptm Rp 210.000,
– supra x – ptm Rp 145.000,-
– gl pro – ptm Rp 200.000,-
– mega pro – ptm Rp 225.000,-
– tiger – ptm Rp 225,000,-
– beat – ptm Rp 260.000,-
– supra x 125 – ptm Rp 210.000,-
– supra x 125 new – ptm Rp 210.000,-

Honda Absolut Revo
Filter Udara
32.000
Honda Absolut Revo
Kampas Rem Depan
37.000
Honda Absolut Revo
Kampas Rem Belakang
26.500
Honda Absolut Revo
Rantai
65.000
Honda Absolut Revo
Gir Depan
35.500
Honda Absolut Revo
Gir Belakang
63.000
Honda Absolut Revo
Bohlam Depan
25.000
Honda Absolut Revo
Bohlam Belakang
7.300
Honda Absolut Revo
Kabel Gas
20.000
Honda Absolut Revo
Kampas Kopling
148.000
Honda Absolut Revo
Piston
38.000
Honda Absolut Revo
Ring Piston
60.000
Honda Beat 110 CC
Kampas Rem Depan
41.000
Honda Beat 110 CC
Kampas Rem Belakang
63.000
Honda Beat 110 CC
Kampas Kopling Set
110.000
Honda Beat 110 CC
Saringan Udara
43.000
Honda Beat 110 CC
V-belt
120.000
Honda Beat 110 CC
Roller/buah
7.000
Honda Beat 110 CC
Rumah Roller
54.000
Honda Beat 110 CC
CDI
340.000
Honda Beat 110 CC
Relay Starter
40.000
Honda Beat 110 CC
Kabel Spidometer
15.000
Honda Beat 110 CC
Piston
45.000
Honda Beat 110 CC
Ring Piston
45.000
Honda Beat 110 CC
Sokbreker Belakang
180.000
Honda Beat 110 CC
Kem
115.000
Honda GL Max Neotech
Kampas Rem Depan (Disk)
22.000
Honda GL Max Neotech
Kampas Rem Belakang
30.000
Honda GL Max Neotech
Kampas Kopling Set
100.000
Honda GL Max Neotech
Saringan Udara
21.000
Honda GL Max Neotech
Rantai Keteng
70.000
Honda GL Max Neotech
Rantai Roda
241.000
Honda GL Max Neotech
Piston
67.000
Honda GL Max Neotech
Ring Piston
197.000
Honda GL Max Neotech
Kabel Gas
15.000
Honda GL Max Neotech
Kabel Kopling
18.000
Honda GL Max Neotech
CDI
480.000
Honda GL Max Neotech
Bohlam Lampu Depan
9.000
Honda GL Max Neotech
Paking Kepala Silinder
50.000
Honda GL Max Neotech
Paking Kepala Kopling
15.000
Honda GL Max Neotech
Sokbreker Belakang/Set
318.000
Honda GL Pro Neotech
Kampas Rem Depan (Disk)
22.000
Honda GL Pro Neotech
Kampas Rem Belakang
30.000
Honda GL Pro Neotech
Kampas Kopling Set
100.000
Honda GL Pro Neotech
Saringan Udara
21.000
Honda GL Pro Neotech
Rantai Keteng
70.000
Honda GL Pro Neotech
Rantai Roda (Set)
241.000
Honda GL Pro Neotech
Piston
67.000
Honda GL Pro Neotech
Ring Piston
197.000
Honda GL Pro Neotech
Kabel Gas
15.000
Honda GL Pro Neotech
Kabel Kopling
18.000
Honda GL Pro Neotech
CDI
480.000
Honda GL Pro Neotech
Bohlam Lampu Depan
9.000
Honda GL Pro Neotech
Paking Kepala Silinder
51.000
Honda GL Pro Neotech
Paking Kepala Kopling
15.000
Honda GL Pro Neotech
Sokbreker Belakang/Set
318.000
Honda Karisma 125 CC
Kampas Rem Depan (Disk)-Lokal
37.000
Honda Karisma 125 CC
Kampas Rem Depan (Disk)-Import
76.000
Honda Karisma 125 CC
Kampas Rem Belakang
27.000
Honda Karisma 125 CC
Kampas Kopling Set
150.000
Honda Karisma 125 CC
Saringan Udara
30.000
Honda Karisma 125 CC
Rantai Roda Set
125.000
Honda Karisma 125 CC
Kabel Gas
19.000
Honda Karisma 125 CC
Sokbreker Belakang
340.000
Honda Mega Pro
Kampas Rem Depan (Disk)-Lokal
37.000
Honda Mega Pro
Kampas Rem Depan (Disk)-Import
76.000
Honda Mega Pro
Kampas Rem Belakang
30.000
Honda Mega Pro
Kampas Kopling Set
10.000
Honda Mega Pro
Saringan Udara
18.000
Honda Mega Pro
Rantai Roda Set
241.000
1 2 3 4 5 6 7 8 Next >>

KHUSUS BAN FDR KITA DISKON HARGA 10%

89. ozenk - 01/01/2015

Hatur nuhuuuuuuuuuuun kang

90. vian - 28/01/2015

blognya membangun sekali,,,thanks brother

91. NOEL - 30/03/2015

Thanks banget buat ilmu nya Kang Ari. Ulasannya benar-benar jelas krn disertai foto sehingga buat pemula seperti saya ini bisa mengerti. Saya suka sekali artikel ini. Akan saya praktekkan di dua motor matic saya Suzuki skywave dan honda vario. Salam sukses.

92. orong-orong - 08/04/2015
93. Robby Saputra Tonytus Aryanto - 09/04/2015

terima kasih bro berkat blog ini masalah ane terselesaikan

94. fank18 - 26/04/2015

mkasih om bro atas ilmunya..

95. agus wiyono - 14/05/2015

pagi kang ari saya mau konsultasi nieh,saya pnya mio thn 2009. keluhan saya, cvt mio saya ngregelnya terlali keras lalu bunyi kayak piringan bergesekan gt,kira2 apanya ya.dlu sudah saya ganti bearing yg as untuk puli belakang. tapi setelah 3 bln kambuh lagi.minta jawabannya kang ari

96. Her Lan - 30/06/2015

malam kang ari saya mau tanya cara buka dudukan kipas/besi yang di belakang kipas yang berisi gulungan/kumparan,motor vario tekno 110 th 2010.

Kang ari - 30/06/2015

Maksudnya buka magnet?
Harus pakai traker

97. Ari - 14/07/2015

Luar biasa. Sangat bermanfaat (y)

98. Her Lan - 31/07/2015

buka gir oli vario tekno yang di blkg magnet bagai mana caranya bos apa dia nempel pakai sistim dorong atau pakai derat,makasih sebelumnya.

99. Trizz Azza - 18/08/2015

pagi kang ari saya mau tanya nih kang,motor mio saya kalau pendakian hilang tenaga nya kang kira2 apa masalahnya ya kang,mohon solusinya kang…
terimakasih kang..

100. klothokkkk - 06/09/2015

Ini yg ane suka dari blog mas ari suka berbagi tips dan trik…

Mw nanya mas ari, maaf kalu keluar dr judul. Motor ane old vixion lampu sein nya ane ganti pake LED tapi gak mw berkedip idup trus. Bagaimana cara mengatasinya apakah ganti flasher? Klu ganti, pke flasher dr motor apa?

Terima kasih sebelumnya.

Kang ari - 07/09/2015

nggak perlu ganti tapi flasernya diseting agar bisa kedip2, minta mekanik seting flasernya

101. mikhael ekin - 07/09/2015

Kang ari mau tanya
Motor xeon rc saya tdk bw boncengan aksel awal bergetar dikit tapi klo di bawa boncengan akselasi awal tambah bergetar sampe ke stang apalagi klo macet2 itu kendalanya apa y kang ari? Saya sudah ganti rumah kampas gandanya ori, v belt ori dan roller kombinasi 10gr 3 (standart xeon rc) dan 9gr 3 (td*).

Kang ari - 07/09/2015

kalau rumah kopling sudah ganti masih getar, kemungkinan ada seal yang bocor di puli belakang sehingga greas keluar membasahi rumah kopling jadi selip

102. Techan - 17/09/2015

Kang ari ilmunya sangat bermanfaat sekali, syukron jazakallah

103. andi - 25/09/2015

Bro, saya mau nanya, motor Mio Sporty saya Udah ganti per CVT 1500 rpm, Trus Roller 9 gr tapi kok tarikannya kurang, kebanyakan teriak.. itu apanya bro?

Kang ari - 25/09/2015

Klo motor belum bore up ganti per cvt justru malah bikin letoy . Jangan per cvt tapi per kampas kopling yang tiga biji

viki - 27/09/2015

gantix yg model gimana kang?

104. areefoktan87 - 02/10/2015

kang sedia treker karo kunci ring tipis untuk puli belakang ora??
kalo ada tlg bales ke email ku,,
matur nuwun

Kang ari - 02/10/2015

nggak ada

105. SANDY TORO - 09/10/2015

KAMPAS KOPLING MIO SPORTY DIGANTI AMA KAMPAS HONDA BEAT BISA GA MAS

106. maman - 18/10/2015

mau tanya gan…saya punya motor mio thn 2008 dia pas abis tanggulan itu saya gas setengah aja larinya enak banget gan trus pas saya turunin gas jalan pelan kenapa suka bunyi TEK sama gas putus2 gtu mas/kang tolong infonya pls jawab kang

107. yahya - 01/11/2015

Maaf Mau tanya om, beat karbu ane cvt nya mendengung om ngiiiingggg gitu om. Ane bawa ke ahass kata mekaniknya sumber dari suara dengung itu dari pulley sekunder itu udah kocak/oblak om, disarankan ganti pulley belakang satu set om, harganya lumayan om. Yang saya tanyakan apa emang bener om itu mesti ganti pulley satu set? Terus kalau udah diganti apa beneran hilang suara dengungnya?. Plis jawab om ane ga mau dibodohi bengkel om.

108. hamidsatriani - 08/12/2015

Gan mau tanya ni , kemaren Cvt ane berisik suaranya , katanya disurh ganti punglinya .. setelah itu memang hilang suaranya , tapi skrng malah timbul ada getaran di kecepatan 40/60 km .. udah berusaha ke bengkel sana sini macem2 ngomongya , apalagi tanya ke dealer lagi malah yang di ganti banyak banget ..
Tolong gan infonya yang punya pengalaman ..

Kang ari - 08/12/2015

motor apa ini ? biasanya getaran di 40-60 itu puli belakang dudukan 3 pcs pin guide sudah aus, atau per cvt sudah letoy

hamidsatriani - 08/12/2015

Motor saya vario techno 125 fi .
Awalnya gini gan ..
Motor ane berisik cvt nya, terus ane bawa ke ahass , katanya mesti di ganti pak van-belt dan roller nya .. yaudah ane ganti deh itu .. setelah selesai dipasang pas ane puter bannya masih berisik kaya suara gesekan , pas ane tanya ke mekaniknya cuma bilang ” pak ini suara bawaan dari motornya .” lah langsung ane mikir ” kalo motor berisik mah ga ada yang mau belii … yaudah ane bergegas cabut dari dealer itu …

Di bulan berikutnya ane coba ke ahass yang berbeda .. keluhan masih sama kaya yang diatas , mekaniknya bilang ” pak ini pungli bagian belakang harus di ganti pak ” .. saya bilang yaudah ganti aja pak , memang sih suara berisiknya ilang . Tapi timbul getaran ga normal di km 40/60 km ..
Ane udah coba ke bengkel2 biasa juga yang menrut ane bagus , dia juga bingung semuanya udah baru tapi ko ada getaran ..
Pas ane ke dealer lagi di patokin harga kira 935 rb untuk ganti part2 bagian cvt .. ampun dah sama ahass kaya ditipu ..

ade - 04/03/2016

suara gesekan itu..dihonda itu yang rusak cuma laher didalam pulley bagian belakang yg harus diganti harganya 100 rb..(penyakit honda), klau getaran harus dicek dibengkel yg bagus/ bengkel balap klau mau..bisa jd kendalanya di bagian cvt atau roda..thanks

109. manss - 16/12/2015

harga treker brapa !

110. Achmad Fatoni - 13/01/2016

Permisi agan dan admin. kalau mur buat bak kopling Xeon RC berapa ya. Mau nyariin kuncinya takut salah beli hehe…trims sebelumnya

Kang ari - 16/01/2016

ukuran 41

Pazoz - 12/04/2016

Kang ari mau tanya?bisa ga sliding sheave mio j yang ada coakan nya itu di ganti dengan mio m3?

111. de - 18/01/2016

Kang ari, mau tanya, kalau mur as cvt mio m3 depan belakang ukurannya berapa ya?
Satu lagi.
Per kopling ganda kalau lebih keras efeknya di putaran atas atau di akselerasi (bawah) kang?

Makasih kang.

112. agus - 22/01/2016

Habis bongkar cvt. Kok kotor banget ya di pinggiran tutup cvt nya.
Hitam kayak jelaga. Itu apa ya yang bikin kotor hitam gitu?
Thanks masbro.

113. wahyu - 26/01/2016

mas..sy udh 2x ganti seal sliding..tp knp msh oblak lg ya stlh 2hr..pas sy bongkar lg trnyata sealnya pecah..skalian mo tanya yg d kasi grease itu d jalur gotnya aj ya..di bagian laen ga ya?kyk di corong..d sliding fixed (yg laki) sm yg d dlm jalur got (yg ceweannya) ga dikasi grease?tq infonya

Kang ari - 26/01/2016

Yang dikasih grease got aja
Kalau kondisi secondary fixed aus maka seal akan mudah rusak, cek juga bearing as puli belakang /dudukan secondary fixed

wahyu - 26/01/2016

ok..noted ms ari..fixed ga aus kok..jalur got jg msh bagus..cmn kmrn pas masang sealnya knp bs seret ya ms..fixednya kepentok di dinding dlm sealnya..jadi kl d liat dinding dlm sealnya itu agak nganga/ngebuka..udh 2x bli yg ori mio 5tl dptnya sprti itu smua..bearing oring n bearing bambu yg d dlm fixed ya ms?tq

114. robi - 10/02/2016

Om kalo pasang tutup sift cam(seat scondary spring) pake lem gak?soalnya pada saat membuka utu agak susah,kaya nempel gitu?

115. dandi - 17/02/2016

Kang ari mau tanya..
Ini saya mau ganti per kampas kopling yang ada 3 buah itu,kebetulan motor saya vario tekno 110 karbu tapi pihak dealer malah memberi per kampas kopling punya beat type karbu juga dan katanya sama aja cz krna stok pnya vario tidak ada.
Nah pertanyaan saya apa gak masalah kang kalo saya pake per kampas kopling punya beat?trus efeknya apa?
Matur nuwun kang

Kang ari - 17/02/2016

coba saja, tingkat kekerasan agak beda. biasanya cepat akslerasinya

dandi - 17/02/2016

Oh gitu ya kang,ntar takutnya mlah trjadi yg tidak2.
Trima ksh kang jwabanya

116. nanang - 17/02/2016

terima kasih… seeep….. sangat sangat sangat buageeusss…..

117. honda vario techno karbu - Harga - Harga - 28/03/2016

[…] Belajar Bongkar Dan Service CVT Yuk… […]

118. Alvin - 24/04/2016

min mau tanya..motor saya kan mio 28
D tahun 2009..nah masalah motor saya ni ngga kuat di tanjakan kagak bisa nambah kecepatan walau gas udah mentok..tapi kalo jalan lurus kembali normal seperti biasa…itu masalahnya apa min…???

wanto - 30/06/2017

Pemasangan v belt tanda panahnya terbalik apakah jadi masalah kang ari??

Kang ari - 01/07/2017

Iya harus benar sesuai arah panah, selain cepat aus juga putaran tidak maksimal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: